Salam semua, sudah kurang lebih 3 tahun saya menjalani profesi saya sebagai blogger part time dan terasa sudah begitu banyak uang yang saya hasilkan dari usaha sampingan ini. Hanya saja, selama itu saya sama sekali tidak pernah mengecek berapa hasil yang diperoleh dari blog yang menggunakan blogspot gratisan (kebetulan saya mengelola beberapa blog dan hanya mengecek penghasilan per harinya saja). Dan herannya saya, ternyata yang paling banyak menyumbang penghasilan bukan dari blog berbayar yang menggunakan domain .com, tapi dari blogspot yang selama ini saya rawat dengan cukup diupdate minimal 1 artikel per hari dari artikel yang banyak dicari pengunjung internet.

Cara menghasilkan uang dari blog gratisan

Sumber utama penghasilan dari blog tersebut (Maaf! Demi keamanan alamat blogspot tersebut tidak saya publikasikan) adalah dari Google Adsense. Sebuah program periklanan yang dikelola langsung oleh Google Inc. Yang mana cara kerjanya menggunakan sistem afiliasi. Jadi bila ada orang yang mau websitenya atau bisnisnya muncul di berbagai blog maka ia harus mendaftar pada program periklanan Google yang disebut dengan Google Adwords. Nah, dari situlah iklan dari pengiklan akan disebar ke berbagai blog yang telah menjadi rekan pengiklanan Google, namanya ‘Publisher’ atau blogger yang berperan mempromosikan iklan dari pemilik web yang beriklan di Google. Tentunya blog rekanan tersebut juga sudah terdaftar dan diterima dalam program afiliasi periklanan Google, yakni Google Adsense. Sebelum lanjut anda juga bisa baca Cara Menghasilkan Uang dari Blogspot

Adapun cara menghitung penghasilan dari si pemilik blog adalah berdasarkan jumlah klik yang valid terhadap iklan dari pengunjung blognya. Adapun jumlah bayaran per kliknya ditentukan sendiri oleh pengiklan, misalnya $0,03 hingga $0,05 per kliknya. Bayangkan kalau sehari bisa dapat 1000 klik maka cukup kalikan saja. Sebagai contoh, anggaplah $1 = Rp. 10.000, maka kalau $0,05 adalah Rp.500 maka hasil yang didapatkan dari blog kita dalam sehari adalah Rp. 500 x 1000 = Rp. 500.000 atau kurang lebih Rp. 15.000.000 penghasilan yang akan di dapat dalam sebulannya.

Jadi bentuk iklan yang dipasang di blog bukan dalam bentuk banner langsung yang diberi tautan ke web pengiklan, melainkan hanya kode pintar yang bisa menyesuaikan iklan dengan artikel yang ada di blog. Kalau misalnya blogmu tentang bisnis maka secara otomatis akan muncul juga iklan soal bisnis di dalamnya. Jadi setiap saat iklannya akan berganti-ganti, tergantung artikel apa yang dibaca oleh pengunjung.

Adapun, penghasilan Rp. 150.000.000 yang saya maksud adalah hasil akumulasi dari beberapa tahun menjadi publisher di Google Adsense. Saya belum menyebutkan hasil dari blog lain dan bentuk bisnis online lainnya. Tentunya, jumlahnya lebih banyak lagi.

Saya yakin anda semua bisa kalau mau belajar. Kuncinya adalah pada trik SEO (Search Engine Optimization = Optimasi Mesin Pencari) yang diterapkan. Dan kebetulan sekali saya selaku admin Caraspot membuka layanan belajar secara online segala trik SEO. Jujur tak banyak ilmu soal ini karena sebenarnya kurang dari 2 jam Anda sudah bisa tau semua triknya. Dan yang lama dan susah sebenarnya hanya prakteknya. Oleh karena itu, waktu kursus via chating di Facebook ini hanya berlangsung 2 jam saja, mulai jam 09.00 – 11.00 malam, dengan biaya hanya Rp. 1.000.000 (lebih murah dari nyogok jadi PNS kan?). Kebetulan sekarang lagi ada diskon hingga 60%, khusus minggu ini saja. Jika tertarik dengan diskonnya, cukup sertakan kode promo ini : 3kh3413H1 saat menghubungi kami via email di caraspotcom@gmail.com .

blogger sukses menghasilkan uang dari blog 200 juta

Beberapa langkah yang dilakukan untuk menjadi seorang blogger

Jika mau mulai belajar sendiri tanpa guru, istilahnya ‘trial and error’ maka sobat semua bisa membaca beberapa artikel penting di bawah ini. Cukup pelajari satu per satu maka dalam beberapa bulan pasti sudah bisa menghasilkan.

  • Cara Membuat Email Gmail– In adalah langkah paling awal yang dilakukan jika ingin membuat blog di blogspot karena saat pertama kali daftar seseorang diwajibkan mempunyai akun email gmail yang mana nantinya juga digunakan sebagai alat untuk login ke akun bloggermu. Pastikan pahami langkahnya secara pasti hingga pada tahap konfirmasi lewat ponsel.
  • Cara Membuat Blog Gratis di Blogspot – Langkah kedua yang harus dilakukan adalah mulai belajar membuat blog gratis di blogspot. Kalau kamu berhasil di sini maka tinggal lakukan beberapa langkah ringan (sudah dijelaskan di dalam artikel tersebut) seperti mengganti template, mengganti domain jadi .com (tidak mesti), mengatur deskripsinya agar lebih SEO friendly, dan juga cara menulis artikel dan agar blog bisa masuk halaman pertama (dijelaskan di tautan di bawah ini)
  • Cara Blog Masuk Halaman Pertama Google / Ranking 1 – Kalau sudah membuat email dan blog maka selanjutnya belajar bagaimana cara agar blogmu mudah ranking di google. Aktifitas blogging tidak akan pernah berhasil selama tidak menjalankan trik ini. Apa yang dijelaskan pada halaman tersebut hanya gambaran dasarnya saja, adapun teknik intinya masih tersembunyi dan baru akan dibocorkan jika anda ikut kursus online sebagaimana ditawarkan di atas.
  • Cara Menulis Artikel yang SEO Friendly – Kalau yang di atas adalah teknik agar blog secara umum bisa ranking di google, dan mengenai penjelasan di tautan ini khusus pada artikel yang ditulis, yakni bagaimana agar setiap menulis artikel bisa selalu berada di urutan pertama, bahkan kalau bisa ranking 1 dan mengalahkan ribuan blog lainnya.

Demikian ulasan bertema “Hanya dengan Blogspot, Saya Bisa Menghasilkan 150 Juta dari Internet.” Ini. Lebih dan kurangnya tolong dimaklumi. Niat saya hanya ingin berbagi dan berharap semoga banyak pelajar dan mahasiswa yang mau menekuni profesi sebagai blogger ini. Apalagi kerjanya tidak sesulit yang Anda bayangkan, di awal-awal memang terasa berat karena tangan dan otak baru membiasakan diri menulis, tapi lambat laun, apalagi kalau wkatu kerjanya sudah dikurangi hingga Cuma 2 jam per hari maka barulah merasakan nikmatnya menjadi blogger.

About The Author

Comments

  1. Ngawi dian

    wow… sangat menginspirasi para blogger agar terus semangat untuk menulis..

  2. Maribaya

    Ane juga pake blogspot. artikel yang sangat membuat saya semangat ngeblog . hehe

  3. Indah Melano

    Pengalaman yang menginspirasi, memang kalau jadi blogger yang tekun dan rajin update artikel memang membuahkan hasil yang menyenangkan. Jadi semangat nih dalam negblog :-)

  4. Panda MT Siallagan

    Wah, sangat inspiratif dan menggiurkan. Kalo dipikir-pikir, program adsense ini hadir seolah-olah jadi bonus bagi yg cakap menulis, tentu saja kalo mau memanfaatkan. Saya blm.

  5. Iyan

    saya juga lagi jalanin ngeblog, selama hampir 1,5 tahun, hasilnya baru 1 jutaan, hee…maklum pemula, jadi semangat nih dengan artikel Agan, terima kasih gan atas suportnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *