Paint sebenarnya belum bisa dinamakan software karena system kerjanya masih ringan, lebih cocok kalau dikatakan aplikasi, bahkan dalam kompeter Windows hanya dimasukkan sebagai kelompok Aksesoris atau pelengkap saja, tapi walau demikian Cara Crop Gambar di Aplikasi Paint di Windows ini juga penting dibahas, termasuk teknik lainnya seperti cara merubah ukuran gambar, cara memberi tanda panah melengkung, cara memberi tulisan di atas gambar dan lain sebagainya. Yang terpenting ketika merubah ukuran dari suatu gambar adalah kualitasnya tidak turun atau dengan kata lain pixelnya tidak berkurang sehingga kejernihannya tetap terjaga, itulah mengapa kami menyarankan menggunakan program ringan ini karena dari pengalaman hasilnya selalu bagus dan tidak mengecewakan.

Cara merubah ukuran gambar dalam  program Paint sebenarnya ada dua cara, yakni dengan jalan di Crop dan juga di-‘Resize’ atau diubah ukurannya. Kalau di Crop maka yang dikurangi sebenarnya hanya tepinya dan sama sekali tidak merubah ukuran keseluruhan picture yang ada di dalamnya, berbeda kalau anda menggunakan Resize maka secara menyeluruh dari tampilan gambarnya akan mengecil atau membesar tergantung cara menarik sisi luarnya, apakah ditarik ke dalam atau kah ke luar.

Mungkin Browsermu (Mozilla atau Google Chrome) lambat, untuk itu sebelum baca yang dibawah sempatkan baca ini : Cara Refresh dan Reset Mozilla Firefox

Berbagai Teknik Menggunakan Aplikasi Paint, termasuk Cara Crop Gambar di Paint

Silahkan simak langkah demi langkah dalam melakukan pemotongan gambar di bawah yang akan kami tampilakan dalam bentuk tutorial yang menggunakan gambar. Sebenarnya simple sekali, tak butuh waktu lama, hanya saja di sini kita akan mencontohkan cara untuk gambar yang diambil dari hasi Screen Shot atau Print Screen sehingga lebih mudah dipahami.

1.  Karena contohnya dari gambar yang diambil dengan bantuan Print Screen maka cukup buka dulu halaman di komputer atau internet yang akan ‘ditangkap’ lalu klik tombol Print Screen yang ada di Keyboard komputer PC atau Laptopmu. Jika belum tau caranya kamu bisa baca panduan Cara Membuat Screenshot Layar Komputer.

2.  Selanjutnya buka dulu program Paint. Kalau tidak tersedia langsung di desktop atau layar depan maka anda harus masuk melalui langkah ini: klik tombol ‘Start’  >>  All Programs  >>  Accessories  >>  Paint.

3.  Jika mengambil gambar dari hasil screen shot maka tinggal ‘Paste’ dengan menekan tombol Ctrl + V di keyboard atau klik kanan lali pilih ‘Paste’ tapi bila sudah punya gambarnya dan disimpan di dalam komputer maka tinggal klik tanda panah kecil di bagian kiri atas lalu pulih ‘Open’ untuk mencari gambar yang sudah tersedia di PC atau Flashdisk.

4.  Nah ini bagian intinya, tinggal klik menu bertulisan ‘Crop’ di menu atas (ditandai dengan lingkaran merah angka 1 di bawah) lalu arahkan kursor di bagian gambar yang hanya akan diambil saja, usahakan klik pertama berada pada posisi pas karena jika tidak anda harus mengulang kembali prosesnya agar kotak bagian gambar yang diambil sesuai posisinya. Cara mengulangnya dengan menekan Ctrl + Z (undo) atau pun dengan menghapus gambar yang sudah terbuka lalu membuka yang baru lagi.

cara crop gambar di Paint - cara memotong

5.  Jika sudah di-‘crop’ dan didapatkan gambar yang sesuai maka yang dilakukan tinggal meng-klik ulang kembali tombol menu ‘Crop’ yang ada di atas, maka gambar potongan anda akan terlihat hasilnya.

6.  Terakhir, tinggal ‘Save’ gambar yang sudah anda crop dan pilih nama dan tempat penyimpanannya.

Cukup simple kan tekniknya, hanya saja mungkin ada dari anda yang kurang mengerti bisa menanyakannya lewat komentar, semoga Caraspot atau mungkin dari pengunjung lain dari blog ini yang bisa menjawabnya. Atau bisa jadi ada yang punya tips lain soal ini bisa juga berbagi di sini dengan mengirimkan artikel atau menjawab pertanyaan dari visitor lain.

Cara Memperkecil Gambar di Program Paint

Kalau yang ini beda lagi, kalau sebelumnya memotong gambar, maka yang ini sebenarnya merubah ukurannya tanpa mengurangi sisinya sama sekali, jadi gambar yang terlihat sebelumnya sama persis sebelum dirubah, hanya ukurannya saja yang lebih kecil.

  1. Perhatikan kembali gambar yang di atas, untuk merubah ukuran gambar milik anda, maka cukup klik tulisan ‘Resize’ yang ada di bawah menu Crop.
  2. Selanjutnya kamu bisa lakukan 2 cara, yaitu dengan merubah ukuran semua sisinya secara otomatis dengan ukuran yang sama atau dengan merubah masing-masing ukurannya secara berbeda, baik pada panjang atau pun pada lebarnya. Perhatikan gambar berikut:

cara merubah ukuran gambarKeterangan :

  • Untuk merubah semua sisinya dengan ukuran yang sama maka langsung saja isi berdasarkan angka mulai dari 1 hingga 100 (persen) pada salah satu kolomnya dan kolom bawahnya juga akan berubah secara otomatis.
  • Untuk membedakan perubahan ukuran panjang dengan lebarnya maka centang dulu tulisan “Maintain Aspect Ratio” maka baik panjang maupun lebarnya harus diisi berbeda.
  • Selain itu pada bagian Resize ini anda bisa memiringkan gambar ke kiri dan ke kanan dengan jalan mengisi angka kemiringan horizontal dan vertical pada menu Skew (Degrees)

Cara Memutar Gambar

Sebenarnya tanpa menggunakan program Paint kita bisa melakukannya dengan bantuan Microsoft Office dengan cara di klik kanan pada gambar yang tersimpan di My Document atau di Drive D: lalu pilih ‘open with’, tapi kali ini tak ada salahnya kalau belajar menggunakan Piant karena selain lebih simple juga tidak mengurangi kualitas gambarnya yang mana hasilnya tetap jernih dan tak ada perubahan pixel sama sekali.

Masih dengan gambar pertama di atas, silahkan klik tulisan ‘Rotate’ lalu pilih salah satu pilihan di bawah ini:

  • Rotate Right 90 : Memutar gambar ke kanan sebanyak Sembilan puluh derajat.
  • Rotate Left 90 : Memutar gambar ke kiri dengan kemiringan 90 derajat.
  • Rotate 180 : Yakni memutar posisi gambar sepenuh lingkaran atau full.
  • Flip Vertikal : Merubah bentuk gambar seperti bayangan, yakni gambar atas ke bawah dan gambar yang bawah ke atas.
  • Flip Horizontal : Merubah bentuk gambar dari kanan ke kiri atau sebaliknya.

Artikel menarik lainnya:

  1. Cara Mendapatkan Uang dari Internet tanpa Modal Sama Sekali – Ini artikel penting yang wajib kamu baca kalau masih belum punya penghasilan sampaingan. modalnya hanya blog gratisan dan asal kamu bisa menulis apa saja pasti sudah bisa dapat uang dari internet. Silahkan baca untuk tahu apa langkah yang harus dilakukan agar punya penghasilan tambahan dari blog.
  2. Cara bikin blog – Kalau kamu memang tertarik menghasilkan rupiah dari internet maka selanjutnya yang kamu lakukan adalah belajar bagaimana cara bikin blog agar kamu tau persis bagaimana alurnya hingga bisa dapat iklan dalam blogmu. Kamu juga akan belajar bagaimana cara menarik uang dari penghasilanmu.

Masih ada teknik lain yang harus anda pelajari ketika belajar cara menggunakan aplikasi Paint, bukan hanya cara crop gambar dengan aplikasi Paint ini, tapi ada banyak lagi, di antaranya adalah cara menulis atau memberi tulisan di atas gambar dan juga cara memberi tanda panah pada gambar. Ini penting sekali diketahui buat para blogger karena sangat diperlukan setiap kali membuat tutorial yang membutuhkan gambar yang mana pada gambarnya diperlukan ada petunjuk berupa tulisan dan tanda panah yang mengarah pada titik tertentu, misalnya membuat panduan cara membuat blog gratis, daftar email baru dan lainnya.

About The Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *