Resep pancake bukanlah nama asli dari Indonesia. Pancake dalam bahasa kita disebut dengan Panekuk, atau tepatnya Serabi, yang menurut hemat literatur yang penulis baca diambil dari bahasa Belanda, yaitu ‘pannenkoek’. Pancake sering juga disebut dengan flat cake karena bentuknya yang datar. Umumnya bentuknya bundar dan tipis. Cara Membuat Pancake tidaklah sulit karena bisa dibilang sama mudahnya kalau kita buat resep kue jenis kue panggang dari adonan kental lainnya, seperti kue Apem dari Klaten, kue Pukis, Martabak Manis dari Bandung dan lainnya. Oh.. ya.. kita bahas dulu soal karakteristik dan profil dari kue Pancake ini. Jadi, dinamakan demikian karena ia masuk dalam kategori kue dadar yang mana bahan utamanya adalah telur ayam, terigu, susu dan juga gula.

Cara bikin dasarnya dari kue pancake ini sebenarnya mudah sekali, yaitu mulai dengan mencampur semua bahan dengan ir secukupnya hingga membentuk adonan yang kental. Selanjutnya sediakan wajan, olesi sedikit minyak agar tidak lengket lalu panaskan. Kemudian tuang adonan pancake dan tunggu hingga matang. Terakhir tinggal angkat dan beri topping untuk menghiasnya. Terkadanya ada yang menambahkan madu, mentega, selai, keju, buah beri, irisan buah berwarna warni dan masih banyak lagi. Anda pun bisa berkreasi sendiri untuk toppingnya, mulai dari yang berbentuk potongan kecil-kecil hingga yang berbentuk cairan dari hasil olahan sendiri.

Sejarah awal dari pembuatan kue pancake ini adalah dari Yunani Kuno. Mereka menyebutnya dengan ‘tēganitēs’ atau ‘tagēnias’. Kata tersebut berasal dari kata ‘tagenon’ yang berarti ‘wajan’. Adapun bahan utama dari Tagenites waktu itu adalah berupa madu, tepung terigu, minyak zaitun dan juga susu curdled. Umumnya orang Yunani waktu itu membuatnya untuk kebutuhan sarapan mereka saja. Adapun jenis lain dari Pancake adalah ‘Staitites’dari kata ‘staitinos’ yang berarti tepung atau adonan. Jenis ini lebih biasa disajikan dengan topping keju, madu dan wijen.

Baca dulu : Rahasia Cara Membuat Donat Empuk mirip Dunkin Donat dan J.CO

Resep Cara Membuat Pancake Durian Enak

Perlu diperhatikan di bawah adalah pada pemilihan bahan dan takarannya. Usahakan sebisa mungkin mirip dengan yang disampaikan agar rasa, tekstur dan aromanya bisa sesuai dengan yang diinginkan. Selain itu usahakan urutan pengadukan bahan atau cara membuat kue pancakenya sesuai dengan resep karena walau bahan sempurna tapi pengadukan dan proses masaknya salah tetap saja tidak bisa seenak dengan yang banyak dijual di jajanan pinggir jalan yang sudah berpengalaman membuat adonannya setiap hari. Nah, berikut kami sajikan:

resep pancake pisang dan durian dan cara membuat pancake coklat

Bahan Kulit:

  • 1 sdm tepung dari sagu yang sudah kering atau bisa juga beli yang kemasan di minimarket
  • 150 gr tepung terigu yang berprotein sedang
  • 15 gr gula tepung
  • 1 btr telur. Diambil kuningnya saja.
  • 1/2 sdt garam dapur
  • 400 ml susu sapi cair
  • pewarna kuning yang agak tua (kurang lebih 10 tetes saja atau secukupnya)
  • 1 sdm margarin yang telah dilelehkan

Bahan Isi:

  • 700 gr isi atau daging dari buah durian atau 1 buah durian matang yang berukuran sedang.
  • 100 ml krim yang kental., Kocok dulu hingga mengembang
  • 2 sdm gula tepung
  • 1/4 sdt garam

Langkah cara bikinnya:

  1. Untuk bagian Kulitnya : Pertama aduk dulu hingga rata tepung sagu dan terigu, bersama garam dan juga gula tepung, garam. Kemudian masukkan susu cair, kuning telur, margarin yang telah dilelehkan, dan terakhir pewarna kuning yang disebutkan di atas, lalu tinggal aduk menggunakan pengaduk kayu hingga rata.
  2. Menggoreng kulit : Adapun caranya cukup siapkan wajan datar yang telah diolesi minyak, lalu tuang kurang lebih sekitar satu sendok sayur adonan. Usahakan gunakan api kecil agar kulit pancakenya bisa matang sempurna dan tidak gosong. Nah, lakukan hal yang sama hingga semua bahan habis.
  3. Saatnya membuat bagian isi : Caranya campurkan krim kental, bersama durian, gula tepung dan juga garam lalu kocok hingga rata. .
  4. Tahap akhir : Taruh di tangan atau di atas tempat datar dari selembar kulit dadar yang telah dibuat di awal tadi. Beri isi pas di bagian tengahnya menggunakan sendok, lalu lipat dengan menarik keempat bagian pojoknya hingga bertemu satu sama lain dan membentuk persegi atau bisa juga melipatnya dari sisinya masing-masing hingga membentuk seperti kotak. Usahakan hingga tak ada lubang yang terlihat. Lalu letakkan dalam keadaan terbalik. Lakukan hal yang sama hingga semua kulit dan isiannya habis.
  5. Sajikan setelah kue dingin. Biasanya dengan jumlah bahan seperti di atas akan menghasilkan kurang lebih 20 buah kue pancake.
  6. Selanjutnya baca : Resep Pancake Pisang dan Coklat
Tips:
  • Untuk resep pancake yang enak maka usahakan hasil akhirnya terdapat semacam rongga udara kecil-kecil di dalamnya, ya kurang lebih seperti spons. Biasanya hasil yang seperti ini lebih ringan karena berisi gelembung udara halus di dalamnya. Untuk itu disarankan menambahkan juga baking powder di dalamnya atau bahan seperti soda kue atau putih telur.
  • Ada juga tips memasak panekuk yang unik, yakni setelah menuangkan adonan di atas wajan, selanjutnya wajan diangkat dan diletakkan di atas kain basah. Fungsinya, agar proses pemasakannya membuat bagian bawah kue tampak kuning keemasan hingga enak dilihat.
  • Jika tidak punya susu kamu juga boleh menggunakan bahan pengganti lain, seperti Yogurt, buttermilk atau pun susu kedelai.
  • Masih terkait, belajar juga : Cara Membuat Bolu Kukus Mekar

Aneka macam jenis kue Pancake

Poffertjes adalah salah satu jenis panekuk / pancake yang memiliki ukuran yang kecil.

Crêpe atau krepes merupakan jenis pancake yang dibuat lebih tipis dengan variasi topping di atasnya. Di Jawa juga ada khas namanya Leker yang bahannya hampir sama tapi cara memasaknya saj ayang beda karena diletakkan di atas wajan berputar agar membentuk lembaran yang rata.

Okonomiyaki adalah resep pancake asal jepang yang terdiri dari berbagai jenis bahan yang sedikit berbeda dari yang umumnya dibuat.

Nama lain dari Panekuk di tiap Negara

Ada banyak sekali penamaan dari kue ini, tergantung bahasa dari masing-masign negara, seperti di Afrika dinamakan ‘enjera‘ atau ‘budenaa‘, di Somalia disebut dengan ‘Canjeero‘, di India disebut dengan Cheela dengan berbagai variasinya seperti Besan ka cheela, dosa, uttapam, apam (mungkin ini asal kata kue Apem ya? He he!), Thailpeeth,Pesarattu, dan Malpua pancake.

Di Indonesia sendiri kita sering menyebutnya dengan Serabi yang mana bahan utamanya adalah campuran antara tepung beras dan santan yang diberi sedikit garam untuk penambah rasa gurihnya.

Bagi orang Korea mereka punya juga banyak variasi seperti jeon, bindaetteok, pajeon, kimchijeon, dan juga hotteok. Dan khusus bagi orang Malaysia dan Singapura mereka menyebutnya dengan sebutan Lempeng. Sedang untuk orang Nepal menyebutnya chataamari, di Philipina disebut dengan Bibingka dan masih banyak lagi penamaan dari Pancake ini dengan karakter bahan yang kurang lebih sama.

Sempatkan baca : Resep Kue Goreng Sederhana

Jika masih ada yang ditanyakan soal resep pancake atau cara membuat pancake di atas, feel free (jangan sungkan) bertanya langsung lewat admin atau pengunjung lain, baik itu mengenai tipsnya, jenis bahannya atau yang lebih penting lagi pada cara membuatnya. Dan jangan lupa berterima kasih dengan memberi vote pada artikel ini dengan cukup tekan tombol share yang ada di bawah atau samping ulasan resep ini. Dan pesan dari Caraspot, sebaiknya buat juga kreasi pacake sendiri yang belum pernah dibuat oleh siapa pun, siapa tau bisa jadi trendseter dan ditiru banyak orang, apalagi kalau bisa di upload ke internet fotonya.

About The Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *