Gurih! Resep kue kering kacang tanah ini pasti akan laris manis, berhubung sebentar lagi memasuki bulan Ramadhan dan juga hari Lebaran. Sebenarnya, bukan cuma kacang yang selalu dijadikan bahan tambahan untuk membuat kue kering, ada beberapa yang juga sering dipakai, seperti kenari, mente dan lainnya. Dilihat dari karakteristiknya hampir sama, yakni masih dalam bentuk kacang-kacangan. Tapi kalau bicara hasil jadinya, sebenarnya yang menggunakan kacang tanah jauh lebih gurih dan juga garing atau krispi, apalagi jika telah disangrai tentu akan lebih kriuk-kriuk lagi ketika digigit dan dikunyah dalam mulut. Seperti halnya yang menggunakan keju, bahan ini bisa juga dicampur langsung dengan adonan cookiesnya atau pun ditaburkan di atasnya, tapi yang banyak ditemui adalah yang dicampur langsung dengan adonannya dalam bentuk yang sudah digiling kasar.

Setelah resep kue kering coklat dan keju, kue lebaran dengan tambahan kacang menjadi yang ketiga yang paling banyak disukai orang. Yang membedakan dengan yang sebelumnya adalah teksturnya yang lebih garing saat digigit. Tapi semua tergantung pada pemilihan kacangnya dan juga cara menyangrainya. Sebaiknya jangan membeli yang sudah dikupas agar saat disangrai, kalau misalnya sisinya ada yang gosong, tidak terlalu mempengaruhi bagian dalam kacang-nya. Demikian juga saat dihancurkan menjadi butiran kasar, bisa memilih antara mencincang atau menggilingnya menggunakan botol bekas, tapi semua tergantung selera, asalkan jangan dibuat terlalu halus karena mengurangi rasanya.

Bahan dan Cara Membuat Resep Kue Kering Kacang Lebaran

kue kacang lebaranSeperti biasa kalau bicara soal resep pasti hanya ada dua pokok ulasan, yakni bahan dan cara bikinnya, selain itu ada juga biasanya tambahan tips jika ada hal yang perlu ditekankan dalam praktek atau takaran bahan yang digunakan. Umumnya juga bahan utama selalu dalam porsi yang lebih banyak dan yang diunggulkan dalam pemilihan bahannya, dalam hal ini tepung terigu dan juga kacang yang menjadi tema utama jenis kue kering yang kita bahas malam ini.

Bahan-bahan:

  • 185 grm mentega margarin
  • 150 gram gula merah palem. Bentuknya seperti gula pasir tapi agak kasar dan berwarna merah. Ini adalah jenis gula merah tapi dibuat dalam bentuk bubuk.
  • 1/4 sdt garam dapur
  • 1 sdt kayu manis bubuk atau bisa juga beli yang dalam bentuk batangan kemudian ditumbuk dan diayak sendiri.
  • 1 btr telur, kuningnya saja
  • 135 grm tepung terigu yang kandungan proteinnya sedang
  • 50 grm corn flakes yang dicincang agak kasar.
  • 15 grm susu yang dalam bentuk bubuk
  • 75 grm kacang tanah kupas kemudian dicincang atau digiling hingga kasar lalu disangrai. Jika ingin lebih mudah caranya sangrai terlebih dahulu kemudian giling menggunakan botol bekas, maka secara otomatis kulitnya akan mudah terlepas.

Cara membuat:

  1. Pertama-tama kocok dahulu margarinnya, bersama dengan gula palem, dan juga garam kurang lebih 2 menit lamanya.
  2. Selanjutnya, masukkan kuning telur lalu kocok hingga rata.
  3. Langkah berikutnya adalah dengan menambahkan tepung terigu, dan juga susu bubuk serta kayu manis bubuk sambil terus diayak agar tak ada kotoran yang masuk dan diaduk lagi hingga rata.
  4. Masukkan kacang tanah sebagai bahan tambahan utamanya dan juga corn flakes. Untuk hasil yang lebih baik maka aduk lagi sampai rata dan semua bahan kacang bercampur dengan adonan kue keringnya.
  5. Terakhir tinggal bentuk kuenya sesuai selera, bisa dengan terlebih dahulu dipipihkan kemudian dicetak dengan beragam bentuk atau bisa juga dengan langsung disendokkan di atas loyang yang kemudian diratakan menggunakan garpu agar terlihat tekstur unik di atasnya.
  6. Panggang menggunakan oven dengan suhu api kira-kira 150 derajat dengan durasi selama 15 menit hingga terlihat matang dan berwarna kecokelatan.

Tips Membuat Kue Kacang

  1. Penting sekali soal loyang digunakan, pastikan telah diolesi dengan margarin agar tidak lengket dan juga mempengaruhi rasa kuenya karena margarin yang meleleh di bawahnya akan menambah rasa asin yang lembut dan berbaur dengan manisnya kue kering kacang yang dimakan.
  2. Oleskan kocokan kuning telur di atasnya nanti pada saat kue telah setengah matang agar tak meluber dan mudah langsung mengeras.
  3. Pilihlah jenis kacang tanah yang agak besar dan sudah diseleksi karena yang kecil umumnya kurang baik jika digiling sedang yang masih belum disortir biasanya terdapat yang berwarna hitam dan pahit jika dikomsumsi yang tentunya mempengaruhi rasa dari butter cookies yang kita makan.
  4. Jangan menutup dalam toples kue yang baru saja matang dan masih panas, diamkan beberapa menit hingga dingin betul agar rasa krispinya tetap terjaga.
  5. Usahakan saat menyangrai kacang tanah masaknya pas dan tidak sampai gosong karena rasanya akan agak pahit jika kurang tepat. Dalam hal ini, setelah api pada kompor harus betul diperhatikan, usahakan jangan terlalu besar apinya dan juga harus selalu diaduk agar semua sisi dari kacangnya masak sempurna.
  6. Untuk penyajian dan agar menghindari kue rusak atau istilah jawa-nya ‘melempem’ jika dibuka terlalu lama, maka baiknya gunakan toples yang agak kecil saja saat disajikan pada tamu. Ini karena umumnya tuan rumah malu menutup toples yang terbuka saat tamu masih ada, padahal jika dibiarkan kuenya tidak akan krispi lagi dan tidak enak dimakan.
  7. Sebagai variasi anda bisa memadukan penggunaan kacang dengan bahan lain seperti kacang + coklat, karamel, selai maupun kacang ijo.
  8. Mengenai bentuknya bisa dengan berbagai kreasi, seperti bulan sabit, bintang, gulungan, love, bulat, mete, dan lainnya.
  9. Selain kue kering berwarna putih kekuningan atau klasik yang bisa ditambahkan kacang giling, kue kering coklat juga bisa dicampurkan langsung dengan kacang dan mungkin akan jauh lebih digemari karena memadukan dua bahan yang banyak disukai.

Itu saja “Resep Kue Kering Kacang Tanah Krispi” yang bisa kami share malam ini, semoga resep kue lebaran lainnya bisa kami publish juga, termasuk yang jenis putri salju, lidah kucing dan kue nastar yang peminatnya tak pernah sepi, baik saat disajikan maupun ketika dibuat dalam bentuk produk bisnis. Selain itu Caraspot juga menyarankan agar pembuatan kue semacam ini jangan hanya dijadikan sebagai pemenuhan kebutuhan saja, tapi sebaiknya dijadikan juga sebagai lahan bisnis rumahan baru, mengenai penjualan anda bisa menggunakan bantuan distributor, asalah sudah ada izin usaha dan barcode atau kode baloknya sudah bisa masuk minimarket dan swalayan. Adapun mengenai permodalan bisa dengan meminjam lewat BPR atau sejenisnya dengan menjadikan BPKB sebagai jaminan dan jika sudah berjalan minimal 2 tahun maka boleh menggunakan pinjaman dari bank. Intinya tak ada yang susah kalau mau bersaha. Kalaupun sulit pembuatanannya kan bisa mengandalkan ibu rumah tangga yang tinggal di sekitar rumah kita, pasti semua umumnya sudah paham cara membuat kue kering, tinggal diarahkan saja. Mengenai bayarannya bisa dibayar dengan menghitung berapa toples kue lebaran yang berhasil dibuat, tapi itu untuk tahap awal saja, kalau sudah berjalan lama kan bisa dengan sistem gaji perbulan.

About The Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *