Grafik dan Harga Kurs Dollar Hari Ini di Money Changer, Bank Danamon, BCA, BNI, BI, Mandiri, BRI, dan termasuk kurs Ringgit dan Pajak today. Harga Dollar ke Rupiah dan Mata Uang lainnya yang ada di dunia bisa anda ketahui lewat situs Caraspot ini. Info ini bermanfaat untuk tujuan bisnis dan peluang usaha yang akan atau sedang digeluti untuk mengetahui secara pasti harga jual barang yang kita tawarkan, sebab dengan demikian keuntungan bisa kita raih dan kerugian bisa dihindari seminimal mungkin dalam transaksi apa pun, baik itu jual beli online maupun offline.

Grafik dan Rate Kurs Dollar Hari Ini – Harga Dollar Hari Ini di Bank Danamon, BCA, BNI, BI, Mandiri, BRI

Data kurs di bawah merupakan data valid dan update setiap saat dan setiap hari. Ini karena Widget ini dibuat langsung oleh Kontan.co.id yang notabenenya merupakan situs informasi bisnis, peluang usaha dan keuangan yang paling populer dan terpercaya.

 

Data Nilai Tukar Rupiah BCA di atas diperbaharui otomatsi oleh sistem

Kurs Semua Bank Berubah Tiap Jam by Kontan

Keterangan: Data di atas valid dan update tiap saat dari kontan

Kurs BCA Hari Ini Di atas Diupdate Otomatis

BCA atau yang disingkat dengan Bank Central Asia adalah lembaga keuangan konvensional yang paling besar dan lengkap layanan ATM nya saat ini, jika dibandingkan dengan bank Mandiri dan BRI, apalagi bank BNI, Danamon, dan lainnya.

Jauh lebih mudah untuk mengetahui kurs harga dollar dalam berita hari ini termasuk nilai tukar rupiah hari ini jika kita menggunakan layanan dari BCA. Ya, cukup berkunjungi ke sub domain untuk internet bankingnya, dalam hal ini klikbca.com maka kita bisa langsung lihat berapa harga jual dan beli dollar hari ini menurut versi BCA yang terbaru dan teruptodate.hrga kurs dollar hari ini BI BCA Mandiri

Bank dengan Swift Kode CENAIDJA ini sebenarnya awalnya berdiri pada tahun 1955 Agustus, tepatnya tanggal 10 Agustus. Mulanya masih bernama N.V. Perseroan Dagang Dan Industrie Semarang Knitting Factory dan setelah berkembang menjadi lembaga perbankan dan jasa keuangan kini telah memiliki 985 cabang yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia, termasuk kantor perwakilannya di luar negeri.

Dan bagi pelaku pasar uang, grafik kurs harian, mingguan dan bulanan BCA dianggap sangat penting untuk mengetahui pergerakannya, terutama dalam hal mengetahui pengaruhnya terhadap naik turunnya harga saham di BEI – Bursa Efek Indonesia. Karenanya, yang paling membutuhkan kurs dollar hari ini BCA sebenarnya khususnya pada investor yang memegang saham dengan kode BBCA, karena merekalah yang diuntungkan bila harga dollar naik dan sebaliknya akan mengalami penurunan keuntungan atau bahkan kerugian bila rupiah melemah terhadap dolar Amerika.

Harga rupiah terhadap dollar ($) atau sebaliknya bisa naik turun dan berubah tergantung pada banyak hal, di antaranya harga barang, supplay and deman atau antara kebutuhan dan ketersediaan dari valuta asing yang tersedia di money changer dan faktor lainnya, termasuk soal politik dan hukum di suatu negara. Banyaknya aksi korporasi dan investor dalam suatu negeri juga turut mempengaruhi nilai tukar mata uang dollar dan mata uang asing lainnya. Adapun kode USD dikhususkan untuk Amerika sedang negara lain yang juga menggunakan mata uang dollar mengikutkan nama negara di sampingnya sepert Dollar Singapura.

Baca juga : Hukum Kredit Barang dala Islam

Kurs BI terhadap Nilai Tukar Rupiah Hari Ini

BI merupakan singkatan dari Bank Indonesia. Ini adalah lembaga keuangan tertinggi di Indonesia yang setara dengan Federal Reserve di Amerika Serikat yang sering juga disingkat The Fed. Fungsinya sama, yakni mencetak uang, mengontrol linflasi dan membuat kebijakan keuangan lainnya seperti menentukan bunga rata-rata perbankan dan sebagainya.

Kurs BI juga dijadikan sebagai acuan dalam mengetahui harga dollar hari ini karena ia adalah lembaga yang paling kredibilitas dalam mengontrol nilai tukar rupiah terhadap valuta asing, tentunya jika itu di dasarkan pada website resminya.

Untuk mengetahui secara pasti bagaimana kurs dollar today maka silahkan berkunjung ke situs resminya langsung di alamat berikut : http://www.bi.go.id/id/moneter/informasi-kurs/transaksi-bi/Default.aspx

Pengertian Kurs atau Nilai Tukar

Nilai tukar adalah harga dari suatu mata uang di suatu negara terhadap mata uang lainnya yang diukur atau dinyatakan dengan kurs lainnya. Istilah kurs sendiri adalah sinonim dari frase kata tersebut. Nilai tukar ini juga punya peran penting dalam dunia bisnis, karena bila suatu negara nilai uangnya melemah dari negara lain maka ekspor barangnya juga akan turun harganya, dan sebaliknya, harga barang impor akan lebih mahal dikarenakan harganya yang semakin tinggi disebabkan oleh mata uang dari negara lain lebih tinggi, khususnya tempat dimana dilakukan pengiriman barang ke negara pebisnis yang kursnya melemah.

Dalam hukum bisnis, naik dan turunnya kurs suatu negara sangat ditentukan oleh ‘kekuatan pasar’ di negara tersebut yang notabenenya sangat dipengaruhi oleh besar kecilnya penawaran dan permintaan dari pelaku usaha. Itu pula sebabnya grafik soal nilai tukar ini tidak pernah tetap, melainkan terus berubah atau fluktuatif dari waktu ke waktu dalam sehari, kadang naik dan kadang turun. Dan ini juga lah yang dijadikan sebagai celah bisnis oleh kebanyakan orang untuk bertransaksi valas atau yang dikenal dengan sebutan Forex. Padahal, kegiatan seperti ini jelas-jelas diharamkan dalam ekonomi islam, karena uang bukanlah komoditi melainkan hanya alat tukar menukar saja.

Baca dulu : Blogger Sukses di Indonesia

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Nilai Kurs

1. Tingkat Inflasi

Dalam pasar valas, perdagangan antar negara / internasional, baik itu dalam bentuk barang maupun jasa menjadi fondasi yang utama dalam praktek valuta asing, sehingga perubahan harga barang dalam negeri yang relatif terhadap harga di luar negeri dinilai sebagai faktor yang mempengaruhi terjadinya pergerakan dari kurs mata uang asing. Sebagai contoh: jika negara Amerika yang merupakan mitra dagang negara Indonesia mengalami tingkat inflasi yang tinggi, maka harga barang negara adidaya tersebut juga akan menjadi lebih tinggi, sehingga secara otomatis permintaan produk di negaranya relatif akan mengalami penurunan.

Rasio uang di dalam daya beli atau paritas daya beli berguna sebagai titik dari nilai tukar yang akan mencerminkan hukum dari nilai. Demikianlah mengapa tingkat inflasi sangat berdampak pada kurs hari ini. Peningkatan dari inflasi di suatu negeri akan berdampak pada penurunan dari kurs nasional itu sendiri, dan demikian sebaliknya. Penyusutan nilai atau inflasi uang di di suatu negara akan berdampak pada berkurangnya daya beli masyarakat dan dan secara tidak langsung hal tersebut akan menjatuhkan nilai tukar dari mata uang mereka sendiri terhadap mata uang dari negara-negara yang mana tingkat inflasi mereka lebih rendah.

2.    Aktifitas dari neraca pembayaran

Neraca pembayaran sendiri secara langsung akan mempengaruhi nilai tukar suatu mata uang. Dengan demikian, neraca pembayaran aktif dapat meningkatkan mata uang nasional seiring dengan meningkatnya pula permintaan debitur asing. Sebaliknya, saldo pembayaran yang  tidak aktif akan mengakibatkan penurunan dari nilai tukar mata uang secara nasional. Ukuran dampak neraca pembayaran pada nilai tukar ditentukan oleh tingkat keterbukaan ekonomi.

3.    Adanya Perbedaan suku bunga

Adanya perubahan  tingkat suku bunga di negara tertentu tentunya akan berdampak pada arus modal bilateral. Sejatinya, suku bunga yang naik akan menjadi pemicu datangnya modal asing dari investor luar negeri.

4.    Pendapatan

Faktor lain yang dapat menjadi pemicu pada permintaan dan penawaran dalam pasar valas adalah laju dari pertumbuhan pendapatan atas harga2 luar negeri. Laju dari pertumbuhan pendapatan lokal diprediksi berefek pada pelemahan kurs asing.

5.    Kebijakan pemerintah

Kontrol pemerintah punya andil besar dalam mempengaruhi keseimbangan harga kurs dollar hari ini dan valuta asing lainnya dalam berbagai aspek,di antaranya kebijakan dalam hal menghindari adanya hambatan terhadap nilai tukar valas dan perdagangan luar negeri, serta bisa juga dalam bentuk melakukan kontrol terhadap pasar uang dengan jalan melakukan pembelian dan penjualan mata uang sendiri.

6. Berita dan harapan

Sebagai contoh, di Ameria akan terjadi peningkatan inflasi yang tajam dalam beberapa hari ke depan, akbatnya orang beramai-ramai menjual dolar yang ia miliki, termasuk di dalamnya oleh pelaku pasar valuta asing. Dengan demikian, nilai tukar rupiah hari ini akan menguat dan menekan nilai tukar dollar.

Kurs Mandiri

Adapun Kurs Mandiri datanya berdasarkan dari pihak Bank Mandiri sendiri yang pada dasarnya juga diambil dari kurs bank Indonesia yang merupakan paying dari lembaga perbankan tersebut. Dalam rate yang disediakan semua perbandingan harga mata uang terhadap dollar bisa kita lihat dan ketahui.

Dan di antara mata uang negara dan simbolnya yang disediakan, selain Dollar Amerika / United State, adalah Australi (AUD)dan Kanada Dollar (CAD) , Swiss Prancis (CHF), Cina Yuan (CNY), Euro Spot Rate (EUR), Inggris (GBP), Hongkong Dollar (HKD), Jepang Yen (JPY), Norwegia (NOK), New Zealand Dollar / Selandia Baru (NZD), Arab Saudi Real (SAR), dan Swedia Krona (SEK). Setiap data yang disebutkan dalam grafik kurs Mandiri ini valid dan uptodate setiap hari sehingga bisa jadi rujukan para pengguna internet yang selalu online dan melakukan transaksi bisnis lewat web.

Pada beberapa tahun sebelumnya bank Mandiri yang merupakan bank ‘plat merah’ ini menjadi bank dengan pencapaian tertinggi dalam hal aset dan nasabah. Mengapa tidak? Sejak awal berdirinya saja bank ini tidak dimulai dari nol tapi didirikan atas penggabungan beberapa bank pemerintah yang sudah lama berdiri waktu itu, di antaranya adalah Bank Dagang Negara, Bank Bumi Daya, Bank Pembangunan Indonesia dan Bank Ekspor Impor Indonesia. Dengan usaha ini diharapkan dapat menyokong perekonomian Indonesia, termasuk di dalamnya nilai tukar rupiah terhadap Dollar.

Banyak masyarakat yang membutuhkan informasi seputar kurs dollar hari ini Mandiri karena selain memang banyak sekali masyarakat yang menjadi nasabahnya, juga karena data yang disajikan lebih valid dan paling terkini sehingga sangat membantu para pelaku pasar, termasuk money changer dan lembaga keuangan kecil lainnya.

Untuk melihat langsung perbandingan kursnya silahkan ke alamat berikut: http://www.bankmandiri.co.id/resource/kurs.asp?row=2

BNI

Bank yang juga akrab dengan sebutan ‘46’ ini juga banyak dibutuhkan info kurs dollar hari ini yang ia sajikan lewat situs resminya. Tapi, jika merasa kurang puas dengan informasi nilai tukar rupiah yang tertera di halaman yang disebutkan di bawah maka bisa datang langsung ke kantor perwakilannya yang tersebar di semua kota, termasuk Jakarta, Surabaya, Medan, Makassar, Bandung, Palembang, Semarang, Manado, Balikpapan, Pekanbaru, Denpasar dan kota besar lainnya yang mana semua bersedia memberikan penjelasan mengenai kurs dollar yang terkini.

Hanya saja kekurangan dari tampilan berita valuta asing yang disajikan di bni.co.id adalah dimana hanya menambilkan simbol atau kode mata uangnya dengan tidak menyebutkan nama negaranya. Mungkin kalau USD semua pasti tau kalau itu kode untuk kurs dollar, tapi bagaimana dengan GBP, CAD dan lainnya, pasti kebanyakan orang akan bingung dan harus mencari referensi lagi di blog lain.

Dalam IDX atau situs Indonesia Exchange atau Bursa efek Indonesia, saham BNI diberi kode BBNI. Ini juga masuk dalam kategori bank BUMN yang mana sebagai milik usaha pemerintah. Dan jika dibandingkan dengan semua bank yang ada, BNI adalah yang paling tertua karena sudah berdiri sejak 5 Juli tahun 1946. Itu sebabnya ia juga selalu disebut dengan ‘bank 46’. Dan hingga kini bank ini sudah memiliki 914 cabang dan sudah memiliki anak usaha bank syariah yang juga sudah tersebar di kota-kota besar.

Orang yang berjasa di balik berdirinya PT Bank Negara Indonesia Tbk. Ini adalah Margono Djojohadikusumo yang merupakan salah seorang anggota BPUPKI yang kemudian mendirikan bank sirkulasi atau sentral yang mana bertanggungjawab atas penerbitan dan pengelolaan mata uang Republik Indonesia. Itulah sebabnya, publikasi harga dollar hari ini BNI juga jadi rujukan yang penting bagi banyak pelaku pasar.

Bagi yang mau mengetahui infonya bisa langsung berkunjung ke webnya berikut ini: http://www.bni.co.id/informasivalas.aspx

Kurs Pajak

Data kurs pajak dollar hari ini juga jadi perhatian banyak pemilik usaha untuk mengetahui rate dari pajak mereka dalam bentuk dolar. Dan salah satu lembaga yang berperan dalam hal ini adalah Depkeu (Departemen Keuangan), di dalamnya mencakup pajak fiskal, bea cukai dan lainnya. Selain itu, pajak online juga menyediakan ini sebagai data untuk mengetahui besaran dana yang harus dikeluarkan oleh pelaku industri.

Menurut keterangan dari Depkeu / Kementerian Keuangan, Kurs Pajak ialah nilai kurs yang dijadikan acuan Dasar pada Pelunasan Bea Masuk, Pajak Penjualan terhadap Barang Mewah, Pajak Pertambahan Nilai Barang dan juga Jasa, Pajak aktifitas Ekspor, serta Pajak dari Penghasilan.

Adapun penghasilan atau pendapatan yang diperoleh dalam bentuk uang asing, maka wajib sebelumnya di konversi ke dalam bentuk rupiah. Dalam hal ini dikenal juga adanya istilah kurs tengah, yakni harga antara harga jual dan beli dari dollar.

Money Changer

Ini juga merupakan salah satu lembaga keuangan selain bank dan koperasi. Fungsinya adalah sebagai tempat tukar menukar uang baik itu dari rupiah ke dollar atau sebaliknya, maupun dari berbagai jenis mata uang untuk keperluan melakukan perjalanan ke luar negeri atau oleh turis asing yang datang ke Indonesia dan berkeinginan menukarkan sejumlah uangnya untuk dipakai belanja.

Dengan mengetahui kurs dollar hari ini di money changer maka sebelum datang langsung ke kantor terdekat kita sudah tau berapa harga beli dan harga jual dari mata uang yang ingin kita tukarkan sehingga dengan demikian kita terhindar dari kerugian karena ulah dari lembaga tersebut yang mengambil keuntungan terlalu banyak dari jasanya. Tapi walau begitu, kejadian seperti ini jarang terjadi karena masing-masing lembaga berusaha bersaing dengan lembaga serupa dengan memberi harga murah dan terbaik.

Lalu pertanyaannya, dimana bisa menemukan kantor money changger untuk mengetahui nilai tukar rupiah atau untuk tujuan menukar uang dari kurs yang kita miliki? Sebenarnya ada banyak sekali lembaga seperti ini, tapi di beberapa cabang bank juga sudah banyak yang menyediakannya, seperti BRI Money Changer. Tapi bila bank terdekat tidak menyediakannya maka bisa langsung pada lembaga yang khusus untuk penukaran tersebut, misalnya di VIP.co.id yang berpusat di jakarta, gmc.co.id yang banyak di Jawa Barat, Supit di Semarang, PT Bali da Vallas di Bali dan lain sebagainya.

Negara yang Menggunakan Mata Uang Dolar

Beberapa negara berikut ini yang di antaranya penah menjadi negara jajahan dari negara Adidaya Amerika Serikat / United State adalah juga menggunakan dollar sebagai mata uangnya:

  • Amerika Serikat
  • Australia
  • Bahama
  • Barbados
  • Belize
  • Bermuda
  • Brunei
  • Kepulauan Cayman
  • Karibia Timur
  • Fiji
  • Guyana
  • Hong Kong
  • Jamaika
  • Kanada
  • Liberia
  • Namibia
  • Selandia Baru
  • Singapura
  • Kepulauan Solomon
  • Suriname
  • Baru Taiwan
  • Trinidad dan Tobago
  • Tuvalu
  • Zimbabwe
  • internasional

Semoga kurs dollar hari ini terhadap nilai tukar rupiah di bank BCA, BNI, BI, Mandiri, Danamon dan Money Changer serta kurs Ringgit ini bisa jadi halaman rujukan Anda setiap kali membutuhkan informasi terkait harga dollar hari ini, khususnya yang sering main saham dan membeli valuta asing untuk kebutuhan keluar negeri atau pun untuk jasa penukaran uang. Selama dijalankan dengan sistem syariah pasti berkah! Amin.

About The Author

Comments

  1. Muzaku

    saya bookmark halaman ini ya .. kurs dollar nya otomati bukan?! membantu .. trims 😀

    1. Caraspot Article Author

      Iya mas, kurs mata uang asing di Caraspot otomatis dan berubah setiap saat karena kami menggunakan widget dan bukan gambar atau pun teks biasa. Bisa dibuktikan, coba saja kunjungi laman ini setiap hari, pasti berubah terus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *