Mengkomsumsi makanan berserat tinggi adalah salah satu solusi terbaik dalam menurunkan berat badan, apalagi buat mereka yang lagi mecari cara mengecilkan perut buncit mereka. Kandungan serat yang banyak didapatkan pada buah, sayur dan biji-bijian sangat baik dalam melancarkan pencernaan, terutama siklus buang air seseorang yang menurut banyak pakar sebaiknya terjadi minimal sekali dalam sehari. Serat sendiri dalam ilmu gizi dikenal sebagai salah satu bentuk karbohidrat yang tidak mudah diserap oleh tubuh. Fungsi utama yang paling diharapkan dengan mengkomsumsi buah atau sayur yang banyak kandungan seratnya adalah agar dapat membantu kerja usus dalam megnolah sisa makanan sehingga mudah dikeluarkan atau dengan kata lain sebagai perangsang dari aktivitas kerja usus kita agar dapat bekerja sebagaimana mestinya.

Sebagaimana disebutkan di atas bahwa serat adalah salah satu unsur karbohidrat yang terdapat pada makanan yang tidak mudah dicerna. Dan karena tidak mudahnya dicerna tersebutlah sehingga ia pada akhirnya akan menjadi bagian dari kotoran yang akan terbuang dari tubuh. Dan karena sifatnya tersebutlah ia direkomendasikan sebagai salah satu makanan sehat untuk membantu proses metabolisme tubuh, terutama pada kerja usus besar yang memiliki fungsi utama dalam mengatur pembuangan dalam tubuh. Dengan kata lain kita bisa memahami bahwa dengan adanya serat dalam makanan yang kita makan maka ia akan membantu tubuh agar tetap bisa melakukan pembuangan sisa makanan yang telah dicerna, berbeda jika makanan yang kita makan dalam sehari sama sekali tidak mengandung unsur tersebut, misalnya saja seharian kita hanya makan daging-dagingan, sehingga semuanya terakumulasi menjadi kalori yang dicerna oleh tubuh yang pada akhirnya seseorang akan sulit buang air besar.

Semua Tentang Makanan Berserat Tinggi yang Menyehatkan

Sebelum tahu apa saja jenis makanan yang baik untuk tubuh kita yang banyak mengandung serat di dalamnya, untuk itu mari kita ketahui juga hal lain yang berkaitan dengannya, mulai dari manfaatnya, jenisnya dan juga cara kerjanya agar kita semakin yakin untuk terus mengkomsumsinya setiap hari sebagai salah satu makanan kesehatan yang baik untuk kesehatan usus besar kita.

Jenis Makanan Berserat

Secara umum unsur serat dalam makanan, baik itu pada sayur maupun pada buah yang kita makan, memiliki dua macam atau jenis, yaitu:

  • Soluble Fiber -Ini adalah salah satu jenis serat yang mudah dicerna oleh tubuh kita, ia pun akan bekerja dalam mengikat kandungan lemak dari makanan yang kita makan yang selanjutnya akan terbuang bersamanya dalam kotoran. Bentuk serat ini sendiri seperti jeli dan bisa menyatu dalam air. Beberapa fungsi dari serat ini antara lain adalah dapat memperlambat waktu pencernaan seseorang sehingga tidak mudah lapar dan tentunya baik sekali buat yang mau menjalankan cara diet Mayo yang sudah dibahas. Selain itu, ia juga bisa membantu dalam memperlambat proses pelepasan glukosa atau kandungan gula ke dalam aliran darah kita, membantu menurunkan kolesterol dan juga dapat mengikat asam lemak pada makanan dan mengeluarkannya bersama tinja.
  • Insoluble Fiber - Dikatakan demikian karena serat ini tidak dapat larut dalam air sehingga ketika melewati usus ia akan lebih cepat diproses. Itulah sebabnya mengapa jenis serat ini sangat direkomendasikan buat yang mudah buang air besar karena kandungannya akan mudah melewati kerja usus dan membawa sisi makanan yang lainnya untuk selanjutnya berubah menjadi tinja dan dikeluarkan dari tubuh. Kandungan serat ini dipercaya baik dalam menghindari sembelit yang disebabkan susah buang air besar karena fungsinya tersebut yang melancarkan pencernaan, serta baik juga dalam menjaga kesehatan usus agar terhindar dari kanker usus yang disebabkan oleh makanan yang tidak lancar ketika melewati usus yang menyebabkan toksin dan bakteri jahat mudah bersarang di usus.

Beberapa jenis makanan yang banyak mengandung serat tinggi, baik yang larut dan yang tidak larut:

makanan berseratDi bawah ini, sesuai dengan penjelasan singkat yang dipaparkan di atas, kita akan membagi beberapa jenis makanan dan juga sayuran yang memiliki kandungan serat tinggi yang baik buat pencernaan, yaitu:

1. Makanan yang banyak mengandung serat larut
  1. Seledri –  Ini bukan sayuran utama dan umumnya hanya digunakan sebagai pelengkap saat kita makan makanan berkuah seperti bakso dan soto. Tapi bila anda yang selama ini sering menghindari makan bakso dengan campuran bahan ini sebaiknya dihentikan karena ini bisa menjadi penetralisir dari kandungan daging dalam bakso yang kita makan yang tidak mengandung serat.
  2. Brokoli -Kandungan serat dari sayuran ini juga tergolong banyak karena kita bisa mendapatkan manfaat kurang lebih 5 gram serat dari kurang lebih 3 cangkir brokoli rebus yang kita makan. Selain itu, sayuran ini dipercaya baik dalam mencegah kanker.
  3. Alpukat – Tahukah anda bahwa selain asam lemak yang diperoleh dari daging buahnya, kita juga bisa mendapatkan banyak serat di dalamnya, bahkan persentasenya sangat tinggi karena untuk setiap 1 sendok makan saja mengandung 1 gram serat di dalamnya dan pada keseluruhan buahnya kurang lebih mengandung 10 gram serat, cukup banyak kan?. Buat anda yang mengalami penyakit jantung juga disarankan mengkomsumsi ini dalam julah yang wajar karena ini baik untuk menurunkan kolesterol.
  4. Jagung – Jagung jenis apa saja memiliki kandungan serat tinggi di dalamnya, baik yang kuning maupun yang putih. Setiap setengah cangkir kita bisa mendapatkan 2 gram serat darinya. Dan bila sulit menemukan yang masih segar apalagi memasaknya sendiri, maka bisa dengan makan popcorn saja karena 3,5 gram serat bisa kita hasilkan dari makan kurang lebih 3 cangkir popcorn saja.
  5. Kacang-kacangan – Ini dimasukkan dalam 2 kategori serat yang disebut karena kandungan seratnya yang memang tinggi. Selain kacang merah, kacang hitam juga baik kita komsumsi.
  6. Buah Pir –  Makan pir bisa membuat kita terasa cepat kenyang karena kandungan serat di dalamnya sehingga baik untuk dimasukkan dalam daftar menu makanan diet Mayo kita. Diketahui bahwa setiap 100 gr buah pir yang kita makan maka kita akan mendapatkan kurang lebih 2,3 gram serat di dalamnya. Di antara jenis pir yang disarankan untuk ini adalah yang hijau. Selain itu, khasiat lain dari buah ini adalah sebagai antioksidan, untuk meredakan panas dalam pada anak, dan tentunya yang lebih utama adalah melancarkan pencernaan seseorang.
  7. Jambu biji merah – Kadungan seratnya untuk tiap 100 gram yang kita makan adalah sekitar 7,3 gram. Selain itu buah ini juga banyak mengandung khasiat lain seperti sebagai antioksidan, obat sariawan, menurunkan kolesterol, serta baik untuk membersihkan darah.
  8. Apel – Seerat dalam aple diketahui larut dalam air, tapi selain dari buahnya kita juga bisa mendapatkan serat yang tak larut dari kulitnya yang baik sekali untuk melancarkan pencernaan. Kandungan serat yang terdapat pada apel ukuran sedang sekitar 4,4 gr per bijinya. Selain itu kita juga bisa mendapatkan manfaat lain dari apel ini, di antaranya untuk menhindari karies gigi, melunakkan tinja dalam usus, mengurangi kandungan air berlebih pada usus, serta dapat menjadi pembersih racun dalam tubuh.

Adapun jenis lain yang juga disarankan adalah seperti jeruk, timun, havermut, pisang, pepaya dan lain sebagainya. Anda bisa mencobanya semua sebab sebagaimana salah satu saran untuk hidup sehat adalah makan makanan yang beragam setiap harinya agar lebih banyak manfaat vitamin dan serat yang kita dapat dari setiap buah maupun sayur yang kita makan.

2. Makanan yang banyak mengandung serat tidak larut
1. Gandum utuh

Bentuk dari biji gandum ini adalah sama sekali belum mengalami penggilingan, itulah sebabnya dikatakan utuh. Nah, kandungan serat yang masih  menempel pada bijinya tersebutlah yang baik kita komsumsi. Mungkin saja ini susah kita dapatkan, apalagi kalau di Indonesia orang lebih banyak menjual beras. Untuk itu anda bisa memilih alternatif dengan membeli olahan makanan yang dihasilkan dari gandum utuh tersebut seperti pada jenis makanan biskuit yang banyak diiklankan di TV.

2. Biji-bijian dan kacang-kacangan

Di antara jenis kacang-kacangan yang paling direkomendasikan adalah kacang merah. Jenis kacang ini mudah didapatkan di pasar tradisional dan kita juga bisa mudah menemukannya dalam campuran sayur, terutama pada sayur lodeh. Jika tidak mau repot bisa langsung beli saja yang sudah jadi dalam bentuk sayur matang tersebut atau kalau mau lebih puas dengan membuatnya sendiri sebagai campuran bubur kacang ijo. Menurut hasil riset setiap satu cangkir yang dikomsumsi kita bisa mendapatkan kurang lebih 15 gram serat di dalamnya sehingga sangat menyehatkan dan layak dijadikan dalam daftar makanan berserat tinggi kita yang paling utama.

3. Kulit pada sayuran umbi

Ada tiga jenis tanaman umbi yang biasa kita temui yang kandungan seratnya tinggi, yaitu wortel, ubi jalar dan jug akentang. Dan yang paling mungkin untuk kita komsumsi adalah wortel. Jika ingin simple, bisa dengan cukup mencuci terlebih dahulu kemudian langsung memakannya bersama kulitnya sekaligus tanpa harus mengolahnya terlebih dahulu. Adapun pada ubi jalar dan kentang anda bisa memilih yang belum terlalu tua agar kulitnya belum terlalu keras saat dikunyah, dan sebaiknya dikukus atau direbus dulu sebelum memakannya untuk lebih mudah mengkomsumsinya.

4. Kulit buah

Sudah sejak dulu banyak pakar yang menyarankan setiap kali makan buah agar memakan buahnya juga, selama sudah dicuci bersih dan bebas dari kandungan lilin dan pestisida, karena kulit buah diketahui mengandung serat tinggi di dalamnya. Di antara yang disarankan adalah ketika makan buah jambu biji maka sebaiknya dimakan bersama kulitnya saja agar kesempatan mendapat serat di dalamnya tidak terbuang percuma. Selain itu, buah seperti pir dan apel juga baik untuk dimakan bersama kulitnya untuk mendapatkan manfaat dari kandungan serat tinggi di dalamnya.

5. Sayuran hijau

Penulis pribadi bisa merasakan dimana jika dalam sehari saja absen tidak makan dengan sayuran yang berwarna hijau maka keesokan harinya walau masih bisa buang air besar akan terasa tidak lancar dan susah mengeluarkannya. Itulah sebabnya setiap hari perbanyak makan sayuran ini, di antaranya adalah bayam dan kangkung yang terbukti baik untuk pencernaan kita. Dan perlu diketahui bahwa setiap secangkir penyajian sayuran ini mengandung 4 hingga 5 gr serat di dalamnya.

Itulah bebarapa Makanan Berserat Tinggi dan Kandungannya yang digolongkan berdasarkan jenis seratnya itu sendiri yang bisa anda komsumsi setiap hari karena semua dgolongkan dalam herbal alami yang sama sekali tidak menimbulkan efek samping karena bukan obat olahan melainkan dari buah dan sayur yang masih segar yang kita olah dan masak sendiri. Tapi baiknya juga perhatikan kebutuhanmu, jika seandainya saat ini susuh buang air maka disarankan memilih yang kandungan seratnya tidak mudah larut karena sangat baik dalam melancarkan proses pencernaan kita sehingga siklus buang air besar – BAB pun menjadi lancar dan terasa plong setiap hari tanpa khawatir lagi soal sembelit dan sejenisnya.

About The Author

Comments

  1. Artikel Bunda

    Ternyata serat sangat bagus untuk kesehatan.
    Kadang kita sering lupa makan makanan yang berserat.
    Terimakasih infonya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *