Screenshot kalau diartikan dalam bahasa Indonesia maka maknanya adalah layar aktif yang ditangkap tampilannya dan dibuat dalam bentuk gambar. Sebagai contoh kamu membuka halaman sebuah blog / website di ineternet atau pun sebuah aplikasi di komputer PC atau Laptopmu, nah jika kamu ingin menjadikan gambar dari tampilan halaman tersebut maka yang harus dilakukan adalah dengan cara membuat screenshot di komputer atau layar yang tertera pada website tersebut. Dari hasil tangkapan tampilan layar komputer tersebutlah kita bisa memanfaatkannya dalam bentuk gambar yang berformat gif atau pun jpeg yang selanjutnya bisa digunakan untuk berbagai tujuan, seperti membuat postingan blog yang disertai gambar keterangan atau pun di paste dalam halaman MS. Word saat kita mengetik yang berfungsi sebagai gambar keterangan.

Ada banyak sekali tujuan pembuatan / mengambil screenshot, tapi bagi penulis sendiri selama ini lebih senang menggunakannnya untuk tujuan membuat tutorial yang mana dari tangkapan gambar layar tersebut kita bisa memberi penjelasan secara detail mengenai apa yang harus dilakukan dari tiap halaman yang ditampilkan. Belum lagi kalau kita menggunakan bantuan dari aplikasi edit foto seperti ‘Paint’ yang mana kita bisa menambahkan tanda panah dan juga kata-kata dalam gambarnya yang bisa membuatnya semakin jelas bagi pembaca blog kita. Nah, semua itu akan ada pelajari langkah-langkahnya dalam blog ini agar dapat dipergunakan untuk berbagai kebutuhan penggunaan gambar.

Pengertian Screenshot / Screencapture – Setelah menjelaskan panjang lebar soal gambaran dari apa itu screen shot, maka ada baiknya kita jelaskan apa makna sebenarnya. Jadi, kata tersebut sebenarnya berasal dari bahasa Inggris, yakni dari kata Screen yang berarti Layar dan Shot yang berarti ‘foto’atau ‘potret’ (jika dipahami dalam bentuk kata nomina-nya, tapi bisa juga berarti ‘tembakan’ atau ‘suntikan’ jika dibentuk dalam kalimat utuh). Sehingga secara istilah dapat kita artikan dengan = foto atau potret langsung dari layar komputer yang dibuat dalam bentuk gambar.

cara membuat screenshot di komputer

Perhatikan! Hanya ada 3 tahap yang dilakukan untuk membuat screenshot, yakni pertama dengan menekan tombol di keyboard kemudian buka aplikasi untuk mempaste hasilnya dan terakhir tinggal edit dan save hasilnya. Adapun untuk membuka hasilnya kamu tinggal buka dimana file tersebut kamu simpan sebelumnya.

cara membuat screenshot layar komputer

1.  Awalnya buka dulu halaman yang mau kamu ambil gambarnya, entah itu di blog, website, komputer PC, atau laptop (khusus untuk HP android dan smartphone menggunakan teknik lain). Jangan lupa atur posisi layarnya agar gambar yang diinginkan dari layar aktif tersebut sesuai.

2.  Selanjutnya untuk yang menggunakan komputer PC, tinggal tekan tombol “Print Screen” yang ada di keyboard (biasanya letaknya di bagian kanan, tepatnya di atas tombol Insert dan Delete, untuk yang menggunakan produk Logitech). Adapun yang menggunakan Laptop biasanya diletakkan di tombol bagian kanan atas dengan tulisan “Prt Sc” atau biasa juga digabung dengan ditulis “Insert Prt Sc

3.  Setelah itu langsung buka aplikasi Paint di komputer Windows-mu. Caranya mudah sekali, tekan tombol bergambar Jendela (logo Windows) di bagian pojok kiri bawah layar komputermu atau bisa juga lewat keyboard dengan icon Jendela juga. Setelah itu search dengan kata “Paint” untuk memudahkan menemukan aplikasinya atau bisa juga dengan cara masuk ke menu “All Programs” lalu “Accessories” dan cari softwarenya di situ.

4.  Setelah membuka aplikasinya, langsung ‘Paste’ hasil screenshot tersebut dengan cara klik kanan lalu pilih menu ‘Paste’ atau bisa juga tekan tombol Ctrl dan huruf ‘V’ di keyboard komputermu. (Ingat! Agar ini bisa berhasil, setelah menekan tombol Print Screen di keyboard sebagaimana langkah sebelumnya, maka jangan melakukan paste (ctrl + v) di tempat mana pun, kecuali di Paint tersebut.)

5. Berikutnya, tinggal atur lebarnya dan tepinya serta kamu juga bisa tambahkan tulisan atau tanda panah di atasnya. Mengenai ini sudah dijelaskan cara-caranya di sini : Cara Crop Gambar dengan aplikasi Paint” silahkan baca tahapannya.

6.  Terakhir, tinggal tekan menu file lalu “Save” untuk menyimpannya dalam bentuk gambar .JPEG di komputer/laptop. Pada tahap akhir ini kamu bisa memilih di mana akan kamu tempatkan, bisa di My Document, Drive  Data (D:) atau yang lainnya, yang penting mudah kamu temukan.

Artikel lainnya:

  • Gunaka jasa Caraspot – Apapun artikel yang kamu baca dari blog ini tapi pada akhirnya kamu tidak tahu bagaimana cara melakukannya, maka jalan keluarnya adalah gunakan jasa saya saja, bahkan mungkin hanya untuk dibantu dibuatkan screenshot juga bolohe, ya tapi itu kalau kamu memang tidak tahu caranya. Di samping itu, untuk hal-hal yang lebih sulit kamu juga bisa minta bantuan penulis untuk melakukannya, seperti jasa buat logo blog, membuat aplikasi untuk websitemu, atau pun jasa buat website dengan CMS WordPress yang manarik. Pokoknya apa saj ayang mau kamu buat bisa minta bantuan kami dengan syarat sanggup membayar biaya jasanya minimal sebesar  Rp. 50ribu untuk hal-hal yang ringan seperti buat email baru atau screenshot ini atau biaya yang lebih mahal untuk yang lebih rumit, seperti bikin web dan sebagainya.
  • Cara membuat blog Gratis – Buat kamu yang belum punya blog dan ingin tahu bagaiamana proses membuatnya silahkan baca artikel tersebut. Di dalamnya kamu akan belajar banyak cara but blog yang menarik dan keren, mulai dari yang gratisan hingga yang berbayar yang membutuhkan domain dan hosting berbayar. Selain itu kamu juga akan belajar bagaimana cara memperoleh uang dari internet dengan modal blog gratisan. Ini sudah saya buktikan sendiri selama ini penghasilan sampingan saya hanya dari blog dan itu pun hanya menggunakan blogspot.
  • Cara otak atik blog – Jika kamu sudah paham cara bikin blog maka tentu kamu juga harus tahu bagaimana cara mengedit bagian-bagiannya, mulai dari warna tulisannya, jenis fontnya, ukurannya, latar belakang dari blogmu,  spasi tulisannya dan juga warna dari tiap bagian-bagian webmu, mulai dari header hingga footer-nya.
  • Cara Menghasilakan Uang dari Blog Gratisan – Ini adalah artikel lanjutan setelah kamu berhasil membuat blog baik dengan blogger atau pun wordpress. Kamu akan diajarkan bagaimana cara memperoleh iklan dalam blogmu dan apa saja yang harus dilakukan agar kamu diterima dalam program pengiklanan google yang mana kamu akan bertindak sebagai pihak kedua dari pebisnis yang ingin mempromosikan bisnisnya lewat blog.

Bagaimana? Masih ada yang mau ditanyakan soal Cara Membuat Screenshot di Komputer / Pada layar Laptop, jika ada jangan sungkan berkomentar. Dan kalau misalnya masih ada temanmu yang belum paham maka bisa bantu mereka dengan menggunakan tombol share di samping halaman ini agar tautan di artikel ini bisa masuk langsung ke akun facebook atau twittermu. Hitung2 buat amal ke sesama teman.

About The Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *