Kue bolu kukus merupakan cake berbahan dasar tepung terigu, telur dan gula. Umumnya jenis kue bolu ada 2 yaitu yang dipanggang dan yang dikukus. Nah pada Cara Membuat Bolu Kukus ini Caraspot akan menyajikan aneka macam resep, mulai dar Resep Bolu Kukus Mekar, Pelangi, Gula Merah, Sprite, Pandan, Coklat, Ketan Hitam, Mawar, dan Karakter atau yang bergambar hingga yang original yang dibuat secara sederhana. Ukuran keberhasilan dari kue kukus ini sebenarnya ada pada hasil akhirnya yang menunjukkan teksturnya yang empuk seperti spons dan juga untuk yang jenis mekar dapat terlihat merekah di bagian atasnya.

Dalam prakteknya biasanya banyak bunda yang menambahkan sedikit mentega pada adonannya dengan tujuan untuk membuat adonan kue bolu menjadi lebih lembut. Tapi walau begitu tak semua jenis membutuhkan tambahan tersebut, seperti pada jenis resep pertama yang dijelaskan di bawah. Adapun mengenai teknik mengkocok telur pada jenis kue sponge atau foam ini sebenarnya ada 2 macam, ada yang antara kuning telur dan putih telurnya dikocok terpisah guna dihasilkan tekstur yang sangat lembut seperti chiffon cake dan ada juga yang dikocok langsung bersamaan seperti untuk resep yang kita bahas kali ini.

Aneka Cara Membuat Bolu Kukus – Mulai dari Resep Bolu Kukus Mekar, Pelangi, Gula Merah, Sprite, Pandan, Coklat, Ketan Hitam, Mawar, dan Karakter/Bergambar yang Sederhana

Ada banyak sekali resep kue kukus yang bisa anda pelajari dan praktekkan di blog ini dan syukur Alhamdulillah semua disadur dari situs resep terpercaya yang memang sudah menjalani proses praktek langsung sehingga takaran bahan di dalamnya dan juga proses atau langkah pembuatannya bisa dipertanggungjawabkan. Website yang kami maksud adalah SajianSedap.com yang mana web tersebut memang sudah sejak dulu menjadi sumber resep terpercaya. Bedanya dengan artikel di sini adalah karena ada beberapa tambahan penjelasan yang memperjelas maksud dari resepnya sehingga mudah dimengerti. Selain itu, terdapat juga tips khusus di tiap jenis kue bolu yang disajikan.

Sebelumnya baca : Cara Membuat Bolu Kukus Bergambar

1. Resep Bolu Kukus Mekar

Dikatakan mekar karena kue bolu ini tampak mekar bagian atasnya, ibarat bunya di taman. Banyak sekali cerita dan pengalaman ibu-ibu yang buat bolu kukus tapi malah hasilnya tidak bagus, jangankan mekar, mengembang saja tidak. Malah ada yang berair dan sama sekali tidak bisa disebut kue bolu. Kalau anda mau sedikit bocoran soal rahasianya, sebenarnya yang sangat mempengaruhi hasil akhirnya adalah pada dandan yang digunakan. Kalau menanak nasi kan dandannya pakainya yang lubang-lubang kecil, nah kalau untuk resep ini usahakan pakai yang lubang-lubang besar, itu pun kadang tempatnya ada yang menyarankan memakai yang ada lubangnya juga kemudian dilapisi kertas agar uap panas bisa masuk pada semua bagian adonan. Jadi itu rahasianya…dandan berlubang besar! Nah, sekarang mari mulai bikin:

Bahan kue untuk 12 buah:

  • 2 btr telur ayam broilercara membuat bolu kukus mekar
  • 2 sdt emulsifier (spa tau sering juga disebut tbm)
  • 200 gr gula pasir kasar
  • 275 gr tepung terigu berprotein sedang
  • 225 ml minuman bersoda, tapi yang tawar (misal f&n)
  • 1/2 sdt baking powder
  • 1/2 sdt esens vanili bubuk
  • 2 tetes atau secukupnya pewarna yang berwarna hijau muda
  • 2 tetes pewarna merah muda atau secukupnya

Cara Pengolahan :

  1. Pertama kali yang harus dilakukan adalah dengan mengocok telur bersama gula pasir dan juga emulsifier sampai kaku selama kurang lebih 10 menit saja.
  2. Lanjutkan dengan memasukkan tepung terigu dan juga baking powder sambil terus diayak secara bergantian dan bersamaan dengan itu dimasukkan juga minuman bersoda tawar sambil dikocok perlahan secara bergantian. Terus Tambahkan esens vanili bubuk tadi dan tinggal aduk hingga rata.
  3. Sisihkan kurang lebih 50 gram adonan untuk selanjutnya diberi pewarna merah muda lalu aduk rata. Kemudian sisihkan lagi 50 gram adonan dan tambahkan juga pewarna hijau muda seperti yang sudah disebut di atas dan aduk juga hingga rata dan menjadi hijau seperti yang diinginkan. Nah, adonan Sisanya dibiarkan putih saja sebagai variasi originalnya.
  4. Berikutnya tinggal menuang adonan pada cetakan bolu kukus yang sudah disebut di prolog di atas. Biar bisa terbagi 3 warnanya maka usahkan masing-masing diletakkan di pinggir cetakan atau bisa juga dengan disendokkan secara bergantian pada cetakan bolu kukus yang sudah dilapisi kertas roti.
  5. Terakhir tinggal dikukus hingga 15 menit hingga betul-betul matang sampai ke tengahnya.

Tips :

  • Agar warnanya bisa terbagi dengan baik maka bisa juga warna putihnya ditaruh lebih dulu di bagian dasar dan warna merah dan hijau kemudian dituang bersamaan di masing-masing sisinya.
  • Untuk hasil yang lebih baik maka setelah kompornya dengan api besar.
  • Tanda kue sudah matang biasanya warna adonannya akan terlihat lebih putih dibanding dengan kalau belum matang akan terlihat agak gelap dan berair.

2. Kue Bolu Kukus Pelangi

Resep kali ini bisa dibilang berbeda, sekalipun dari segi nama sama. Bedanya adalah pada loyang yang digunakan yang mana kalau yang pertama menggunakan semacam mangkuk kue, nah yang satu ini wadanya menggunakan loyang setengah lingkaran yang memanjang. Adapun warna pelanginya dihasilkan dari cara menuang adonan yang dilakukan secara bergantian antara dua warna yang dipilih sekaligus dengan warna putih asli yang tidak diberi warna. Berikut langkah buatnya:

Bahan kue:

  • 120 gr gula pasir kasar
  • 4 btr telur ayam biasa
  • 1/4 sdt garam makan
  • 75 gram santan kelapa kental instan atau dibuat sendiri
  • 120 gr tepung terigu yang berprotein sedang
  • 1 sdt emulsifer (seperti spa tau tbm)
  • 1/4 sdt baking powdercara buat bolu kukus pelangi
  • 3 tetes pewarna hijau atau secukupnya
  • 4 tetes pewarna merah atau warna lain yang disukai.

Cara membuat :

  1. Kocok telur bersama gula pasir, garam, dan juga emulsifier hingga mengembang. Tambahkan tepung terigu dan juga baking powder sambil terus diayak dan diaduk secara perlahan dan bergantian dengan santan kental instan yang juga dimasukkan sedikit demi sedikit.
  2. Bagi adonan menjadi 3 bagian. Satu bagiannya tambahkan pewarna merah muda, satu bagian lagi dengan warna hijau, dan yang sisa dibiarkan tanpa warna. Semuanya lalu dikocok hingga betul-betul tercampur lalu dimasukkan dalam kantung plastic berbentuk segitiga.
  3. Sekarang saatnya membentuk kue bolu kukus pelangi dengan cara disemprotkan memanjang dengan masing – masing warna dibuat selang seling atau bergantian di loyang setengah lingkaran. Tapi jangan lupa lapisi dulu dengan kertas roti agar tidak lengket.
  4. Terakhir, tinggal kukus kue dengan menggunakan api sedang selam 20 menit atau hingga terlihat matang sempurna hingga bagian tengahnya.

Baca juga : Cara Membuat Kue Bolu Karakter Bergambar

3. Cara Membuat Bolu Kukus Gula Merah + Durian

Bedanya dengan jenis lain adalah karena warna merah dari kuenya bukan dihasilkan dari pewarna tapi dari gula merah asli yang dicampurkan dalam adonannya. Adapun bahan durian sebenarnya hanya tambahan rasa saja, boleh digunakan dan boleh juga tidak, tapi akan lebih baik kalau ada aroma khasnya.

Bahan kue:

  • 200 gr gula merah, diiris halus agar mudah hancur.
  • 2 btr telur ayam biasa
  • 2 sdt SP / TBM
  • 1/4 sdt garam
  • 300 gr tepung terigu yang berprotein rendah
  • 150 ml air bersih
  • 1/8 sdt esen durian
  • 150 gr daging durian yang sudah matang sempurna dan dihaluskan menggunakan sendok
  • 2 sdt wijen hitam yang telah disangrai

Catatan: Campuran rasa durian bisa diganti dengan rasa lain yang Anda sukai, seperti nangka atau kopi selama tidak merusak tekstur kue bolunya.

Cara Pengolahan :

  1. Kocok tiga bahan dalam satu wadah, yakni telur, gula, dan juga SP. Usahakan adonan hingga terlihat kaku.
  2. Tambahkan tepung terigu yang telah diayak, dan bersamaan dengan itu masukkan juga air sedikit demi sedikit sambil terus diaduk.
  3. Masukkan durian yang telah dihaluskan bersama dengan esen duriannya juga. Lalu tambahkan wijen dan aduk sampai rata.
  4. Terakhir tinggal tuang adonan bolu ke cetakan bolu kukus berbentuk mangkuk, tentunya yang telah dilapisi kertas roti. Kukus kurang lebih 15 menit hingga matang dan dan terlihat mekar.

(jadinya kira2 17 buah)

Hasil yang baik dari kue bolu ini juga harus mekar, oleh karena itu saran di atas soal penggunaan dandan juga harus diperhatikan agar hasilnya maksimal.

4. Kue Bolu Santan Gula Merah (Bukan Cup Cake)

Kalau di atas masih dalam bentuk cup cake, nah yang akan Anda buat selanjutnya lain lagi. Teksturnya bisa jadi sama, hanya saja ia menggunakan cetakan dari loyang segi empat atau pun yang setengah lingkaran. Hasil akhirnya pun saat dihidangkan dalam bentuk potongan-potongan. Biasa kan liat kue bolu yang berwarna coklat kemerahan, nah ini dia resepnya. Warna merah karena dalam bahannya dicampur dengan gula merah / aren. Sedang untuk rasa gurihnya kali ini ditambahkan santan kelapa.

Bahan kue:
  • 1/2 sdm emulsifier (TBM/SP)
  • 4 btr telur ayam
  • 120 gr gula merah, sisir halusresep kue bolu kukus gula merah
  • 1/2 sdt kayu manis yang telah ditumbuk menjadi bubuk, atau bisa juga menggunakan yang instant dalam kemasan.
  • 120 gr tepung terigu berprotein rendah
  • 25 gr margarin yang telah dilelehkan
  • 50 ml santan kelapa kental. Bisa juga pakai santan Kara atau merek lain.
  • 25 gr kenari yang diiris memanjang sebagai taburannya nanti.
Cara buat :
  1. Pertama, kocok bahan seperti telur dan emulsifier, serta gula merah hingga mengembang. Tambahkan tepung terigu beserta kayumanis bubuk sambil ditapis / diayak dan juga dikocok perlahan.
  2. Masukkan santan kelapa kental dan juga margarin yang telah dilelehkan, lakukan secara sedikit-sedikit sambil terus diaduk secara perlahan.
  3. Tuang dalam loyang model tulban yang polos dengan diameter 21 cm dan tinggi 6 cm (atau sesuai selera) yang telah diolesi margarin dan juga ditabur tepung terigu sedikit. Nah, di bagian atasnya taburkan kenari yang telah diiris memanjang.
  4. Terakhir tinggal masukkan dalam oven selama 25 menit dengan suhu kira2 190 derajat hingga matang.

Coba praktek juga : Resep Bolu Kukus Ketan Hitam

Untuk hasil yang lebih nikmat, biasanya setelah matang, saat kue masih panas dan baru diangkat dari oven, langsung diolesi mentega di bagian atasnya. Itulah sebabnya kalau kita makan kue bolu merah biasa ada satu sisinya yang terasa gurih, ya karena olesan mentega tadi. Saya juga punya teman orang Makassar, katanya kue bolu yang ia senangi yang juga masih menggunakan gula aren adalah kue Paranggi. Ini juga salah satu kue khas daerah Sulawesi dan biasa disajikan di pesta pernikahan. Bahkan salah satu artis yang sudah meninggal, yaitu Sophan Sophiaan, juga gemar makan kue Paranggi itu. Bentuknya juga seperti cup cake dan berwarna merah gula, hanya saja ia tidak lagi berada di cup cake saat dimakan karena cara masaknya sebenarnya ia langsung dipanggang dicetakan khusus tanpa lapisan kertas roti.

Baca juga :

  1. Cara Membuat Donat Kentang
  2. Resep Kue Kering Goreng

Sekedar info saja kalau tema utama dari blog Caraspot sebenarnya soal Resep, baik itu Resep Masakan atau pun resep kue kering dan basah. Hanya karena permintaan soal tema lain yang masih ada kaitannya dengan panduan dan berbagai ‘cara’, makanya sekarang ini agak kelihatan campur aduk, tapi so far kami masih tetap berusaha berjalan pada jalur yang telah kami tetapkan sebelumnya, ya apa lagi kalau bukan mengusung motto “Cara Membuat Semua Hal”.

Siplah… mungkin ada yang kurang jelas dari artikel “Cara Membuat Bolu Kukus – Resep Bolu Kukus Mekar, Pelangi, Gula Merah, Sprite, Pandan, Coklat, Ketan Hitam, Mawar, dan Karakter yang Sederhana” ini. Jangan ragu bertanya, kalau bukan kami yang jawab mungkin pengunjung lain yang juga paham soal kue bolu yang bisa membantu menjelaskannnya. Dan biar lebih banyak lagi netizen yang membaca ini, jadi tolong bantu kami dengan share artikel ini di Facebook atau Twitter, caranya cukup tekan tombol sosial media yang ada di samping atau di bawah artikel ini. Semoga segala usaha anda berhasil!

About The Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *