Baru pertama kali buat blog wordpress? Pasti masih bingung bagaimana cara memberi gambar profil penulis di bawah artikel blog wordpress. Ada juga yang biasa bertanya bagaimana sih cara mengganti gambar profil user penulis di bawah postingan blog wordpress? Ya, intinya semua pertanyaannya sama, dan tentunya jawabannya juga begitu.

Gravatar sendiri adalah rekanan dari WordPress yang mengelola gambar profil dari penulis blog wordpress. Jadi siapa saja yang ngeblog menggunakan platform atau CMS WP maka bisa buat gambar profil di sana dengan bebas dengan cukup punya akun email dan blog gratisan di wordpress.

Adapun manfaatnya sebenarnya selain untuk member pesan pada pembaca lewat kata-kata penulis di sampingnya juga untuk tujuan membangun brand web kita sendiri karena dengan demikian logo atau icon blog kita akan semakin dikenal orang, termasuk saat komentar di blog lain juga akan muncul gambar profil yang sama.

Langkah Cara Memberi Gambar Profil Penulis di Bawah Artikel Blog WordPress

Berikut ini adalah langkah demi langkah mengenai cara mengganti atau memberi gambar profil di bawah artikel blog yang mana kamu juga bisa lihat buktinya di bawah postingan ini ada Logo dari blog saya. Ya, saya gak pakai foto profil saya (tapi profil caraspot) soalnya gak mau terkenal, yang penting bisa berbagi dan memberi manfaat, itu sudah cukup bagi saya. Bekerjalah seperti Jantung, ia bekerja tanpa henti, bahkan walau sedetik pun tak pernah (karena jika tidak, manusia akan mati), tapi hasil kerjanya terlihat dengan jelas yang mana manusia bisa tetap hidup karenanya. Seperti itu pula penulis Caraspot. Oke, cekidot…!

1. Masuk dulu ke Dashboard blog kamu lalu pilih menu “Users” di samping kiri.

2. Di bawah menunya pilih “All Users” kemudian jika ada beberapa user maka pilih mana yang mau diberi gambar profil penulis dengan cara klik tulisan “Edit” di bawahnya, ya persis kalau mau edit artikel di wordpress juga.

3. Sorot ke bawah dan cari tulisan “Profile Picture“, nah di bawahnya itu ada satu kalimat tulisan begini “You can change your profile picture on Gravatar“. Ya, cukup klik saja yang tulisan Gravatar karena itu bentuknya link.

4. Berikutnya, kamu akan masuk ke situs en.gravatar.com . Jika sudah punya akun wordpress gratisan maka tinggal login ke akun wordpress kamu itu. Jika belum punya maka pilih “create your own gravatar” atau dengan kata lain daftar dulu dengan menggunakan email gmail atau yahoo, adapun data lainnya seperti data user biasanya akan terisi langsung.

5. Selanjutnya konformasi via email, lalu login kembali ke Gravatar. (biasanya sih sudah langsung login setelah melakukan konfirmasi)

6. Jika sudah login, berikutnya pilih menu “My Gravatars” jika belum masuk ke munu itu. Tapi bila sudah di sana pasti aka nada tertulis “Select a file from your computer“. Nah, tinggal pilih filenya di komputermu lalu klik ‘Next‘ atau mungkin tulisannya “Upload” Kurang lebih seperti ini tampilannya:

7. Jika berhasil maka akan muncul tampilan fotomu dan beberapa pilihan tampilan di bawahnya yang judulnya “Choose a Rating for Your Gravatar“, mulai dari Rated G, rated PG, R, dan X. Baiknya pilih yang G aja dengan cara diklik.

langkah cara memberi gambar profil di bawah artikel blog8. Jika sudah melakukan semua di atas maka coba refresh dulu halaman Profil User di blogmu, biasanya gambarnya sudah muncul. Dan berikutnya tinggal buka blogmu dan buka salah satu artikelnya, jika sudah, tinggal refresh saja, dan tededd…. Hasilnya… gambar profil di bawah artikel blogmu pun akan berubah sesuai dengan akunmu di Gravatar.

Tips lain soal Gravatar :

Ada juga cara lain merubah gambar profil penulis blogmu kalau gak mau lewat login dulu ke blog wordpressmu. Caranya langsung ketik di Google ‘Gravatar’ maka akan langsung muncul situsnya, dan tinggal kamu ikuti sesuai langkah di atas.

Yang kalau buat profil Gravatar itu harus sudah sedia email dan punya akun atau buat blog wordpress.com karena itu nanti yang akan dibuat sebagai alat untuk login dan upload gambar pribadi kita. Jadi, sebenarnya Gravatar ini terhubung langsung dengan semua web wordpress, baik yang gratisan maupun yang menggunakan hosting berbayar dan ia akan otomatis menyesuaikan jika sudah diedit langsung dalam Gravatar.

Mungkin itu dulu ya tips ringan Cara Memberi Gambar Profil Penulis di Bawah Artikel Blog WordPress dari saya. Jika ada yang merasa belum paham maka langsung saja kasi donasi, ettsss salah, komentar maksudnya. Ya, di bawah sudah tersedia kolomnya, tinggal cis cas cus saja nanti akan masuk ke system dan akan kami jawab jika ada waktu luang.

About The Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *