Artikel soal Tips Memilih Domain Blog bagi siapa saja ini, sebelum Membeli domain dan apa saja tools yang baik digunakan untuk Saran Nama Domain bagus, cantik dan juga keren serta menarik, sebenarnya kelanjutan dari artikel Caraspot sebelumnya soal cara membuat blog keren dan menarik. Anda bisa belajar lebih dulu panduan umumnya di postingan tersebut jika ingin lebih jelas. Ini penting sekali karena ini adalah langkah awal yang harus dipikirkan matang sebelum kita membuat sebuat blog, karena sudah banyak cerita dimana banyak orang setelah web-nya launching ternyata berpikir untuk mengganti domainnya karena merasa ada yang kurang dari namanya, apalagi kalau misalnya sudah di optimasi sedemikian rupa agar mudah masuk halaman pertama google tapi kemudian harus ganti alamat, tentunya kita akan mengalami kerugian waktu karena sudah pasti sama saja kita mulai dari nol lagi, nah agar itu tidak terjadi maka sebaiknya mantapkan sebelum membelinya.

Ada beberapa penjelasan penting soal pembahasan kita kali ini, yaitu mengenai tips pemilihan namanya dan juga dimana saja tempat untuk menemukan nama domain cantik dan juga menarik tanpa harus memikirkan satu per satu, cukup input satu keyword dan alatnya akan bekerja memberikan beberapa alternatif pilihan yang bisa digunakan sebagaimana caraspot ini juga awalnya saya temukan karena bantuan alat yang akan kita bahas pada hari ini.

A.  Tips Memilih Domain Blog Yang Baik

panduan memilih nama domainBicara soal tips tentu kita bicara soal petimbangan apa saja yang seharusnya dipikirkan saat membeli domain, terutama pada pemilihan suku kata dan katanya. Kami sarankan sebaiknya pertimbangkan pada dua sasaran pengunjungnya, yaitu manusia dan mesin pencari. Tentunya masing-masing memiliki ketertarikan berbeda dalam memutuskan apakah mengunjungi atau tidak sebuah blog, nah berikut beberapa alasannya:

1.  SEO Friendly

Ini syarat paling utama dan tidak bisa ditinggalkan. Ini artinya ketika anda memilih nama dari blog anda sedapat mungkin dipertimbangkan pengaruhnya pada mesin pencari, terutama Google. Adapun domain yang dianggap bagus dan mudah terindeks adalah yang didalamnya mengandung kata kunci, sebagaimana dicontohkan pada artikel sebelumnya seperti Domainesia.com yang padanan katanya terdiri dari kata domain yang memang baik sekali karena memudahkan diindeks oleh mbah Google, apalagi ditambahkan kata Nesia yang merupakan potongan kata dari Indonesia yang memang tepat sekali untuk penyedia domain asal Indonesia. Selain ini, ada trik baru yang berkembang di tahun 2015-2016 ini dimana yang TLD lokal katanya lebih diunggulkan, seperti yang berakhiran .co.id, .web.id, .or.id dan lain sebagainya. Selain itu lebih murah harga tahunannya.

2.  Namanya Singkat

Jika anda bisa dapat nama domain yang sesuai dengan tema web anda dan hanya terdiri dari satu kata saja maka itu akan sangat bagus sekali, missal mau buat tema Template (tampilan web) kemudian beruntung bisa beli www.template.com maka bisa dipastikan selain keren juga sangat mudah diingat orang tanpa harus diketikkan di mesin pencari lagi orang akan langsung membukanya lewat browser.

3.  Mudah diingat dan familiar

Dari pada membuat nama domain yang rumit yang menggunakan gabungan huruf dan angka kenapa tidak buat yang simple dan sering diucapkan orang agar mudah mendapat banyak kunjungan dalam seharinya, misalnya saja webjadi.com yang bisnisnya menyediakan jasa buat website instant, dan banyak lagi contoh soal ini yang tentunya tujuannya agar mudah terkenal tanpa harus mengandalkan Google untuk membantu trafiknya.

4.  Gunakan ekstensi domain yang pas

Sekarang ini ada banyak sekali jenis ekstensi, di antaranya .id, .com, .net, .org, .info, .name, .us, .biz, dan selainnya, atau yang lebih baru lagi ada .club, .gratis, .co, .top, .center, .city, .click,  .cool, .email dan lain sebagainnya. Sebenarnya sah-sah saja kita mau milih yang mana saja atas pertimbangan harga, tapi akan lebih baik lagi kalau antara tema dan ekstensinya sesuai, kalau soal bisnis maka bagusnya pakai .com, kalau organisasi maka baiknya .org, sedang kalau mau buat grup jaringan baiknya .net dan seterusnya. Ini fungsinya agar orang yang pertama kali lihat alamat domainnya saja bisa langsung tahu temanya sebelum membuka blognya yang tentunya membantu peningkatan trafiknya.

5.  Menyertakan merek atau identitas pribadi

Ini juga sangat penting karena terkadnag orang yang ingin mencari sebuah web dengan tema relevan di Google sering mengetikkan kata kunci berkaitan, misalnya mau cari soal property mungkin akan banyak yang mengetikkan nama orang yang sudah dianggap berpengalaman seperti Ciputra, Cipto Junaedy dan lain sebagainya. Jadi, ketika kita menyertakan dalam rangkaian kata domainnya maka otomatis akan mudah muncul di page one google.

Selanjutnya, ketahui juga Cara Membeli Domain di Rumahweb

Tools / Alat Bantu Memilih Domain (Domain Generator)

tips membeli domain bagusSebenarnya ada puluhan situs semacam ini yang menyediakan alat bagi kita untuk mendapatkan inspirasi domain yang semenarik mungkin dan belum pernah digunakan orang lain, tapi saya cuma punya dua tips memilih domain andalah yang biasa saya gunakan, yaitu:

  1. Panabee.com – Panabee merupakan tools andalan saya dalan tips memilih nama domain karena cara kerjanya simple sekali, yakni cukup masukkan kata kunci dari blog yang akan dibuat maka secara otomatis ia akan bekerja memberikan beberapa alternative pilihan. Dan yang paling bagus dari layannya ini adalah karena ia menampilkan semua tambahan huruf awal dan akhir yang lazim digunakan orang dalam membeli domain, seperti tambahan huruf e, i, new, get dan selainnya di awal maupun akhir kata yang kita incar. Jika tidak menemukan yang dot com maka ada lagi pilihan banyak ekstensi yang bisa kita coba cukup dengan klik menu di atasnya.
  2. Leandomainsearch.com – Kalau memang anda tidak puas dengan sedikit alternative pilihan nama domain yang bagus dan cantik maka disarankan menggunakan tools ini karena saya sendiri jauh lebih banyak menggunakan ini karena bisa dibilang semua alternative tambahan kata yang mungkin kita gunakan disediakan di sana, dan bahkan hingga ratusan. Seperti pada nama blog ini, Caraspot.com sebenarnya juga ditemukan dari bantuannya. Awalnya cukup saya ketikkan kata ‘cara’ dan kurang dari semenit ia akan menampilkan banyak sekali pilihan yang bisa kita pakai dan umumnya belum dibeli orang lain jadi kita bebas mendaftarkannya langsung di penyedia domain local yang sudah kita kenal.
  3. Selanjutnya pelajari cara membuat blog gratis di blogspot (termasuk merubah jadi .com, mengganti templatenya, dan caranya biar mudah masuk halaman 1 google.)

Semoga apa yang anda baca pada hari ini bisa jadi inspirasi dalam membuat blog maupun website yang lebih profesional, bukan hanya tampilannya yang cantik dan menarik tapi dimulai dari pemilihan nama domainnya yang pas sesuai dengan tips memilih domain yang kita bahas pada kesempatan ini. Tapi selain tools yang disebutkan di atas sebenarnya otak kita jugalah yang jauh lebih harus diandalkan dalam membayangkan apa saja yang sebaiknya kita pilih dan padanan kata apa yang terbaik layak kita putuskan, sebut saja yang sudah terkenal ada Jalantikus.com, atau yang paling inspiratif lagi Google.com yang punya sejarah tersendiri saat pertama kali dipilih oleh penemunya.

About The Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *