langkah cara membuat email yahoo

Memiliki pengirim pesan elektronik banyak sekali gunanya, karenanya Cara Membuat Email di Yahoo Mail – Daftar Akun Baru! ini sangatlah penting diketahui, apalagi dalam artikel ini ada banyak sekali jenis layanan bikin email yang akan diterangkan langkah pendaftarannya, mulai dari Google, Hotmail, AOL, dan Yahoo sendiri sebagaimana yang akan kita awali tutorialnya pada hari ini. Perlu diketahui juga kalau sebenarnya saat pertama kali menciptakan account baru kita bisa memilih antara alamat Indonesia maupun untuk umum, yakni dengan memilih di bagian kolom pemilihan alamat akun ekstensinya, tinggal klik mau pilih yang .com atau .co.id, tapi sebenarnya lebih banyak yang suka pakai yang menggunakan dot com, selain lebih banyak dikenali orang juga karena tidak sulit mengetikkannya sebab tanpa harus menambahkan titik lagi di antaranya.

Email yang baik seharusnya memiliki kesamaan dengan pemiliknya, misalnya anda punya blog atau website yang isinya soal cara-cara, maka kalau bisa alamatnya seperti ini: caraspot@yahoo.com dan lain sebagainya, ini gunanya agar orang lebih mudah menghafalnya tanpa harus dicatat. Berbeda kalau yang menggunakan tambahan angka di belakangnya, apalagi sampai 3 digit, tentu butuh usaha keras untuk mengingatnya. Selain itu anda juga harus tahu bahwa dengan memilik email maka kita bisa melakukan banyak hal penting dalam urusan dunia internet, misalnya bikin akun facebook, twitter dan social media lainnya, atau pun kita bisa gunakan sebagai alat bisnis utama kita dalam melayani pelanggan dan lain sebagainya.

Langkah Cara Membuat Email Yahoo

Kalau sebelumnya kita sudah bahas untuk pembuatan akun email di Google, sekarang ini kita juga akan menjelaskan hal yang sama tapi dari provider email yang berbeda, yakni dari Yahoo. Secara sekilas hampir mirip, tapi yang membedakan sebenarnya pada saat mengisi form kelengkapan datanya dan tampilannya pada saat telah masuk ke bagian dashboard untuk melihat pesan masuk yang ada. Nah, berikut prosesnya:

  1. Awalnya kunjungi dulu situs resminya di www.yahoo.com (biasanya secara otomatis kamu akan diarahkan masuk ke layanan untuk berita untuk Indonesia, yang biasanya di awali dengan ‘ID’ di depannya.)
  2. Setelah membuka tampilan web beritanya, nah lihat di samping kiri deretan menunya, ada tulisan ‘Mail‘ atau di sebelah kanan atas ada tulisan Sign In dan Email, silahkan pilih salah satunya, dan biar jelas perhatikan contoh gambarnya:

Tampilan kanan:

langkah cara membuat email yahoo Tampilan kiri:

pembuatan mail

3.  Setelah mengklik tulisan yang dilingkari merah di atas, anda selanjutnya akan masuk ke halaman berikutnya yang meminta anda mengklik tulisan “Create Account” sebagai proses awal dalam membuat akun baru yahoo anda:

create account yahoo

4.  Muncul halaman baru, tinggal isi semua data yang diminta sesuai keterangan di bawah, tapi bagusnya pakai data sesuai KTP agar dapat digunakan untuk tujuan bisnis nantinya.

buat email ymailKeterangan: (sesuaikan dengan angka di gambar)

  1. Isi dengan nama depan resmi kamu
  2. Nama belakang, jika ada, tapi bila tidak gunakan nama orang tua saat ini atau pun yang sudah meninggal/
  3. Pilih alamat email yang kamu suka (tanpa perlu ditambahkan @yahoo.com di belakangnya karena di sampingnya sudah ada yang tertera, tinggal pilih mau pakai yang .com atau .co.id untuk alamat email Indonesia.
  4. Ketik kata sandi yang mudah kamu hafal, jika perlu catat dikertas atau dalam file notepad agar jika sewaktu-waktu lupa bisa langsung melihatnya. Di sampingnya juga ada pilihan apakah ingin menampilkannya saat mengetik atau hanya dalam bentuk tanda bintang, tapi bila tidak ada orang di sampingmu maka tampilkan saja.
  5. Sertakan nomor HP yang kamu pakai saat ini, kalau bisa yang masih aktif agar nanti bisa dijadikan alat untuk verifikasi jika passwordnya lupa.
  6. Isi secara berurut, tanggal > bulan > tahun. Khusus untuk pengisian tanggal silahkan isi sendiri, sedang lainnya tinggal pilih.
  7. Jenis kelaminmu apa, apakah Pria atau Wanita.
  8. Anda diminta mengimput nomor telepon lain, baiknya teman atau keluarga terdekat. Di sampingnya anda juga diminta menyebutkan hubungan anda dengan pemilik nomor HP tersebut.
  9. Akhiri dengan mengklik tombol ungu bertuliskan “Buat Account” dan prosesnya pun selesai.

5.  Berikutnya akan muncul halaman yang meminta anda melakukan verifikasi sebagai bukti bahwa anda adalah manusia dan bukan robot.

verifikasi email baru

Cara memasukkan kode:

Usahakan mengetik sesuai dengan angka yang naik turun dan jangan yang berjalan ke arah kanan. Pastikan juga antara huruf besar dan kecil dibedakan, demikian juga pada angkanya!

6.  Tededdd.. jika berhasil akan muncul pesan bahwa anda sukses membuat email ymail anda kali ini sebagaimana screenshot yang ditampilkan. Selamat! Tinggal klik tombol “Persiapan Awal” untuk masuk ke dashboard surat elektronik anda.

proses pembuatan email berhasil7.  Selanjutnya akan muncul pesan bahwa anda diminta memilih jenis tema yang anda sukai, bagusnya pilih yang simple dan putih agar tidak mengganggu mata. Tapi bila belum punya niat merubahnya tinggal pilih “jangan sekarang” atau kalau sudah dipilih tinggal “Simpan Tema”. Dan tinggal belajar teknik lainnya di bawah ini.

B.  Cara Mengirim Email di Yahoo Mail

Berikut ini adalah tampilan halaman ketika kita telah mengklik “Tulis” atau “Post” yang ada di samping kiri. Sebenarnya hanya ada 3 hal yang wajib kita isi di dalamnya dan plus 1 lagi sebagai lampiran jika memang kita ingin mengirim file yang sudah jadi dari Word, file gambar dan lain sebagainya. 3 pertama yang disebut adalah alamat email tujuan pengiriman, judul pesannnya, dan juga isi dari pesan itu sendiri. Terkadang yang terakhir hanya berisi penyampaian singkat saja dan isi sebenarnya ada pada “Attachment” atau lampirannya.

cara mengirim email ymail

Keterangan:

  • Kata “Tulis” yang dilingkari merah yang berada paling atas adalah tombol yang pertama kali diklik jika ingin mengirim email melalui akun Yahoo anda. Dan setelah diklik maka akan mucul halaman putih yang berisi kolom pengetikan dan juga alamat email yang dituju serta judul dari pesan yang akan dikirim, sebagaimana terlihat pada gambar di atas.
  • Lingkaran kotak yang berada di bawah tombol Tulis tersebut adalah menu yang pertama kali dilihat saat membukan account anda. “Email Masuk” adalah menu yang diklik jika ingin melihat pesan baru yang masuk atau istilahnya “Inbox“. Sedang “Draft” adalah email yang telah ditulis tapi belum dikirim. Dan adapun dengan “Email Keluar” merupakan menu untuk melihat email apa saja yang pernah kita kirim, dan ini juga bisa digunakan untuk mengirim email dengan pesan yang sama hanya dengan membukanya lalu mengklik ‘Forward” yang ada di bawahnya.
  • Lingkaran yang bertuliskan “Ke” dan “Judul” pada lingkaran di samping kanan adalah masing-masing pada kolom “ke” untuk menuliskan alamat email yang dituju dan “judul” adalah untuk memberi apa tema atau judul dari pesan yang akan kita sampaikan.
  • “Emailnya tuh…. diketik di sini!” adalah kolom untuk menuliskan isi pesan kita. Jika isinya tidak terlalu panjang maka cukup diketik semua di situ, tapi bila terlalu panjang maka baiknya ketik di Microsoft Word dulu baru kemudian diupload ke dalamnya dengan cara mengklik tombol icon kecil seperti penjepit kertas yang ditunjuk dengan tanda panah hitam di atas yang diberi keterangan “Lampiran” atau “Attachment” jika ditampilkan dalam bahasa Inggris.
  • Lingkaran panjang yang juga ditujuk dengan keterangan Lampiran tersebut adalah berbagai icon yang digunakan saat sedang menulis pesan, di antaranya adalah untuk melakukan bold, italic atau tulsan miring, underline atau garis bawah atau pun memilih model rata kiri, tengah dan kanan. Namun bila ingin memasukkan link dalam email tersebut maka caranya dengan icon seperti ‘rantai’ yang berada masih dalam linkaran tersebut, tepatnya yang berada di bagian kedua dari samping kanan.
  • Terakhir, jika sudah selesai semua, mulai dari mengetik alamat email tujuan pengiriman hingga isinya, maka tibalah waktunya mengklik button biru bertuliskan “Kirim” dan secara otomatis surat elektronik anda pun akan langsung terkirim.
  • Untuk penjelasan langkah demi langkah dengan keterangan gambar yang lebih jelas, silahkan merujuk kesini: Cara Mengirim Email lewat Yahoo – Kirim Ymail 

C.  Bagaimana cara membuka email yang masuk

Sudah disinggung di atas, tapi biar lebih jelas silahkan ikuti prosesnya berikut:

  1. Login ke akunmu, ikuti sesuai tutorial cara membuat di atas hingga langkah ke-3, lalu klik “Sign In
  2. Setelah berhasil login kamu akan melihat tampilan Dashboard seperti pada gambar yang baru saja diterangkan di atas, tinggal klik tulisan Email Masuk atau Inbox di samping kirinya.
  3. Untuk membuka email yahoo anda maka yang dilakukan adalah dengan mengklik judul dari pesan tersebut yang ada di samping kanan dari nama pengirimnya.
  4. Jika koneksi internet anda lancar maka secara otomatis ia akan terbuka dengan cepat, tapi bila lambat maka akan butuh waktu beberapa menit untuk membukanya.
  5. Jika belum paham penjelasan di atas, silahkan baca keterangan lengkapnya di sini : Cara Membuka Pesan Email Yahoo
Tips Lain
  • Cara membalas email – Jika ingin membalas sebuah email maka cukup buka saja pesannya lalu lihat di bagian bawah ada tulisan “Balas” tersebut.
  • Mengcopy teks yang sudah pernah dikirim – Jadi misalnya saja mau kirim email yang sama tapi alamat penerimanya beda maka yang dilakukan adalah seperti jika kita ingin membalas seperti diatas tapi di bagian bawahnya kita pilih “Forward” atau “Teruskan”
  • Setelah menggunakan, maka jangan langsung menutup akun yahoo anda dengan cara mengklik langsung tombol Close nya tapi usahakan klik atau arahkan kursor anda pada nama akun anda yang ada si sebelah pojok kanan atas lalu pilih “Sign Out
  • Jangan memberitahukan siapa pun soal password untuk loginnya dan juga jangan menuliskannya di kertas manapun agar tidak mudah diketahui oleh orang lain.
  • Pastikan gunakan password yang rumit dengan menggabungkan antara angka, huruf besar dan huruf kecil secara bergantian agar tidak mudah ditebak.
  • Jika ada email yang tidak diinginkan dalam inbox maka baiknya buka lalu tandai sebagai Spam (klik di bagian atas saat membuka isi pesannya) agar nantinya secara langsung masuk ke bagian penampungan spam.
  • Jangan sampai salah setiap kali ingin mengirim pesan pada orang lain, formatnya harus seperti ini : alamatemailnya@yahoo.com atau @gmail.com dan selain itu semua harus menggunakan huruf kecil dan tanpa spasi, karena jika tidak pesannya tidak akan sampai.
  • Jika ada file yang banyak yang sudah kamu ketik dan ingin disertakan di dalam email yang kamu kirim maka caranya cukup menggunakan icon ‘Archive‘ yang bertanda seperti jepitan kertas di bagian bawah lalu upload filemu di sana, dan jangan mengcopy lalu paste dalam halaman penulisan pesannya karena akan kepanjangan dan menyulitkan orang membacanya.
  • Jika ada masalah saat membuka atau send email, maka pastikan baca ini : Bagaimana Cara Mengatasi Email Yahoo Bermasalah
Info menarik lainnya soal email marketing!

Mungkin masih terlalu dini untuk berbicara soal email marketing di sini karena anda adalah pemula dalam penggunaan surat elektronik ini, tapi di sini saya hanya ingin memberikan sedikit gambaran bahwa betapa mudahnya melakukan promosi sekarang ini secara gratis tanpa mengeluarkan biaya sepeserpun dengan hanya bermodalkan jaringan internet dan juga email yang telah anda buat di atas. Caranya tentu tak sesulit jika anda ingin menjadi marketing kompor, panci dan sebagainya yang biasa anda jumpai setiap harinya, karena disini kamu hanya akan duduk manis sambil jarimu sedikit bekerja dan promosi atau iklannya pun bisa kamu sebar ke seluruh pemilik email yang kamu kirimi.

Ada banyak sekali kisah pengusaha ataupun individu yang sukses lewat materi promosi ini dan anda pun say akira bisa mengikuti jejaknya dengan mengikuti beberapa tips di bawah ini :

  • Judul atau Subject email yang “menggoda”! – Ini mungkin terdengar sangat tidak lazim, tapi kenyataannya judul yang menarik akan mudah mendapat kunjungan atau mudah menarik orang untuk melihatnya dan selanjutnya mengunjungi tautan yang ada dalam iklan yang anda sisipkan tersebut. Misalnya saja, “lowongan kerja gaji 500ribu per hari” maka itu tentu akan lebih bombastis dibanding hanya menulis “info loker”, tapi sekalipun demikian email Yahoo yang anda buat ini tetap ada aturan pemakainnya sehingga tak boleh terlalu sering mengirimkan pesan pada satu akun yang sama dalam beberapa kali dalam seharinya.
  • Tampilan email – ini jangan sampai di abaikan karena orang tidak senang jika isi emailnya bnayak tulisan yang panjang dan hanya terlihat polos, usahakan ada gambar di dalamnya dan juga yang penting adalah link bisnismu, dan pastikan juga kata-katnaya singkat dan padat yang bisa membuat orang segera membuka tautan di dalamnya. Tapi usahakan kata-kata yang digunakan juga realistis agar email yang anda kirim lewat Yahoo-Ymail tersebut tidak dianggap hoaks dan layak untuk segera di hapus.
  • Siapa saja target penerima emailnya? – Ini jangan sampai dilupakan bahwa email yang anda buat dengan Yahoo ini akan semakin powerful jika tujuan marketingnya jelas, dalam hal ini siapa saja pemilik email yang akan anda kirimi pesan, paling baik adalah jika ia memiliki kesamaan hobi, minat, bakat atau apalah yang sesuai dengan tema promo yang anda kirimkan. Misalnya saja, kamu beriklan soal domain dan hosting website, maka usahakan yang menerimanya juga paling minimal pekerjaannya adalah blogger paruh waktu, dan lainnya.
  • Komunikasi jangan putus – kalau anda sudah dapat pelanggan dari hasil email marketing yang anda jalankan dari email yang telah dibikin tersebut maka selanjutnya adalah lakukan komunikasi yang intensif, jawab semua pertanyaannya dengan baik karena ia adalah salah satu calon pembeli yang bisa dijadikan harapan agar produk anda terjual, dan pastikan berikan kata-kata yang ramah dan sekaligus menggoda dia untuk membeli.

Cukup panjang bukan penjelasan cara membuat email di Yahoo atau Ymail kali ini, tapi intinya sebenarnya tinggal Daftar Akun Ymail Baru! dan setelah itu tinggal belajar sendiri segala fitur di dalamnya dengan jalan mengotak atik berbagai toolnya, tak perlu guru saya kira untuk ini, hanya butuh latihan dan sering menggunakan, semakin sering memakai atau membukan akun email Ymail anda maka akan semakin mahir dan hafal fula semua fungsi tombol di dalamnya. Penulis juga dulu awalnya kesulitan dalam penggunaannya tapi lambat laun tau juga, selain itu kamu bisa gunakan bantuan google untuk mencari tutorial yang tidak kamu mengerti bila mana ada hal yang kurang jelas, saya yakin ada banyak blogger di sana yang sudah ahli soal cara bikin akun email Yahoo dan rela berbagi lewat tulisannya secara gratis dan bahkan mau memandu anda langsung tanpa dipungut biaya.

About The Author

Comments

  1. desy

    membuat akun di yahoo sangat mengutungkan karna tidak hanya dapat menggunakan fasilitas e-mail tetapi juga dapat menggunakan fasilitas lainnya seperti YM…

  2. Caraspot Article Author

    Betul sekali! email yahoo memang pelopor dari layanan email gratis, bahkan lebih dulu dari layanan Gmail yang dibuat oleh Google. Kalau saya pribadi senang dengan tampilannnya yang bisa disesuaikan dengan keinginan sendiri, mau latar biru, ungu atau pun putih polos. Adapun layanan YM merupakan alat komunikasi online gratis yang banyak digunakan pebisnis online, selain lebih simple penggunaannya, juga bisa diterapkan langsung dalam blog.

  3. Erlara

    sebenarnya soal email ini gk perlu tutorial harusnya bisa xD, tapi khusus untuk pemula soal teknologi / bisa dibilang gaptek ini akan sangat membantu thanks for sharing admin caraspot :D

  4. Pete

    Sekarang buat email yahoo harus verifikasi hp, gak seperti dulu, gampang banget. Buat id unik aja juga gampang, gak seperti sekarang. Bahkan batiknyapun gak kliatan. Tapi untungnya saya masih punya peninggalan akun att.net jaman dulu waktu sering ngeroom. Id yang memang terlihat unik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *