Penanggalan Masehi dan Hijriyyah jelas berbeda karena awal mulai penetapannya juga berbeda yang mana tanggal Hijriyah di awali dari awal pertama kalinya Nabi Muhammad saw. melakukan hijrah. Pada artikel Cara Mengubah Tanggal Hijriyah ke Masehi atau sebaliknya ini ditujukan untuk anda yang ingin mengetahui tanggal, bulan dan tahun lahir anda dalam bentuk bulan hijriyah atau masehi dengan cara cukup mengetiknya pada kolom yang tersedia di bawah. Kalau istilah kerennya sih ‘Converter” yang mana dari sistem atau aplikasi ini kita bisa merubah bentuk penanggalan dari yang umum yang menggunakan penanggalan Masehi ke penanggalan Islam, yaitu Hijriyah.

Sering dengar kan Istilah Syamsiyah? Nah ini maksudnya penanggalan yang menggunakan matahari sebagai acuan dalam menghitung hari dan pergantian bulan maupun tahunnya, dalam hal ini kita kenal dengan nama Masehi. Adapun istilah lain yang sering kita dengar adalah Qomariyah, nah ini adalah nama yang berasal dari bahasa Arab yang asal katanya Gomarun, yaitu Bulan. Ini karena dalam menentukan penanggalan Hijriyah yang menjadi acuannya adalah Bulan.

Langkah Cara Merubah Tanggal Hijriyah ke Masehi – Dan Kira-kira Kapan Bulan dan Tanggal Lahirmu dalam Konversi Kalender Masehi ke Hijriyah?

Di bawah ini adalah semacam converter atau aplikasi ringan untuk mengubah tanggal lahirmu dari Hijriyah ke Masehi dengan hanya mengimput tanggal, bulan dan tahunnya. Setelah selesai langsung saja klik tombol “Ubah” untuk melihat hasilnya

Untuk cara penggunaan tools konverter di atas cukup mudah, karena Anda tinggal mengganti tanggal dan bulan yang tertera maka hasilnya otomatis akan terlihat pada kolom ‘Jatuh pada hari’. Jadi, setelah ini anda akan tau karena ternyata tanggal lahir anda dalam penanggalan Islam demikian. Ya, itung2 bisa dishare di facebook maupun twitter biar banyak yang tau.

Lalu jika ditanya, apakah perhitungannya bisa tepat? Jawabnya bisa iya dan bisa tidak. Jika seandainya tidak maka selisihnya hanya maksimal lebih 1 hari atau pun kurang sehari karena sudah disebutkan di atas bahwa perhitungannya menggunakan sistem Hisab Urfi. Saya kira semua pengubah tanggal masehi ke hijriyah kurang lebih akan sama seperti itu karena memang demikianlah halnya.

Cara Menggunakan Konversi Kalender Online di atas:

Jika yang ingin kamu rubah dan konversi dari tanggal, bulan, dan tahun masehi ke hijriyah, atau tepatnya Konversi Kalender Masehi ke Hijriyah, maka yang dilakukan adalah dengan mengisi kolom yang sebelah kiri kemudian klik tombol Ubah yang ada di bagian bawahnya. Dan begitupun sebaliknya, jika hijriyah ke masehi yang ingin diketahui maka yang diisi adalah kolom converter sebelah kanan dan hasilknya akan tampak di sebelah kiri.

Nama-nama bulan Qomariah

  1. Muharram     (30 hr)
  2. Safar     (29 hr)
  3. Rabiul awal     (30 hr)
  4. Rabiul akhir     (29 hr)
  5. Jumadil awal     (30 hr)
  6. Jumadil akhir     (29 hr)
  7. Rajab     (30 hr)
  8. Sya’ban     (29 hr)
  9. Ramadhan     (30 hr)
  10. Syawal     (29 hr)
  11. Dzulkaidah     (30 hr)
  12. Dzulhijjah    ( 29/(30) hr)

Nama bulan Syamsiah

  1. Januari     (31)cara merubah tanggal masehi ke hijriyah
  2. Februari      (28-29)
  3. Maret     (31)
  4. April     (30)
  5. Mei     (31)
  6. Juni     (30)
  7. Juli     (31)
  8. Agustus     (31)
  9. September     (30)
  10. Oktober     (31)
  11. November     (30)
  12. Desember     (31)

Dan satu hal informasi yang harus anda tau soal sejarah penanggalan bahwa sebenarnya penanggalan yang paling awal digunakan adalah yang menggunakan perhitungan melalui bulan atau Qamariah dan bukan dengan Matahari, namun pada masa pemerintahan Julius Caesar hal tersebut diubah. Tapi, yang namanya kebenaran pasti akan selalu muncul kepermukaan, dan akhirnya barulah setelah kedatangan Islam sistem penaggalan dengan perhitungan bulan dilakukan lagi yang mana menurut banyak pakar Astronomi lebih baik. Ya, iyalah… hitungan Tuhan pasti lebih benar karena Dia lah yang menciptakan alam ini.

Pengetahuan dan Perbedaaan dari kedua penanggalan

Ada banyak sekali ilmu yang berkaitan dengan ulasan ini, tapi ada beberapa di antaranya yang Caraspot kira wajib diketahui, seperti yang disebutkan di bawah. Hal ini sebagai pengetahuan dasar bagi kita dalam membedakan antara keduanya. Hanya saja yang belum saya ketahui dan belum bisa dishare di artikel ini adalah soal sejarah awal dari kalender Masehi dan kejadian-kejadian apa yang trjadi pada masa itu.

  • Penanggalan hijriyah ditetapkan berdasarkan peredaran bulan sedangkan Masehi didasarkan pada peredaran matahari sehingga cara menghitungnya juga berbeda. Beberapa pakar menyebutkan bahwa menjadikan bulan sebagai acuan jauh lebih baik.
  • Tahun dalam Hijriah diawali dengan bln Muharram dan diakhiri dengan bulan Dzulhijjah. Sedang masehi di awali dengan Januari dan diakhiri dengan Desember.
  • Pergantian bulan baru dalam Islam didasarkan pada penampakan hilal yang dapat dilihat dengan mata telanjang yakni pada sore hari atau ketika matahari terbenam. Adapun dalam Masehi di dasarkan pada jam 00.00, yakni pada tengah malam.
  • Tanggal 1 Muharram dan 1 Hijriyyah ditetapkan atau dihitung sejak peristiwa terjadinya hijrah Nabi Muhammad SAW beserta para sahabatnya dari Mekkah menuju ke Madinah, yang dilakukan atas perintah Allah swt.
  • Peristiwa hijrah Rasulullah bertepatan dengan tanggal 15 Juli 622 Masehi. Jadi penanggalan Islam pertama dihitung mulai dari terbenamnya Matahari pada hari Kamis tanggal 15 Juli 622 M.
  • A. H. adalah singkatan dari Anno Hegirae yang merupakan bahasa latin dari kalender Islam yang sering digunakan orang barat.
  • Lanjut baca : Cara Mengganti Tanggal di Komputer dan tujuannya.

Sempatkan baca :

  • Cara menghasilkan uang dari blog – Kamu di sini akan belajar bagaimana menghasilkan rupiah dari blog gratisan tanpa modal sama sekali. Cukup dengan modal tulisan dan blogspot saja maka penghasilan tiap bulan akan masuk ke rekeningmu.
  • Cara buat website .com sendiri – Mau punya web seperti Caraspot dengan biaya murah dan belajar tanpa harus sama orang maka sebaiknya kunjungi tautan tersebut dan belajar cara dan langkahnya di sana. Mulai dari membeli domain .com, memesan hosting dan cara menggunakan theme untuk tampilan webmu.

Demikian aplikasi online Konversi Kalender Masehi ke Hijriyah dan Cara merubah tanggal dan tahun Hijriyah ke Masehi di atas. Namun perlu diketahui bahwa peristiwa hijrah Nabi dipilih sebagai awal penanggalan kalender Islam karena memiliki makna yang cukup besar, terutama karena peristiwa tersebut adalah bentuk pengorbanan besar pertama oleh Nabi dan sahabatnya dalam memperjuangkan keyakinan mereka, serta yang melatarbelakangi berdirinya kota Islam yang pertama dan moment tersebut juga mengingatkan kita akan pengorbanan tiada akhir di dunia ini.

About The Author

Comments

  1. Berita MotoGP

    Wah ini sangat membantu, apalgi bagi yang kerja kantoran, karena ane jika buat surat harus cantumkan tanggal hijriah juga di bawah tanggal masehi, terima kasih artikelnya

  2. ahmad wasio

    TERIMA KASIH. KARYA YANG LUAR BIASA. SEMOGA TUHAN MEMBALASNYA AMAL YANG IKHLAS. AMIN.
    MAAF, KENA APA YA? SAYA KETIKA MEMASUKKAN TANGGAL 1 MUHARROM 1 (H) KEMUDIAN DIUBAH MUNCULNYA 16 JULI 622 (M) SEDANGKAN DI URAIAN DIATAS 1 MUHARROM 1 (H) 15 JULI 622. TKS.

    1. Caraspot Article Author

      Sudah ada keterangan di bawahnya mengenai itu mas, silahkan dibaca

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *