Kue Lidah Kucing adalah salah satu jenis kue kering yang bahan utamanya juga menggunakan terigu dan mentega. Resep Cara Membuat Kue Kering Lidah Kucing ini dipertanyakan bukan hanya pada bahan dan cara bikinnya tapi juga pada namanya, kenapa dinamakan demikian? Sebenarnya tidak ada sejarah khusus mengapa kue ini dinamakan demikian, hanya karena bentuknya yang menurut orang yang pertama kali membuatnya mirip dengan lidah kucing yang kemdian ia dinamakan seperti itu. Walau sebenarnya kalau dilihat dari ukurannya jauh berbeda dimana kue ini tampak lebih besar dan juga lebih panjang. Dan perlu juga diketahui bahwa variannya banyak dan bukan hanya yang jenis klasik saja tapi ada juga dengan tambahan berbagai variasi seperti pada warna dan campuran pada adonannya.

Salah satu ciri khas dari kue kering lidah kucing ini adalah pada tekstur cookies-nya yang lembut dan terasa langsung hancur dimulut saat pertama kali dikunyah. Ini karena dalam proses pengolahannya ada tips tertentu yang harus dilakukan, di antaranya adalah salah satu pengalaman dari salah seorang ibu rumah tangga yang pernah juga praktek membuatnya, suatu ketika katanya ia mencoba mengocok terpisah putih telurnya dan walhasil ketika dicoba rasanya keras sekali dan sampai kedengaran bunyi klutuk-klutuk katanya. Jadi, walau pun ingin melakukan variasi pada pembuatannya tapi jangan sampai pada prosesnya yang dirubah, kalau ditambahkan bahan seperti gilingan kacang tanah sih tentu masih bisa.

Resep Kue Kering Lidah Kucing

Resep yang Caraspot maksud di sini adalah pada bahan dan takaran yang dipakai untuk membuat kue lidah kucing ini. Tentunya ini berdasarkan pengalaman dan bukan dari menebak saja. Salah satu yang menurut penulis patut untuk dijadikan sebagai referensi adalah dari situs ternama, mungkin saya tidak bisa menyebutkan alamatnya di sini karena alasan tertentu, tapi paling tidak ini bisa jadi alasan mengapa anda bisa mempercayai publikasi kami. Dan berikut adalah bahan-bahannya:

  • 200 grm mentega margarin
  • 160 grm tepung terigu yang jenis protein rendah
  • 100 gram gula pasir yang telah dihaluskan
  • 10 gram susu dalam bentuk bubuk
  • 50 gram gula pasir halus yang telah di ayak (untuk campuran kedua)
  • 5 butir putih telur

Cara Membuat Kue Lidah Kucing :

  1. Pertama-tama sediakan dulu wadah seperti mangkuk atau baskom kecil, kemudian kocok margarin hingga terlihat lembut betul. Kemudian tambahkan tepung gula (gula pasir halus). Lanjutkan lagi dengan mengocok adonan hingga semakin lembut kurang lebih 10 menit lamanya.
  2. Jika hasilnya sudah sesuai dengan yang diinginkan selanjutnya masukkan tepung, dan juga susu bubuk sambil terus diayak dan juga diaduk rata. Jika sudah beres sisihkan agar tidak tumpah.
  3. Tahap selanjutnya dalam pembuatan kue lidah kucing ini adalah dengan mengocok putih telur hingga terlihat setengah mengembang. Lalu masukkan lagi tepung gula kedua yang disebutkan di atas, tapi secara sedikit demi sedikit agar tidak menggumpal sambil terus dilakukan pengocokan hingga terlihat mengembang.
  4. Ambil atau tuangkan putih telur ke dalam adonan tepung secara sedikit demi sedikit sambil terus diaduk.
  5. Selanjutnya untuk tahap akhirnya tak perlu dibentuk dengan cetakan cukup masukkan dalam kantong segitiga khusus yang biasa dipakai untuk kue tart. Kemudian tinggal semprotkan dalam loyang lidah kucing yang telah dioles margarin, tapi kali ini olesannya agak tebal.
  6. Masukkan dalam oven selama 15 menit dengan suhu kurang lebih 140 derajat. Perhatikan jika kue sudah tampak agak kecoklatan maka itu artinya sudah matang.

cara membuat kue lidah kucingAda yang berbeda pada waktu mengolesi loyang dengan mentega atau margarin dimana di sini dibuat agak tebal dari biasanya agar hasilnya berbeda, yakni dimana tekstur kue akan lebih lembut dari pengaruh mentega yang meleleh tersebut.

Tips:

Untuk bisa membuat kue lidah kucing ini tanpa dibentuk sama sekali, tapi cukup dengan ditaung langsung secara memanjang, maka pastikan adonannya tidak terlalu keras seperti membuat kue kering lainnya.

Jenis kue lidah kucing

Ada banyak sekali varian dari kue kering ini, di antarnaya adalah yang rasa pandan yang warnanya hijau, pelangi, coklat kacang, kopi susu, melon, sagu dan lainnya. Umumnya perbedaannya hanya dibedakan dari satu tambahan bahan di dalam adonannya, sebut saja yang jenis pandan maka umumnya cukup ditambahkan pasta atau rasa pandan di dalamnya, dan adapun yang rasa kacang biasanya kacang yang sudah dicincang di tambahkan langsung pada adonannya setelah semua proses pengadukan bahan lainnya selesai.

Aneka Resep Kue Kering Lainnya:

Caraspot telah menulis beberapa resep yang layak dijadikan bahan praktek memasuki bulan Ramadhan atau Puasa ini, apalagi selanjutnya kita akan masuk pada hari raya Lebaran yang merupakan penutup dari ibadah mulia ini. Umumnya resep di bawah ini adalah resep kue kering yang paling banyak dicari dan banyak dibuat oleh para ibu atau mungkin bagi anda yang belum pernah membuat sama sekali pasti kenal kalau di Supermarket atau pun Minimarket jenis ini yang banyak dijual, di antaranya:

1.  Kue Kering Keju (silahkan kunjungi)

Ini adalah salah satu jenis cookies atau kue mentega yang peminatnya banyak sekali, rasa asin dan gurih dari kejunya bikin banyak orang ketagihan. Bahan campuran utamanya sudah pasti menggunakan keju, ada yang dicampur langsung dalam adonannya dan ada juga yang ditabur di atasnya atau pun yang menggunakan kedua cara tersebut. Mengenai bentuknya bisa dalam berbagai kreasi, bisa dalam bentuk love, bulan sabit atau yang langsung disendokkan di atas loyang lalu dibentuk menggunakan garpu bagian atasnya.

2.  Nastar

Ciri utama dari kue ini adalah pada bentuk dan isian di tengahnya. Adapun bentuk umumnya adalah bulat dan ditambah cengkeh di bagian atasnya sebagai pemanis. Mengenai isiannya berupa selai dari nanas, itulah sebabnya dinamakan kue kering nastar karena asal katanya dari bahasa belanda yang berarti buah Nenas, yakni bahan utama pembuatan selainya. Tapi seiring perkembangan zaman, sekarang ini banyak yang menggunakan selai dari buah lain seperti pepaya, sirsak, strawberry, mangga, nangka dan buah lainnya.

3.  Kue Kering Kacang

Kacang yang digunakan dalam pembuatan kue lebaran ini adalah adalah dari kacang tanah yang disangrai kemudian digiling atau dicincang kasar. Adapun cara mencampurnya adalah dengan menambahkan langsung pada adonan sehingga pada saat kue telah matang akan terlihat bintik-bintik putih kasar dari kacang yang dicampur di dalamnya. Untuk jenis yang paling banyak disukai adalah pada kue coklat yang dicampur kacang.

4. Putri Salju

Dinamakan kue putri salju karena bentuk kuenya yang kering dan diselimuti dengan tepung gula yang seakan seperti salju yang membalut kuenya. Ada pun cara membuat tepung gulanya adalah dengan menggunakan gula pasir yang kemudian dihaluskan dengan blender khusus untuk menghancurkan butiran kering. Bentuk yang sering dibuat adalah yang berbentuk bulan sabit. Adapun variannya juga banyak ditemukan yang dicampur dengan pasta pandan dan juga yang berbentuk dua warna yang dicelup dalam coklat pada sebagian kuenya.

Sengaja kami menyajikan banyak sekali aneka kue pada Resep Cara Membuat Kue Kering Lidah Kucing agar bisa dipraktekkan semua dan kue yang dijadikan sajian dimeja anda pada hari raya nanti juga bisa beragam dan memberikan banyak pilihan pada tamu yang berkunjung. Dan adapun tipsnya agar kue tidak mudah melempem dalam jumlah banyak maka cukup sajikan dalam bentuk toples kecil, sedang yang dalam toplse besar hanya dijadikan sebagai persediaan saja.

About The Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *