Caraspot kembali membahas soal komputer, kali ini mengenai bagaimana Cara Chating Antar Komputer Tanpa Internet di Kantor atau istilahnya Lan Messenger. Ya, kamu bisa ngobrol dengan teman kantormu hanya dengan menggunakan LAN atau jaringan antar komputer di kantormu tanpa harus menggunakan jaringan internet seperti YM atau Yahoo Messenger atau pun Facebook yang biasa anda gunakan.

Jadi yang diperlukan untuk menjalankan system ini hanya jaringan antar komputer saja dan software LAN Messenger yang akan anda download software nya di bawah ini. Selain itu tak ada lagi embel-embel lain, bahkan cara installnya juga simple sekali sehingga saya tak perlu menjelaskan apa-apa anda sudah pasti sudah paham.

Bagi yang belum membuat jaringan antar komputer maka disarankan untuk minta bantuan jasa buat LAN atau bisa juga belajar dari Internet bagaimana langkah settingnya, yang jelas sediakan kabel dan pelengkap lain karena ini bahan yang paling utama.

Cara Chating Antar Komputer Tanpa Internet

Adapun cara menggunakan software atau aplikasi chating offline ini bisa dibilang tak ada bedanya dengan pakai YM buatan Yahoo, tapi biar lebih jelas saya jelaskan sedikit fiturnya:

Menu LAN Messenger

Setalah selesai menginstal aplikasi YM offline ini, maka untuk mengaktifkannya cukup klik 2 kali icon kecil di taskbar bawah kanan (biasanya tanda panah kecil diklik dulu untuk memunculkan iconnya). Nah, selanjutnya akan muncul halaman popup kecil dan di dalamnya terdapat beberapa menu, yaitu:

Messenger – Ini adalah menu yang di dalamnya terdapat 4 menu yaitu:

  • New Chat Room: untuk membuat obrolan baru pada salah seorang yang bergabung dalam LAN Messenger tersebut, tinggal pilih saja.
  • Public Chat: adalah chating yang dilakukan yang mana semua yang masuk dalam jaringan LAN anda bisa melihat percakapannya dan bisa bergabung dengan bebas.
  • Refresh Contact List: adalah tombol untuk merefresh halaman list kontak agar bila ada yang baru bisa dimunculkan juga.
  • Exit: kalau mau menutup bisa menggunakan menu ini atau langsung tanda silang kecil di kanan atas.

Simak dulu: Cara Pindah Layar Komputer dengan Cepat

Tools

Selanjutnya adalah menu tools yang di dalamnya mencakup History percakapan, file transfers atau data yang pernah dikirim atau diterima dari teman ngobrol kamu di LAN, dan Preferences yang berisi pengaturan akunmu yang jika diklik ada banyak sekali tab yang bisa kamu atur di dalamnya.

Help

LAN Messenger juga menyediakan layanan Help atau bantuan bila ada kendala yang mana di dalamnya tersedia tanya jawab yang mungkin sesuai dengan trouble yang kamu alami, dan juga layanan bantuan online jika diperlukan.

Sebelumnya: Cara mempercepat koneksi internet

Icon

Selain itu ada juga berbagai icon yang bisa kamu gunakan untuk melakukan chating, misalnya

Tanda panah kecil di samping nama atau icon LAN Messenger berwrna biru adalah untuk memilih statusmu yang akan terlihat pada pengguna chat lainnya, seperti:

  • Available – Ada atau sedang aktif
  • Busy – sedang sibuk dan tidak bisa melakukan obrolan
  • Don’t disturb – Jangan diganggu
  • Be right back – akan segera kembali
  • Away – sedang pergi (jauh)
  • Appear Offline – biar kamu terlihat offline sama chatter lain.

Icon lainnya, seperti Send File yang bentuknya seperti kertas dan penjepit kertas, Send Broadcast Messege untuk mengirim pesan ke banyak admin sekaligus, serta yang ada tanda Plusnya untuk membuat chat room baru.

Adapun nama-nama pemilik akun chat offline tersebut bisa langsung diklik kalau mau dikirimi pesan atau diajak ngobrol. Caranya cukup klik 2 kali.

Kalau sudah paham, berikut link downloadnya:

Download LAN Messenger

Bagaimana cara mengganti tampilan gambar profil chating antar komputer saya?

Caranya mudah sekali, cukup kamu klik langsung gambar yang tertera lalu pilih langsung gambarnya atau bisa juga klik “Browse for more pictures” untuk menggunakan foto sendirimu yang sudah ada dalam komputer dan tinggal dipilih saja.

Cara tidak memunculkan pemberitahuan atau notifikasi kalau ada pesan masuk?

Biasanya kalau yang menggunakan layanan ini karyawan, apalagi yang pengawasannya ketat dan bosnya galak, tentu tidak mau kalau setiap kali ada yang kirim chat langsung muncul di bawah pemberitahuan, apalagi kalau pas pak bos disampinmu.

Nah, caranya masuk ke control panel komputermu melalui icon Windows di pojok kiri bawah, lalu cari kata Icon dengan cara di search, biasanya ada di personalization. Nah, tinggal nonaktifkan saja khusus LAN ini

Sepertinya sudah tidak ada lagi ilmu soal ini yang harus dishare, adapun kalau mau memperkecil atau memperbesar kotak obrolan tinggal klik tanda di samping silang di pojoknya dan sepertinya semua sudah paham kalau cuma itu kan.

Kalau ada trouble mengenai Cara Chating Antar Komputer Tanpa Internet dengan LAN Messenger di Kantor ini, maka jangan sungkan tanyakan via komentar di bawah semoga ada pengunjung lain yang bisa kasi solusinya.

About The Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *