Sering kali saat kita ingin membuka sebuah situs atau website malah situs tersebut terblokir dan sama sekali tidak bisa diakses. Nah, cara membuka situs yang diblokir di Android, Internet Positif, Telkomsel dan web Pemerintah tanpa Aplikasi dan Root ini bisa jadi rujukan bagi semua pengguna internet, baik yang menggunakan HP maupun dengan komputer PC langsung.

Sebelum jauh mengulas dan anda tau trik-triknya, ada baiknya juga dipahami bahwa semua yang dilarang selalu ada hikmah di baliknya. Jika telkomsel, internet positif, Depkominfo, dan situs pemerintah lainnya melakukan pemblokiran maka maksudnya pasti baik, kalau bukan karena IP Address Anda di anggap bermasalah, pasti karena web tersebut tidak layak dibuka, ya bisa jadi karena ada hal yang tidak baik di dalamnya, misalnya saja virus atau gambar tak layak dilihat.

Bagi yang biasa mengalami ini tapi merasa bahwa situsnya sebenarnya baik, misalnya saja mau buka Google tapi malah gak bisa dan dikatakan tidak aman. Nah, kalau begini masalahnya lain lagi, karena biasanya itu diakibatkan oleh setting tanggal di HP Androidmu yang salah, yakni tanggalnya tidak sama dengan waktu sekarang, misal telat beberapa bulan. atau kalau perlu Upgrade Android yang kamu gunakan.

A. Cara Membuka Situs yang Diblokir di Android

Ini sebenarnya pembahasan utama kita, yakni bagi pengguna android yang tidak bisa membuka website lewat Hpnya. Untuk bisa memiliki akses maka tidak bisa dengan hanya mengotak atik sistem handphonenya, tapi harus dibantu dengan sebuah aplikasi canggih.

Artikel di bawah diambil dari berbagai sumber, di antaranya Jalantikus.com dan Upsgadget.com, jadi bisa dibilang sumbernya terpercaya, hanya saja disini disajikan lebih rinci.

Mungkin ada jalan lain dengan membuat pengaturan tertentu, tapi ya itu dia, terkadang prosesnya panjang sekali dan kemungkin berhasilnya kecil sekali. Nah, berikut langkahnya:

1. Pertama mulai dulu miliki aplikasinya, yakni Download Hotspot Shield VPN (kunjungi : https://jalantikus.com/apps/hotspot-shield-vpn-for-android/ ) ke HP Android-mu.

2. Selanjutnya tinggal install agar bisa dijalankan.

3. Setelah berhasil kamu install ke dalam ponselmu, nah tinggal buka saja aplikasinya kemudian pilih menu Protect my connection!.

cara membuka situs yang diblokir

4. Berikutnya, secara otomatis, akan tampil halaman melayang atau pop up. Tinggal centang pilihan ini : I trust thus application, dan akhiri dengan mengklik “OK

5. Bersabar sedikit, tunggu sampai Hotspot Shield tuntas melakukan konfigurasi pada Androidmu. Dan jika tak ada kesalahan maka prosesnya akan selesai dan secara otomatis status di HP kamu menjadi Connection is protected! Dan itu artinya tak ada lagi situs yang tak bisa kamu akses.

6. Nah, sekarang coba kunjungi lagi alamat situs yang diblokir tersebut, apakah masih tidak bisa dibuka? Pastinya bisa kan!

Saran lagi nih, untuk kondisi tertentu kadang web yang dibatasi hak aksesnya karena tujuan baik, mungkin karena kamu masih di bawah umur atau mungkin situs tersebut berisi konten terlarang untuk siapa saja karena adanya aturan negara dan Undang-undang soal itu.

Berikutnya : Paket Internet Simpati Murah

B. Akses Website yang diblokir dengan bantuan Orbot

Kali ini dengan bantuan aplikasi lagi dari Google Play. Hanya saja nama aplikasinya berbeda jadi mungkin akan jadi alternatif buat yang tidak suka cara pertama.

cara mengatasi situs yang diblokir di handphone

1. Masih dengan cara yang sama, pertama kamu harus masuk dulu ke Google Play Store dengan menggunakan HP Android, selanjutnya langsung ketik di pencarian kata ini Orbot: Proxy with Tor

2. Juka sudah berhasil mengunduh apk (pembukaanya saja), selanjutnya tinggal tekan tombol “Pasang”, lalu Download dan Install. Nah tinggal duduk santai sambil minum kopi di teras menunggu prosesnya selesai.

3. Selanjutnya, kembali ke halaman utama hp Androidmu dan buka apk. Orbot: Proxy with Tor di menu icon yang terlihat.

4. Barulah tekan “On” agar Tor-nya bisa aktif. Kemudian tunggu sejenak sampai tombolnya jadi hijau.

5. Nah, karena tujuannya soal cara membuka situs yang diblokir, maka kamu juga harus download dan menggunakan Orweb: Private Web Browser yang akan dipakai sebagai sebagai browsernya.

6. Pada Orbot, klik aja check browser maka secara langsung akan dialihkan ke halaman download dari Orweb yang ada di Google Play Store

7. Tinggal download aja kalau sudah ketemu filenya, lalu install aplikasi Orweb: Private Web Browser tersebut  di handphonemu dan tunggu sampai tuntas prosesnya.

8. Nah, akhirnya kamu bisa dengan bebas browsing tanpa ada pemblokiran sama sekali, ya tentunya dengan pakai Orweb sebagai browsernya sedang Orbot sebagai alat untuk koneksi internetnya.

Kayaknya perlu saya ingatkan lagi, bahwa anak-anak sebaiknya jangan melakukan ini karena sangat beresiko mengunjungi situs-situs yang buruk, ada baiknya jika seandainya memang terhalang untuk membuka sebuah situs atau web maka alternatifnya bukalah situs yang bertema sama tapi yang lebih aman.

Baca juga : Cara Daftar Paket Internet Murah

C. Membuka Blokir Situs Tanpa Root

Lalu bagaimana misalnya jika HP Android yang kamu pakai belum di-root? Nah, gak usah galau dan bingung karena tetap ada cara rahasianya, yakni dengan menggunakan sebuah aplikasi, namanya Anonymous. Keren kan? Jadi nantinya kamu akan menggunakan proxy khusus yang mana IP Address kamu juga akan disembunyikan sehingga dengan begitu Internet Positif bisa kamu lewati dengan mudah.

Tapi saya juga mau saran sebelumnya, kalau ini hanya diperuntukkan untuk tujuan baik, sedang jika untuk buka web yang jorok, berlendir dan sebagainya kami sarankan untuk dihindari karena larangan tersebut tujuannya baik. Nah, berikut langkahnya:

1. Awalnya yang harus dilakukan adalah dengan mendownload aplikasi yang bernama Anonymous Private Browser TOR APK ( https://drive.google.com/file/d/0B2XBWRzQA7QOWklZQURzaVo4LUk/view?usp=sharing ) silahkan copy dan paster di browsermu alamat tersebut untuk mengunduhnya lewat Google Play Store. Jangan lupa buat akun gmail dulu yang sebelumnya biar lancar.

2. Setelah berhasil diunduh, selanjutnya tinggal Install dan jalankan perambah atau browser  tersebut. Caranya, cukup tekan tombol connect  sekali.

3. Nah, selanjutnya browser ini akan bekerja dengan menyembunyikan IP asli dari penggunanya dan juga memakai proxy khusus untuk bisa terbebas dari jeratan Internet-positif.

Tapi ada info juga nih soal Internet Positif, ini dengar dari Jalantikus sendiri ya, jadi bukan dari pendapat saya langsung. Katanya, web tersebut ternyata diblokir juga oleh Google karena dianggap Malware. Iya kan, kadang kita mau buka web yang sepertinya aman tapi malah dia yang muncul, padahal dia juga isinya cuma iklan. Lalu yang benar siapa kalau begitu?

Simak juga ya : Cara Mempercepat Koneksi Internet

Kalau sudah berhasil membuka blokir di hp atau komputermu jangan lupa kabari ya lewat komentar di bawah biar tambah ramai. Tapi kalau misalnya ada yang salah penjelasan atau bagaimana tolong dikoreksi biar bisa diperbaiki.

Ets satu lagi, 3 cara di atas semua bisa dilakukan untuk membuka blokir dari berbagai pihak, termasuk Internet Positif, Telkomsel, kecuali mungkin dari Pemerintah, yakni Depkominfo, karena ia didukung oleh regulasi yang sah dari negara.

Apa ada lagi yang kurang jelas dalam sharing soal Cara Membuka Situs yang Diblokir di Android, Internet Positif, Telkomsel, Pemerintah tanpa Aplikasi dan Root di artikel ini. Bila ya, silahkan ajukan dengan komentar, tapi sebelumnya wajib share dulu ke FB atau Twittermu, caranya gak susah kok! Karena cukup pencet tombol share yang ada di samping atau bagian bawah artikel.

About The Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *