Kue Nastar merupakan satu dari sekian banyak kue lebaran yang paling disukai, karenanya resep kue kering nastar isi Selai nanas ini pun tak pernah sepi peminatnya. Bicara soal Selai sebenarnya bukan cuma satu jenisnya, ada banyak sekali bahan pembuatannya, selain yang disebutkan tadi kita juga bisa membuatnya dari pepaya, mangga matang, strawberry, coklat, kacang, jeruk, srikaya, dan lain sebagainya. Tapi sangat disarankan menggunakan buah yang memiliki serat banyak agar teksturnya semakin menambah ke-khasan dari selainya. Selain itu buah yang masih mengkal juga umumnya dipilih karena kandungan airnya yang lebih sedikit dan mudah proses memasaknya. Adapun bentuk yang lazim ditemui pada kue nastar adalah yang bentuknya bulat dengan tambahan pemanis berupa biji cengkeh di atasnya serta olesan kuning telur yang diberikan dipermukaanya saat kue sudah setengah matang. Dan bagi ibu-ibu yang tidak punya kesibukan Caraspot menyarankan agar moment Ramadhan dan Lebaran ini tidak dilewatkan begitu saja, jadikanlah ajang berbisnis dari kemampuan membuat kue yang telah dipelajari, apalagi kebutuhan cemilan seperti ini di bulan puasa meningkat tajam.

Sebelum mulai belajar membuat ada baiknya kita ketahui dulu asal-usul dari kue nastar ini. Diketahui bahwa ternyata ia berasal dari bahasa Beland, yaitu ananas yang berarti Nenas dan tart yang berarti pie atau kue tart. Kalau tadi telah disebutkan bebarapa jenis isian di dalam kue Nastar ini, tapi ternyata masih ada beberapa jenis Selai lain yang digunakan bangsa tertentu dalam pembuatannya, misalnya saja di Eropa banyak yang memilih buah apel dan blueberry sebagai selainya. Walau demikian, sebenarnya asal pertama kali kue kering ini dibuat belum bisa dipastikan sekalipun asal katanya sudah kita ketahui. Ini karena negara lain ada juga yang menjadikannya sebagai makanan khas pada perayaan tertentu, sebut saja di China, mereka biasa menjadikannya sebagai sajian di hari Tahun Baru Cina atau yang dikenal dengan Imlek. Dan diketahui juga bahwa kue ini memiliki nama khas tersendiri dalam bahasa mereka yang mana mereka menamakannya ‘ong lai’ yang artinya ‘buah Pir emas’ atau ‘kemakmuran yang datang’.

Panduan Resep Kue Kering Nastar

Cukup perhatikan dua hal penting ini jika ingin berhasil membuat kue nastar yang enak dan sempurna, yakni pada bahan dan takarannya serta cara membuat atau proses pengolahannya agar didapatkan adonan yang betul-betul kalis dan siap dioven. Ini kurang lebih sama tipsnya dengan cara membuat kue kering keju dan rasa kacang.

Bahan pembuatan:

Dalam membuat nastar lebaran maka ada beberapa jenis yang harus dipersiapkan, yakni untuk isinya yang mana di sini kita menggunakan Selai nanas yang dimasukkan dalam kuenya, dan ada juga bahan untuk kulit nastar itu sendiri yang fungsinya membungkus Selei-nya tersebut, dan yang terakhir adalah pelengkap berupa cairan olesan yang diambil dari campuran kuning telur dan juga susu cair. Ketiga bahan inilah yang nantinya menjadi penentu jadi tidaknya kue yang anda bikin. Tapi selama mengikuti panduannya dengan baik pasti bisa berhasil dan kalau perlu dijadikan sebagai ajang bisnis.

Bahan Isi (selai nanas):

  • 450 grm nanas setengah matang yang telah parut sebagai bahan utama kue nastar.
  • 125 grm gula pasir kasar
  • 1/4 sdt garam dapur
  • 2 btr cengkeh yang masih utuh
  • 3 cm kayu manis
  • 1/2 sdt air jeruk atau lemon segar
Bahan Kulit nastar:
  • 100 grm mentega margarin
  • 100 grm mentega asin yang dingin
  • 50 gram gula pasir halus
  • 1 btr telur, kuningnya saja
  • 250 grm terigu dengan protein rendah
  • 30 grm tepung maizena dalam kemasan
  • 25 grm susu berbentuk bubuk
  • 1 sdt poppy seed – jika ada.
Olesan
  • Siapkan 4 butir telur yang dipisahkan dari putihnya (ambil kuningnya saja).
  • 2 sdt susu cair sebagai campurannya

Tips:

  1. Parut nanas menggunakan parutan yang tidak terlalu halus agar teksturnya terlihat jelas dan semakin menarik.
  2. Selain cengkeh, para ibu juga bisa menggunakan kismis sebagai topping-nya.

  1. Cara membuat kue nastar:Untuk Isiannya: pertama masak nanas yang telah diparut kasar hingga airnya meresap. Kemudian tinggal tambahkan gula pasir bersama dengan bahan lain seperti garam, kayu manis dan juga cengkeh.
  2. Aduk lagi sampai kering kemudian masukkan air jeruk lemon dan terus aduk lagi hingga rata lalu dinginkan di tempat terbuka.
  3. Adapun untuk adonan luar atau kulitnya: awali dengan mengocok margarin bersama dengan mentaga asin yang dingin serta gula halus selama kurang lebih satu menit saja. Lalu masukkan kuning telur dan kocok rata lagi.
  4. Proses selanjutnya dalam membuat adonan pada resep kue nastar ini tinggal tambahkan ke dalam campurannya tepung terigu dan juga tepung maizena beserta susu bubuk. Khusus untuk tepungnya dituangkan sambil diaduk untuk menghindari kotoran kasar dan juga sambil terus diaduk saat menuang. Lalu masukkan poppt seed sebagai pelengkapnya dan terus aduk hingga rata.
  5. Sekarang mulai membentuknya, pertama buat potongan kecil dari adonan kulitnya lalu dibulat-bulat agar tidak mudah pecah, kemudian dipipihkan. Untuk selanjutnya beri isi sesuai dengan ukuran luarnya. Kemudian tinggal letakkan di loyang yang telah diberi olesan mentega margarin.
  6. Panggang dalam oven dengan suhu kurang lebih 150 derajat selama 15 menit hingga terlihat setengah matang. Selanjutnya olesi dengan bahan olesan telur yang telah dibuat kemudian panggang lagi sekitar 15 menit hingga matang secara keseluruhan.

Tips Nastar lainnya:

  • Kue yang telah matang sempurnya ditandai dengan warna kuenya agark kecoklatan dan tidak bening lagi seperti saat masih berupa adonan.
  • Agar lebih mudah memasukkan selai di tengah adonan kue nastar maka caranya bisa dengan dibulat kecil-kecil terlebih dahulu yang disesuaikan dengan besar kuenya.
  • Untuk hasil pemasakan yang baik maka disarangkan memanaskan oven terlebih dahulu kurang lebih 5 menit saja baru kemudian memasukkan kuenya.
  • Baca juga Aneka Kue Kering Lainnya.

Resep yang disajikan diatas bukanlah hal yang paten, anda masih bisa mengkreasikan dengan bahan lain yang lebih unik dan juga nikmat. Kalau umumnya digunakan cengkeh di atasnya bisa juga anda ganti dengan buah kering lainnya yang warnanya lebih terang seperti yang terbuat dari pepaya atau pun apel. Adapun untuk pengemasan digunakan tiples yang bentuknya tidak terlalu tinggi yang terbuat dari damar. Ini salah satu tips agar jika kue terbuka dalam waktu lama tidak terlalu banyak yang rusak, berbeda kalau menggunakan yang kaca yang lebih tinggi.

Jika ada yang dianggap kurang dari Resep Kue Kering Nastar Isi Selai Nanas ini maka silahkan beri masukan kepada kami semoga bisa dilengkapi lagi dan manfaat dari tulisan ini pada pembaca juga semakin baik. Pastikan mencoba resep lain yang telah kamu ulas. Seperti biasa, di akhir paragraf kalau bicara soal kue kering saya selalu mengajak untuk menjadikan ini sebagai lahan bisnis baru ataupun usaha dadakan khusus bulan Ramadhan saja, lumayan buat nambah penghasilan keluarga. Semua prosesnya bisa dilakukan dengan mudah, mulai dari pembuatan, pengemasan, hingga pemasaran.

About The Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *