Yuk belajar resep cara membuat donat J.CO yang enak! Tapi sebelumnya anda harus tahu dulu seluk-beluk dari resep donat J.CO ini karena sampai sekarang masih ada yang belum tahu kalau sebenarnya ini adalah brand kue donat asli dari anak Indonesia, jadi bukan produk luar negeri, sekalipun sepintas bisa dikatakan mirip. Dan pada dasarnya, founder dari panganan manis ini tergerak untuk ikut membuat brand sendiri karena waktu itu ada banyak sekali produk dari luar yang masuk ke negara kita, sebut saja yang fenomenal seperti Dunkin Donuts, American Donut dan sebagainya, semuanya ramai-ramai menawarkan franchise / waralaba mereka ke pengusaha-pengusaha, sehingga dengan lahirnya J.CO ini bisa dibilang jadi penyeimbang dari serbuan produk luar tersebut. Nah, Caraspot berharap dengan anda belajar resepnya juga bisa punya inspirasi mendirikan usaha bisnis serupa, ya mungkin dengan menciptakan merek sendiri yang juga bisa nge-trend seperti donat madu, NCC dan sebagainya.

Resep cara membuat donat J.CO yang lembut, enak dan empuk sebenarnya rahasinya ada pada kesederhanaan penggunaan bahannya serta banyaknya variasi topping yang menawan dengan aneka warna dan rasa yang variatif. Baru melihatnya Anda pasti sudah kepincut apalagi kalau sudah merasakannya. Khusus mengenai toppingnya, para ibu atau wanita muda yang mau praktek bikin saya kira tidak usah terpaku dengan yang sudah ada, Anda juga harus bisa berani bermain warna dan juga jenis bahan yang bisa jadi belum pernah digunakan orang lain, misalnya cari jenis buah yang warnanya menawan dan juga manis yang bisa bikin tampilannya lebih menggoda atau bisa juga buat motif khusus yang unik yang mana bila ada yang melihatnya pasti langsung tertarik membelinya dan sebagainya, yang penting jangan kebanyakan meniru hasil karya orang lain agar punya nama sendiri nantinya.

Resep Donat J.CO NCC yang Enak

resep donat J.CO

Sebenarnya kalau mau mencontoh pembuatan donat J.CO yang paling pas dari segi rasa dan kelembutannya maka NCC (Natural Cooking Club)lah solusinya, selain kamu bisa belajar tips soal bahan dan proses bikinnya, kamu juga bisa tahu apa rahasia dibalik kelembutan dan kelezatan kue donatnya, secara…para netizen di internet hampir tak ada habisnya mencari resep dari pembuatan donat J.CO ini, dan saya kira ini salah satu donut yang paling banyak diburu teknik bikinnya, ya mungkin mau buat usaha kuliner yang terkenal juga seperti ini. Nah berikut penjelasannya:

Sebelum ini, yuk belajar juga : Tips Lengkap Cara Membuat Donat Kentang yang empuk

Bahan Pertama:

  • 850 gram tepung. Pilih terigu merek Cakra atau pun Komachi atau terigu jepang.
  • 10 gram garam halus
  • 11 gram dari ragi instant
  • 600 ml air

Bahan Kedua:

  • 200 gram tepung terigu (gunakan yang sama dengan di atas)
  • 125 gram  mentega putih atau shortening
  • 60 gram susu yang berbentuk bubuk
  • 100 gram telur ayam broiler
  • 125 gram gula pasir kasar
  • 10 gram garam

Langkah cara membuat donat J.CO yang lembut:

  1. Awalnya, campur dan aduk dulu bahan yang pertama disebut sampai betul-betul rata. Jika sudah, tinggal diamkan kurang lebih 1,5 jam sambil ditutupi dengan kain atau plastik mika. Nantinya ini akan dijadikan sebagai biangnya.
  2. Adonan pertama yang sudah didiamkan di atas kemudian dicampur dengan bahan B (yang belum diolah), nah pada tahap ini, agar resep bikin donat J.CO yang dibuat bisa lembut dan empuk maka harus diuleni hingga betul-betul kalis, lakukan kurang lebih 15 menit atau kurang, tergantung tampilan adonannya. Setelah itu, diamkan sekitar 15 menit lagi dalam tempat yang ditutup dengan plastik agar mudah mengembang.
  3. Selanjutnya, gunakan gulungan kue mentega untuk menggilas adonan kue donat tersebut hingga didapatkan ketebalan kira-kira 1 cm. Nah tinggal cetak dengan cetakan donat yang sudah kita terangkan. Setelah itu diamkan lagi selama 10 menit.
  4. Jika ukurannya sudah terlihat lebih besar dari sebelumnya (tidak perlu terlalu besar karena biasanya setelah digoreng akan bertambah lagi ukurannya), tinggal goreng dengan menggunakan minyak yang lebih kental/padat dan dengan api yang kecil agar matangnya sempurna. Tinggal bolak balik hingga terlihat kuning kecoklatan.
  5. Tiriskan, beri aneka variasi topping sesuai seleramu dan kue donat J.CO siap dihidangkan.

Coba juga : Resep Kue Kering Goreng Sederhana Lainnya

Asal anda tahu saja kalau resep di atas adalah karya dari Ibu Fatmah Bahalwan yang dipublish pertama kali oleh mbak Marisa Tamara dalam blognya dengan alamat yang sama dengan namanya. Dan menariknya, karena ini adalah hasil praktek beliau sendiri yang kemudian dishare untuk teman-teman semua, jadi bisa dibilang lebih layak dijadikan referensi dibanding dengan blog resep yang orang yang nulis sendiri sama sekali tidak pernah buat dan bahkan kalau ditanya apa itu shortening pasti tidak akan tahu sama sekali.

Cara Bikin Topping Glazur

Seperti disinggung di atas bahwa untuk menghasilkan donat yang enak, termasuk J.CO ini, maka pembuatan toppingnya juga sangat mempengaruhi, terutama pada variasi warna dan rasanya. Kalau bisa untuk sekali buat jangan hanya satu warna saja, buat yang lebih banyak jenisnya biar anak senang. Nah kebetulan kali ini kita akan praktek jenis Simple Flavour Glaze, thanks ya dari Caraspot buat Cantik.co.id yang sudah sharing soal ini.

Bahan:

  • 200 gram mentega putih
  • 1 sdm margarine
  • 2 sdm Sirup (bisa piliha rasa apa saja, paling bagus kalau yang melon atau frambozen dari Marjan)
  • 200 gram Gula pasir yagn dihaluskan

Proses buatnya:

  1. Cairkan dulu mentega putih di atas panci kecil dengan api kecil, lalu tambahkan gula halus dan juga sirup, kemudian aduk hingga rata. Kemudian tambahkan lagi margarine dan aduk rata kembali.
  2. Tinggal, celupkan donat (jangan dioles) selagi glazur tersebut masih hangat.
  3. (Tak ada hubungannya) Jangan lupa belajar bikin kue Nastar Lebaran

Ciri khas:

Jika anda sudah mencoba membuat pasti akan tahu sendiri bagaimana bentuk adonananya (selama masih mengikuti resep kue donat J.CO yang diberikan di atas). Jadi bentuknya bisa dibilang agak sedikit lembek karena kandungan cairannya sedikit agak banyak, tapi kita masih bisa menyiasatinya saat diuleni dengan ditambahkan sedikit tepung terigu, tapi jangan terlalu banyak karena bisa rusak tekstur dan rasanya. Hanya saja kelebihannya adalah ia terasa lebih lembut dan halus saat dimakan karena memang bentuk adonannya juga jauh beda dengan cara membuat donat kentang yang sudah kita bahas tuntas sebelumnya.

Harga J.CO per Lusin

Saat ini, di tahun 2015 dan mungkin hingga tahun 2016 berlakunya, J.CO Donut memasang harga sebagai berikut:

Beli 2 Lusin = Rp. 106.000

1 Lusin = Rp. 64.000

1/2 Lusin = Rp. 38.000

Per biji : Rp. 6.000

*Catatan: Harga di atas bisa saja berubah, tergantung kebijakan yang dibuat dari pihak J.CO sendiri. Dan mengenai jenisnya ada banyak sekali, tinggal pilih mana yang paling anda sukai, tapi biasanya dibuat dalam satu paket. Misalnya mau beli selusin maka secara default isinya akan dibuat beragam, kecuali ada permintaan lain dari pelanggan.

Alcapone

Berry Spears

Avocado Dicaprio

Black Jack

Chese Me Up

Blue Berrymore

Choco Caviar Chocolate, Caviar Mint, Caviar Strawberry, dan Loco,

Don Mochino

Copa Banana

Hazel Dazzle

Jacky Chunk

Heaven Berry

Jcoccino Glazzy

Jcrown Almond, Chocolate, Donatella dan Oreo

Meisisipi

Mango Blitz

Miss GreenT

Oreology

Mona Pisa

Snow White

Tiramisu

Sugar Ice

Why Nut

Oke, saya kira itu dulu rahasia resep donat J.CO yang lembut dan enak yang bisa kita ulas hari ini, kalau ada yang kurang jelas bisa ditanyakan langsung pada redaksi atau lewat komentar di bawah. Dan kami juga sampaikan pada pembaca setia untuk sering-sering LIKE atau SHARE setiap artikel yang sudah dibaca biar lebih banyak lagi yang tahu ilmunya, kan lumayan buat amal jariyah. Saran saya, jangan hanya baca satu artikel, pelajari juga hal lain yang mungkin masih baru buat anda karena semuanya sudah disediakan gratis buat Anda.

About The Author

Comments

  1. putra

    Trimakasih penjelasannya. Yg mw saya tanya. Kelembutan Donat j.co bisa bertahan berapa hari ya min..?

    1. Caraspot Article Author

      Putra : Kelembutan kue donat J.Co yang dibuat sendiri tergantung pada volume penggunaan menteganya, semakin banyak maka akan semakin lembut, tapi bila terlalu banyak juga bisa membuat adonan rapuh dan tidak kenyal

  2. Dea

    Maaf mau tny bagaimana utk kehalalan jco?

    1. Caraspot Article Author

      Bisa beroperasi dan dibeli semua kalangan umumnya halal, tapi perlu dikonfirmasi dulu ke pihak J.CO sendiri. Tapi tepung terigu sepertinya tidak ada yang haram…, kecuali kalau pakai gelatin dari nabati…tapi di resepnya sama sekali tidak pakai bahan itu.

  3. Annisa

    untuk mencampur bahan pertama dan kedua tidak perlu mixer ya? cukup diuleni biasa?

    1. Caraspot Article Author

      Annisa : Betul sekali, memang umumnya begitu… coba saja lihat di Mall2 kebanyakan hanya menggunakan tangan jika membuat donat, kecuali untuk kue2 tertentu yang lebih baik pakai mixer

  4. edwin hutagalung

    apa sih artinya di ULENI dan KALIS….itu bahasa apa yah…??ane baru dengar…hehehehe

    1. Caraspot Article Author

      Salam mas Edwin! Diuleni kok gak tau… biasa liat film kungfu gak? Nah, kan ada tuh biasa adegan buat mie yang adonannya ditumbuk-tumbuk dan dibanting-banting..maksud diuleni tuh kurang lebih seperti itu. Sedangkan kalau kalis bisa diketahui kalau adonannya dicubit tidak mudah putus. Oke!

  5. eka

    Mau tanya, untuk bahan B saat dicampur dengan bahan A itu lgsung dicampur begitu saja ya semuanya? atau bahan B harus diuleni dulu baru di campur dengan bahan A?
    Terimakasih

    1. Caraspot Article Author

      Karena bahan A tadihanya untuk bingnya saja maka bahan B tidak perlu diaduk sendiri dulu, langsung saja dicampur dengan bahan B

  6. Noah

    Pemakaian telurnya itu utuh atau kuningnya saja ya? Terimakasih

    1. Caraspot Article Author

      Iya mbak, untuh semuanya diambil antara kuning dan putihnya. Bahan mentega dan telur inilah yang mempengaruhi empuk tidaknya donat, selain dengan pengembang. Jika terlalu banyak mentega maka bisa membuat dagingnya tidak kenyal dan rapuh, untuk itu perlu praktek beberapa kali bikin donat baru akan tau formula pasnya.

      1. Noah

        Oh jd semua isi telurnya (putih dan kuningnya) dimasukkan adonan ya, Saya sdh praktek mba tp hanya kuningnya saja yg sy pake , yg masih jd masalah waktu menggiling adonan, setelah didapati ketebalan 1 cm adonan mengkerut kembali jd tebal… Kira kira ada trik menggilingnya mba? Sy mengadon dg mesin mixer dolphin hook,Terimakasih…btw sy mas loh mba … Xixi..

      2. Caraspot Article Author

        kalau ‘mengkerut’ artinya mengecil atau menipis, bukan menebal he he he…! just kidding!
        Tidak masalah kalau malah menebal karena memang adonannya dalam proses mengembang… penggunaan cetakan ada 2, kalau yang mas maksud yang adonan padat jadi cetakannya seperti kalau membentuk kue kering lebaran dan gak masalah kalau menebal lebih dari ukurannya yang diinginkan, kalau yang pakai cetakan tumpah umumnya menggunakan adonan yang agak cair sehingga bisa dituang dalam panggangan

  7. dee

    klo sy sering bikin donat itu kulit luarny sll keras, jd agak kriuk, apa kelamaan y, kadang ga terlalu lama tp hasilny sama agak kasar ga bs lembut. nah… kira2 kurang apa y? mks

    1. Caraspot Article Author

      Biasanya itu karena penggunaan menteganya yang kurang jadi adonannya gak kriuk dan keras. Kalau gak lembut alias kasar itu karena nguleninya cuma sebentar, bagusnya adonannya dibanting-banting atau di tekan tekan dengan tinju agak lama, semakin lama semakin bagus. Jangan cuma pas sudah kalis langsung berhenti dan dibentuk, tentunya jadinya tidak akan lembut dan empuk. ini pengalaman saya sama istri.

  8. jarwati

    Apakah mentega putih di bahan II bisa diganti dg margarin biasa (misal blue band)? Soalnya di tempat saya susah mendapatkan mentega putih

      1. jarwati

        Sipp lah. Terus kalau misalkan malam saya bikin adonannya terus gorengnya besok pagi boleh ngga ya?

      2. Caraspot Article Author

        Jarwati : Gak boleh kalau didiamkan terlalu lama mbak, nanti adionannya terlalu mengembang dan kayak spons dan juga rasanya pasti sudah tidak enak. Paling bagus antara 30 menit sampai 1 jam saja nunggu sampai adonannya mengembang.

  9. jarwati

    Udah coba barusan dan sukses. Makasih resepnya gan

  10. meyda

    Mba tdi ada comen bgni “bagusnya adonannya dibanting-banting atau di tekan tekan dengan tinju agak lama, semakin lama semakin bagus. Jangan cuma pas sudah kalis langsung berhenti dan dibentuk, tentunya jadinya tidak akan lembut dan empuk”
    Itu adonan di tekan-tekan dengan tinju kira2 agak lama nya kira2 brp menit?
    Makasih

    1. Caraspot Article Author

      Sesuai pengalaman saat istri buat di rumah sendiri, baiknya sampai permukaan adonannya terlihat tidak keriput lagi atau lembut, kalau sanggup sampai 1/2 jam malah bagus, tapi kalau tidak mungkin 15 menit sudah cukup membuat adonan donat nya jadi lembut.

  11. dwiaulidsharumy

    boleh ganti mentega putih/shortening dgn blueband serbaguna yahh buun?

    1. Caraspot Article Author

      Silahkan dicoba, memang kami sselama ini belum mencoba tapi tekstur keduanya sama jadi mungkin bisa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *