Bicara soal kue kering mungkin semua sudah tahu apa dan bagaimana bentuknya, tapi kali ini Caraspot akan berbagi resep kue keju kering dengan tambahan kacang tanah sebagai pemanis tampilan dan rasanya. Sebenarnya ada banyak sekali variasi kue keju, mulai dari yang ditambahkan jagung, wijen, havermut, coklat, abon, pisang, kelapa, kenari, cornflake, rice crispy, atau pun mengenai bentuknya ada yang digulung dan juga dibuat seperti kue sus tapi yang dalam bentuk kue kering. Semua bentuk kue keju yang disebutkan tersebut akan kita bahas satu persatu apa saja bahan dan bumbu yang dibutuhkan dan juga bagaimana cara membuatnya hingga bisa matang sempurna dan bisa disajikan untuk tamu di hari lebaran maupun pada hari raya lainnya. Dan seperti biasa, bahan utama dari pembuatan resep kue keju ini adalah tepung terigu dan juga mentega, serta keju parut yang merupakan bahan pelengkap untuk variasinya.

Dalam prakteknya, membuat kue kering dengan tambahan keju bisa dalam berbagai cara, ada yang dicampurkan langsung ke dalam adonannya sehingga langsung menyatu dan rasanya pun akan mempengaruhi kuenya saat dimakan, yakni akan terasa agak asin mengikuti rasa khas dari keju tersebut, selain itu, ada juga yang hanya ditaburkan di bagian atasnya dengan cara diparut terlebih dahulu. Semua bisa kita pilih asal jangan menggabungkan keduanya agar rasanya tidak terlalu asin. Adapun mengenai ukurannya kebanyakan dibuat dalam bentuk pipih memanjang dan juga berbntuk bulat dan digulung agar terlihat lebih menarik. Kue ini paling banyak dibuat saat hari lebaran sebagai makanan penutup setelah menyantap makanan pedas, seperti Ayam Bumbu Bali Pedas dan masakan ayam lainnya yang banyak dihidangkan saat hari raya.

Baiklah pengunjung setia Caraspot, untuk melengkapi ulasan kita soal kue kering keju ini maka ada baiknya sebelum mengulas resep pembuatannya kita terlebih dahulu mengenal sejarah dari pembuatan keju itu sendiri. Diketahui bahwa keju diciptakan dari bantuan enzim yang terdapat dalam perut binatang yang disebut dengan Rennet. Yunani Kuno menyebutkan bahwa penemu keju pertama kali adalah Aristaeus. Awalnya pembuatan keju lebih lazim dengan menggunakan susu kambing dan domba tapi lambat laun susu sapi dan ternak lainnya seperti dari susu kuda dan keledai juga bisa dijadikan sebagai bahan utamanya. Karena awal penemuan keju hingga sekarang yang sudah berlangsung cuku lama sehingga tidak heran kalau jenis yang ditemukan pun sangat beragam, mulai dari keju Kraft, Cheddar, Feta, Cynthos, Cantal, Camembert, Parmesan, Gouda dan lainnya yang mana disebutkan bahwa jenisnya mencapai kurang lebih 400 varian di seluruh dunia. Wow! ternyata banyak sekali ya jenisnya.

Cara Membuat dan Bahan Kue Keju Kering

cara membuat kue kering keju

Seperti bisa, kalau bicara soal resep, termasuk kue kering ini pasti tak lepas dari yang namanya bahan dan takaran dari masing-masing bahan yang digunakan. Ini karena rasa, aroma, tampilan dan sebagainya sangat ditentukan dari takaran bahannya. Selain itu, bagaimana mengolah atau membuatnya juga merupakan tahap yang menetukan apakah kue lebaran yang dibuat bisa sempurna atau tidak, terutama pada urutan pengadukannya jika salah bisa saja merusak rasanya walau sebenarnya bahannya sudah pas. Nah, berikut penjelasannya:

Sebelum ini bunda juga bisa belajar Cara Membuat Tempe Bacem. makanan khas dari Jawa.

Bahan-bahan:

  • 150 grm margarin kemasan yang masih baru.
  • 1 btr telur ayam, yang dikocok lepas. Pilih yang kuningnya terang jika ada.
  • 1/2 sdt garam dapur halus atau pun yang kasar tapi telah dihaluskan.
  • 25 grm tepung maizena. Ini bisa di dapatkan di toko kue.
  • 110 grm tepung terigu dari jenis protein rendah
  • 50 grm keju jenis cheddar yang telah diparut kasar dan agak besar agar tidak mudah hancur.
  • 50 grm kacang tanah yang telah sangrai sebelumnya, kemudian dicincang agak kasar. Usahakan jangan terlalu halus karena mengurangi tampilan kue kejunya.

Cara membuat:

  1. Pertama kali yang harus dilakukan adalah dengan mengocok margarin bersama garam kurang lebih 30 detik saja. Setelah tercampur dengan baik maka selanjutnya tinggal masukkan telur ayamnya dan terus dikocok hingga betul-betul rata.
  2. Masukkan tepung terigu dan juga tepung maizena sesuai takaran yang telah ditentukan, tapi agar kotoran kasar yang tercampur dengan tepung tidak masuk dalam adonan kue kering keju maka usahakan dituang sambil diayak di bawahnya dan terus diaduk agar rata dan tidak menggumpal.
  3. Tambahkan kacang tanah yang telah dicincang kasar dan juga keju cheddar yang telah diparut. Aduk sampai rata.
  4. Jika pencampuran dan pengadukan bahan sudah betul-betul sempurna, dalam hal ini adonan keu keju telah kalis yang bisa dibuktikan dengan dicubit, selanjutnya tinggal dibentuk, bisa dengan digulung terlebih dahulu kemudian dicetak dengan alat yang terbuat dari seng atau bisa juga kalau tidak mau repot bisa dengan menyendok adonan kue kejunya lalu taruh langsung di loyang yang dioles margarin. Baru kemudian di pipihkan dengan ditusuk-tusuk garpu agar terlihat tekstur unik di permukaannya.
  5. Terakhir, tinggal masukkan dalam Oven selama kurang lebih 30 menit dengan suhu kira-kira 140 derajat Celsius.
Tips:
  1. Taburan keju dalam pembuatan kue kering ini bisa juga ditambahkan setelah kue terlihat setengah matang, tapi bisa juga saat sebelum dipanggang.
  2. Gunakan keju yang agak padat untuk menghasilkan parutan yang sempurna. Sebaiknya dipilih yang jenis cheddar yang dijual dalam bentuk kemasan.
  3. Jika ingin lebih terlihat manis, bisa juga diolesi lagi dengan kuning telur di atasnya. Ini dapat membuat kue terlihat kekuning-kuningan dan lebih menarik dibanding dibuat polos dan pucat.
  4. Untuk memilih yang model digulung maka caranya ratakan adonan kue keju terlebih dahulu menggunakan alat khusus atua bisa juga dengan botol bekas, kemudian potong berbentuk persegi kecil lalu gulung. Dan untuk menghasilkan tampilan yang lebih sempurna, maka setelah digulung ditekan sedikit agar terlihat agak pipih.

Lihat disini : Resep Kue Kering lainnya (termasuk Nastar, kue coklat, dan keu kering dengan ciri khusus, misalnya yang menggunakan kacang, wijen, dan lainnya.)

Ada beberapa ibu rumah tangga yang mengkisahkan soal kesuksesannya dalam membuat kue keju ini, dan bahkan menariknya lagi, beberapa kemudian terjun menekuni bisnis keu kering dengan beragam rasa, termasuk kue salju, lidah kucing dan nastar. Hasilnya juga lumayan sebagai penghasilan tambahan untuk rumahtangga. Adapun yang memilih untuk mengembangkan dalam jumlah produksi yang lebih besar sebenarnya potensinya sangat menjanjikan karena cukup bermodalkan izin dari Dinas Kesehatan dan juga Barcode atau kode balok pada kemasannya maka produk anda sudah bisa masuk swalayan dan minimarket. Tak perlu khatir soal pemasaran karena nantinya bisa menggunakan jasa distributor, tinggal kerjasama dan buat kesepakatan soal pembagian keuntungannya.

Selain mengulas soal resep kue keju kering untuk perayaan lebaran, Caraspot juga akan mempublikasikan banyak sekali cara membuat kue kering lainnya, seperti Nastar, Coklat, dan juga yang khusus menggunakan Kacang tanah yang telah digiling kasar. Bagi yang pemula dan baru mau belajar mungkin bisa jadi tidak bisa langsung sempurna baik rasa dan bentuknya, tapi setelah mencoba beberapa kali maka hasilnya akan terlihat jauh lebih baik. Mengenai takaran, jika ingin dibuat dalam jumlah banyak sekaligus maka cukup kalikan 2, 3, dan seterusnya untuk memperoleh volume adonan kue lebaran yang lebih banyak. Selain itu, takaran yang disebutkan bukanlah harga mati, bila ingin menyesuaikan dengan selera para ibu bisa mengurangi atau pun menambah jumlah takarannya, asalkan bukan pada terigu dan gulanya karena akan mempengaruhi rasanya jika telah jadi.

About The Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *