Jerawat adalah masalah yang paling lazim dialami banyak anak muda, baik perempuan maupun pria, sehingga cara menghilangkan jerawat maupun tips mengatasi bekas jerawat secara alami dengan bahan herbal dan tanpa obat menjadi artikel yang paling banyak dicari pengunjung setia Caraspot, selain karena lengkap juga karena rekomendasi dalam pembahasan kami lebih valid dan didasari oleh alasan ilmiah dan hasil penelitian sejumlah pakar dari ahli kulit, terutama pada bagian muka atau wajah. Yang penting diketahui bahwa bicara soal jerawat dan bekasnya erat pula kaitannya dengan Komedo, yakni butiran putih kecil yang tampak di permukaan kulit muka yang disebabkan oleh lemak atau minyak yang tertahan pada pori-pori wajah. Ini karena komedo juga menjadi salah satu penyebab terjadinya berbagai jenis masalah kulit di muka, mulai dari yang biasa saja hingga yang sering kita sebut dengan jerawat batu.

Belakangan ini banyak sekali muncul obat-obatan yang katanya cara ampuh menghilangkan jerawat dan bekasnya tapi pada kenyataannya juga banyak yang mengeluhkan khasiat dari obat yang beredar yang mana kebanyakan menimbulkan efek samping yang tidak ringan, seperti kulit terkelupas, jerawat membengkak dan makin membesar, hingga yang menimbulkan bekas berupa lubang atau yang juga sering dinamai bopeng dan lain sebagainya. Dan yang jelas masalah kulit semacam ini lebih umum ditimbulkan oleh karena kurangnya perhatian dalam menjaga kebersihan muka, misalnya habis berolahraga langsung tidur dan tidak mencuci muka sama sekali yang mana hal tersebut sangat mungkin menyebabkan jerawat muncul sebab dari debu yang menempellah kuman bersarang yang kemudian menimbulkan bisul kecil, apalagi didukugn dengan kondisi kulit yang berminyak. Sehingga, solusi paling tepat yang harus dilakukan walau anda belum membaca lengkap ulasannya adalah sering-seringlah menjaga kebersihan muka dengan mecucinya. Dan lebih baik lagi kalau anda paham beberapa penjelasan di bawah:

Sebelum ini, baca dulu : Cara Memutihkan Gigi secara Alami

A.  Cara Menghilangkan Jerawat Lengkap

gambar cara menghilangkan jerawat, komedo dan bekasnya

Pada dasarnya Caraspot juga berusaha mencari referensi terpercaya soal ini, dan kebetulan KlikDokter.com adalah sumber yang baik untuk dijadikan rujukan menurut kami. Selain simple juga didasarkan pada alasan ilmiah yang lebih terpercaya.

Baca dulu : Kandungan dalam Obat Jerawat yang Sering Digunakan

1.  Mengobati jerawat secara tradisional dengan bahan herbal alami

Beberapa bahan di bawah adalah dari buah dan sayur yang umumnya telah dibahas dalam berbagai buku kesehatan dan kecantikan sehingga bisa diterapkan tanpa khawatir dengan efek samping yang ditimbulkan di kemudian hari, selama caranya dilakukan dengan benar.

a.  Lobak untuk anti Acne

  1. Pertama kali yang harus dilakukan adalah dengan mencuci lobak hingga bersih, selanjutnya tinggal parut untuk mengambil airnya.
  2. Untuk hasil yang lebih baik maka tambahkan sedikit sekali cuka aple lalu aduk rata.
  3. Diamkan saja hingga kering setelah itu basuh hinggah bersih dengan air. Untuk didapatkan hasil yang maksimal dalam cara menghilangkan jerawat ini maka bisa dilakukan setiap hari. Tapi bila anda memiliki kulit yang sensitif maka sebaiknya gunakanlah cuka aple dalam jumlah yang sangat sedikit, sekitar 1 hingga 2 tetes saja.

b.  Bahan alami dari daun pepaya

  1. Gunakan daun pepaya yang berwarna hijau tua atau yang sudah tua kurang lebih sekitar 3 helai, tapi belum menguning. Kemudian lakukan penjemuran.
  2. Sealnjutnya untuk mendapatkan sarinya tinggal lumatkan saja dengan tangan yang terlebih dahulu diberi air secukupnya.
  3. Untuk mengaplikasikannya pada kulit wajah yang berjerawat cukup dioleskan dan tunggu hingga kering lalu bilas.

c.  Basmi jerawat dengan putih telur.

  1. Gunakan 1 butir telur ayam semua jenis, kemudian pisahkan antara putih telur dan kuningnya.
  2. Lalu olah putih telurnya saja dengan cara dikocok menggunakan sendok, kurang lebih 5 menit lamanya.
  3. Terakhir, aplikasikan dalam bentuk masker wajah. Buat yang bermasalah dengan jerawat dan kulit kering lebih baik lagi jika ini digunakan pada malam hari dan dibilas pada pagi hari .

d.  Hilangkan dengan lemon dan tomat

  1. Caranya cukup iris tipis lemon dan letakkan di wajah yang berjerawat.
  2. Selanjutnya, untuk hasil yang lebih baik, letakkan lagi irisan buah tomat di atas irisan lemon yang pertama. Hanya saja kalau jenis kulit anda mudah iritasi dan sensitif maka disarankan gunakan salah satunya saja.
  3. Gunakan sambil nonton TV kurang lebih sepuluh menit saja lalu bilas wajah dengan air dingin.

e.  Gunakan herbal dari bawang putih

  1. Mudah sekali menggunakan dan mendapatkan bahan dari bumbu dapur ini, cukup kupas 1 hingga 2 butir kemudian tumbuk halus.
  2. Selanjutnya beri pada bagian muka yang berjerawat saja.
  3. Tunggu beberapa saat atau hingga terasa mengering lalu bilas hingga bersih. Tapi bagi yang memiliki jenis kulit yang sensitif sebaiknya jangan sering menggunakan bahan ini.

f.  Bahan alami mengobati jerawat dari minyak zaitun

Minyak zaitun ini sudah sejak lama digunakan bangsa Arab, terutama bagi para perempuannya, untuk memuluskan dan meutihkan muka serta mengatasi masalah bisul kecil dimuka yang lebih kita kenal dengan sebutan jerawat. Mendapatkannya juga sekarang tidak sulit karena hampir semua apotik menjualnya. Dan adapun cara penerapannya untuk mengatasi jerawat adalah dengan jalan:

  • Teteskan secukupnya minyak zaitun pada kulit wajah kemudian ratakan hingga menyeluruh pada semua bagian muka.
  • Pijat-pijat wajah untuk memberi ransangan dan menyehatkan jaringan kulit pada wajah berjerawat kurang lebih 5 menit saja.
  • Terakhir tinggal bilas dengan air dingin untuk hasil lebih baik. Efek dari pengobatan ini tidak langsung dirasakan, melainkan setelah dilakukan dalam jangka waktu beberapa bulan, untuk itu sebaiknya lakukan ini minimal 2 kali dalam seminggu.

Selanjutnya, ketahui juga Obat Jerawat Alami yang paling Ampuh

B.  Tips Menghilangkan dan Mengatasi Bekas Jerawat Secara Alami  ala Dokter – dr. Nadia Octavia

Jika anda mecari penjelasan di tempat lain soal ini mungkin akan banyak menemui panduan dengan berbagai bahan seperti madu, telur, jeruk nipis dan sebagainya, tapi di sini kami ingin memberikan beberapa ulasan penting dari dr. Nadia yang lebih akurat karena didasari berdasarkan pengalaman dokter selama ini dalam menangani pasiennya. Menurut beliu bahwa dalam mengatasi bekas dari jerawat maka ada dua hal yang perlu diperhatikan, yakni:

  • Seberapa besar jerawat yang akan dihilangkan, dalam artian seluas apa kulit yang mengalami tonjolan tersebut, dan
  • Seberapa dalamkah luka yang ditimbulkan

Jika kedua hal tersebut telah diketahui maka selanjutnya bisa mengukur cara apa yang tepat dalam menanganinya sehingga hasilnya pun akan sesuai dengan yang diinginkan yang mana muka akan kembali terlihat mulus dan tanpa bekas flek hitam sama sekali. Tapi sekali lagi, dua indikasi di atas mungkin hanya akan dijadikan landasan bagi ahlinya, tapi bagi kita mungkin hanya langsung saja beli obat atau cream, tapi itu juga tak masalah selama penggunaannya masih dalam taraf wajar. Nah, selanjutnya beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan bekas jerawat tersebut:

1.  Dermabrasi dan Mikro Dermabrasi

Pada dasarnya ini adalah semacam operasi ringan pada wajah yang kadang dilakukan hanya dalam hitungan menit saja. Caranya dengan menggunakan alat bernama Dermabrator yang cara kerjanya dengan berputar dan melakukan pengikisan secara halus pada kulit, itulah sebabnya metode menghilangkan keriput wajah dan bekas jerawat ini lebih aman jika dilakukan oleh dokter ahli yang berpengalaman, karena walau demikian tetap ada efek samping yang ditimbulkan, seperti pori-pori kulit menjadi lebih besar, walau sebenarnya dalam waktu lama akan kembali normal kembali, atau pun berubahnya warna kulit menjadi lebih gelap atau lebih terang yang kadang diatasi dengan bleaching. Tapi biar bagaimanapun, sebelum melakukan ini, sebaiknya konsultasikan pada dokter ahli karena efek rasa sakit yang dirasakan setelah melakukan operasi ringan menghilangkan jerawat ini agak lema, antara seminggu sampai 10 hari, apalagi yang memiliki kulit kemerahan dan tipis sangat dianjurkan untuk tidak terkena sinar Matahari langsung kurang lebih selama 3 bulan lamanya.

Mengenai biaya untuk metode ini memang cukup mahal, makanya kadang ada yang memilih Mikro Dermabrasi saja yang biayanya antara 400ribu hingga 1 juta untuk sekali perawatan. Tapi jangan ditanya soal efeknya karena sudah pasti ampuh menghilangkan bekas jerawat yang sulit dilakukan bahan herbal biasa. Adapun zat yang dipakai untuk yang Mikro ini adalah dengan bubuk kristal organik yang sangat halus, nah zak mikro inilah yang digunakan yang mana dibantu dengan vakum dalam 1 hand piece.

2.  Krim Malam

Umumnya para dokter kulit menyarankan untuk menggunakan night cream ini rutin setiap malamnya, terutama memilih yang alami dan bebas dari bahan kimia berbahaya. Ada beberapa manfaat yang diperoleh dari menggunakan kream malam, di antaranya merangsang produksi kolagen yang mana dengan ini jaringan kulit menjadi lebih sehat karena protein yang dihasilkan dapat mengurangi keriput dan mengisi bagian kulit yang rusak akibat jerawat. Selain itu dapat menjadi pemicu kelembaban wajah sehingga tampak lebih sehat, mencerahkan tampilan kulit karena lazimnya krim malam mengandung AHA dan asam beta hydroxy, serta fungsi utamanya sendiri, yakni menyembuhkan jerawat karena sebagian besar cream seperti ini menggunakan ekstrak biji anggur dan bunga matahari yang sudah sejak dulu dipercaya baik untuk kulit.

Di antara merek krim malam terkenal untuk mengatasi bekas jerawat yang banyak digunakan orang adalah:

  1. Olay Total Effects – Buat kamu yang mau mengatasi bekas jerawat dengan bahan olahan pabrik tapi tetap aman maka Olay Total Effects Night Cream ini bisa jadi solusinya, di antara kandungannya yang baik adalah vitamin E, B3, B5, dan VitaNiacin yang diyakini mampu menumpas tujuh tanda penuaan sebagaimana sering kita lihat dalam promosinya di TV. Mengenai harganya untuk yang ukuran 50 gr hanya kurang lebih Rp 110.000 saja. Murah kan?
  2. Wardah Lightening – Night Cream dari Wardah ini bisa dibilang sudah begitu terkenal dan lagi naik daun saat ini, dan itu pula mengapa baru-baru ini produk mereka mendapat penghargaan. Di antara efek baik yang ditimbulkan dari solusi bekas jerawat ini adalah sebagai tabir dari UVA dan UVB yang sering kali digembor-gemborkan, memutihkan dan mencerahkan kulit, serta yang terpenting adalah melakukan regenerasi kulit yang sudah pasti baik untuk membuat bekas jerawat hilang secara berangsur. Adapun harganya, malah lebih murah dari yang pertama, ya cuma 33ribu per produknya.
  3. Night Cream Adorra – Ini merupakan krim malam yang dikenal baik dalam mencerahkan kulit karena ia bisa bekerja mengangkat flek hitam pada wajah, termasuk pada bekas jerawat itu sendiri, dengan jalan menghambat terjadinya produksi pada pigmen malanin yang mana inilah yang sering kali menyebabkan kulit terlihat kusam dan gelap. Pada saat artikel ini dipublish, harnya dikisan 106 ribu.

3.  Hidrokuinon untuk flek hitam

Banyak yang menyebut bahwa penggunaan cream wajah untuk penderita wajah berjerawat yang mengandung Hidrokuinon harus dihindari karena dapat menimbulkan efek kerusakan pada kulit, tapi faktanya WHO sendiri, sebagaimana dilansir oleh favouritebeautycare.com, menyebutkan bahwa dalam dosis tertentu penggunaan Hidrokuinon untuk mengobati flek dan bekas jerawat masih disarankan, ini pula mengapa masih banyak dokter dan produsen obat masih menggunakan bahan ini. Di antara produk kream wajah yang sudah kenal dan menggunakan bahan ini adalah Melanox. Selain yang disebutkan di atas, kita juga harus paham bahwa antara merkuri dan Hidrokuinon jelas memiliki perbedaan, dimana Hidrokuinon bisa diketahui pasti apa efek sampingnya dan cara mengatasinya sedang merkuri tidak, misalnya saja penggunaan Hidrokuinon dapat mengakibatkan wajah jadi sensitif terhadap sinar matahari, maka solusinya menghindari cream ini dipagi hari dan bila terpaksa maka lapisi dengan tabir surya dan lain sebagainya.

4.  Terapi Laser untuk scar

Jika anda bertanya apa cara paling mudah dan paling aman dalam menghilangkan bekas jerawat dan tidak menimbulkan efek samping berupa rasa sakit dan efek lainnya seperti pengelupasan pada kulit muka? Jawabannya adalah dengan menggunakan laser jerawat. Namun sebaliknya efeknya sangat baik karena sinar laser yang dipaparkan pada wajah dapat merangsang penghentian produksi minyak pada kelenjar yang disebut Sebasea dan juga sangat manjur dalam merangsang kerja hormon kolagen yang tentunya sangat berefek pada penghilangan noda scar/bekas jerawat, selain itu ini juga baik dalam membunuh kateri yang bersarang dikulit. Jika anda mau mencoba cara ini maka kami sarankan menggunakan alat laser jerawat Blue Light Rays karena inilah yang dipercaya paling aman buat kesehatan kulit. Selain itu ada juga yang bernama pulsed dye yang baik untuk membunuh bakteri, dan juga dioda yang baik untuk mengobati sebasea.

Beberapa klinik skin care mematok harga terapi laser untuk menghilakang jerawat dan bekasnya ini dikisaran 150ribu ke atas untuk sekali terapi, tergantung jenis alat yang digunakan dan brand dari kliniknya sendiri.

5.  Chemical peeling

Ini kedengaran baru bagi kita, tapi pada dasarnya ini adalah salah satu cara mempercantik wajah sekaligus menghilangkan bekas jerawat yang paling banyak dilakukan oleh masyarakat kuno Yunani, Roma dan Mesir. Cara mereka melakukan ini adalah dengan bantuan cairan asam yang mana dari cairan tersebutlah lapisan kulit luar yang sudah tidak sempurna, rusak atau bahkan sudah mati diangkat hingga bersih dan tuntas sehingga segala masalah kulit pada wajah, seperti kerutan, garis wajah, flek hitam yang ditimbulkan oleh jerawat, dan juga yang disebut jaringan paru, semua akan hilang, dan bahkan tampilan kulit seorang wanita yang melakukan ini akan tampak muda, lembut dan cerah kembali. Tapi anda juga perlu memperhatikan pendapat Dr Retno Iswari Tranggono, SpKK. yang mana beliau bahkan melarang melakukannya karena bisa menyebabkan kulit menjadi tipis dna mudah iritas serta mudah timbul flek.

Menghilangkan jerawat dengan chemical peeling juga ada tingkatannya yang mana disesuaikan dengan kondisi kulit si pasien, misalnya untuk peeling ringan digunakan cairan AHA (alpha hidroksi acid) seperti asam salisilat, glikosilat, laktat dan juga kandungan asam dari buah-buahan. Dan untuk tingkatan sedang digunakan asam jenis TCA (TrichloroAcetic Acid) yang mana umumnya ditujukan untuk yang mengalami masalah pigmentasi dan keriput. Dan yang ketiga adalah yang menggunakan cairan Phenol Acid, tapi pada tahap ini akan lebih rumit caranya dan umumnya digunakan buat yang sudah mengalami penuaan yang serius. Anda pasti bertanya berapa biaya chemical peeling? Karena umumnya dilakukan dalam 3 hingga 7 hari maka bayarannya biasanya dihitung per kunjungan. Masing-masing perawatan kecantikan memiliki standar harga sendiri tapi yang kami ketahui antara 200ribu hingga 250ribu sekali peeling.

6.  Subsisi

Tujuan utama melakukan terapi atau operasi ringan untuk orang yang mau menghilangkan bekas jerawatnya yang dalam bentuk bopeng ( permukaan kulit yang tidak rata layaknya rembulan) adalah untuk memotong jaringan ikat atau parut dan bekuan darah yang menahan dan menarik permukaan kulit. Setelah melakukan ini diharapkan permukaan kulit yang tampak berlubang akan naik dan terlihat rata kembali. Dr. Gloria mengungkapkan bahwa teknik ini dilakukan dengan jalan memasukkan jarum khusus berukuran 18 hingga 23G pada permukaan kulit, kemudian terapi ini dilakukan seperti mencacah kulit. Efeknya tidak akan langsung terlihat karena dipengaruhi oleh penyesuaian kulit pada hasil treatment. Dianjurkan juga setelah melakukan ini untuk melanjutkan dengan treatment lain seperti laser dan Dermabrasi. Beberapa klink mematok harga untuk sekali terapi dikisaran 500ribu atau mungkin lebih murah, tergantung brand dari kliniknya.

Selanjutnya, ulasan lengkap soal : Cara Menghilangkan Bekas Jerawat secara alami dan dengan krim khusus.

Demikian tutorial lengkap dan terpercaya cara menghilangkan jerawat secara alami dan cara menghilangkan bekas jerawat yang membandel serta cara mengobati komedo putih di muka dengan berbagai sumber dan ulasan, termasuk yang menggunakan bahan alami dari herbal dan juga obat serta bantuan treatment dari klinik yang disertai harga dan efek samping yang ditimbulkan. Semoga ini bisa jadi rujukan utama untuk upaya menghaluskan dan memutihkan wajah anda tanpa harus keluar biaya yang banyak.

Lanjut baca : Cara Memutihkan Ketiak dan Selangkangan Secara Alami

About The Author

Comments

  1. restu

    saya mengelami jerawat yang sebenarnya belum terlalu parah, jerawat saya ini muncul setelah saya mulai memanjangkan rambut saya, sebelum rambut saya panjang saya belum pernah terganggu dengan jerawat, kalo pun ada itu cuma satu dua,, teman-teman saya menyarankan untuk potong rambut, tapi sayang banget, saya sudah berusaha untuk menjaga kebersihan muka dan rambut saya tapi tetep aja muncul, saya minta tolong dikasih solusi dong,,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *