Kalau yang sebelumnya kita hanya menggunakan terigu, kali ini pada Cara Membuat Bolu Kukus Ketan ada tambahan bahan khsus di dalamnya, yakni tepung beras dari ketan hitam. Selain untuk menambah rasa khas khusus pada kue bolu yang dibuat juga sebagai pewarna alami yang bisa mempercantik tampilan kue.

Yang perlu diperhatikan dalam membuat kue ini agar bisa berhasil mengembang sebagaimana mestinya yaitu selain pada baking powder yang digunakan juga pada ketan hitamnya. Jika tidak bisa membuat sendiri tepungnya maka sangat disarankan menggunakan bahan jadi yang dijual di Minimarket seperti Indomaret dan Alfamart.

Resep Kue Bolu Kukus Ketan Hitam dan Cara Membuatnya Mekar Sempurna

Di bawah ini bukan cuma bahan dan cara membuat kue bolu kukus ketan hitam, tapi juga tips bagaimana menghasilkan kue yang enak dan nikmat.

Bahan-bahan

  • 8 btr telur ayamcara membuat kue bolu kukue dengan ketan hitam
  • 800 gr gula pasir kasar
  • 1 sdt garam makan
  • 2 sdm sp/tbm atau emulsifier
  • 200 gr tepung ketan hitam kemasan atau dibuat sendiri
  • 900 gr tepung terigu berprotein sedang
  • 2 sdt bp – baking powder
  • 900 ml minuman bersoda manis (misalnya: sprite)
  • Secukupnya pewarna ungu (jika ketan tidak terlalu hitam)

Cara membuat :

  1. Kocok bersama beberapa bahan ini: telur, gula pasir, garam, dan emulsifier hingga kaku kurang lebih 10 menit.
  2. Tambahkan tepung terigu bersama bahan lain seperti tepung ketan hitam, dan juga baking powder sambil tepung diayak. Sementara itu, secara bergantian tuangkan juga minuman bersoda sambil dikocok perlahan. Terakhir, tambahkan pewarna ungu. Kocok hingga rata.
  3. Tuang adonan ke cetakan bolu kukus yang telah diberi kertas roti khusus.
  4. Terakhir tinggal masukkan kukus selama 15 menit dengan menggunakan api besar hingga matang.

Tips :

  1. Jika baru pertama kali mmepraktekkan resep ini sebaiknya coba setengah atau seperempat dulu karena khusus untuk jenis bolu kukus ini jadinya banyak sekali.
  2. Perhatikan bahwa mekar tidaknya kue bolu ini tergantung pada beberapa faktor: Pertama pada penggunaan dandan dan cetakan cup cakenya, sebaiknya gunakan yang memiliki lubang-lubang besar, baik pada alas dandan dan cetakan bolunya. Selain itu, mekar tidaknya juga dipengaruhi oleh jumlah baking powder yang digunakan dan kualitas terigunya.
  3. Cara membuat tepung ketan : Campur ketan hitam dengan ketan putih dengan perbandingan 50:50 atau bisa juga dikurangi yang ketan hitamnya jika warnanya terlalu gelap. Setelah itu rendam semalaman. Gunanya agar beras empuk dan tidak keras saat digiling, karena jika tidak akan merusak mesin giling berasnya. Setelah direndam dan digiling, jemur beberapa jam sebelum akhirnya bahan bisa digunakan.
  4. Sebelum mulai mengukus kue bolu ketan hitamnya, pastikan panaskan dulu air dalam panic dandan hingga mendidih, baru setelah itu beti alas dandannya dan tambahkan sedikit air agar saat menaruh kue tangan tidak kepanasan akibat uap yang keluar. Mengukus kue dalam dandan dengan air yang sudah mendidih berfungsi agar kue bisa matang dengan sempurna.
  5. Selain menggunakan cetakan kue dan mangkok kertas kue, bunda juga bisa menggunakan talang segi empat yang mana hasilnya dipotong tipis-tipis sebelum disajikan untuk keluarga atau tamu, atau mungkin dalam acara arisan ibu-ibu.

Itu dulu ya tips dan Resep Kue Bolu Kukus Ketan Hitam yang Mekar dan Merekah semoga bunda semua yang lagi baca artikel ini bisa membuat bolu kukus yang betul-betul merekah dan tidak bantet. Kuncinya, sudah pasti pada takaran jumlah baking powder yang digunakan, selain pada tepung ketannya, akan lebih baik kalau sebelumnya dikeringkan dulu agar tekstur kuenya menjadi empuk dan berpori. Sekalian mau nyampaiin buat semua pengunjung setia Caraspot bahwa kami sangat berharap agar

About The Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *