Bingkai halaman biasanya diperlukan untuk tujuan membuat surat atau undangan tertentu, tapi terkadang bagi anak sekolahan seperti SMP, SMA dan lainnya, Cara Memberi Bingkai Pada Halaman Tulisan di MS Word ini bisa juga diterapkan pada pembuatan makalah atau tugas sekolah lainnya. Sebenarnya pemilihan tema juga tergantung pada jenis artikelnya, misalnya saja waktu itu soal selamatan rumah baru maka karena kebetulan tersedia yang bentuk rumah juga, jadi lebih baik milih yang itu saja. Kecuali mungkin temanya umum maka bisa dipilih yang berbentuk bingkai dari garis biasa saja agar tak terlalu ramai dilihat.

Frame tulisan di Microsoft Word sebenarnya belum lengkap jika kita ingin memberi variasi pada hasil karya tulis yang dibuat, ada baiknya ditambahkan juga variasi warna tulisan dari warna lembut yang tidak merusak pandangan mata.

Biasanya bentuk yang tersedia langsung dalam program Windows kurang lengkap, makanya terkadang juga ada cara menambahkan model baru yang sama sekali belum digunakan, yakni dengan cara download dulu di internet kemudian diinstall masuk dalam komputermu, hanya saja kami tidak menyediakan tutorial soal ini jadi silahkan cari di Google.

Langkah Cara Memberi Bingkai Pada Halaman Tulisan di MS Word

Sebenarnya hanya ada 2 langkah untuk membuat bingkai artikel ini, hanya saja biar lebih lengkap dijelaskan lagi cara pengaturannya, mulai dari cara memilih modelnya, warnanya, hingga lebar dari frame yang digunakan agar lebih menarik dan keren. Berikut prosesnya:

  • Pertama, klik Page Layout (di Menu Bar halaman pengetikan)
  • Kedua, klik menu Page Borders yang ada di dalam kelompok menu Page Backgroud, setelah Page Setup.

Setelah masuk ke bagian page borders tersebut selanjutnya lakukan pengaturan langsung dengan cara sebagai berikut :

cara membuat bingkai di halaman microsoft word

Penjelasan setting bingkai:

  1. Setting : Jika untuk tujuan buat undangan selamatan rumah seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya maka disarankan pilih yang kedua, yakni model ‘box’ yang artinya bingkainya ada pada semua tepi halaman, mulai dari atas, bawah, kiri dan kanan. Adapun ‘Shadow’ artinya nanti bingkainya disertai dengan bayangan sebagai variasinya, sedang 3-D adalah bentuk bingkai surat yang 3 dimensi.
  2. Style : Pada bagian ini tidak usah diubah. Biarkan saja yang garis lurus bersambung.
  3. Color : Pada pengaturan warna hanya akan berfungsi jika model bingkai yang dipilih yang warna hitam putih, tapi bila berwarna maka tetap akan menyesuaikan dengan model aslinya.
  4. Width : Pengaturan ini untuk menyesuaikan lebar dari bingkai atau frame tulisannya. Sebaiknya jangan terlalu kecil dan juga jangan terlalu lebar karena akan merusak tampilannya. Ya, kira-kira mulai dari ukuran 1 ½ pt hingga 3 pt.
  5. Art : Disinilah kuncinya, berbagai bentuk bingkai bisa kamu temukan dengan cukup klik tanda panah kecil di sampingnya, mulai dari yang berbentuk payuing, garis putus-putus, gambar rumah, buah, dekorasi di pojok, hingga yang ada gambar gunting di dekatnya sebagai tanda kalau orang bisa memotong kertasnya mulai dari garis tersebut.
  6. Apply to : Perintah ini untuk mengatur dimana saja bingkai tulisan ini akan diterapkan apakah disemua halaman atau hanya pada halaman ini. Mungkin setting ini kurang dipakai jika yang kita lakukan adalah hanya untuk membuat selembar surat. Berbeda jika untuk tulisan tertentu seperti ebook dan lainnya.
  7. Lanjutkan : Cara Memberi Warna pada Latar Halaman Tulisan di Microsoft Word

Gampang kan Cara Memberi Bingkai Pada Halaman Tulisan di MS Word. Cuma 2 kali klik langsung jadi. Jika tidak mau susah mengatur yang lainnya maka bisa langsung pilih bagian ‘Art-nya’ lalu tekan oke. Hanya saja kalau seperti itu lebar bingkainya tidak bisa disesuaikan dengan lebar halaman artikel. Dan bila seandainya yang bentuk variasi frame yang dicari sama sekali tidak ada maka sebaiknya copy yang sudah ada di blog-blog lalu paste di dalam microsoft word . Adapun cara memberinya tulisan, karena ia sudah dalam bentuk gambar, adalah cukup dengan atur “Wrap Text” (pengaturan posisi gambar di dalam artikel), dalam hal ini dipilih “Behind text’ yang itu artinya gambar berada dibelakang teks, jadi kita bisa langsung menulis d atasnya. Akan lebih pas lagi kalau buat kotak garis yang disamarkan garisnya jadi tulisannya bisa diletakkan dimana saja.

About The Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *