Anda bertanya dimana tempat membuat sertifikat untuk batu akik atau batu mulia yang anda miliki atau mungkin baru akan dibeli dan ingin memastikan apakah asli atau palsu, maka penjelasan singkat di bawah ini bisa jadi rujukan penting anda agar terhindar dari penipuan Akik palsu, imitasi atau pun tiruan. Yang jelas yang cara membuat sertifikat batu mulia ini tidak sembarangan, dan si pembuatnya juga tentu punya izin untuk itu agar tanda yang anda miliki memang betul bisa dipertanggungjawabkan dan bernilai di mata hukum.

Jika dikatakan Gemstones mungkin banyak yang belum tahu apa itu, tapi kalau Caraspot menyebut ‘batu akik’ pasti semua langsung paham karena sekarang memang lagi booming, padahal keduanya sama, hanya saja yang pertama diambil dari bahasa Inggris yang merupakan singkatan dari Gemology Stone atau batu gemologi yang terbentuk secara alami dari alam, baik itu yang berupa fosil maupun dari mineral alam yang mengeras.

Tempat Pembuatan Sertifikat Batu Akik/Mulia

tempat pembuatan sertifikat batu akik

Beberapa yang terkenal dan sudah dipublikasikan oleh beberapa media disebutkan di bawah, tapi tentunya anda juga harus tahu lokasi kantornya di masing-masing kota atau daerah agar tak perlu mengeluarkan biaya transportasi yang lebih besar hanya untuk tujuan pembuatan sertifikat ini.

  1. Jakarta Gems Center (JGC) – Kantor laboratorium pengujian batu mulia ini berada di Jatinegara, tepatnya di Jakarta Timur. Jika anda sudah sampai ke sana bisa masuk langsung ke lantai 2 di ruangan Pusat Pengujian dan Informasi Batu Akik yang telah mereka sediakan.
  2. AGL (Adamas Gemological Laboratory) – Ini juga tempat pembuatan sertifikat batu akik yang terdapat di daerah Jakarta Pusat, yakni di Apartemen Istana Harmoni Lt. 1/2A Komp. Harmoni Plaza yang berada di Jl. Suryopranoto, atau bisa menelponnya langsung di : 021-6305546-47
  3. NU Gem Lab, tepatnya pada Bpk Nugroho Trip di Kompleks Pegadaian Jalan. Dukuh V, Nomor 13 di RT 6 RW.5 atau langsung menghubunginya lewat HP di 081357575710
  4. ACC Gem Lab – Anda bisa menghubungi Bpk Agus Dwi, Surya Tehnologi Indonesia yang beralamat di MTH Square Lt. 1 kamar 118-119. Untuk jalannya di MT Haryono Kav. 10 daerah Jakarta Timur.
  5. BIG LAB (Ben’s International Gemological Laboratory)- Juga masih di Jakarta Pusat, yakni di Jl. Gajah Mada nomor 19-26, tapi bila hafal dengan Gajah Mada Plaza, lantai 1 no. 11 maka anda bisa langsung datang kesana, tapi baiknya juga tlp dulu di : 63861666.
  6. IGL (International Gemological Laboratory) – Masuk ke jalan Rasuna Said di Jakarta Selatan di Menara Imperium 16 Suite A.
  7. Pegadaian G-Lab di JakPus jalan Kramat Raya no. 162.
  8. KGL (Kian’s Gemological Laboratory) – Kali ini letaknya ada di Surabaya buat anda yang tinggal di jawa timur bisa datang di Jl. Kunir nomor 6 atau hubungi 031-3531570.

Beberapa yang ada di atas mungkin tidak sesuai dengan lokasi anda dan bisa saja butuh dana banyak untuk ke sana, untuk itu perlu membaca tips di bawah ini sebagai solusi agar bisa dengan mudah datang ke tampatnya.

Tempat terdekat:

Jika anda tidak menemukan cabang dari beberapa lab gemologi di atas maka solusi lainnya adalah dengan datang ke pegadaian terdekat, biasanya di sana juga disedikan jasa penilaian dan pembuatan sertifikat batu akik/mulia/cincin. Tidak perlu ragu karena biasanya akan dipandu oleh satpamnya.

Harga pembuatan sertifikat

Jika anda belum pernah membuat sertifikat batu akik sama sekali maka kami beritahukan bahwa biayanya bisa antara 100ribu hingga 400ribu, mungkin kedengaran mahal bagi yang hanya membeli batu cincin kualitas biasa yang memang dipasaran ada yang harganya cuma 250ribu, tapi bagi yang seharga puluhan, ratusan juta, atau mungkin yang masuk dari deretan batu akik termahal tentu tak menjadi persoalan. Tapi tidak usah khawatir karena ada juga yang biayanya cuma sekitar 80ribu saja tapi yang didapat nantinya hanya dalam bentuk Memo saja.

Jika ingin amannya memang dengan jalan mengetahui cara membuat sertifikat batu mulia atau akik di atas, dan paling bagus lagi kalau anda yang datang sendiri membuatkannya karena lebih meyakinkan, jangan sampai ada juga yang memalsukan suratnya karna jaman sekarang apa sih yang tidak bisa dipalsukan, bahkan surat berharga lainnya saja sudah banyak yang mengalaminya. Tapi bila penjualanya sudah membuatkannya lebih dulu dan anda sudah mengenal baik siapa orangnya maka akan lebih cepat proses transaksinya karena tak harus menunggu hingga beberapa hari hasil sertifikasinya.

About The Author

Comments

  1. MARI SINI

    Mantap…walaupun belum saya coba, posting ini cukup untuk saya jadikan referensi utama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *