Ternyata tak semu bolu kukus mekar, ada juga yang gundul dan sama sekali tidak merekah. Nah di Cara Membuat Bolu Kukus Karakter Bergambar atau Kue Bolu Gundul ini kamu akan praktek cara bikin bolu tapi tidak merekah sama sekali. Jangan dipikir kalau itu karena hasilnya gagal, memang bentuknya sengaja dibuat seperti itu karena yang diinginkan adalah gambar karakter yang ada di atasnya, biar tidak rusak dan tetap tersenyum. Kalau di blognya mbak Diana Cahya sih dikasi nama Character Bolu atau disingkat CharBol, ya sekalian saya ijin sama pemilik blognya kalau nanti banyak pakai gambarnya sebagai bahan posting Caraspot kali ini.

Character cake dulu belum begitu tenar apalagi orang masih terbiasa dengan yang bentuknya mekar, belum lagi banyak yang khawatir kalau sampai kuenya dianggap gagal karena tidak bisa mekar. Tapi sekarang ini banyak orang mulai belajar resep bolu kukus karaker ini karena warna dan gambarnya yang lucu membuat banyak anak tertarik membelinya, sehigga mau tak mau, kalau si otak bisnis yang melihat peluang ini akan langsung putar otak bagaimana caranya memproduksi dalam jumlah massal untuk didistribusikan ke sekolah-sekolah. Saya juga berharap para bunda bisa berpikiran sama untuk menjadikan ini sebagai salah satu lahan usaha sampingan yang menguntungkan.

Cara Membuat Bolu Kukus Karakter Bergambar Lucu

Di bawah ini kami sajikan dalam dua bagian penjelasan, yaitu bahan dan proses cara membuat dan membentuk karakter di atas kuenya. Sebenarnya tidak sulit, asal ada kertas segitiga kerucut yang bisa digunakan menaruh aneka adonan bolu untuk selanjutnya disemprotkan di atas cake yang sudah terisi adonan warna dasarnya. Untuk yang simplenya, biasanya diisi dulu adonan yang tak berwarna, baru setelah itu dibuat gambar dari adonan yang telah diberi esens atau pewarna rasa buah agar lebih nikmat. Ya….. sesimpel itu caranya!

Tapi sebelumnya baca dulu : Resep Bolu Kukus Mekar, Pelangi, Gula Merah

Resep Kue Bolu Kukus Bergambar / Gundul Versi Sajiansedap.com

Bahan kue

  • 1 sdt garam
  • 600 gr putih telur
  • 1 sdm emulsifier atau sering juga disebut tbm/sp. Cari di toko kue banyak…!
  • 350 gr tepung terigu berprotein rendah
  • 300 gr gula pasir kasar
  • 1/2 sdt baking powder
  • 80 ml santan kental pertama dari hasil parutan separuh kelapa
  • 70 gr minyak goreng
  • 1/4 sdt pasta cokelat atau secukupnya
  • 1/4 sdt pewarna kuning tua atau secukupnya

Langkah bikinnya:

  1. Awali dengan Kocok putih telur bersama garam, dan juga emulsifier sampai agak mengembang (jangan sampai terlalu mengembang). Kemudian masukkan gula pasir sedikit demi sedikit sambil terus dikocok sampai mengembang.
  2. Selanjutnya masukkan tepung terigu dan baking powder dalam adonan sambil terus diayak dan juga diaduk secara perlahan.
  3. Tambahkan minyak goreng serta santan sedikit demi sedikit sambil terus diaduk secara perlahan.
  4. Ambil 1/3 bagian dari adonan. Lalu beri pasta cokelat dan aduk smapai rata. Selanjutnya tinggal masukkan ke dalam wadah kantung plastik segitiga yang biasa dipakai untuk menghias kue tart.
  5. Dan untuk sisi adonan tadi beri pewarna kuning dan aduk rata. Dan masukkan juga ke dalam plastik segitiga seperti pada adonan coklat di atas. Untuk simplenya, bisa juga untuk adonan kuning ini tidak perlu dimasukkan dalam wadah kerucut karena nanti bisa langsung dituan dalam cup kertas.
  6. Berikutnya, tuang adonan kuning di cetakan muffin berukuran 6,5 cm dan tinggi 3 cm (atau sesuai selera) yang sudah dialasi cup kertas sebelumnya.
  7. Terakhir, tinggal lukis atau buat gambar di permukaan adonan dengan gambar kumbang dari adonan berwarna cokelat.
  8. Nah, tinggal kukus di atas api selama kurang lebih 15 menit hingga matang.

(adonan di atas bisa menghasilkan 70 buah bolu kukus karakter)

Sebelum lanjut baca : Cara Membuat Bolu Ketan Hitam

Cara Membuat Character Bolu – CharBol Versi All-About-Babynico dan Diana Cahya

cara membuat bolu kukus bergambarSebenarnya hasil pembuatan kue bolu kukus karakter ini ide dari Diana Cahya yang ia beri nama sendiri dengan CharBol, singkatan dari Character Bolu atau Cake. Tapi karena belum dijelaskan lebih lengkah soal resepnya makanya dari blog all-about-babynico.blogspot.co.id diterangkan lagi soal bahan dan langkah bikinnya karena berhubung juga dia sudah mempraktekkannya. Nah, lalu Caraspot fungsinya apa? Ya, di sini hanya akan mengulas kembali dan mungkin menambahkan kekurangan penjelasannya kalau ada (kebetulan saya juga tau dan senang bikin kue), tapi bila ada kelebihan, ya so..pasti akan dapat pujian juga lah sama pemilik blognya biar Fair (adil) he he.

Bahan-bahannya:

  • 1,5 sendok teh baking powder yang telah diayak. Gunakan yang biasa saja biar tidak terlalu mengembang
  • 140 gram tepung terigu (ayak juga)
  • 110 gram gula halus
  • 1 sendok the SP / TBM
  • 75 ml susu cair
  • 2 butir telur ayam
  • Bubuk vanili instant secukupnya (jangan terlalu banyak biar tidak bikin pahit)

Proses Cara Membuat:

  1. Kocok atau bisa juga pakai alat Mixer untuk bahan gula halus bersama telur hingga terlihat agak mengembang
  2. Tambahkan susu cair secara bergantian dengan bahan dari tepung yang telah dicamput dengan baking powder sebelumnya.
  3. Tambahkan lagi bubuk vanili dan juga SP / TBM
  4. Kocok adonan hingga putih dan tidak terlalu kental (encer)
  5. Pisahkan adonan jadi 3 bagian dan masing-masing beri warna, dan selain warna dasar dimasukkan dalam kertas segitiga.
  6. Terakhir dalam cara membuat bolu kukus karakter ini adalah tinggal masukkan dalam cetakan yang telah dilapisi kertas roti atau bisa juga yang telah berbentuk seperti cup cake. Adapun cara menghiasnya menjadi karakter unik bisa mengikuti sesuai gambar dari blog mbak DianaCahya yang akan kami tunjukkan di bawah.
Tips:
  • Biasanya isi bolu kukus bergambar bisa dikreasikan dengan diberi selai berwarna cerah di dalamnya, seperti rasa strawberi atau nenas.
  • Ketika menuang adonan warna dasar sebaiknya jangan terlalu penuh karena nanti masih akan diberi sedikit adonan berwarna lain sebagai gambarnya dan juga supaya tidak meluber saat mengembang dalam proses pengukusan.
  • untuk variasi bisa diisi dengan aneka rasa selai. cuma kalau di isi selai, setelah matang selai akan turun ke dasar.
  • Satu lagi saran dari blog Babynico, jangan lupa pada tutup dandang diberi bungkus berupa kain hingga bagian dalamnya. Tujuannya agar ketika air terkumpul di bagian dalam tutup dandang yang disebabkan oleh uap, maka ia tidak akan menetes dan merusakan permukaan kue kukusnya.

Cukup sampai di sini dulu ya artikel dengan judul “Cara Membuat Bolu Kukus Karakter Bergambar – Resep Kue Bolu Gundul (Character Bolu – CharBol)” ini semoga manfaat dan bisa membantu banyak bunda berkreasi. Syukur2 kalau bisa dijadikan sebagai sumber penghasilan yang dijual secara online atau pun langsung ke tetangga kompleks perumahan. Jadi, kunci sukses buat kue seperti ini sebenarnya ada pada adonannya dan gambarnya. Usahakan jangan menggunakan pengembang terlalu banyak dan juga pada gambarnya sebisa mungkin dibuat rapi dan tidak belepotan. Dan agar karakternya terlihat cerah maka sebaiknya gunakan warna tua untuk menghiasnya. Oke…daa!

About The Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *