Bluestacks merupakan emulator Android atau mesin virtual yang dijalankan lewat komputer atau pun laptop. Tujuan utama dibuatnya software ini adalah agar orang dapat memanfaatkan segalam macam aplikasi yang biasanya hanya bisa dibuka lewat HP Android maupun iOS dan iPhone tapi kini juga bisa dengan hanya menggunakan perangkat komputer, itulah sebabnya Cara Install Bluestacks di Laptop dan Komputer PC ini merupakan hal penting diketahui oleh semua yang baru pertama kali mengenalnya untuk bisa mulai menjalankannya dan menikmati berbagai fasilitas yang biasa ada di handphone Android mereka selama ini. Jadi sekarang kalau misalnya kebetulan tidak membuka HP dan lagi berada di depan PC maka kenapa harus repot-repot lagi menyalakan dua elektronik kalau yang ada di hadapan anda sudah bisa langsung difungsikan? sambil posting (buat blogger) sesekali melakukan BBM dengan teman atau mungkin sembari update status Facebook juga bisa disambi otak-atik foto yang biasanya hanya bisa dinikmati pengguna telepone pintar.

Rosen Sharma adalah orang yang menjadi pahlawan lahirnya aplikasi keren ini. Awal munculnya layanan ini masih dalam bentuk Alpha, selanjutnya pada 27 Maret 2012 ia kemudian meluncurkan dalam versi Beta-nya. Karena begitu bermanfaatnya software ringan ini tak tanggung-tanggung pada Juli 2013 Bluestacks sudah didownload hingga 12 Juta download, luar biasa kan? dan bahkan pada bulan April 2014 orang yang telah mengunduh Bluestacks ini di seluruh dunia sudah meningkat berkali-kali lipat banyaknya, yakni hingga 50 juta pengunduhan.

Baca juga : Cara Crop / Memotong Gambar Yang Terlalu Besar

Langkah Cara Install Bluestacks di Laptop dan Komputer PC

Perhatkan beberapa tahap yang dijelaskan di bawah, dalam beberapa kasus mungkin akan sedikit berbeda karena terkadang tergantung pada file apa yang anda gunakan, kebetulan tautannnya mengambil dari Jalantikus jadi caranya juga kurang lebih sama untuk menjalankan bluestacks berdasarkan sumber tersebut.

1.  Yang paling awal kamu harus lakukan adalah dengan menyalakan komputer-mu, tentunya juga sudah harus tersambung dengan Internet agar dapat melakukan download. Selanjutnya tinggal kunjungi dan download lewat link ini : https://jalantikus.com/apps/bluestacks-app-player/ (klik yang tombol biru yang ada tulisan 13 MB nya), lalu tinggal ‘Save’ di komputermu untuk selanjutnya di install.

2.  Berikutnya lakukan penginstalan Bluestacks dengan mengklik 2 kali file-nya. Lalu, klik tulisan “Continue” untuk masuk ke tahap berikutnya.

3.  Untuk mendapatkan performa Bluestacks yang bagus dan optimal maka disarankan centang tulisan App Store Access dan juga App Notification dan barulah klik tombol bertulisakan “Install”

4.  Secara otomatis komputer akan melakukan penginstalan dan waktunya akan berbeda-beda tergantung kondisi PC masing-masing, bisa cepat bisa juga lambat. Dan jika sudah berhasil maka tampilannya akan seperti gambar ini:

cara install applikasi bluestacks di komputer Windows

5.  Untuk bisa mendownload aplikasi yang akan dimasukkan dan dijalankan dalam aplikasi Bluestacks tersebut maka ada dua caranya, yakni dengan download langsung atau buat akun dulu. Kalau mau yang langsung, setelah mendapatkan aplikasi yang kamu cari maka tinggal pilih 1mobile dan GetJar, tapi kalau mau gunakan Amazon Apps atau Google Play maka Anda harus punya akun Google Play (jika sudah pernah membuat email gmail maka tinggal buka saja situsnya).

6.  Anggap saja anda memilih yang kedua. Jika sudah punya akun Google, maka untuk mencari aplikasi kesukaanmu tinggal ketik di kolom search di bagian kanan atas. Bila sudah ketemu yang dicari maka tinggal instal dan donwload saja.

7.  Untuk membuka dan menjalankan aplikasi melalui bluestacks yang sudah kamu download sebelumnya maka tinggal klik menu “My Apps“. Gampang kan? Selamat menikmati!

Syarat komputer yang digunakan:

  • Minimal processor 1 GHz atau baiknya lebih.
  • Gunakan RAM dengan kapasitas 2 GB or lebih.
  • Hard disk yang digunakan minimal 800 MB.
  • OS atau Operating System yang bisa menggunakan software Bluestacks ini adalah Windows XP atau pun Vista, tapi akan lebih bagus lagi kalau PC yang digunakan sudah pakai Windows 7.

Cara Mengatasi Error Bluestacks

Sekalipun menyenangkan, menggunakan Bluestacks tak semulus yang kita kira ada saja error yang biasa terjadi dan kadang sulit diatasi, apalagi yang kurang paham soal otak-atik program tentu akan membingunkan jadinya. Nah, beberapa error yang biasa dialami dirangkum di sini dan diberikan solusinya buat anda.

  1. Error 25000 – Ini terjadi karena Graphic Card Error dikarenakan versinya tidak mencukupi untuk menjalankan Bluestacks. Hal ini paling sering terjadi bagi pengguna awal yang tidak mengindahkan syarat PC yang harus dipakai untuk memanfaatkan aplikasi ringan ini. Solusi untuk mengatasinya adalah dengan melakukan update atau pun upgrade graphics card yang sedang dipakai saat ini ke versi terbarunya, adapun untuk yang pakai Laptop maka yang dilakukan adalah melakukan pengaturan High Performance pada bagian power setting agar si graphics card ini bisa bekerja. Jika sudah maka uninstall bluestacks yang sudah diunduh dan lakukan instal ulang kembali untuk melihat hasilnya.
  2. Downloading Runtime Data Error – Masalah seperti ini terjadi disebabkan ketika meng-install Bluestacks pada sesi downloading runtime data ternyata tdk berjalan. Kesalahan ini bukan dari komputer-mu tapi dari aplikasi Bluestacks-nya sendiri yang berujung pada proses dari download runtime data tidak berjalan sebagaimana mestinya atau bisa dibilang tidak sempurna dan juga tidak hingga selesai. Cara untuk menanggulanginya adalah dengan menghentikan proses installnya dengan segera dan ulangi mulai dari langkah awal lagi.
  3. Error 1406 – Biasanya sih ini terjadi kalau kamu gagal menginput kode verifikasi saat melakukan penginstalan sehingga Bluestacks ini tidak bisa terpasang di komputer. Jalan keluarnya adalah dengan melakukan install ulang dan usahakan tidak ada lagi kesalahan ketik.
Cara Merubah resolusi Bluestacks agar sesuai dengan Layar Komputer Windows

Bisa tau cara instal bluestacks di komputer Windows sebenarnya belumlah cukup untuk bisa menikmati aplikasi gratis ini dengan baik, masih ada beberapa hal yang harus dilakukan agar tampilannya menarik dan bisa pas dengan lebar layar yang kita gunakan. Ini dilakukan karena ternyata Bluestacks tidak dipersenjatai dengan tombol untuk melakukan resize atau merubah ukuran tampilannya sehingga mau tidak mau kita harus mengusahakannya sendiri. Ya sedikit ribet sih karena harus masuk ke dalam file datanya juga, tapi yah…ini juga pilihan, kalau puas dengan yang sekarang maka langsung saja pakai dan gak usah setting sana sini segala, hanya saja kalau merasa matanya kurang nyaman karena terlalu kecil jika dilihat atau mungkin terlalu lebar maka baiknya simak beberapa langkah di bawah:

1.  Pertama klik tombol Start yang ada di pojok kiri bawah komputermu yang tampilannya seperti jendela lalu di bagian search kamu ketik regedit yang tujuannya guna membuka Registry Editor Tool. Jika ketemu nanti tulisannya begini : regedit.exe

2.  Lalu cari dengan mengikuti langkah ini : HKEY_LOCAL_MACHINE >> Software >> Bluestacks >> Guest >> Android >> Framebuffer >> 0.

resize bluestacks
3.  Setelah terbuka temuakan dua parameter untuk setting ini, yaitu yang bertuliskan Window Height (untuk mengatur tinggi tampilan) dan Window Width (untuk lebarnya). Buka dulu salah satunya dengan cara klik 2 kali lalu atur angka di dalamnya yang merupakan ukuran yang nantinya diterapkan pada tampilannya.

merubah tampilan layar bluestacks
4.  Untuk pengaturan maka ganti Base menjadi Decimal dan ganti Value Data (angka ukurannnya) sesuai dengan ukuran yang kamu inginkan. Baik Window Height maupun Window Width dilakukan dengan cara yang sama.

5.  Terakhir tinggal klik tombol Ok dan tunggu sejenak lalu buka aplikasi Bluestacks tersebut dan hasilnya pun akan tampak berbeda. Adapun kelebihannya adalah jika dibuat lebih kecil maka so pasti akan lebih ringan jika seandainya digunakan untuk menikmati berbagai permainan.

Pelajari juga : Cara Menampilkan Koleksi Gambar di Bluestacks

Jika anda sudah menjalankan tutorial Cara Install Bluestacks di Laptop mau pun Komputer PC ini selanjutnya tinggal nikmati aplikasi apa saja yang biasa kamu mainkan via HP Android, seperti BBM dan app chating sejenis misalnya Line, Wechat, WhatsApp, KakaoTalk dan lainnya. Selain itu, game yang biasanya hanya disediakan untuk pengguna telephone pintar juga bisa kamu mainkan dengan bantuan Bluestacks ini, pokoknya bisa dibilang “gak ada HP, PC pun jadi”.

About The Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *