Kue donat adalah nama dari panganan yang bentuknya bulat dan bolong di tengahnya. Nah, khusus hari ini Caraspot ingin berbagi resep cara membuat donat kentang, ya yang terbuat dari kentang. Dari sekian banyak jenis donat sebenarnya inilah yang paling terkenal dan banyak dibuat, dan bahkan brand ternama seperti Dunkin Donuts dan J.CO juga menggunakan umbi tersebut untuk menambah cita rasa gurih dan tekstur empuk pada adonannya. Tapi sebenarnya jika ingin berhasil dalam membuat kue donat yang enak, lembut dan juga empuk maka yang dibutuhkan sebenarnya bukan cuma bahannya yang pas tapi juga proses atau langkah dalam mengolah adonannya hingga bisa disajikan di atas meja dengan topping yang beragam dan lezat.

Sebelum masuk ke pembahasan inti penulis sedikit ingin memberikan informasi soal sejarah masuknya resep donat kentang dan lainnya di Indonesia. Dimulai pada tahun 1968, yakni ketika brand bernama American Donut mengikuti Jakarta Fair waktu itu, yang sekarang disebut dangan Pekan Raya Jakarta, dan saat itulah masyarakat kita mulai mengenail apa itu donat, dan kebetulan waktu itu yang diperkenalkan adalah teknik menggorengnya yang menggunakan mesin. Dan selanjutnya, pada tahun 1985, disusul dengan kehadiran Dunkin’Donuts yang juga mulai memperkenalkan nikmatnya kue yang terbuat dari tepung terigu ini yang mana ketika itu dimulai dengan 1 gerai di jalan Hayam Wuruk Jakarta dan seterusnya hingga berkembang menjadi 200 cabang lebih waktu itu. Dan tak mau kalah dengan produk luar negeri, tercetuslah satu merek lagi yang bernama J.CO yang mana diciptakan sendiri oleh orang Indonesia, yaitu Johnny Andrean. Beliau sebenarnya lebih banyak dikenal sebagai ahli tata rambut dan berbagai produk perawatan rambut.

Resep Donat Kentang yang Empuk dan Sederhana

cara membuat donat kentang empuk dan lembut

Untuk lebih memudahkan anda dalam memhami resep di bawah maka dijelaskan dengan menyebutkan terlebih dahulu bahan-bahan apa saja yang digunakan untuk pembuatan adonan dan juga topping atau atas donatnya, setelah itu akan dijelaskan bagaimana proses atau langkah dalam mengolahnya hingga dapat dihidangkan di atas meja untuk disantap bersama keluarga atau pun tamu Anda.

Bahan kue:

  • 100 gr kentang segar, rebus lalu kupas kulitnya dan haluskan
  • 200 gr tepung terigu (pilih yang masih baru dan segar)
  • 50 gr gula pasir putih
  • 40 gr margarin kemasan
  • 15 gr susu bubuk (merek apa saja)
  • 1/2 sendok teh baking powder
  • 1/2 bungkus ragi instant (atau sekitar 5 gram)
  • 4 btr kuning telur
  • 1/4 sendok teh garam dapur
  • 100 ml air es

Untuk Topping Cokelat:

  • 250 gr cokelat masak (bisa dari coklat batangan yang dilelehkan))
  • 100 gr margarin kemasan
  • Meises coklat secukupnya

Proses Cara Membuat Donat yang Enak dan Lembut:

  1. Pertama kali yang harus dilakukan oleh ibu di rumah adalah dengan mencampur bahan seperti tepung terigu, ragi, gula, baking powder dan juga susu bubuk sesui takaran yang disebut di atas. Kemudian aduklah hingga betul-betul rata.
  2. Jika sudah terllihat rata, barulah tambahkan telur dan juga kentang serta air es sedikit-sedikit. Nah, jika semua sudah tercampur barulah masuk ke tahap menguleni adonan hingga didapatkan hasil yang betul-betul kalis.
  3. Setelah dirasa agak kalis, masukkan lagi garam dan juga margarin, dan lanjutkan dengan uleni kembali hingga betul kalis dan terasa elastis jika ditarik.
  4. Apabila proses pengolahan sudah selesai selanjutnya tinggal tutup adonan dengan serbet bersih atau plastik dengan rapat selama kurang lebih 15 menit atau hingga mengembang.
  5. Jika adonan sudah terlihat mengembang sempurnya, maka langkah berikutnya adalah dengan dikempeskan kembali untuk selanjutnya dipotong rata kurang lebih sebesar bulatan telur (dibentuk bulat dan agak dipipihkan) atau jika ingin menggunakan timbangan kira2 seberat 30 gr. Nah, tinggal diamkan dan tunggu kurang lebih selama 10 menit saja.
  6. Jika adonan resep donat kentang sudah mengembang lagi tinggal buat lubang di tengahnya.
  7. Tinggal tata semua adonan yang sudah dibentuk di atas loyang yang sudah diolesi tipis dengan tepung. Tunggu hingga 1 jam.
  8. Terakhir, panaskan minyak dengan api sedang, kalau perlu buat agak kecil lagi apinya biar matangnya rata. Jika sudah terlihat kuning keemasan tinggal angkat dan siap diberi topping.

Cara Bikin Topping Coklat:

  1. Tim mentega bersama cokelat hingga leleh.
  2. Celupkan satu bagian dari donat kentang dalam lelehan cokelat (caranya pegang sala satu sisinya menghadap ke bawah). Balik dan taburi dengan meises.
  3. Diamkan beberapa menit saja hingga coklat yang leleh di atasnya dingin dan beku.
  4. Teded….panggil semua teman dan nikmati donat buatanmu bersama-sama.

Tips rahasia:

  1. Lelehkan coklat untuk topping donatnya dengan cara menggunakan mangkuk keramik yang diletakkan di atas pemukaan air mendidih yang sedang dimasak. Ini bertujuan untuk menghindari coklat terasa pahit.
  2. Gunakan terigu yang masa kadaluarsanya masih lama, palaing bagus kalau tidak kurang dari setahun lagi masa expired-nya.
  3. Selain direbus, kentang juga bisa dimatangkan dengan cara digoreng terlebih dahulu hingga matang sempurna menggunakan api sedang, baru setelah itu dihaluskan dengan cara ditumbuk.
  4. Penggunaan air dingin di sini adalah agar hasil akhir dari donatnya dapat terlihat agak merekah saat digoreng, karena nantinya unsur dingin yang bertemu dengan panasnya minyak akan mempengaruhi tekstur yang ada dalam adonan.
  5. Saat menggoreng, agar matangnya sempurna, maka bolak balik donat tanpa harus menunggu matang sempurna salah satu sisinya, ini karena setelah dibalik bagian atasnya masih mengalami proses pematangan dan perubahan warna secara perlahan.
  6. Cara Membuat Lubang Donat Bolong Sempurna (silahkan baca)
Jenis kentang yang baik

Pada dasarnya jenis kentang yang ada di negara kita dan juga di negara lain sangat beragam, hanya saja jika kita bicara soal bahan pembuatan donat tentu ada pilihan terbaik untuk itu. Salah satu yang direkomendasikan adalah kentang mentega, ini karena memang tekstur dari jenis ini lebih lembut sehingga jika dicampur dengan adonan donat tidak akan menimbulkan tekstur kasar pada hasil pembuatannya. Tapi jangan senang dulu kalau anda sudah menemukan rahasianya, karena untuk jenis ini pun terdapat 2 macam, yaitu:

  1. Kentang Granola – Jika diamati pada teksturnya, jenis kentang ini terasa halus saat disentuh langsung dengan jari kita. Mengenai kandungannya, terdapat 16% hingga 18% kandungan pati dan 80% lebih untuk kandungan airnya. Saat mengalami proses pemasakan atau direbus, pori-pori pada jenis kentang ini tidak mudah mengeluarkan air sehingga jika anda mencari yang cocok untuk campuran hidangan yang dimasak maka inilah pilihan terbaiknya.
  2. Kentang Tes – Ciri-cirinya adalah terasa kasar saat dirabah. Tapi bukan berarti ini tidak baik untuk menghasilkan donat kentang yang lembut karena tingkat kekasaran tersebut hanya jika kita membandingkan dengan jenis sebelumnya dimana ia tidak begitu halus. Namun mengenai kandungannya, Ini bisa dibilang kebalikan dari Granola tadi dimana kandungan patinya jauh lebih banyak, sedangkan kandungan airnya sendiri jauh lebih rendah. Sehingga jika mencari jenis kentang yang baik untuk campuran bahan kue yang digoreng, dalam hal ini kue donat, maka kentang tes inilah jawabannya. Jadi sekarang anda sudah tahu kan jenis kentang apa yang biasa digunakan untuk campuran adonan donat?.

Resep Donat J.CO

resep kue donat J.CO

Bikin donat ala J.CO paling bagus belajar dari NCC (Natula Cooking Club) karena dari NCC lah banyak dihasilkan cara membuat berbagai kue, termasuk donat, yang layak dipercaya. Kenapa? Ya karena mereka berbagi tips dan proses buatnya bukan hanya dari hasil copas tapi memang sudah dipraktekkan sebelumnya, ya namanya juga Club pasti ada actionnya. Salah satu nama yang terkenal kalau bicara NCC adalah Ibu Fatmah Bahalwan, beliaulah yang banyak menginspirasi wanita muda untuk berkarya.  Sudah banyak yang sharing soal kehandalan dan manfaat dari kehadiran NCC ini. Kalau kamu mau kamu juga bisa memiliki kumpulan resep-nya dengan jalan beli bukunya  di toko buku terdekat seperti Gramedia, Toga Mas dan lainnya.  Berikut resep J.CO ala Ibu Fatmah Bahalwan  dari Marisa-Tamara:

Bahan 1:

  • 850 gram tepung terigu (paling baik beli yang kemasan di Indomaret)
  • 11 gram ragi (kemasan)
  • 600 ml air matang
  • 10 gram garam halus

Bahan 2:

  • 200 gram tepung terigu Jepang atau yang biasa
  • 10 gram garam
  • 60 gram susu bubuk
  • 125 gram gula
  • 100 gram telur ayam
  • 125 gram mentega putih
Cara membuat:
  1. Pertama, Campur dan aduk dulu bahan A yang telah disebut di atas hingga rata kemudian diamkan kurang lebih 1,5 jam dengan ditutup plastik mika, ini gunanya sebagai biang.
  2. Berikutnya, campur adonan A dan bahan b yang belum diapa-apakan, kemudian campur rata dan uleni hingga kalis. Lalu diamkan lagi selama 15 menit.
  3. Giling tipis adonan donat kentang ala J.CO tadi hingga kira-kira tebalnya 1 cm saja lalu diamkan selama 10 menit saja. Berikutnya cetak dengan cetakan manual (mirip dengan kalau buat kue mentega). Setelah itu simpan lagi selama 10 menit.
  4. Setelah mengembang, tinggal goreng menggunakna minyak yang kental dengan menggunakan api kecil. Bolak balik terus agar matangnya rata dan bila sudah berwarna coklat keemasan tinggal tiriskan.
  5. Terakhir tinggal beri topping sesuai selera. Jika mau Resep Rahasia J.CO silahkan baca!

Donat Madu Bandung

Memang betul kalau donat madu lebih banyak dikenal berasal dan tenar di Bandung. Fanina Nisfulaily adalah tokoh dibalik lahirnya inovasi ini yang kini telah menjadi waralaba sukses. Resep kue donat ini khas dengan rasanya yang manis dan biasanya ada aneka rasa dari buah, dan tak ketinggalan soal teksturnya yang betul-betul lembut dan nikmat saat dikunyah. Kalau anda bertanya apa merek yang terkenal di kota kembang tersebut? Nah Cihanjuang adalah jawabannya. Selain empuk dan lembut, rasanya memang bisa dibilang top markotop, selangit, maknyus atau apalah yang pantas untuk donat seenak itu. Dan yang lebih penting lagi adalah karena harganya murah dan terjangkau buat siapa saja. Berikut langkah buatnya

Bahan kue:

  • 37 gram terigu dengan kandungan protein sedang, bisa gunakan segitiga biru
  • 20 gram terigu dengan protein tinggi, pake aja cakra kembar
  • 20 gram gula pasir
  • 8 gram susu bubuk
  • 8 gram ragi
  • 1/2 sendok teh bread improver (bahan pelengkap untuk buat roti yang fungsinya membuat roti lebih halus dan empuk)
  • 112 gram air hangat
  • 30 gram madu (kalau mau mirip dengan Cihanjuang maka pakai yang asli Sumbawa)
  • 1 butir telur ayam
  • 25 gr mentega putih atau bisa juga gunakan margarin

Proses bikin :

  1. Awali dengan mencampur semua bahan yang kering, lalu tambahkan telur dan juga madu Sumbawa, kemudian campur hingga terlihat berbutir-butir. Selanjutnya, tambahkan air sedikit-sedikit dan terus uleni hingga betul kalis, barulah masukkan shortening dan juga garam, seterusnya uleni hingga kalis dan elastis. Simpan hingga 30 menit dengan ditutup plastik mika atau kain atau hingga adonan donat mengembang dengan baik atau sekitar 2 kali dari massa sebelumnya.
  2. Kempeskan adonan kue, lalu giling sampai tipis kira-kira hingga setebal 1 cm, baru setelah itu dibentuk dengan cetakan donat. Lalu diamkan selama 1-2 jam atau hingga terlihat mengembang seperti sebelumnya. Terakhir tinggal panaskan minyak dan goreng dengan api kecil sampai terlihat coklat keemasan.

Cetakan Donat

Jangan kira kalau buat donat menggunakan cetakan bahannya juga akan sama dengan donat yang dibentuk secara manual karena bentuk adonannya di sini tidak lagi padat dan bisa dipegangو tapi dalam bentuk cair yang kemudian dituang dalam di wadah cetakan, ada yang menggunakan listrik tapi ada juga yang dipanggang mengenai mana yang baik dan yang tidak Caraspot belum bisa ngasi jawabannya karena belum pernah mencoba. Pernah sih pakai yang cetakan manual yang untuk adonan padat, tapi akhirnya istri saya nyerah juga karena ternyata bentuknya juga tidak bisa bagus, bahkan lebih baik dibentuk sendiri menggunakan tangan. Masalahnya sebenarnya ada pada saat melepas donat yang telah dibentuk yang mana umumnya lengket, dan kalau pun tidak, terkadang kalau dipegang dan mau diletakkan di loyang bentuknya jadi berubah penyok dan tidak bisa diperbaiki.

Mengenai harga barangnya sebenarnya beragam, minimal 200ribu sudah bisa dapat yang standar. Tapi kalau misalnya tertarik beli secara online, saya sarankan beli lewat lazada aja, karena selain terpercaya, harganya juga bersaing. Beda kalau beli lewat forum atau toko online rame-rame seperti O-el-es (disamarkan) karena yang jual bukan dari pemilik tokonya langsung.

Jadi bisa dibilang kalau resep donat kentang yang menggunakan cetakan ini bentuknya jauh berbeda dengan yang manual dimana bentuk adonannya tidak lagi padat, tapi cair. Selain itu, dari segi aroma juga sangat beda dimana kita tidak bisa merasakan kuatnya aroma ragi darinya karena bahannya juga beda. Adapun mengenai tekstur kuenya, kurang padat dan terlalu banyak sponsnya sehingga lebih ringan dan terlalu empuk, saat digigit pun terasa kurang mantap, mungkin karena ini bukan donat goreng tapi panggang. Itulah sebabnya mengapa donat jenis ini, di luar negeri, dinamakan juga dengan mini cake.

Itulah keterangan panjang mengenai resep rahasia cara membuat donat kentang yang enak, empuk dan juga lembut dengan bahan sederhana yang telah disebut di atas. Sebagaimana telah dijelaskan, sebaiknya perhatikan jenis kentang yang digunakan karena ini sangat mempengaruhi tekstur dan rasa gurihnya. Tapi di samping itu takaran pada bahan lain yang digunakan juga sangat menentukan kepasan teksturnya, terutama pada bahan mentega yang digunakan, usahakan agar jangan melebihi takaran karena jika terlalu banyak maka hasil donat yang telah digoreng akan mudah hancur saat dipegang dan kurang kenyal saat dikunyah di mulut. Dan adapun mengenai topping yang digunakan sebaiknya dibuat agak lebih encer agar jika telah kering tidak akan terlihat kasar permukaannya. Dan masih banyak lagi faktor yang bisa mempengaruhi sukses tidaknya anda dalam praktek membuat kue donat kentang empuk ini.

About The Author

Comments

  1. Cara Membuat Website Gratis

    kalau penggorengan menggunakan minyak padat iru beda ya min hasil penggorengannya?

    1. Caraspot Article Author

      Betul sekali, hasil donatnya lebih bagus karena lebih renyah dan gurih saat digigit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *