Berikut adalah aneka resep cara membuat kue kering goreng sederhana dari tepung beras biasa, tepung ketan, dan juga terigu, baik yang manis maupun yang asin dengan berbagai variasi bentuk yang menarik dan pastinya enak dimakan. Kalau sebelumnya juga telah dishare soal kue kering yang dimasakan dengan cara dipanggang menggunakan oven maka kali ini yang jenisnya digoreng, jadi menggunakan minyak dan wajan untuk proses masaknya, yah walau kurang sehat tapi untuk komsumsi sekali-kali saja tidaklah masalah, apalagi dijadikan untuk hidangan di hari raya Lebaran maupun acara pesta dan lainnya. Berbeda dengan yang dipanggang, dimana dengan menggunakan metode ini maka kue akan lebih cepat matang karena adonan yang telah dibentuk langsung bersinggungan dengan minyak yang panas.

Makna sederhana pada pembuatan kue goreng ini adalah dimana bahan yang digunakan tidak terlalu banyak dan proses bikinnya juga tidak terlalu rumit, hanya ada beberapa tambahan bahan pelengkap dan sedikit teknik membentuk yang simple dan pasti semua orang tahu caranya, sebut saja ketika kita membuat kerupuk pangsit tentu proses membentuknya cukup dengan ditipiskan adonannya kemudian dipotong segi empat lalu dilipat hingga membentuk segi tiga, segampang itu kan? Adapun mengenai tepung yang digunakan umumnya banyak yang memilih tepung beras karena ada aroma tersendiri yang keluar dari kue tersebut setelah diangkat dari penggorengan, selain itu tepung yang digunakan juga bisa kita jamin masa kadaluarsanya karena berasnya bisa kita giling sendiri ke tempat penggilingan di pasar tradisional, atau pun kalau misalnya tidak mau repot maka boleh saja membeli yang langsung dalam bentuk kemasan.

Resep yang akan anda pelajari di bawah berdasarkan hasil praktek dari situs resep bentukan Gramedia, jadi bisa dibilang lebih terpercaya. Sedangkan mengenai takaran sebenarnya bukanlah hal yang baku dan harus persis seperti yang disebutkan, bila nantinya selera anda tidak menyenanginya, apakah karena terlalu manis atau jadinya terlalu banyak maka bisa dikurangi dengan menyesuaikan dengan takaran lainnya.

Sebelum ini ada banyak kumpulan resep kue kering yang telah kami tulis, silahkan ikuti link-nya untuk membaca lengkap artikelnya

1. Resep Kue Kering Goreng Abon dengan Tepung Terigu

Kue kali ini masih tergolong simple pembuatanya, tapi bahan utamanya masih menggunakan tepung terigu, berbeda dengan resep sebelumnya. Hanya saja untuk teksturnya yang lebih lembut ditambahkan pula sagu sebanyak 25 gram.

  • 225 grm tepung terigu
  • 1 sdt baking powder
  • 25 grm gram sagu
  • 1/2 sdt soda kue
  • 1 btr telur
  • 2 sdm minyak goreng
  • 2 sdm air
  • Minyak untuk menggoreng
  • 1/4 sdt garam

Bahan isi:

75 grm abon dari daging sapi

Cara membuat :

  1. Campur semua bahan menjadi satu hingga bergumpal atau kalis layaknya ingin membuat pangsit.
  2. Bentuk dengan cara digiling digilingan mi hingga kenyal atau bisa juga dengan alat tradisional yang terbuat dari kayu. Untuk hasil yang lebih padat maka usahakan menggiling hingga 3 kali atau bagi yang menggunakan alat dari kayu diusahakan ditekan agak rapat ke bawah.
  3. Selanjutnya untuk membentuk maka bikin lembaran berbentuk persegi panjang dahulu lalu potong dengan ukuran kurang lebih 4 x 4 cm. kemudian olesi dengan air sebagai perekatnya dan barulah isi dengan abon. Dan terakhir tinggal lipat berbentuk segitiga.
  4. Terakhir tinggal goreng dengan menggunakan minyak yang telah dipanaskan dan atur apinya dengan ukuran sedang, bolak balik hingga matang atau hingga terlihat berwarna keemasan.

Jika mau tau yang dipanggang dan juga banyak disukai orang maka silahkan belajar resepnya di sini : Resep Kue Nastar dan Kue Putri Salju.

2. Cucur – Kue Goreng Sederhana dari Tepung Beras

Bentuknya bulat dan rasanya manis, itulah dia kue cucur. Bagi masyarakat timur kue ini sering dijadikan sebagai sajian khusus di pesta pernikahan. Bahan utamanya adalah tepung beras dan juga gula merah yang menjadi penyebab warna merahnya.

Tips

  1. Minyak yang digunakan dalam membuat kue kering goreng ini harus betul-betul panas agar adonan dapat mengembang dan juga berserat.
  2. Jika minyak sudah mulai terlihat berkurang, maka tambahkan sebanyak seperti diawal.
  3. Setiap kali akan menuangkan adonan kuenya, maka hendaknya minya dipanaskan lagi hingga beberapa detik saja. Ini dilakukan setiap kali ingin menuang adonan baru.
  4. Pastikan mengaduk adonan yang ada di wadah sebelum mengambilnya agar tidak mengendap dan rasanya semua tetap sama.
Bahan-bahan:
  • 230 ml air
  • 2 lbr daun dari daun pandan wangi yang ukurannya kecil
  • 125 grm gula jawa merah
  • 125 grm tepung dari tepung beras
  • 1/4 sdt garam makan
  • 30 grm tepung trigu jenis protein sedang
Cara membuat:
  1. Awali dengan mendidihkan air bersih bersama gula merah yang ditambah dengan daun pandan hingga gula larut sempurna. Selanjutnya saring lalu simpan sampai terasa hangat kuku.
  2. Berikutnya campurkan bahan dari tepung beras bersama dengan tepung terigu dan juga garam. Selanjutnya tuang larutan dari gula yang telah dibuat tadi sedikit demi sedikit sambil terus diuleni. Setelah adonan kue Cucur terlihat kental, keplok-keplok selama kurang lebih 30 menit sambil terus tambahkan larutan gula sedikit hingga habis semua. Nah, tinggal diamkan hingga 40 menit.
  3. Terakhir tinggal goreng dengan terlebih dahulu panaskan sebanyak 4 sendok makan minyak goreng dalam wajan yang berbentuk cekung kecil, biasanya banyak dijual di pasar tradisional anda bisa mencarinya. Nah, tinggal tuang adonan cucurnya. Agar tampak mengembang maka tinggal siram-siram dengan minyak panas yang ada di sampingnya hingga terlihat mengembang dan tampak berserat layaknya kalau anda membuat telur dadar kan umumnya disiram-siram agar bagian atasnya juga matang dan mengembang.
  4. Saat digoreng lakukan ini juga : Tusuk bagian tengahnya kue goreng ini dengan menggunakan tusuk gigi atau lidi sambil terus diputar-putar agar adonan yang masih mentah atau kurang matang dapat keluar dan bisa disiram-siram hingga matang. Dan untuk kematangan sempurna tinggal dibalik sebentar lalu Angkat.

3.  Cara Membuat Roti Goreng Ketan Hitam Isi Kacang

Ini salah satu kue goreng yang banyak dibuat, walau juga menggunakan tambahan kacang seperti resep kue kering kacang tanah krispi sebelumnya, hanya saja kali ini kita membuat dengan variasi lain, yakni dengan menggunakan ketan hitam sehingga warnanya juga jadi tidak biasa, karena umumnya hanya menggunakan ketan putih. Selain dari warnanya, isiannya yang menggunakan kacang tanah juga menambah gurihnya.

Bahan-bahan kue :

  • 300 grm tepung terigu yang memiliki kandungan protein tinggi
  • 1 1/2 sdt ragi instan, bisa digunakan yang sachetan
  • 100 grm tepung jenis ketan hitam
  • 1/2 sdt baking powder
  • 1 btr telur
  • 50 grm gula pasir
  • 200 ml santan yang encer yang dihasilkan dari 1/4 btr kelapa tua
  • 1 sdt garam
  • 30 grm mentega margarin
  • 2 sdt wijen atau secukupnya

Bahan Isi (diaduk Rata):

  • 100 grm dari kacang tanah yang telah dikupas, kemudiang disangrai lalu dinginkan sesaat dan dicincang hingga halus.
  • 2 sdm gula pasir
  • 200 grm gula pasir yang akan digunakan sebagai taburan

Initinya, untuk bahan isi dari kue roti goreng ini kita buat dari kacang dan gula pasir yang dicampur agar saat digigit akan terasa gurih dan manis dari gulanya.

Cara Pengolahan :
  1. Pertama campur dulu bahan utama dari kue goreng roti ini, yaitu tepung terigu bersama dengan tepung ketan hitam, dan juga ragi instan dan baking powder, serta gula pasir. Lalu aduk hingga rata.
  2. Masukkan telur dan juga santan sedikit demi sedikit sambil terus diuleni hingga adonan kue kering goreng ini kalis.
  3. tambahkan  margarin dan juga garam. Lalu uleni hingga terasa elastis. Kemudian masukkan wijen. dan uleni lagi hingga rata. Nah, tinggal diamkan saja selama 15 menit.
  4. Bagi-bagi adonan hingga berukuran kira-kira 20 gram tiap potongannya, lalu bulatkan. Dan untuk hasil yang lebih baik diamkan dulu selama 10 menit.
  5. Nah barulah kita pipihkan lagi adonan yang telah didiamkan. Selanjutnya beri isi dan bentuk bulat. Jika sudah selesai barulah simpan di loyang yang telah ditaburi dengan tepung terigu. Diamkan selama 45 menit hingga mengembang dengan baik.
  6. Selanjutnya doreng dalam minyak padat (jenis minyak yang kental) yang telah dipanaskan hingga matang sempurna.
  7. Setelah itu angkat dan tiriskan hingga minyaknya hilang kemudian dalam keadaan masih panas kue goreng tersebut gulingkan di atas gula pasir.

Anda bisa menjadikan resep Kue Kering Goreng Sederhana dari Tepung Beras di atas sebagai alternatif jika seandainya anda bosan dengan tampilan kue yang biasa saja. Kelebihannya adalah karena saat disajikan pada tamu yang datang masih dalam keadaan hangat sehingga memberi kesan berbeda pada penikmatnya, dibanding dengan cookies mentega yang sudah jadi jauh hari sebelum hari raya berlangsung. Hanya saja kalau bicara soal daya tahan tentu ia kalah karena kandungan air di dalamnya jauh lebih banyak, mungkin hanya bisa bertahan antara 1 hingga 2 hari saja.

About The Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *