Sekarang ini kita akan belajar cara membeli domain .com di RumahWeb yang terbaru untuk tahun 2015 dan 2016. Dalam membangun sebuah website maka ada beberapa komponen yang harus dilengkapi, selain template dan hosting, maka domain juga menjadi syarat utamanya, apakah itu gratis atau berbayar yang menggunakan ekstensi .com (dot com). Jadi, fungsi dari domain adalah sebagai alamat dari sebuah blog yang mana dengannya orang akan mudah mengetahui dan mengunjungi web yang kita kelola, cukup menyebutkan susunan huruf atau angkanya saja, seperti www.google.com dan lainnya. Sangat berbeda saat dunia internet baru dibangun yang mana ia terdiri dari angka-angka yang sulit dihafal.

Sebelum memutuskan melakukan pemesanan dan pembelian domain maka kita harus sudah memikirkan lebih dulu apa alamat yang akan kita pilih dan mau menggunakan ekstensi apa, apakah .com, .net, .info, .org atau yang lainnya. Tapi disarankan menggunakan yang .com dulu karena lebih familiar, namun jika ingin lebih spesifik lagi maka gunakanlah yang berakhiran .id, misal .web.id, atau .co.id untuk perusahaan. Sebagian pakar SEO mengatakan bahwa saat ini web yang berakhiran .id, apakah itu .or.id atau yang lainnya, lebih diunggulkan di mesin pencari untuk pencarian kata kunci Indonesia karena saat ini Google memberikan prioritas pada situs-lokal yang menggunakan kata kunci berbahasa Indonesia pula, daripada web luar yang mencoba mengejar keyword dari bahasa kita padahal tidak sesuai dengan niche blognya. Dan asal tahu saja, ini juga jadi salah satu cara mempercantik blog agar menarik yang pernah diulas.

Bila ini untuk tujuan mengarahkan domain .com ke blogspot, maka sebaiknya terlebih dahulu belajar cara membuat blog gratis via blogger agar nanti bisa langsung disetting jadi dot com.

Proses Cara Membeli Domain .com di RumahWeb.com

Perlu diketahui bahwa Rumahweb bukanlan satu-satunya layanan yang menyediakan pembelian domain .com, ada banyak sekali, bahkan sampai ratusan layanan seperti ini. Hanya saja, kebetulan di artikel ini kami pilih sebagai contoh dan cara ordernya. Sebenarnya, kalau sudah tau alurnya bisa melakukan sendiri di provider lain, seperti Qwords.com, Jagoanhosting, dan lain sebagainya.

Yang perli diwaspadai saat membeli domain adalah biaya renewal atau pembayaran tahunannya. Ya, karena beli domain tidak seperti beli web atau produk lain yang mana kita dikenakan biaya tahunan minimal 130ribu (tergantung kebijakan perusahaannya). Biasanya ada yang membandrol harga bahkan cuma 50ribu untuk domain .com, tapi ternyata setelah dicek di daftar harganya, biaya renewal 150ribu.

Kalau saya lebih baik beli di harga pas di awal dan seterusnya seperti itu, dari pada beli murah di awal dan tahun berikutnya dan setelahnya harus bayar lebih mahal dari yang lain.

a. Memilih Domain

1.  Pertama kali kunjungi situs rumahweb.com

2.  Ketik langsung di bagian sebelah kanan nama yang akan kamu pilih, tapi pastikan pilih dulu apa ekstensinya. Bisa juga dengan klik menu “Domain” yang ada di bagian atas.

cara membeli domain

3.  Perhatikan gambar di atas! Setelah mengetikkan alamatnya (tanpa www), tinggal klik tulisan ‘Cek‘. Bila sudah digunakan orang maka akan terlihat tanda tulisan merah, itu artinya harus mencoba alternatif lain. Tapi bila yang terlihat tanda hijau maka artinya masih bisa kamu pesan, sebagaimana contoh berikut:

pesan com

Keterangan:

  • Jika ingin membeli domain dan hosting maka centang yang tidak dilingkari merah sesuai dengan gambar di atas.
  • Jika hanya namanya atau domainnya saja, maka pilih yang ditunjuk dengan tanda panah.
  • Terakhir, tinggal klik tulisan ‘Pesan

b.  Proses Order

4.  Setelah itu kamu akan menemukan halaman melayang yang memberikan beberapa pilihan ekstensi. Dan sebagai contoh kita akan membeli domain caraspot.net, maka dari itu klik tulisan “Pesan” pada ekstensi itu saja, sedangkan yang lain abaikan, kecuali akan menggunakan yang lainnya juga.

belanja domain di rumahweb

5.  Kemudian akan muncul halaman baru,  tinggal klik “Lanjutkan“, tapi sebelumnya lebih baik centang juga biaya untuk Privacy Protection karena ini gunanya agar orang lain tidak bisa melacak siapa pemiliknya jika di cek lewat situs Whois.com

6.  Sekali lagi, muncul layar yang hampir sama yang tujuannya mengarahkan anda membeli domain dengan ekstensi lain, tapi bila tidak tertarik abaikan saja dan klik “Lanjutkan” di bagian bawah.

7. Di halaman berikutnya, akan muncul penawaran berbagai paket hosting, bila hanya ingin mengarahkan domain pada blogspot, maka lewati saja dan klik tulisan yang paling bawah yang bertuliskan “Saya tidak membutuhkan hosting” (hosting artinya tempat penyimpanan file web mu secara online atau singkatnya server online untuk blog)

8.  Lalu kemudian penawaran untuk Google Apps juga bisa dilewati saja kalau tidak tertarik, tinggal tekan “Lanjutkan“.

9.  Langsung klik “Check Out” jika tidak ada lagi yang akan dipesan, dan bila punya kode promo isikan dulu untuk mendapat potongan harga, tapi bila tidak abaikan saja.

10. Nah, di bagian halaman selanjutnya ada 2 pilihan, apakah menggunakan akun yang sudah ada atau buat baru, jika sudah punya tinggal login saja, tapi bila belum silahkan tekan tombol “Buat Akun Baru“.

11. Tinggal isi semua kolom yang tertera pada form pendaftara, pastikan sudah punya email karena ini adalah syarat utama, dan  nantinya data login akun anda akan dikirim via email tersebut. Setelah semua dilengkapi, tinggal klik”Daftar“.

c.  Pembayaran dan Konirmasi

12. Terakhir, tinggal pilih jenis pembayarannya, bisa dengan bank atau Paypal. Dan tededd…. langkah beli domain di rumahweb.com sudah selesai. Pastikan melakukan transfer sebelum lewat 2 kali 24 jam. Dan setelah itu lakukan konfirmasi.

Untuk tujuan pembayaran, silahkan kunjungi tautan ini : https://www.rumahweb.com/pembayaran (ketik di browser)

Perhatian!ning!
Jangan sampai tidak melakukan konfirmasi pembayaran setelah melakukan transfer karena ini adalah tahap penting agar domain anda segera diaktifkan. Sebutkan nama bank yang dikirimi, jumlahnya dan dikirim dari bank apa dan atas nama siapa. Pastikan juga menyertakan nomor ‘Invoice‘ (bisa dilihat di email yang dikirimkan) agar mudah diketahui dan bisa segera diproses pengaktifannya. Untuk link melakukan konfirmasi kunjungi : http://ipg.rumahweb.com/(ketik di browser)

D. Ganti Blogspot Jadi .com

Setelah anda tau cara membeli domain .com di rumahweb, selanjutnya pelajari cara settingnya di blogspot agar domain tersebut bisa di arahkan dan merubah alamat domain gratis anda di blogspot, dan kebetulan langkah-langkahnya sudah kami terangkan dengan lengkap di sini : Cara Merubah Blogspot Menjadi .com

Yang perlu diperhatikan di sini bahwa dalam mengarahkan domain .com ke blogger ada yang namanya propagansi, yakni waktu yang diperlukan untuk server domain untuk mengarah ke server baru, dalam hal ini server milik Google. Biasanya diperlukan waktu 2 x 24 jam hingga prosesnya selesai.

Selain itu, Anda harus punya hak akses masuk ke akun domain yang sudah dibeli jika ingin melakukan pengaturan A Record dan Cname dari domain yang Anda miliki. Biasanya, yang menggunakan jasa pemesanan tentu tidak bisa langsung melakukan setting sendiri, kecuali melakukan request pada orang yang membantu proses order domainya.

Bila ada yang tidak dipahami dari proses order / cara membeli domain .com di rumahweb di atas silahkan hubungi admin Caraspot untuk dibantu (cukup bayar 50ribu saja sudah dapat fasilitas mengganti blogspot jadi .com juga). Selain itu, jika mau penggantian template yang SEO friendly dan pengaturannya cukup tambah 50ribu lagi, jadi cuma 100ribu kamu sudah bisa dapat blog keren dan menarik yang sudah menggunakan .com. Berbeda kalau pakai jasa buat blog dimana kamu akan membayar minimal 300ribu untuk mendapatkan blog dengan domain berbayar dan tampilan yang sudah disetting sedemikian rupa.

About The Author

Comments

  1. faqih abduh

    Min.. thanks yaa atas info cara membeli domain di rumahweb.. trus cara memasang nya bagaimana? mohon penjelasan nya… blog saya tidak bagus, tapi saya ingin sering sering menulis [sebagai latihan].

    Sekali lagi mohon bimbingan nya, dan terima kasih…

  2. 9KomiK

    boleh juga beli dimain, tapi balik modal ga’ ya masih ragu

    1. Caraspot Article Author

      Jelasa saja bali modal, penghasilan per hari saja sudah bisa menutup biayanya. Apa lagi biaya domain saat ini hanya 120ribu, jadi kira hanya butuh dana 10ribu per bulan untuk memilikinya.

    1. Caraspot Article Author

      Bisa … tuk dibantu belikan domain silahkan hubungi lewat kontak Caraspot.

  3. Brian Arianto

    itu 120rb cuman sekali, atau tiap bulan Min, Thanks

    1. Caraspot Article Author

      Brian : 120ribu di bayar per tahun, selama kita melakukan pembayaran secara rutin maka selama itu pula domain tersebut jadi milik kita sepenuhnya.

  4. Wardi

    Kalo pembayaran dilakukan lewat credit card, perpanjangannya akan dilakukan otomatis atau tidak ? soalnya saya mau buat domain untuk satu tahun saja

    1. Caraspot Article Author

      Wardi: Tergantung dari anda kalau mau diperpanjang domainnya otomatis bisa, nanti ada sendiri bagian yang harus dicentang saat melakukan order domain.

  5. hans

    saya mau beli domain dan hosting “dot Com” berapa harganya dan bagaimana cara memasangnya, web saya yang masih BLOGSPOT gratis

    1. Caraspot Article Author

      Silahkan kirim permintaan ke email kontak kami pak, biar kami bantu

  6. roy

    saya sdh melakukan pembayaran utk pemesanan hostin dan domain. selanjutnya bagaimana ? saya kurang mengerti. ty

    1. Caraspot Article Author

      Roy : JIka sudah membeli hosting juga maka lansung install saja wordpress di dalamnya, caranya masuk ke Cpanel (saat mendaftar biasanya dikirm lewat email url, username dan passwordnya), kemudian cari aplikasi bernama Softaculous, tinggal klik dan ikuti langkahnya,

      tapi sebelum itu, atur dulu DNS dari domain yang sudah dibeli yang mengarah ke hosting yg sudah dibeli juga. Caranya banyak sekali dishare di blog2 tinggal baca.

      Bila belum paham juga caranya bisa kami bantu setting, biaya hanya 200ribu.

  7. antiquee

    min… saya mau beli domain dan hosting “dot Com” brp hrganya dan cara masangnya gmna ? web saya yang masih blogspot

    1. Caraspot Article Author

      Salam Antiquee, kami sudah balas emailnya, silahkan cek. Mengenai prosesnya bisa dibacarakan lebih lanjut.

  8. Rozaq

    Say sudah order dan sudah transfer, serta sudah melakukan konfir pembayaran via SMS. namun konfirmasi pembayaran yang saya lakukan via online selalu gagal.. gmana min solusinya?

    1. Caraspot Article Author

      Petunjuk cara konfirmasinya pasti dikirimkan lewat email bersamaan dengan pendaftaran akunnya. dan bila belum tau bisa langsung konfirmasi lewat chating online di websitenya, umumnya penyedia hosting yang baik seperti Rumahweb menyediakan layanan chating langsung.

  9. destination

    min mohon informasi nya, saya sudah mempunyai website yg sudah berjalan beberapa minggu dan sudah menggunakan jasa bantuan penyedia SEO trus saya berencana mau mengganti nama domain nya dengan nama domain baru.
    bagaimana langkah selanjut atau lebih tepat nya cara memasang domain baru ke website yg sudah ada nama domainnya maksud saya menonaktipkan domain lama di ganti sama domain yg baru. apakah saya perlu membeli domain baru berserta hostingnya ataukah cukup membeli domain nya saja,
    mohon bantuan nya.

    terimakasih

    1. Caraspot Article Author

      Beli domain saja dan data web lamanya di pindah ke domain .com yang baru.

  10. pujiono

    bos apa keuntungan dari kita membeli DOMAIN

    1. Caraspot Article Author

      Blog akan terlihat lebih profesional, dan bila digunakan tuk toko online akan lebih dipercaya dibanding pakai domain asli blogspot. Tapi dari segi SEO sama saja dan bisa jadi yang gak beli domain lebih unggul, semua tergantung usaha pemilik blognya

    1. Caraspot Article Author

      Jelas harus beli baru lagi karena domain yang awal sudah terdaftar dan tidak bisa diganti dengan nama domain lain.

  11. Iben

    Min, bisa nggak, buatin domain.com ?

  12. Ardi

    min, di rumahweb tercantum harga restore itu apa ya ? terima kasih

    1. Caraspot Article Author

      Restore itu artinya kalau misalnya domainnya terlambat diperpanjang dan sudah jatuh tempo maka si pemilik domain wajib bayar biaya restore yang biasanya lebih mahal dari harga domain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *