Jerawat dalam bahasa Inggris disebut dengan Acne atau Pimple, sedang bekas jerawat disebut dengan Scar. Nah, panduan Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Secara Alami ini akan mengulas tuntas segala yang berkaitan dengannya, mulai dari flek hitam di wajah, bopeng dan noda lainnya yang membuat wajah tidak cerah. Tentunya sebagian besar di dasarkan atas hasil riset dokter yang hingga kini banyak dilakukan orang untuk melakukan perawatan wajah.

Dalam beberapa kasus terkadang bekas Acne atau scar di wajah dapat dengan mudah diatasi dengan hanya menggunakan bantuan bahan herbal, ya mungkin karena kebetulan sesuai dengan jenis kulit penderitanya. Namun, dalam kondisi tertentu usaha seperti itu kadang sulit membuahkan hasil, bahkan sudah dicoba berulang-ulang kali masih saja tidak terlihat perubahannya. Nah, Caraspot kali ini tidak hanya akan memberikan penjelasan terhadap bahan alami tersebut, tapi juga berbagai tindakan medis dan penggunaan krim dari bahan kimia yang masih tergolong aman digunakan. Berikut adalah ulasan lengkapnya:

A. Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Secara Alami dengan Bahan Herbal

Di bawah ini penjelasan yang pernah dipublikasikan oleh naturallivingideas.com sendiri, jadi bukan dari hasil karangan kami. Selain itu beberapa referensi terpercaya juga digunakan untuk menjelaskan lebih rinci soal istilah medis yang disebutkan di dalamnya agar pembaca semakin lebih paham makna dan maksudnya.

Baca sebelumnya : Menghilangkan Jerawat Batu dan Obatnya

1. Scrub Gula Tebu

Kalau di Indonesia ini masih jarang sekali digunakan padahal cara menghilangkan bekas jerawat secara alami dengan bahan ini sangat mudah ditemukan, apalagi kalau di pulau Jawa hampir di tiap kota banyak yang menjual sari tebu di pinggir-pinggir jalan yang mana kita bisa langsung beli disitu yang masih dalam bentuk batangan.

Kandungan utama dalam cairan gula tebu yang baik untuk bekas jerawat adalah pada glycolic acid di dalamnya yang merupakan salah satu jenis AHA yang dapat menghilangkan kulit mati di kulit wajah yang biasanya menimbulkan flek hitam akibat telah terjadi luka disebabkan jerawat. Selain itu, kandungan Glikolat tersebut juga dipercaya oleh para ahli sebagai cara terbaik dalam melakukan regenerasi kulit muka sehingga setelah bekas di kulit muka telah hilang ia kemudian akan menjadi semakin cerah karena munculnya kulit baru yang lebih bersih.

Adapun cara membuat dan menggunakannya :

  1. Peras tebu yang masih segar untuk diambil airnya
  2. Kemudian campurkan minyak zaitun dengan perbandingan 2:1 dengan bahan pertama di atas
  3. Tambahkan beberapa tetes cairan lemon organik ke dalamnya. Tapi usahakan jangan sampai larutannya terlalu berair.
  4. Oleskan scrub gula pada bagian yang mengalami bekas jerawat saja setiap dua atau tiga hari lalu diamkan kurang lebih selama 15 menit.
  5. Selanjutnya bilas hingga bersih dan sempurnakan dengan menggunakan pelembab alami yang sudah terbukti baik.

Jika anda dapat melakukan tips ringan di atas maka sudah pasti akan terasa sekali hasilnya. Asalkan jangan berpikir bahwa cara ini bisa langsung dilihat hasilnya dalam seminggu atau dua minggu karena ini adalah cara alami sehinga Anda harus bersabar melakukannnya hingga 3 bulan ke depan dan baru setelah itu bisa melihat bagaimana perubahan pada wajahmu.

2.  Kapsul Vitamin E untuk noda

Jenis vitamin E sudah sejak lama dipercaya baik untuk mencerahkan dan menghilangkan noda jerawat di wajah. Adapan cara mudah menggunakannya adalah cukup dengan melubangi kapsul vitamin E yang biasa Anda komsumsi lalu pencet dan biarkan cairannya berada di ujung jarimu. Setelah itu, oleskan langsung pada bekas jerawat yang masih memperlihatkan warna kehitam-hitaman. Untuk mendapatkan hasil yang lebih baik maka sangat dianjurkan untuk menambahkan vitamin E ini juga dalam moisturizer atau pelembab harian yang biasa digunakan kulit muka yang sedang mengalami jerawat dan juga pada bagian yang masih menyisahkan bekas jerawat dapat hilang lebih cepat.

3. Masker bubur kentang

Kentang bagi kehidupan orang Barat bisa dibilang seperti nasi bagi orang Indonesia. Kandungan dalam umbi ini sangat banyak yang mana 70% nya terdiri dari nutrisi dan 30% dari zat-zat lain. Adapun untuk tujuan mengatasi bekas wajah yang berjerawat maka kandungan vitamin C di dalamnya yang akan membantu kita. Ada beberapa cara penerapan bahan ini pada wajah, yaitu dengan mengiris tipis langsung dagingnya dan menempelkan pada bagian yang diinginkan atau juga bisa dengan dipotong kecil lalu diblender dengan sedikit air untuk dibuat seperti larutan bubur, kemudian cara penggunaannya dengan langsung dioleskan pada seluruh wajah layaknya masker.

Untuk mendapatkan hasil yang lebih baik maka diamkan sekitar 15 menit pada wajah dan baru setelah itu dibilas dengan air hangat. Adapun untuk mendapatkan efek kulit muka yang lebih kencang maka bisa ditambahkan putih telur atau madu asli pada cairan buburnya.

Bagi yang punya masalah seperti lingkaran hitam pada mata, keriput, bintik hitam atau flek, luka bakar, kulit kering dan kusam, maka masker maupun potongan kentang organik ini bisa juga dijadikan sebagai solusinya.

4. Virgin Coconut Oil

Ini nama lain dalam bahasa Inggris dari minyak kelapa murni yang biasa kita temui dijual di toko herbal. Biasanya bentuknya mirip minyak pada umumnya, yakni bening dan lengket. Jika disimpan di ruangan bersuhu dingin maka ia akan terbentuk seperti adonan es krim putih. Bahan ini selain baik untuk menghilangkan bekas jerawat di muka juga akan berfungsi baik sebagai pelembab alami.

Untuk mendapatkan manfaat dari virgin coconut oil ini maka caranya cukup tuangkan pada telapak tangan sebanyak ¼ (seperempat) sendok teh. Menurut penuturan naturallivingideas.com bahwa akan lebih baik kalau dibiarkan dulu sejenak pada telapak tangan agar minyak menyesuaikan dengan suhu tubuh. Selanjutnya, pijatkan langsung minyak pada bekas luka di kulit wajah hingga terlihat basah. Jika ingin manfaat yang lebih maka biarkan saja minyak menempel dalam waktu lama dan tak perlu dicuci. Tapi bila terasa menggangu maka cukup diamkan hingga 30 menit saja lalu bersihkan dengan pembersih muka alami.

5. Masker parutan jagung untuk bopeng

Kandungan vitamin A dan C dalam buah jagung telah diketahui baik untuk menghilangkan bekas jerawat secara alami yang umumnya dalam bentuk bopeng atau lubang-lubang pada wajah. Ini karena dari kandungan tersebut mampu melepas jaringan ikat yang terjadi pada bagian kulit yang telah mengalami jerawat sebelumnya.

Adapun cara membuatnya cukup parut jagung yang masih muda lalu campur dengan sedikit madu dan putih telur (asal jangan terlalu encer). Selanjutnya tinggal oleskan pada seluruh wajah dan diamkan hingga 20 menit lamanya. Terakhir, tinggal basuh dengan air bersih. Dan untuk hasil yang lebih baik Anda bisa melakukan ini 2-3 kali dalam seminggu, dan akan lebih baik lagi kalau dilakukan dalam jangka waktu yang lama.

6. Baking soda

Sejak dulu baking soda sudah dikenal memiliki banyak sekali khasiat. Bahkan di salah satu situs kesehatan luar negeri disebutkan hingga 15 manfaat dari bahan yang biasa dibuat campuran pembuatan kue ini, di antaranya adalah menghilangkan parasit, menjaga kesehatan rambut dan kuku, sebagai disinfektan alami dan juga sesuai yang kita bahas kali ini, yakni sebagai obat dalam cara menghilangkan bekas jerawat dengan cepat.

Cara pembuatannya adalah cukup dengan mencampurkan beberapa sendok teh baking soda dengan air secukupnya. Usahakan hingga membentuk pasta kental. Selanjutnya tinggal pijatkan pada bagian kulit yang terlihat ada bekas luka. Setelah itu cukup diamkan antara 1 hingga 2 menit saja, jangan terlalu lama karena bisa menyebabkan iritasi kulit. Terakhir cukup basuh wajah dengan air hangat lalu beri pelembab alami sebagai pelengkapnya. Bisa juga dilanjutkan dengan memberi minyak zaitun agar kulit semakin terlihat lembab dan segar.

7. Aloe Vera untuk mengatasi flek hitam

Menggunakan daun lidah buaya (Aloe Vera) sebagai pengobatan bekas jerawat bisa dibilang cukup aman karena gel yang ada padanya sama sekali tidak menimbulkan iritasi dan kerusakan kulit lainnya.

Kandungan Lysine dalam obat jerawat alami ini sangat baik dalam membantu produksi elastin dan colagen pada kulit wajah sehingga bukan hanya akan membasmi flek hitam akibat bekas luka karena jerawat, tapi juga akan membuat kulit tampak lebih sehat dan juga membuat pemakainya tampak lebih muda dari sebelumnya. Caraspot menemukan 4 kandungan dari sekian banyak kandungan Aloe Vera ini yang bermanfaat untuk mengobati bekas jerawat, yaitu:

  • Anti-oxidant – Komponen anti-oksidan yagn terdapat dalam Aloe Vera baik sekali dalam membantu mengurangi tanda-tanda awal penuaan yang diakibatkan oleh keriput ringan.
  • Microphages (atau Makrofaga adalah sel pada jaringan yang berasal dari sel darah putih yang disebut monosit) – Aloe Vera meningkatkan aktivitas microphages dalam darah yang melawan infeksi dan membantu menyembuhkan luka lebih cepat dengan lebih sedikit jaringan parut. Dengan kandungan ini, selain terbebas dari bekas jerawat, kulit juga akan bebas dari bopeng atau lubang-lubang pada kulit yang diakibatkan oleh luka jerawat.
  • Lysine – Gel dari Aloe Vera juga telah terbukti baik untuk merangsang produksi kolagen pada kulit.
  • Amino-acids – Tingginya tingkat asam amino dalam herbal lidah buaya juga dapat meningkatkan jumlah energi yang tersedia untuk tujuan regenerasi sel.

Adapun cara penerapannya pada kulit adalah cukup dengan kupas kulit luar dari daun lidah buaya yang masih segar, kemudian cairan gel yang terdapat di dalamnya langsung diusapkan pada wajah secara keseluruhan. Untuk hasil yang lebih sempurna, diamkan gel hingga 30 menit lalu basuh dengan air bersih.

8. Madu + Bubuk Kayu Manis

Dalam sejarah budaya mana pun Madu sudah menjadi primadona untuk pengobatan berbagai penyakit. Bahkan dalam ajaran agama Islam madu sering kali dianjurkan untuk dijadikan sebagai obat utama, sebagaimana disebutkan dalam salah satu hadis Nabi Muhammad saw. Adapun dalam sejarah pada zaman Cleopatra di Mesir kuno, bahan alami ini sering sekali digunakan sebagai lotion wajah.

Satu hal yang menjadi kesalahan banyak orang yang menggunakan cara ini dalam mengatasi dan menghilangkan bekas jerawat mereka adalah karena umumnya hanya menggunakan produk madu pasaran. Padahal, madu terbaik yang bisa memperlihatkan khasiat untuk ini hanya pada madu alami yang sama sekali belum mengalami proses apa pun, ya tentunya hanya yang didapat dari petani langsung yang diambil dari hutan.

Cara menggunakan bahan madu ini adalah pertama-tama campurkan bubuk kayu manis secukupnya pada sesendok madu kemudian langsung oleskan pada bagian yang masih terlihat bekas lukanya. Diamkan hingga kering lalu basuh dengan air. Adapun kayu manis di sini berfungsi sebagai pembersih pori kulit.

Ada beberapa lagi Obat Jerawat Alami yang Sering Digunakan yang wajib Anda baca sebelum melanjutkan ulasan di bawah.

B. Alternatif lain Cara Menghilangkan Flek Hitam di Wajah, Bopeng dan Noda Bekas Jerawat dengan Cepat lewat Cream Medis dan Treatment

Penulis kali ini merujuk pada salah satu situs ‘cara’ dan panduan terbesar, ya siapa lagi kalau bukan Wikihow. Doakan ya sob semoga blog ini suatu hari juga bisa seperti Wikihow!!!. Oke kembali ke laptop! Jadi selain menggunakan cara alami sebenarnya cara medis juga bisa jadi alternatif buat yang memiliki banyak uang dan tidak takut dengan efek lain yang ditimbulkan dari pengobatan ini. Tapi bila anda memilih tempat terapi yang sudah profesional dan dikelola oleh dokter ahli kulit langsung maka bisa dibilang kekhawatiran semacam itu tidak akan muncul.cara mengatasi dan menghilangkan bekas jerawar serta flek hitam di muka

Berikut adalah 8 cara dalam mengatasi Scars atau bekas jerawat dengan bantuan medis dan produk kimia hasil olahan pabrik:

Sebelumnya baca dulu : Cara Menghilangkan Jerawat (bukan bekasnya)

1. Cortisone cream (krim kartison)

Krim kortison dapat membantu mengurangi peradangan kulit dan meningkatkan penyembuhan. Manfaat dari krim ini banyak sekali dan bukan hanya untuk kulit muka, seperti untuk iritasi akibat gigitan serangga, Psoriasis, Eksim ringan sampai sedang, Dermatitis, Alergi, Ruam, gatal pada alat kelamin wanita bagian luar, dan gatal pada dubur.

Untuk bisa mendapatkan krim ini maka harus melalui resep dokter. Karena itu disarankan melakukan konsultasi terlebih dahulu pada dokter kecantikan langganan Anda sebelum memilih cara ini.

Di samping itu, obat ini juga memiliki efek samping pada kulit, seperti iritasi, kemerahan dan kekeringan pada kulit. Oleh karena itu jangan mencoba membelinya langsung tanpa ada rekomendasi dari ahlinya.

2. Gunakan krim Lightening Khusus

Temukan cream pencerah yang mengandung bahan seperti asam kojic, arbutin, ekstrak licorice, ekstrak mulberry dan vitamin C yang dapat membantu melakukan lightening pada kulitmu dan juga memudarkan hiperpigmentasi kulit yang disebabkan oleh bekas jerawat tanpa menyebabkan kerusakan atau iritasi.

Sebaiknya hindari produk yang mengandung hydroquinone, pemutih kulit dari bahan kimia yang sangat populer ini dapat mengiritasi kulit Anda. Selain itu bahan ini juga sudah dicap sebagai bahan yang berpotensi menyebabkan karsinogen. Sedang bagi kamu yang memang berkulit hitam seperti Ambon dan Papua maka sebaiknya hindari menggunakan krim pencerah karena dapat menghilangkan melanin kulit secara permanen dan bisa jadi kulit akan tampak belang setelah memakainya.

3. Treatmen dengan asam glikolat atau salisilat

Banyak sekali produk perawatan kulit yang menggunakan bahan ini, baik itu dalam bentuk krim, scrub, atau pun dalam bentuk salep. Bahan ini diketahui mengandung exfoliant yang efektif dalam membantu menghilangkan lapisan kulit mati, membuka dan membawa kulit hiperpigmentasi ke permukaan, hingga kahirnya menghilangkan masalah kulit tersebut selamanya.

4. Gunakan produk kulit Retinoid untuk mengobati kerutan dan perubahan warna kulit

Retinoid vitamin A derivatif yang digunakan dalam berbagai macam produk perawatan kulit mampu mengobati garis-garis halus dan kerutan, perubahan warna kulit akibat jerawat, dan jerawat itu sendiri. Retinoid berfungsi baik dalam meningkatkan produksi kolagen dan mempercepat pergantian sel, itulah sebabnya bahan ini sengat cocok untuk mengatasi bekas jerawat. Bicara soal harga, krim ini sedikit lebih mahal, tetapi walau begitu, sangat dianjurkan oleh banyak dermatologis karena baik untuk hasil yang cepat dan lebih efektif.

Sangat disarankan untuk menggunakan bahan ini pada malam hari saja karena diketahui bahwa krim retinoid sensitif terhadap sinar UVA dari sinar matahari. Dan adapaun cara mendapatkannya sebaiknya lewat resep dokter agar anda mendapat penjelasan lebih rinci sebelumnya soal produk ini.

5. Terapi Laser untuk mengatasi Scar

Jika bekas jerawat Anda tidak memudar sendiri setelah beberapa bulan, maka Anda mungkin bisa mempertimbangkan untuk menggunakan terapi laser langsung dari klinik kecantikan wajah. Tergantung pada perawatan yang Anda pilih, karena terapi laser ini baik digunakan untuk merangsang produksi kolagen atau untuk mengangkat bekas luka sehingga kulit baru bisa terbentuk pada bagian bekas jerawat tersebut. Namun, sangat dianjurkan sebelum melakukan ini agar melakukan konsultasi pada dokter ahli agar diketahui resiko apa saja yang mungkin timbul setelah melakukannya.

6. Hidrokuinon untuk mengobati flek hitam di wajah

Sebagian pakar ada yang menyebut bahwa menggunakan cream wajah bagi wanita atau pria yang mengalami jerawat, apalagi yang mengandung Hidrokuinon, sebaiknya dihindari karena bisa mengakibatkan kerusakan pada permukaan Kulit. Namun jika memperhatikan pernyataan WHO sendiri, lembaga kesehatan dunia tersebut menyebut bahwa penggunaan dalam dosis yang wajar untuk mengobati bekas jerawat seperti flek hitam masih dibolehkan. Dan faktanya di lapangan ada beberapa produk yang masih menggunakannya, sebut saja Melanox. Anda mungkin juga sudah pernah mencoba produknya kan?. Jika belum mungkin mulai sekarang bisa mencobanya karena memang Hidrokuinon baik untuk tujuan mengobati bekas Acne yang mengganggu. Mengenai ini Anda wajib membaca selengkapnya soal : Kandungan Dalam Obat Jerawat yagn Sering Digunakan

7. Melakukan terapi Filler untuk meratakan kulit

Cara ini dilakukan jika bekas jerawat menimbulkan lekukan atau lubang permanen pada kulit. Kondisi semacam ini sangat sulit dihindari, namun dengan menggunakan cara suntikan filler atau pengisi ini diharapkan mampu mengisi bagian yang kosong dalam kulit untuk membentuk permukaan kulit lebih rata. Namun cara ini harus diulang setiap 4-6 bulan sekali.

8. Microdermabrasi dan Peeling Kulit

Terapi kedokteran Microdermabrasi ini memang tidak dapat bekerja secara instant dalam sehari, walau dampaknya bisa sangat keras pada kulit dan kulit pun butuh waktu penyembuhan setelahnya. Tapi bila pemakaian krim dan lotion tidak bekerja dengan baik selama ini maka tak ada salahnya mencoba cara menghilangkan bekas jerawat ini.

Adapun bentuk peeling (pengelupasan) kulit dengan bahan kimia, seorang dokter kecantikan akan memanfaatkan larutan asam pekat khusus untuk mengelupas bagian tertentu dari kulit. Cara kerjanya adalah dimana bahan cairan ini ibarat ‘membakar’ lapisan atas kulit muka dan akan menyisakan lapisan kulit yang baru dan lebih segar di bawahnya.

Jika menurut anda masih ada bahan lain yang lebih baik digunakan dalam cara menghilangkan bekas jerawat secara alami dan flek hitam di wajah ini maka silahkan berikan komentar di bawah. Akan lebih baik kalau menyebutkan juga cara pembuatan dan pemakaian bahan herbal alami yang anda maksud agar mudah dipraktekkan oleh pembaca Caraspot lainnya. Dan yang terpenting dari usaha dalam membasmi dan mengobati bekas luka jerawat ini adalah kesabaran untuk melakukan secara rutin terapinya. Jangan berpikir bahwa hasilnya akan terlihat dalan 2-3 hari karena cara kerja bahan alami memang butuh waktu lama sebab hasilnya juga akan bertahan lama. Berbeda dengan yang menggunakan bahan kimia, walau hasilnya cepat tapi terkadang bisa menimbulkan efek samping, bahkan terkadang lebih parah dengan masalah bekas jerawat yang kita risaukan sebelumnya.

About The Author

Comments

  1. Penghilang Keloid

    Cara tersebut memang benar.

    Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, bisa dengan menggunakan obat penghilang bekas luka LiquidRx skin aid.

    Terbukti bisa menghilangkan bekas luka dan keloid baik yang sudah lama atau masih baru, hilang bersih dalam seminggu…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *