Situs tempat download Aplikasi Android gratis bisa dimana saja, hanya saja yang harus kita perhatikan apakah Apk. tersebut memang gratis atau mungkin berbayar tapi malah digratiskan oleh orang yang tak bertanggungjawab, dalam artian, tanpa seizin dari developernya (sebutan untuk pembuat software atau aplikasi) mereka melakukan sharing melalui blog atau forum online dari aplikasi yang sudah “dijebol” lisensi penggunaannya yang ujung-ujungnya merugikan pihak pembuatnya tersebut. Bicara soal yang legal tentu ada banyak kriteria sehingga pada akhirnya kita bisa mengatakan bahwa situs atau website penyedia aplikasi untuk HP tersebut dikatakan layak dijadikan referensi terpercaya untuk mengunduh berbagai aplikasi menarik, tapi yang jelas kita bisa melihat dari bagaimana layanan downloadnya disediakan dan testimoni dari founder webnya sendiri yang mengungkapkan demikian.

Tempat Download Aplikasi Android yang Gratis dan Berbayar

Caraspot memberikan 2 alternatif bagi Anda yang mencari berbagai macam aplikasi android, yakni yang gratisan dan juga yang mengharuskan membayar untuk mendapatkan lisensi atau kode pengaktifannya secara resmi. Akan jauh lebih kalau semua Apps yang kita gunakan bukan dari hasil pencurian dan sebagainya karena tentunya lebih halal dan lebih plong saat menggunakannya, tapi walau demikian akan lebih baik lagi kalau legal tapi juga gratis karena kita bisa menikmati fitur-fitur di dalamnya tanpa harus mengeluarkan uang sama sekali.

1.  Gratis

a.  Google Play Store

Kalau anda bertanya dimana tempat download aplikasi android terlengkap, ya di Google Play-lah tentunya. Secara, ini adalah toko utama penyediaan dan penjualan berbagai aplikasi, buku, dan film yang dikelola langsung oleh Google Inc. yang merupakan perusahaan internet terbesar di dunia saat ini. Selain mengunduh aplikasi gratis kamu juga bisa menggunakan yang berbayar yang harganya lebih murah dibanding yang disediakan di tempat lain. Yang mengagumkan dari situs ini adalah karena pada tahun 2010 saja sudah ada kurang lebih 700ribu aplikasi yang tersedia, belum kita bicara tahun ini dan tahun selanjutnya, yakni tahun 2015, 2016, 2017 dan seterusnya, tentunya sudah berkembang jauh lebih banyak karena Android juga sudah dinobatkan sebagai OS (Operating Sistem = Sistem Operasi) yang terbanyak digunakan saat ini, mengungguli Symbian yang jauh lebih dulu berkiprah.

Beberapa jenis aplikasi yang bisa kamu coba dan yang sekaligus yang paling bagus dan terkenal:

  1. Aplikasi Android Terbaik dan Gratis
  2. 7 Aplikasi Edit Foto di Android
  3. Edit Foto secara Online Langsung

b.  JalanTikus.com

Website yang mengusung slogan “Solusi lengkap download aplikasi dan game serta informasi teknologi dan gadget” ini banyak yang mengatakan sebagai web unduhan berbagai kebutuhan nomor 1 di Indonesia. Berbeda dengan Google Play, di sana kamu tidak hanya sekedar download saja, tapi juga bisa baca tips-tipsnya mengenai bagaimana cara menggunakannnya dan juga solusi jika terjadi error pada software yang telah diinstall lewat ponselmu. Selain untuk pengguna hp, Jalantikus juga banyak menyediakan kebutuhan download untuk pengguna komputer PC atau desktop. Tapi dari Caraspot sendiri, hal yang paling disukai dari service-nya adalah karena bebas iklan dan tautan yang menyesatkan yang sekarang ini banyak sekali terjadi pada blog gratisan yang isinya hanya promosi saja.

c.  Mob.org

Bisa dilihat saat kita pertama kali membuka situs ini dimana yang langsung tertera ada 3 kategori, yakni Games yang tidak hanya untuk pengguna HP Android tapi juga yang menggunakan OS Symbian, iPhone, iOS dan lainnya. Pokoknya web ini menyediakan berbagai mobile games untuk para visitornya. Dua selanjutnya adalah Ringtones dan Costumization yang isinya berupa Themes dan Walpapers untuk mobile phone. Jadi, download aplikasi android tak melulu harus Apk. saja, permainan juga termasuk di dalamnya karena dengannya kita memiliki hiburan di waktu senggang.

d.  Appszoom.com/android-apps

Situs yang satu ini bukan hanya untuk orang Indonesia, tapi seluruh dunia mengunjungi layanannya untuk mendownload berbagai Apps, tapi bukan cuma itu, Game juga disediakan bagi siapa saja yang suka berbagai permainan mulai dari yang terkenal hingga yang terbaru di-release. Dalam title web-nya sendiri Appszoom menyebutkan slogannya: “Latest Applications for Android” yang artinya menyediakan berbagai aplikasi terbaru untuk pengguna smartphone Android.

Sebelumnya, Caraspot juga sudah punya aplikasi, silahkan Download Aplikasinya (kamu bisa baca artikel caraspot kapan saja lewat HP)

2.  Berbayar

Kalau di atas kami hanya menyebutkan yang gratis saja, nah sekarang buat yang ‘berkantong tebal’ alias buat yang lebih memilih yang berbayar yang tentunya legal dan bisa dipertanggungjawabkan lisensinya. Umumnya layanan pembelian Apk. seperti ini tidak hanya menggunakan metode pembayaran melalui transfer antar Bank, tapi juga kebanyakan sudah menyediakan pembayaran lewat pulsa seperti layanan Telkomsel di bawah ini. Tujuannya tak lain untuk memanjakan pelanggannya agar lebih mudah mendapatkan aplikasi android yang diinginkan.

a.  Temandev – kunjungi : http://telkomsel.com/temandev

Ini sebenarnya produk Telkomsel sendiri sehingga bisa dibilang jauh lebih terpercaya dari yang lainnya. Hanya saja kalau di dunia maya layanan ini belum terlalu dikenal, ya mungkin karena belum memaksimalkan cara website masuk halaman pertama Google sehingga jarang dikunjungi pengguna internet. Mulainya layanan dari provider pulsa terbesar di Indonesia ini hanya menyediakan 68 aplikasi lokal saja, itu pun karena ingin menyesuaikan dengan ulangtahunnya yang ke-68 juga waktu itu, yakni pada tahun 2013. Seiring dengan semakin berkembangnya layanannya, kini TemanDev mulai menyediakan berbagai kebutuhan di dalamnya, termasuk untuk pengguna Symbian, Windows Phone, BlackBerry dan lainnya.

b.  mobogenie.com/id/

Salah satu layanan yang paling banyak dipromosikan di berbagai situs adalah Mobogenie ini. Dalam title di halaman pertamanya sudah disebutkan bahwa ia adalah “Android Market Terbaik” Itu artinya kalau mau cari penjual aplikasi untuk OS android yang paling bagus ya di Mobogenie tadi. Untungnya sekarang ini sudah dibuka halaman khusus untuk kalangan pengguna internet lokal di Indonesia yang mana bisa anda lihat dari tambahan ‘id’ di akhir url-nya dan juga bahasa pengantar yang digunakan yang juga menggunakan bahasa Indonesia.

About The Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *