Diet Mayo adalah merupakan cara diet cepat dengan tidak menggunakan garam pada setiap makanan yang dikomsumsi. Sesuai dengan temanya, “Cara Diet Mayo Klinik yang Benar dan Menu-nya, 13 Hari Berat Badan Turun 13 Kg!” maka pada artikel kali ini kita akan belajar apa saja menu sehat dan bagaimana cara menjalankan diet mayo ini untuk waktu yang singkat dengan hasil yang memuaskan dan tanpa efek samping sama sekali. Mungkin masih banyak yang belum tau soal tips menurunkan badan ini, bahkan Caraspot sendiri dulunya mengenal ini pertama kali dari jejaring sosial, baik itu Facebook maupun Twitter, waktu itu saya juga penasaran kenapa kok banyak sekali perempuan yang membicarakan ini, mulai muda hingga yang tua semua memberikan tanggapan positif dari hasil yang mereka capai. Saya pribadi mengagumi teknik yang dijalankan dari Clinic ini karena walau namanya diet tapi waktu makannya tetap 3 kali sehari sehingga jauh lebih sehat dari tips yang pernah ada, belum lagi kebanyakan menu makanan yang diatur di dalamnya umumnya dari sayuran dan buah yang notabenenya tanaman yang alami dan tidak meinbulkan efek samping sama sekali.

Dalam menjalankan diet ini sesorang harus betul-betul disiplin mengikuti semua saran dan anjuran mengenai makanan apa saja yang dikomsumsi setiap harinya selama jangka waktu yang telah ditentukan, baik pada pagi, siang dan malam harinya, terutama pada penggunaan garam pada semua makanan harus ditiadakan, memang sih akan menganggu selera makan kita karena rasa dari setiap makanan yang dikomsumsi akan terasa lain dari biasanya, yah namanya juga usaha. Pertanyaannya, mau tetap tampil langsing tapi tersiksa untuk beberapa hari saja atau mau makan seperti biasa selamanya tapi juga akan terus merasa minder dan tidak ‘pede’ karena tubuh yang kegemukan/obesitas atau apalah yang mana itu adalah keadaan yang paling dihindari oleh banyak wanita di dunia ini, termasuk anda tentunya kan? Yang bisa menjawabnya tentu anda sendiri. Tapi kalau belum yakin saya ingin memberitahukan sedikit kalau ini adalah tips diet sehat yang paling banyak diikuti perempuan bukan hanya di dunia tapi juga di Indonesia yang pencariannyadi google mencapai angka 1 juta dalam sebulannya, sungguh luar biasa kan?

A. Daftar Menu Makanan Cara Diet Mayo yang Benar selama 13 Hari

Perlu anda ketahui bahwa konsep utama dari diet ini adalah Healthy Weight Pyramid, maksudnya adalah sebagaimana bentuk dari piramid itu sendiri yang kecil bagian atasnya tapi lebar bagian bawahnya dimana dalam diet ini juga fokus pada makanan yang sehat dengan komsumsi kalori yang sedikit, namun di satu sisi berusaha memperbanyak komsumsi sayuran dan buah segar yang memiliki khasiat dalam menurunkan berat badan yang baik. Tapi bagi yang belum punya keturunan perlu membaca Cara Agar Cepat Hamil atau Memiliki Keturunan sebab jangan sampai ada efek pada kesehatan kandungan anda. Tapi buat yang tidak ada masalah soal itu, silahkan simak menu lengkapnya:

menu makanan diet mayo klink

1. Menu Makanan Diet Mayo Hari Pertama

  • Sarapan Pagi: Dianjurkan minum kopi atau teh saja, yakni hanya 1 gelas atau boleh juga menggunakan cangkir yang ditambah dengan 1 sdt gula pasir. Anda bisa menggunakan gula pasir apa saja untuk cara diet mayo pertama ini, tapi baiknya yang putih bersih yang dijual dalam kemasan.
  • Makan Siang: makanlah 2 butir telur Ayam yang telah dimasak atau direbus yang ditambah dengan 1 ikat sayur bayam yang masih segar dan di tambah lagi dengan 1 buah dari tomat yang masih segar.
  • Malam hari: Mnu makan Dinner atau malam ini anda dianjurkan mengkomsumsi 100 gram bistik yang ditambahkan dengan sayur selada segar yang kemudian diperas jeruk nipis di atasnya sebagai penetralnya.

2. Diet Mayo Hari Kedua

  • Menu Pagi : cukup dengan 1 cangkir kopi atau juga boleh dengan teh bagi yang tidak suka dengan kopi dengan ditambah cukup dengan 1 sdt gula pasir, mengenai jenis gulanya sudah disebutkan di atas.
  • Sore hari : 60 gram bistik daging panggang yang ditambahkan selada  sebagai pendampingnya dan juga 1 paket buah yang masih segar yang terdiri dari jeruk, pepaya dan belimbing.
  • Menu makan malam: 120 gram dari ayam yang dikukus ditambahkan dengan 1 gelas susu tanpa lemak dan juga tidak menggunakan gula sama sekali.

3.  Menu Diet Makanan untuk Hari Ketiga

  1. Menu Pagi Hari : secangkir kopi atau juga teh ditambah dengan 1 sdt gula pasir dan sebagai temannya dibolehkan mengkomsumsi 1 pc roti jenis roti tawar.
  2. Sore : cukup dua telur yang direbus dengan ditemani 1 ikat sayuran dari kangkung atau bayam dan 1 buah tomat yang ditambah lagi 1 buah segar.
  3. Resep Dinner: Makanan malam untuk diet mayo kali ini masih dengan bistik panggang tapi prosinya 100 gram dengan tambahan selada yang juga ditaburi perasan jeruk nipis.

4.  Anjuran Makan Mayo Clinic untuk hari Keempat

  1. Makan Pagi : secangkir teh atau kopi dan ditambah dengan 1 sdt gula pasir dan juga 1 pc roti tawar.
  2. Makan Siang : makan hanya dengan sebutir telur yang direbus dengan sayur wortel yang telah direbus sebentar saja dan juga dipadukan dengan selembar keju cheddar.
  3. Menu Makan Malam:: cukup dengan semangkok penuh papaya matang yang masih segar yang ditaburi dengan jeruk nipis plus segelas susu rendah lemak.

5.  Menu Makan untuk Diet Hari Kelima

  • Menu Pagi: sebuah wortel berukuran besar yang masih mentah kemudian diparut dengan parutan kasar lalu diberi dengan perasan jeruk nipis.
  • Makan Siang : 120 gram ayam yang telah kukus dengan tambahan sedikit saja saos dari mentega yang tidak terasa asin.
  • Menu Malam: bistik panggang lagi tapi kali ini cukup dengan porsi 60 gram ditambhkan selada dan sayur bayam rebus sebagai pendampingnya.

6.  Menu Diet Mayo untuk Makanan Hari Ke-6

  • Menu sarapan: hanya dengan secangkir teh/kopi yang tanpa menggunakan gula ditambah 1 pc roti tawar yang dibakar.
  • Menu makanan Siang: Masih dengan ayam lagi, yakni hanya dengan 120 rram ayam yang telah kukus dan juga dipadankan dengan sayur selada yang dikasi perasan jeruk nipis.
  • Menu Malam: 2 butir telur yang sudah rebus ditemani dengan 2 buah wortel ukuran besar yang masih mentah dan jjuga jeruk nipis.

7.  Menu Makanan untuk Diet Mayo Hari Ketujuh

  1. Pagi : hanya dengan secangkir kopi atau teh yang juga tanpa gula.
  2. Siang: 60 gram bistik ditambah 1 buah segar.
  3. Malam: Tidak makan sama sekali

8.  Resep Diet Mayo Hari Kedelapan

  1. Pagi: segelas teh atau kopi plus 1 sdt gula pasir
  2. Siang: 2 btr telur yang direbus plus seikat bayam dan 1 buah tomat segar
  3. Malam: 100 gram bistik dan selada yang diberi preasan jeruk nipis

9.  Menu Makanan Diet Mayo hari Ke-9

  • Menu Sarapan: segelas teh/kopi dan plus 1 sdt gula pasir
  • Menu Siang: 60 gram bistik plus selada ditambah 1 pc dari buah yang masih segar yang terdiri dari jeruk, pepaya dan belimbing.
  • Menu Malam: 120 gram ayam yang telah dikukus dan lengkapi dengan segelas susu rendah lemak yang tanpa gula sama sekali.

10.  Menu Hari Kesepuluh

  • Pag: segelas teh/kopi + 1 sdt gula pasir dan ditemani dengan 1 pc roti tawar bakar
  • Siang: 2 btr telur rebus + 1 ikat bayam + 1 tomat segar + 1 pc buah segar
  • Malam: 100 gram bistik ditemani dengan selada yang diberi perasan jeruk nipis

11.  Resep Diet Mayo untuk Hari Kesebelas

  1. Pagi hari: segelas teh/kopi + 1 sdt gula pasir yang dimakan bersama 1 pc roti tawar bakar
  2. Makan Siang: sebutir telur yang dierbus + wortel yagn telah dikukus atau direbus sejenak + 1 pc keju
  3. Makan Malam: Semangkok penuh papaya yang telah perasan jeruk nipis dan untuk minumannya dengan segelas susu rendah lemak.

12.  Hari Keduabelas

  • Pagi: 1 buah wortel besar yang masih mentah yang diparut dan diberi perasan jeruk nipis di atasnya.
  • Siang: 120 gram ayam dikukus yang diberi saos mentega.
  • Malam: 60 gram bistik + selada + bayam rebus

13.  Menu Mayo Hari Terakhir

  • Pagi: segelas teh/kopi tanpa gula dan ditemani 1  roti tawar yang telah bakar
  • Siang: 120 gram ayam kukus plus selada yang diberi perasan jeruk nipis
  • Malam: 2 telur rebus dan 2 wortel ukuran besar yang masih mentah dan juga diberi perasan jeruk nipis.

B.  Diet Mayo Clinic Sederhana

Sebenarnya kalau tidak mau repot mengetahui semua menu makanan untuk langkah diet mayo yang benar disebutkan di atas, kita masih bisa melakukan cara simpelnya dengan berpegang hanya pada satu panduan makan untuk pagi, siang dan malam hari yang dilakukan untuk jangka waktu dua minggu tersebut, walau demikian, bagi wanita yang sudah melihat ciri-ciri atau tanda kehamilan pada dirinya disarankan menunda ini. Jadi untuk hari pertama hingga ke hari ke tigabelas semua dilakukan dengan mengkomsumsi menu yang sama, hanya pada makanan pada tiap waktu makannya dalam sehari yang berbeda. Berikut ulasan Caraspot:

1. Sarapan

Pakar dari satu satu yang telah berpengalaman dari Mayo Clinic menyarankan supaya mengonsumsi olahan susu bernama yogurt dan juga buah yang masih segar. Takarannya adalah dengan secangkir yogurt yang berjenis tanpa lemak dipadankan dengan seporsi buah.

2. Makan siang

Menu makanannya adalah dengan seporsi ikan tuna dan ditambah salad dengan takaran pasnya cukup 1/4 ekor tuna, 4 cup atau cangkir pasta dan direbus, 2 takaran wortel yang telah dipotong seukuran dadu (kurang lebih segenggam, 4 sdm saus mayones yang berjenis rendah kalori, dan juga 1 buah jeruk nipis yang diperas di atas sayur salad yang telah jadi tersebut.

3. Makan malam

Untuk menu makan malamnya, dalam cara diet mayo menyarankan Makanlah lagi dengan menu salad hijau dengan porsi seikat sayur selada ditambah 1,5 cangkir dari irisan tomat plus jamur dan bawang merah, lalu kemudian tambahkan dengan cukup 2 sdm dressing salad yang bebas lemak.

4. Camilan

Cukup hanya dengan sebuah apel kecil yang diiris.

C.  Apa itu MayoClinic?

Setelah paham cara dietnya maka tak ada salahnya juga kita paham apa itu Mayo Clinic. Dalam situs resminya sendiri mereka menyebut dirinya sebagai sebuah perusahaan non profit yang fokus pada research atau penelitian dan pandidikan pada masalah kesehatan, salah satunya adalah weight loss atau soal diet. Jadi sebenarnya program kesehatan dari Mayo ini bukan cuma soal diet saja tapi banyak, di antaranya adalah masalah Pregnancy atau kehamilan, soal anak dan remaja terutama pada makanan dan ilmu psikologi soal mereka, juga mengenai kesehatan orang dewasa baik laki-laki maupun perempuan, program ala hidup sehat, serta yang kita bahas ini yang umumnya mereka kategorikan dalam ‘healthy lifestyle topics’ yang di dalamnya mencakup komsumsi makanan sehat, fitness, nutrisi, stress management dan program diet mayo itu sendiri.

D.  Makanan yang harus dihindari saat melakukan diet ala Mayo Klinik

Selain mengetahui makanan sehat apa saja yang harus ada dalam menu makanan diet mayo anda juga harus paham betul apa saja pantangan atau yang harus dhindari saat sedang melakukan program penurunan berat badan tersebut. Di antaranya:

1. Gorengan

Jenis makanan ini ditempatkan pada urutan pertama sekali karena inilah yang paling dilarang untuk dikomsumsi saat melakukan diet mayo. Di indonesia panganan ini begitu terkenalnya dan bahkan dalam sehari masyarakat kita mengkomsumsi hingga berton-ton banyaknya, jika diakumulasikan dari semua gorengan yang dikomsumsi seluruh masyarakat Indonesia dalam sehari. Kandungna minyak dalam makanan inilah yang bisa merusak program diet anda karena dari minyak tersebutlah yang akhirnya berubah menjadi kolesterol yang menyumbang sekian persen tumpukan lemak di tubuh anda.

2.  Nasi Putih

Walau makanan pokok kita sekarang ini masih tergantung pada nasi, tapi dalam melakukan diet mayo ini seseorang harus bisa menghindarinya untuk jangka beberapa hari. Kebanyakan kita selalu berkata bahwa ‘kalau belum nasi ya belum makan namanya.” Padahal, kandungan karbohidrat yang tinggi di dalamnya akan berubah menjadi gula setelah melalui beberapa proses dalam tubuh yang sudah pasti akan sangat berefek pada kegemukan seseorang. Salah satu solusinya bisa diganti dengan ubi jalar atau kentang.

3. Makanan Cepat Saji

Di antara yang makanan yan dikategorikan instant dan bisa menyebabkan kegemukan adalah mie instant, ayam goreng cepat saji yang banyak orang menyebutnya junk food, Burger, dan lain sebagainya yang memiliki sifat penyajian yang sama. Makanan ini sangat dihindari dalam menu makanan diet mayo karena kandungan lemak dan pengawet di dalamnya. Selain itu makanan kaleng juga harus distop dari sekarang karena kandungan kimia berupa pengawet di dalamnya juga tidak baik buat kesehatan.

4. Makanan Impor

Bisa dibilang akibat perdagangan bebes makanan seperti ini semakin mudah ditemukan, mulai dari bumbu makanan, minuman soft drink, saus, kripik, dan lain sebagainya. Hal ini sangat dianjurkan untuk dihindari karena sejatinya dalam program diet termasuk dalam diat mayo ini menu makanan harus dikontrol, padahal dalam makanan yang kita tidak ketahui bagaimana proses pembuatannya tersebut bisa saja dicampur bahan yang tidak baik, termasuk pemanis buatan dan pengawet yang berlebihan yang dapat menyebabkan program penurunan berat badan kita gagal total.

5. Pemanis Buatan

Hasil penelitian sejumlah pakar telah menyebutkan bahwa pemanis buatan bisa menyebabkan kegemukan. Ini banyak didapati pada minuman berkarbonasi dan juga makanan dalam kemasan lainnya. Banyak perusahaan menggunakannya untuk tujuan mengurangi pengeluaran atau biaya produksi produk mereka karena jauh lebih murah dari menggunakan gula pasir. Dan cara mengetahui apakah miniman atau makanan mengandung zat tersebut maka biasanya akan mudah diketahui setelah mengkomsumsinya dimana akan terasa agak pahit di langit-langit, ya istilahnya kalau dalam salah satu iklan minuman menyebutnya ‘nyangkut di leher’.

Perlu diketahui bahwa pada diet mayo clinic mereka menganjurkan kita untuk bagaimana mengatur takaran porsi makan kita dan juga pada rencana makannya. Pada diet cara menurunkan berat badan ini sama sekali tidak mengajarkan sama sekali untuk menghilangkan waktu makan kita dalam sehari, tapi hanya mengatur pola dan jenis makanannya saja. Jadi bisa dibilang Cara Diet Mayo Klinik yang Benar dan Menu Makanannya ini sangat baik untuk kesehatan dan bahkan dalam jangka waktu 13 hari saja berat badan bisa turun dengan cepat.

About The Author

Comments

  1. intn

    klo misalnya masih laper trus kita makan makanan diluar menu tapi makanannya ttep yg sehat spt apel, tomat, atau pisang boleh ga ya?

    1. Caraspot Article Author

      Selama jenis buahnya dari buah segar dan tidak berlebihan

  2. ida

    apakah sayur bayam boleh diganti dengan wortel atau labu siam saja? atau syuran rebus lainnya yg tdk sesuai dgn menunya… apakah harus harus bener bener sesuai menu dr hari 1 – 14?

    1. Caraspot Article Author

      Kalau mau hasilnya sesuai yang diinginkan maka sebaiknya jenis sayurnya sama karena takaran kalori dan vitaminnya sudah diatur, tapi selama itu tidak melebihi takaran ya tidak apa. Tapi yang jelas diet tak selamanya baik untuk setiap orang karena di Onthe Spot sudah pernah dibahas bahayanya, diantarnaya hilangnya nafsu makan karena terbiasa menghilangkan kebiasaan makan

  3. Among

    Klo aq vegetarian,daging ganti dengan buah2an gpp ya

    1. Caraspot Article Author

      Kalau vegetarian gak usah diet mas Among, hati-hati juga dengan bahaya diet karena sudah pernah ditayangkan di TV bahayanya bisa nafsu makan hilang sama sekali dan badan tinggal tulang

  4. Jumino

    Aku gak suka daging, baik dging ayam / sapi saya tidak suka. Bagaimana ?

    1. Caraspot Article Author

      Sebenarnya kalau vegetarian disarankan tidak usah ikut program diet mas karena asupan makanannya saja sudah tidak lengkap karena tidak mengkomsumsi daging dan sebagainya. Dan jika seandainya badannya gemuk, baiknya imbangi dengan olahraga saja. Dan perlu diketahui bahwa tak selamanya gemuk itu tidak baik. Ada juga banyak kasus orang yang tampak kurus tapi sebenarnya itu hanya tampilan fisik saja dan dia hanya kurus secara fisik, di dalamnya (organ-organnya) dipenuhi dengan lemak. Dan sebaliknya, ada yang tampak gemuk dan merasa sering berolahraga tapi badannya tetap saja gemuk, padalah ia tidak menyadari kalau memang ia ditakdirkan bertubuh gemuk, tapi karena banyak berolahraga sebenarnya ia kurus secara non fisik, yakni organ2 di dalamnya sehat dan tanpa dipenuhi lemak.

  5. Refi Mahrensa

    Setelah 14 hari melakukan diet mayo itu, bolehkah kita mengkonsumsi makanan seperti biasa namun dgn porsi yg sedikit.

    1. Caraspot Article Author

      Boleh saja, karena jika sudah ada hasilnya berarti programnya telah selesai. Selanjutnya tinggal jaga pola makan saja. Tapi usahakan jangan kurangi waktu makan, porsinya saja yang dikurangi.

  6. Nada

    Masalahnya cuma satu aku ga suka sayuran mntah, itu di kukus gitu gapapa?

    1. Caraspot Article Author

      Tidak masalah asal jangan terlalu matang karena bisa mengurangi kandungan vitaminnya.

  7. tya wening

    Saya sedang promil,apakah baik jika saya ikut diet mayo krn bb saya berlebih..trims..

    1. Caraspot Article Author

      Sebaiknya jangan dulu, setelah selesai hamil dan menyusui saja baru mulai program diet lagi karena mempengaruhi kesehatan dan asupan gizi bayi atau pun pada kualitas sel telur calon ibu

  8. selly

    Kalo sayuran diganti dengan tomat apa tidak masalah?

  9. caca sasmita

    Kalau sayur kira2 ada jumlah tertentu ga atau ada bedanya tergantung berat badan?

    1. Caraspot Article Author

      Kalau mengenai sayur kami belum temukan sumbernya dan kami tidak mau melakukan spekulasi sebab cara diet mayo ini diciptakan oleh Clinic Mayo sendiri bukan dari kami. Dan bila nanti ada info berkaitan ini akan kami kabari. Selamat berkunjung kembali!

  10. renaldi

    Boleh Gak Makanan / sayurannya dikasih perasan jeruk nipis setiap hari ?

    1. Caraspot Article Author

      Tidak masalah memberi perasan jeruk nipis asalkan jangan berlebihan, tapi akan lebih baik bila porsinya di atut dan jam makannya di atut. Salah satu penyebab gemuk adalah makan malam terlalu larut dan sering ngemil. Karena ini baiknya makan malam dimajukan lebih sore karena setelahnya masih beraktifitas dan pembakaran kalori masih terjadi, dan soal ngemil baiknya dikurangi dan memilih yang sehat saja seperti buah. Selain itu, Anda wajib mengetahui jenis olahraga yang ampuh menurunkan berat badan biar semakin sehat.

  11. Cindy Charista

    mas/mba saya mau nanya, kalau misalnya takarannya salah, contoh disuruh 120gram bistik, tapi krn saya tidak tau berat bistik tersebut jd saya masukkan asal-asalan, apa boleh? terimakasih.

    1. Caraspot Article Author

      Sebaiknya jangan, karena bila kurang bisa berdampak pada kesehatan, dan bila lebih malah program diet anda tidak akan berhasil. Kan banyak timbangan murah yang terbuat dari plastik? harganya bahkan tidak lebih dari 100ribu.

  12. nana

    kalo misalkan kita eneg abis makan telur tanpa garam boleh ngga minum teh manis sebagai penghilang rasa eneg?

    mohon infonya, thanks

    1. Caraspot Article Author

      Selama minum tehnya bukan yang terlalu manis dan hanya seteguk saja tak masalah. Kalau misalnya anda memiliki tipe tubuh yang mudah menyerap makanan, apalagi gula, maka sebaiknya pilih buah saja untuk menetralisir rasa dalam mulut.

  13. Nhaa

    yang di maksud sayuran rebus apakah boleh di tambahkan bawang putih untuk perasanya ?

    1. Caraspot Article Author

      Bisa saja karena bawang putih juga baik untuk kesehatan selama tidak berlebihan karena dalam diet mayo konsepnya adalah mengatur takaran makan dan bukan menghilangkan jam makan

  14. Nhaa

    Mohon infonya ,, bagi yang mempunyai sakit Maag makanan apa yang harus di makan selain nasi ???
    thank’s

    1. Caraspot Article Author

      Biasanya bagusnya pisang gepok yang sudah masak direbus dan dimakan saat lapar atau bepergian.

  15. noaru

    Roti tawar saya baca di komposisinya ada garam nya jg gpp tuh?

    1. Caraspot Article Author

      Tidak masalah karena penggunaan garamnya sangat sedikit, dia hanya sebagai penambah citarasa saja, bukan bahan perasa utamanya.

  16. lutfi

    mau tanya, saya kan tidak suka daging (hewan berkaki 4), apakah bisa diganti dengan daging ayam atau ikan? kalau bisa ikan apa? dan takarannya berapa?

    1. Caraspot Article Author

      Ikan bahkan lebih baik, dengan takaran yang sama bisa komsumsi seperti ikan kembung, bandeng atau kerapuh, asal jangan ikan air tawar yang diberi pakan pabrikan karena lemaknya banyak, apalagi ikan nila…

  17. Jiwa S.

    Mau nanya nih, diet ini buat cewek atau cowok ampuh kan??? Dan bolehkah menu” di atas diberi bumbu selain garam seperti bawang merah atau bawang putih? Thanks

  18. Henrika

    Kalo ibu menyusui apa boleh diet mayo jg? Apakah akan ngurangi produksi dan kualitas ASI?

    1. Caraspot Article Author

      Sebaiknya jangan melakukan diet apa pun saat menyusui karena bisa mempengaruhi pertumbuhan bayi dan malah harus banyak komsumsi makanan seperti sayur, buah dan yang berkalsium karena makanannya bukan hanya akan dimakan sendiri oleh si ibu, tapi oleh bayinya juga lewat ASI yang ia minum.
      Sejatinya, seorang ibu harus berkorban untuk bayinya, jangankan tubuh yang menjadi gemuk karena banyak makan waktu itu, bahkan nyawa pun bisa dikorbankan untuk tugas mulia tersebut.

  19. Elisabeth

    Dear Caraspot,

    1 ikat bayam itu kira2 berapa gram?
    1 porsi selada itu harus berapa gram?
    apakah selada boleh dikonsumsi melebihi porsi yang ditetapkan?
    Saya tidak menemukan keju trim, bolehkah saya gantikan dengan 1 lembar cheddar biasa yang 40% low fat?

    Thanks in advance for your great advice.
    Lis

    1. Caraspot Article Author

      Untuk takaran sayur jika lebih dan tidak pas tidak masalah karena tidak menimbulkan efek obesitas.

  20. Darlyana

    Bisa kan mbak danging bistik nya di ganti jadi ikan gembung kira kira berapa gram ikan nya mbak

    1. Caraspot Article Author

      Sekalipun diganti sebaiknya tetap dengan takaran yang sama

  21. Yoye

    Di sela2 waktu diet, apakah boleh mengkonsumsi air putih sebanyaknya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *