Belajar cara membuat toko online sendiri untuk pemula tidaklah sulit karena hanya beberapa langkah saja toko online tersebut bisa langsung digunakan untuk jualan apa saja, tergantung tema dan jenis barang yang Anda pilih. Mau menggunakan domain gratis (bukan .com) atau tidak sebenarnya tidak menjadi masalah, asalkan ranking-nya bisa bersaing di Google. Hanya saja kalau pakai dot com cenderung terlihat lebih profesional dan dapat menambah kepercayaan pelanggan. Kan kalau masih pakai .blogspot/blogger orang akan beranggapan bahwa penjualnya kurang serius jualan dan bisa jadi bukan barangnya sendiri.

Melakukan bisnis online lewat jualan dari blog atau toko online kurang lebih sama dengan kalau kita membuat usaha ofline karena seorang pengelola blog juga harus bisa melakukan promosi agar banyak orang yang mau mengunjungi websitenya, ya sama halnya kalau buka toko di pinggir jalan, pemiliknya harus menyebar brosur dan pasang iklan dimana-mana biar banyak yang mampir di lapaknya.

Tutorial Cara Membuat Toko Online Sendiri

Pada dasarnya, jika seseorang ingin membuat toko online sendiri hanya perlu menyiapkan 3 komponen utamanya, yaitu domain, hosting dan template atau theme. Jika ketiganya sudah bisa diketahui alur membuatnya maka Anda tak perlu lagi guru atau orang lain untuk membuatnya. Cukup praktek sendiri pasti lambat laun akan mahir juga.

tutorial cara membuat toko online sendiri gratis

1. Pertama, sediakan Domain (nama atau alamat webmu)

Domain di sini adalah nama sekligus alamat dari toko online yang dikelola. Kalau ada yang tanya,, ‘apa toko onlinemu?” maka jawab saja, misalnya www.tokoyes.com atau sesuai dengan domain yang telah kamu beli. Jadi sudah jelas kan apa pengertian domain?. Jadi ia adalah alamat yang diketikkan orang di browser untuk membukanya atau yang ditemukan orang lewat mesin pencari google dan lainnya. Selain berfungsi sebagai alamat ia juga brand usahamu yang akan diperkenalkan pada banyak orang.

a. Membuat dari Sub Domain / Blog Gratisan

Sub berarti bukan domain utama. Jadi saya contohkan seperti ini: caraspot.com adalah domain utamanya, sedang sub domainnya adalah misalnya blog.caraspot.com. Jadi bedanya kalau dia domain utama maka tidak ada embel-embel sebelum ekstensinya (.com, .net, .info, dan sebagainya). Sedangkan kalau dia sub domain maka sebelum alamatnya, sebelum domain utama, ada kata atau huruf sebelumnya seperti yang dicontohkan di atas.

Umumnya jasa penyedia blog gratis menyediakan sub domainnya dan bukan alamat utamanya. Di antara yang terkenal adalah .blogspot.com / blogger.com dan wordpress.com. Jadi kalau mau buat toko online yang gratis maka solusinya adalah cukup buat akun di salah satu yang disebutkan tersebut. Ya, tentunya sebelum itu juga harus tau cara membuat email gmail atau yahoo, karena email tersebut nantinya digunakan untuk login. Adapun alamatnya, karena ini sub domain, maka jadinya seperti toko123.blogspot.com atau tokosaya.wordpress.com dan lain sebagainya, tergantung alamat yang kamu pilih. Bila kamu sama sekali belum tau cara bikinnya, nah silahkan belajar di sini : Cara Membuat Blog Gratis di Blogspot

Jika anda bertanya, “Lho katanya mau buat toko online tapi kok malah buat blogspot?” Ya, betul. Memang awalnya kita buat dulu blog gratisan, setelah itu baru kita ganti tampilannya persis seperti toko online. Istilahnya ‘template’. Mengenai penjalasan soal template silahkan baca pada penjelasan di bawah.

Kekurangan kalau pilih alamat yang gratisan adalah cenderung tampak kurang profesional karena semua orang tau kalau yang alamatnya ada blogspot.com atau wordpress.com nya dibuat secara gratis. Tapi kalau bicara soal ‘apakah bisa dipakai jualan atau tidak?’ ya jelas bisa. Atau apakah bisa bersaing di mesin pencari atau tidak?’ ya juga bisa. Karena sebenarnya, mau dia pakai .com atau tidak tetap saja yang menetukan usaha dari masing-masing pemilik websitenya.

b. Toko Online .com (dot com)

Membuat toko online .com yang akan diajarkan di sini kurang lebih sama caranya dengan kalau kita buat blog di blogspot sebagaimana dijelaskan di atas.Hanya saja bedanya kalau di atas masih pakai sub domain .blogspot.com, nah di sini tidak lagi karena alamat gratisan tersebut akan kita rubah jadi .com. Ya, tentunya butuh sedikit biaya karena domain tersebut tidak gratis dan harus kita beli.

Saat ini ada banyak sekali situs penyedia domain, Anda bebas memilih ekstensi yang disukai, baik itu .com, .net, .org, dan sebagainya. Di antara yang kami rekomendasikan adalah Rumahweb.com karena harganya lebih murah dibanding yang lain. Selain itu, kalau kamu tidak tahu cara setting atau merubah blogspot jadi .com dari pihak Rumahweb juga bisa membantu tanpa dipungut biaya sama sekali.

Jadi, ringkasnya begini, Pertama kamu harus tentukan dulu nama domain yang akan kamu beli, setelah itu order di rumahweb.com (tapi sebelumnya cek dulu apakah sudah ada yang menggunakan nama yang kamu inginkan atau belum). Setelah proses order selesai dan kamu sudah melakukan pembayaran sekaligus konfirmasi, nah tinggal login ke akun blogger mu untuk melakukan pengaturan. Untuk lebih jelasnya baca :

2. Sediakan Hosting (tempat penyimpanan data) untuk Tokomu

Setelah berhasil membuat blog gratis dengan domain gratisan hingga merubahnya jadi dot com, maka selanjutnya yang harus dipikirkan adalah tempat menyimpan data produk dan database dari toko onlinemu. Jadi, hosting di sini adalah server atau penyimpanan data online yang bisa dikunjungi oleh siapa saja lewat internet.

a. Toko Online Dengan Menggunakan Hosting Gratis

Hosting ini perlu diusahakan jika kamu mau membangun toko online yang berbayar yang mana space penyimpanan datanya memerlukan biaya per bulan. Tapi berhubung karena saat ini kita hanya akan membuatnya dari blogspot.com yang kemudian diubah jadi .com, jadi tidak ada biaya sama sekali untuk ini. Karena saat kita berhasil membuat blog gratis di sana maka itu artinya kita juga sudah dapat hosting atau fasilitas penyimpanan file gratis.

Jika kamu merasa butuh tempat penyimpanan data online yang berbeda maka tak masalah karena sekarang ini banyak sekali yang menyediakan layanan sejenis dimana selain membuat blog gratis kita juga bisa langsung dapat space hotingnya. Mengenai ini sudah kami bahas tuntas di sana :

b. Pakai Hosting Berbayar

Lain halnya jika kamu memilih membuat toko online berbayar yang lebih profesional, maka itu artinya kamu harus menyediakan dana untuk biaya per bulannya. Profesional maksudnya kamu tidak lagi terikat dengan kebijakan penyedia blog gratis, sebagai contoh Google Inc. Selaku pemilik blogspot yang penulis ketahui terkadang secara sepihak menghapus blog yang dianggap melanggar kebijakan mereka. Dan biasanya juga itu dilakukan tanpa pemberitahuan sebelumnya. Bayangkan kalau toko onlinemu yang sudah punya ribuan pengunjung dihapus karena alasan tak jelas,kan bisa rugi besar?

Model toko online berbayar yang banyak dipilih saat ini adalah yang menggunakan CMS WordPress. CMS adalah kependekan dari Content Management System. Bentuknya hampir sama kalau buat blog gratis di WordPress.com, hanya saja kalau yang ini kita usahakan sendiri hosting atau penempatan filenya dan tampilan WordPress nya kita install sendiri di dalamnya. Adapun kelebihan menggunakan cara ini adalah karena kita tak lagi terikat dengan aturan penyedia blog gratisan dan bebas mengisi jenis produk apa saja di dalamnya. Untuk lebih jelasnya simak ulasan lengkapnya di : Cara Beli Hosting di Niagahoster

3. Ganti dan Atur Template / Theme (tampilan toko onlinemu)

Istilah Template digunakan untuk pengguna Blogspot sedangkan Theme untuk blog WordPress. Jadi keduanya fungsinya sama, yakni sebagai skin atau tampilan dari toko online yang kita buat. Jadi saat ada orang yang mengunjungi webmu dan melihat bentuknya maka itulah yang namanya theme atau template, demkian juga pada saat membukan halaman artikel atau produknya, maka fungsi theme di sini adalah sebagai penataan desain dan bentuk dari toko online tersebut.

a. Template Gratis

Enaknya bikin blog atau toko online lewat blogspot adalah karena yang menyediakan template-nya secara gratis banyak sekali dan pilihannya juga beragam dan keren-keren. Adapun cara mendapatkannya adalah dengan mengunjungi situs penyedianya lalu download desain yang kamu sukai. Setelah itu login di blogspotmu dan upload di sana dan secara ototmatis tampilannya akan sesuai dengan contoh yang kamu lihat, terkadang butuh sedikit usaha untuk menata menunya dan juga beberapa link dan dialamnya, tapi mengenai itu anda hanya perlu baca artikel dari berbagai blog pasti sudah bisa. Tapi kalau mau lebih simple dan tidak usah cari artikelnya di blog lain, silahkan baca : Cara Mengganti Template Blog

b. Template Premium

Bedanya dengan template gratis adalah dari segi tampilan dan sistemnya. Kalau kamu memilih yang premium berarti harus merogoh kocek untuk mendapatkannya, tapi pastinya kita puas dengan tampilannya. Selain itu sistem yang dibuat di dalamnya jauh lebih lengkap sehingga sangat membantu usaha kita. Dan bagusnya lagi, umumnya penyedianya selalu melakukan update pada scriptnya sehingga bila ada programnya yang sudah jadul akan diperbaiki dan anda akan mendapat versi terbarunya secara berkala.

Cara agar Toko Online Banyak Pengunjungnya

Ada dua cara untuk bisa membuat toko online yang ramai pengunjung, yaitu dengan iklan dan juara di google. Kalau yang pertama mungkin banyak yang tidak memilihnya karena sudah pasti butuh dana besar. Nah, kalau yang kedua pasti semua mau karena gratisi. Selain fungsinya sama dengan kalau pasang iklan, juga bisa bertahan dalam waktu lama, yang penting sudah dioptimasi dengan baik. Cara kedua yang kami maksud adalah dengan menerapkan teknik SEO yang handal. SEO artinya optimasi blog untuk mesin pencari agar mudah masuk halaman pertama karena di ambil dari bahasa Inggris yang artinya Search Engine Optimization.

Alternatif Penghasilan dan Bisnis Sampingan dalam Mengelola Bisnis Online

Mengenai tema ini akan dibahas selanjutnya di jam dan hari yang berbeda he he.

Tuntas sudah tutorial cara membuat toko online sendiri yang gratis dan berbayar. Bisa tidaknya Anda mengikutinya tergantung pada seberapa bersemangat Anda untuk bisa punya bisnis online. Dan setelah itu pun Anda tidak akan langsung sukses menghasilkan penjualan, ada beberapa tahap lagi yang harus dilakukan, mulai dari mengotak-atik blogmu hingga tampilannya betul-betul keren dan menarik, mengisinya dengan produk murah dan bersaing hingga mengusahakannya agar bisa juara dan masuk halaman pertama Google, dan kalau perlu jadilah yang rangkin 1 agar trafiknya semakin banyak karena banyak trafik itu artinya juga banyak pengunjung, dan banyak pengunjung maka akan bersar kemungkinannya juga menghasilkan banyak penjualan.

About The Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *