Caraspot kali ini mengulas Jenis Batu Cincin atau Jenis Batu Akik yang Termahal hingga Termurah dan terkenal, baik itu di dunia maupun di Indonesia. Berapa harganya dan bagaimana karakteristik dari batu cincin tersebut akan dijelaskan panjang lebar di sini. Selain itu, anda juga bisa membaca cara membedakan batu akik asli atau palsu yang telah lebih dulu kami paparkan ulasannya agar tahu betul ciri-ciri dari beragam Gemstone yang anda temui di pasaran. Ini karena banyak juga beredar yang terbuat dari bahan plastik maupun kaca yang jelas-jelas merugikan bagi pembelinya, apalagi bagi yang pemula. Ada macam-macam jenis batu mulia yang telah diakui oleh para gemolog, mulai dari Kalimaya yang warnanya berkilau layaknya pelangi, Mustika Merah Delima yang warnanya merahnya bisa memancarkan cahaya merah jika ditaruh dalam gelas berisi air, atau juga Bacan yang hingga kini menduduki peringkat tertinggi sebagai batu paling terkenal di Indonesia karena mantan presiden ke 6 kita diketahui juga menggunakannya dan menjadikannnya sebagai cendramata buat Presiden Barack Obama dan masih banyak lagi yang semua akan disebutkan di sini.

A. Jenis Batu Akik Termahal

Beberapa waktu lalu Caraspot telah mempublish artikel bertema Batu Akik Termahal di Dunia dan di Indonesia, anda bisa membacanya di halaman tersebut. Bedanya dengan yang akan dijelaskan sekarang adalah karena di sini lebih banyak lagi jenis yang disebutkan karena yang termurah dan unik-unik juga ada. tujuannya agar para pembaca puas dan bisa mengetahui semua macam-macam batu cincin yang ada dan terkenal, dan bukan yang hanya sering disebut saja, seperti Kecubung Sulaiman, Giok, atau pun yang bermotif atau bergambar yang lagi marak dibicarakan sekarang.

B. Macam-Macam Batu Cincin

Patut diketahui bahwa ada banyak sekali jenis batu cincin yang ada di Indonesia, apalagi yang ada di dunia. Jumlahnya bahkan ratusan. Dan untuk satu macam saja punya banyak variasi yang kadang dinamai berdasarkan warna, karakter batunya hingga asal dimana batu tersebut banyak ditemukan, seperti halanya batu Bacan yang dinamakan demikian karena daerah tempat penambangan batu mulia tersebut banyak di desa Bacan, yakni salah satu desa di Sumatra Utara, Halmahera. Atau juga Kecubung Sulaiman yang namanya juga masuk dalam deretan yang terkenal dan banyak dicari karena dianggap bertuah oleh banyak orang.

1. Batu Kalimaya

aneka batu kalimaya

Nama lain dari batu akik Kalimaya ini adalah Black Opal, salah satu jenis permata yang juga digemari banyak orang diluar negeri. Di antara tempat yang banyak terdapat jenis batu ini adalah Banten, Jawa barat. Ciri utamanya adalah bagian dalam batunya terdapat serat dengan warna mengkilat dan bersinar seperti pelangi, sedang batunya sendiri cenderung berwarna keabu-abuan. Menariknya, pernah diberitakan bahwa di negeri Jepang batu mulia ini juga dijadikan sebagai mahar pernikahan. Batu cincin Kalimaya ini tidak satu jenisnya melainkan ada beberapa, di antaranya adalah Black Opal itu sendiri, kalimaya kembang, susu, Kalimantan. Dan ada juga penamaan berdasarkan namanya, seperti kalimaya merah, ping, coklat, biru kehijauan, putih dan lainnya.

2.  Batu Merah Delima

batu mulai merah delima

Jenis batu mulia ini tergolong langka, orang sering menyebutnya dengan Mustika Merah Delima. Ini adalah salah satu jenis batu cincin Ruby tapi khusus yang berwarna merah. Banyak orang beranggapan, apalagi bagi paranormal dan yang suka hal mistis, mengatakan kalau ini adalah batu bertuah dan tidak sembarang orang bisa memilikinya. Cara mencarinya juga tergolong unik dan tidak hanya asal menambang saja. Dikatakan bahwa untuk mendapatkannya saja seseorang harus memiliki jiwa spiritualitas yang tinggi. Apakah anda percaya atau tidak? lebih baik tidak, biar terhindar dari kemusyrikan. Karena faktanya, orang diluar negeri juga menambang merah delima ini dan bisa serta banyak menemukan yang kualitasnya super, padahal mereka sendiri suka mabuk-mabukan dan banyak melakukan hal terlarang, bukan begitu?

3.  Batu Akik Bacan

gambar batu bacan doko

Mengenai ini sudah dijelaskan secara lengkap di artikel : Jenis batu Bacan – Doko, Palamea, Garut dan lainnya. Tapi perlu kami jelaskan sedikit. Jenis dari Bacan yang paling terkenal adalah Doko dan Palamea, ciri warnanya adalah hijau yang kadang tampak hijau tua dan juga agak kebiruan. Di Indonesia sendiri, batu cincin bacan menduduki peringkat teratas sebagai batu paling laris dan terkenal. Salah satu faktor pemicunya adalah karena presiden SBY pernah menjadikannya sebagai cendramata buat persiden Amerika Barack Obama. Selain itu, batu ini juga memiliki keunikan yang mana mampu melakukan perubahan sendiri walau telah dijadikan sebagai mata cincin, yakni dengan melakukan kristalisasi sendiri yang mana awalnya memiliki serat kemudian lambat laun hilang dengan sendirinya.

4.  Batu Cincin Kecubung

batu akik kecubung berkualitas

Beberapa waktu lalu Caraspot telah membahas ragam Batu Kecubung dan karakteristiknya. Silahkan merujuk kesana untuk membaca artike lengkapnya. Tapi sedikit kami jelaskan di sini bahwa ini adalah salah satu batu mulia yang dianggap orang bertuah atau bisa digunakan sebagai pengasihan, walau faktanya tak bisa dibuktikan. Warna yang paling banyak disukai untuk jenis permata ini adalah ungu. Di antara jenis yang terkenal untuk batu akik satu ini adalah Kecubung Wulung, Air, Rambut, Tea dan lainnya. Pada zaman kerajaan batu ini juga banyak digunakan karena dianggap sebagai batu sakral yang mana warna ungunya sering dikaitkan dengan zodiak seseorang yang katanya cocok untuk kelahiran pada bulan februari. Selain itu orang dulu banyak juga yang menggunakannya karena dianggap dapat mengurangi rasa mabuk pada saat minum sehingga dibuatlah juga dalam bentuk gelas. Dan masih banyak lagi cerita dibalik kecubung ini.

5.  Badar Besi

batu akik badar besi

Dikatakan sebagai batu akik Badar Besi karena permata ini memiliki kandungan besi di dalamnya sehingga jika didekatkan maghnet padanya maka ia akan menempel. Di Luar negeri ini dikenal dengan nama Hematite. Kekerasan batu ini berada di antara 5 hinga 6 skala Mohs dengan warna dominan yang banyak ditemukan adalah hitam ke abu-abuan, tapi ada juga varian lain seperti warna badar besi kuning, merah, dan hijau. Selain itu, Badar Besi Tapak Jalak yang di dalamnya terlihat seperti tanda tambah layaknya tapak kaki burung jalak juga ramai diperbincangkan. Bukan cuma Indonesia penghasil batu cincin ini, di negara lain juga banyak ditemukan, seperti di Meksiko, Amerika, dan Australia. Penambangan batu ini banyak dilakukan di daerah pegunungan atau sekitarnya yang pernah mengalami banjir lahar panas dan telah mengalami pengendapan dalam waktu yang cukup lama, itulah sebabnya mengapa bahan dari batu ini banyak mengandung besi.

6.  Sungai Dareh

batu sungai dareh sumatra

Warna dominan dari batu cincin ini adalah hijau, tepatnya hijau lumut. Asal dan tempat yang banyak ditemukan batu Sungai Dareh adalah di daerah Dharmasraya, Sumatra Utara. Di luar negeri batu ini juga terkenal dan digemari para wanita, sedang di Indonesia namanya mulai tenar ketika diketahui bahwa presiden Barack Obama juga mengenakannya, itulah sebabnya banyak juga yang mencaci ‘batu sungai dareh Obama’. Nama lain dari batu akik ini adalah Giok Sumatera, Giok Lumut, Giok Kandi dan mungkin ada penamaan lainnya yang kadang tergantung dari daerah masing-masing dan beberapa yang banyak dikenal adalah kumbang jati, pucuk pisang, kristal, dan kuning. Adapun istilah ‘kualitas super ads 01′ sering kali dicari banyak orang dan juga banyak yang menjualnya karena banyaknya permintaan. Yang unik dari permata ini adalah karena serat di dalamnya biasanya terlihat menyerupai lumut, apalagi dari warna dominan batunya yang hijau.

7.  Batu Mulia Kalsedon

batu akik kalsedon kuning

Ini adalah salatu satu batu cincin jenis baru yang ditemukan kurang lebih 10 tahun lalu dan baru populer di tahun 2013. Adapun orang yang berjasa memperkenalkan ini adalah dari salah seorang gemolog atau ahli batu akik asal Pacitan. Ada beragam motif dari batu Kalsedon ini, mulai dari punggung kura-kura yang sering ditemukan, Bi-Colour dan Tri-Coluour Change yang umumnya terdapat pada jenis King Kladen, Klep Cat’s Eye yang cirinya ada garis memanjang di sepanjang batunya, Klep Moonstone yang jika disinari dengan senter akan tampak putih bercahaya layaknya bulan. Adapun jenisnya, parapakar telah mengklasifikasikannya dalam beberapa jenis, yaitu Supreme Sunset, Golden Supreme, Princess Snow White, Prince/Pangeran, Red Baron, dan Supreme Sunrise. Keindahan dari batu akik ini ada pada kabut putih transparan yang menyelimutinya yang membuatnya semakin menarik. Selain di Pacitan, Sulawesi Tenggara juga menjadi salah satu penghasil batu ini.

8.  Batu Giok Aceh, Indokras

batu indokras, giok aceh

Pada dasarnya ini sama dengan Sungai Dareh yang juga memiliki warna hijau dengan inklusi seperti lumut di dalamnya. Yang membedakan keduanya adalah, kalau Sungai Dareh batunya berasal dari Sumatera Utara, sedangkan kalau Indokras berasal dari Nangroe Aceh Darussalam, namun saat ini jenis batu Giok ini juga ditemukan di kabupapten Luwu Timur yang masih dalam daerah sulawesi Selatan. Ada yang mengatakan bahwa sekalipun intan adalah batu mulia yang paling tinggi kekerasannya, tapi jika dibandingkan dengan Indokras ini akan kalah dari segi ketahanan terhadap hantaman keras. Giok aceh ini cenderung lebih kuat dari dan tahan terhadap benturan sehingga tidak mudah patah. Jenis Indocrase yang sering dicari adalah nefrit, bio solar, kuning, hitam, dan belimbing.

9.  Pirus

batu akik pirus emas

Batu mineral ini berbeda dengan jenis batu akik cincin lainnya, kalau yang lain biasa dites menggunakan senter untuk melihat inklusinya, tapi ini sama sekali tidak tembus cahaya dan tampak padat. Nama pirus sebenarnya berasal dari bahasa Arab, yaitu Fairuz. Warna dominan dari batu mulia ini adalah Toska, yaitu warna biru agak sedikit kehijaun. Ada cara unik dalam menguji keaslian dari batu Pirus ini, yaitu dengan menempelkan pada lidah atau bibir, jika lidah terasa tertarik dan kaku maka itu bisa dipastikan asli, cara lain juga bisa dilakukan dengan mengergajinya dan jika terasa baunya sangat menyengat maka itu salah satu tanda keasliannya. Jenis yang sering diperjualbelikan adalah, batu mulia fairuz urat emas, hijau dan hitam urat emas, mekah, arab dan persia.

10.  Gemstone Pancawarna

 

Baru saja saat peringatan Konfrensi Asia Afrika ke 60 berlalu dan cerita soal batu cincin dari perhelatan besar itu pun ramai dibicarakan oleh media alektronik maupun cetak, pasalnya pemerintah kota bandung waktu itu mengambil inisiatif dengan memberikan cendramata pada semua istri tamu delegasi tiap negara berupa batu akik Pancawarna yang harganya ditaksir dikisaran 15 juta hingga 25 juta per bijinya. Sesuai namanya, batu mulia ini memiliki banyak warna, adapun ‘panca’ yang berarti lima sebenarnya hanya istilah saja untuk menggambarkan bahwa batu tersebut memiliki ‘banyak warna’ walau sebenarnya bisa saja warnanya lebih sedikit atau lebih banyak dari penyebutannya. Banyak yang mengatakan bahwa batu ini dapat mendatangkan kewibawaan dan karismatik bagi pemakainya, tapi ini masih harus dilakukan pembahasan secara mendalam. Adapun warna, dalam satu batu ia memiliki banyak warna, di antaranya merah, biru, hijau, putih, coklat dan lain sebagainya. Sebenarnya, pancawarna juga bisa ada dalam semua jenis batu akik, dan salah satu yang terkenal di Indonesia adalah Edong atau Endong Garut, selain itu jenis Klawing juga tak kalah tenarnya.

Beberapa jenis batu cincin atau batu akik yang sering anda dengar mungkin belum dicantumkan di atas, untuk itu, agar salah satu batu mulia kegemaran anda dimasukkan dalam artikel ini maka sebaiknya jelaskan dalam bentuk komentar yang tertera di bawah. Tujuannya agar banyak orang yang bisa membaca tulisan anda, atau bisa juga dengan mengirim email melalui halaman kontak yang telah kami sediakan. Caraspot hanya berharap apa yang disajikan dalam blog ini bisa bermanfaat buat para pecinta batu akik di seluruh Indonesia hingga luar negeri.

About The Author

Comments

  1. Deny Kurniawan

    sekarang udahgak musim lagi si, nyari batu akik juga rada susah gak kaya thn-thn 2014-2015. no 8 keren tuh batu gioknya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *