Memilih web hosting paling baik tepat tidak bisa dengan pertimbangan harga saja. Salah satu pertimbangan yang juga penting diketahui adalah ranking penyedia hostingnya. Nah, di artikel cara mengetahui hosting yang terbaik di Indonesia ini kamu akan tau dimana sumber referensi yang tepat untuk menemukan web hosting yang berkualitas tinggi.

Ranking maksudnya adalah berada di urutan keberapa suatu layanan hosting tertentu yang akan kita gunakan jasanya, apakah itu dari segi kualitas atau pun harganya.

Dengan mengetahui peringkat atau keunggulannya maka paling tidak akan membantu kita membandingkan dan memilih mana layanan hosting yang sebaiknya dipilih.

Sebenarnya, kalau kita bicara soal pemeringkat web, ada banyak sekali di luar sana. Hanya saja, kali ini Caraspot ingin memberikan rekomendasi situs yang bisa dijadikan rujukan untuk menemukan web hosting yang paling baik, dan sebaiknya dijadikan sebagai partner Anda dalam menjalani aktifitas blogging atau pun jualan online dengan website.

Cara Mengetahui Hosting yang Terbaik

Sudah saya singgung di atas bahwa caranya adalah dengan menggunakan petunjuk dari situs pemeringkat atau yang khusus memberikan ranking pada web hosting. Dan situs tersebut adalah webhostingterbaik.id

cara mengetahui hosting yang terbaik

Tapi sebelum masuk ke pembahsan inti kita soal situs ranking hosting di atas, maka ada baiknya ketahui dulu jenis prioritas hosting yang sebaiknya dijadikan alasan dalam memilih layanan hosting tertentu. Di antaranya:

1. Harga

Buat kamu yang masih pemula dan baru mau memulai bisnis online, baik itu menjadi blogger atau mengelola toko online, maka saya sarankan untuk menggunakan hosting yang menawarkan harga murah.

Tapi jangan salah, murah yang saya maksud adalah murah dan berkualitas, bukan yang murahan yang sama sekali tidak bisa diandalkan kualitasnya.

Alasan utama memilih hosting yang murah adalah karena selain untuk menyiasati cashflow di awal berbisnis, ini juga berguna agar di tahap awal membangun bisnis online bisa lebih fokus pada biaya membangun web selain biaya hosting, seperti tampilan atau theme web, SEOnya agar mudah juara di mesin pencari, dan lain sebagainya yang berhubungan dengan pengembangan web kita di tahap awal.

Intinya, pertimbangan harga hosting yang murah ini hanya sebagai strategi awal saja, tapi bila sudah berkembang dan sudah bisa mengukur penghasilan rutin dari bisnis online yang dijalankan maka ada baiknya untuk melakukan upgrade atau pun beralih pada kapasitas space hosting yang lebih tinggi.

2. Fitur

Maksud fitur di sini adalah segala bentuk layanan yang kita dapat bila memilih hosting tersebut.

Ada banyak sekali fitur yang bisa dipertimbangkan dalam memilih hosting web, di antaranya space dan bandwidth, website builder, teknologi yang digunakan (seperti Cloud hosting), control panel, jaminan uptime 99%, dan lain sebagainya.

Sebagai contoh, kamu menginginkan web yang bisa cepat kalau diakses atau yang cepat loadingnya. Nah, kalau seperti ini alasannya maka baiknya pilih hosting yang sudah menggunakan teknologi cloud hosting.

Atau misalnya menginginkan membuat website yang bisa diisi dengan banyak file tanpa kena suspend, maka hosting yang sebaiknya digunakan adalah yang menawarkan space dan bandwith unlimited atau tanpa batas. Dengan seperti ini, maka diisi berapa pun artikel atau gambar tetap saja muat (selama tidak melanggar ketentuan dari penyedia hostingnya).

Sebenarnya banyak lagi alasan fitur yang diinginkan dalam membuat website, tapi beberapa yang saya sebut di atas adalah diantara yang paling banyak dijadikan alasan para blogger atau online shopper dalam memilih hosting.

Dan bagi saya pribadi, yang sudah 7 tahunan menggeluti pekerjaan sebagai blogger, semua sah-sah saja kita jadikan pertimbangan, selama tujuan yang akan dicapai sejalan dengan tema web yang kita bangun agar hasilnya juga bisa lebih maksimal.

3. Costumer Service

Kalau kamu bertanya ke saya, selaku pemilik blog Caraspot ini, mengenai hosting yang seperti apa yang sebaiknya dipilih? Maka salah satu pertimbangan yang tidak pernah saya abaikan adalah soal costumer service ini.

Mengapa demikian? Ya, karena ini kembali lagi ke pengalaman saya selama menjadi blogger dan berulang-ulang kali gonta ganti hosting.

Hampir semua blogger, entah itu sudah berpengalaman apalagi yang masih newbie, selalu saja menemukan masalah pada webnya. Bila keadaan seperti ini terjadi maka tempat yang paling pas mengajukan bantuan dan pertanyaan adalah ke penyedia hostingnya. Tapi bayangkan, jika seandainya penyedia hosting tersebut cuek dan lamban dalam membalas setiap keluhan kita? Tentunya, selain rugi waktu kita juga bisa rugi dari segi materi jika seandainya pengunjung web kita sudah ramai.

Soal costumer service ini bisa dibilang alasan paling penting dalam memilih hosting. Dan saran saya, selalu pilih yang CSnya bisa online 24 jam dan tanpa ada libur sama sekali sekalipun di tanggal merah.

Kelebihan Memilih Hosting dari Rekomendasi Webhostingterbaik.id

Kalau bukan karena kualitas dari situs ini mungkin saya juga malas mengulasnya di sini. Secara… (kata-kata gaul nih brow…) Caraspot ini blog premium yang mana semua artikelnya bisa dibilang berkualitas dan premium semua.

Jadi saya sampaikan dulu kalau webhostingterbaik.id ini adalah website review yang khusus membahas soal hosting terbaik di Indonesia. Intinya, membantu kita mengetahui mana penyedia web hosting yang paling berkualitas dalam hal produk dan layannnya.

Oke, kita mulai lihat satu per satu apa saja kelebihannya:

1. Jujur dalam mereview

Ini saya kira alasan paling awal mengapa WebHostingTerbaik.ID ini bisa saya katakan layak untuk dijadikan referensi utama kalau mau cari hosting yang oke punya. Ya, Jujur.

Kita tidak akan mungkin sampai menggunakan hosting yang betul-betul berkualitas kalau mencari sendiri dengan baca-baca di berbagai blog yang bisa jadi blogger yang mengulasnya juga belum berpengalaman, kecuali saya he he!

Karakteristik utama dari layanannya yang saya ketahui adalah tidak memihak. Jadi bukan karena dibayar oleh si pemilik hosting kemudian dia memberi ranking yang baik. Jadi murni karena hasil penilaian yang mendalam.

Pendapat pengunjung di situs tersebut juga jadi sumber penilaian, karena memang dari merekalah kita bisa tau kalau hosting yang digunakan betul berkualitas.

Kalau searching di Google bisa saja kamu akan ketemu banyak situs serupa, hanya saja kalau cari yang betul-betul melakukan review mungkin bisa dihitung jari. Dan kebetulan webhostingterbaik.id ini salah satu yang bisa diandalkan.

2. Reviewnya terus diperbaharui

Sesuatu yang pasti bahwa yang namanya bisnis pasti selalu dinamis dan melakukan perubahan, termasuk pada bisnis hositng.

Nah, di antara kelebihan dari webhostingterbaik.id adalah karena review web hostingnya selalu di update berkala. Jadi setiap kali ada perubahan akan selalu memberikan informasi yang cukup pada pemngunjung situsnya, dan kemungkinan ranking dari situs hosting yang telah direview akan berubah seiring dengan persaingan yang terjadi.

Selain itu, pengunjung yang punya pengalaman tersendiri soal hosting yang telah atau sedang ia gunakan bisa juga dishare di webhostingterbaik.id. Sehingga, informasi mengenai baik tidaknya dari web hosting tertentu semakin jelas karena yang menyampaikan langsung dari pelanggannya.

3. Review lebih detail

Guna memberikan informasi yang memadai pada para pencari hosting maka revienya dilakukan dengan lebih detail.

Dan karena lebih mendalam dalam melakukan pengamatan pada berbagai layanan hosting di Indonesia maka wajar saja kalau materinya paling lengkap di banding dengan situs sejenis.

Sebenarnya masih ada beberapa lagi pertimbangan lain yang jadi alasan memilih situsnya. Tapi beberapa yang saya sebut di atas sudah sangat cukup untuk langsung ke TKP dan melirik kira-kira mana sebaiknya hosting yang kudu kamu pilih.

Baiknya jangan buru-buru memutuskan. Timbang dengan seksama aspek mana harusnya diunggulkan dari berbagai pilihan yang ada. Bijaklah biar sekali memutuskan bisa untuk jangka panjang.

Ettssss… sebelum kabur, saya tambahkan lagi kalau bukan cuma untuk cari hosting terbaik, di situs tersebut kamu juga bisa menemukan dan mengetahui layanan lain yang terbaik. Kurang lebih total ada 6, yaitu:

  • Web Hosting – Sudah dijelaskan panjang lebar di atas
  • VPS Hosting – Kalau ini soal layanan server private yang ditujukan khusus untuk situs dengan pengunjung bejibun. Jadi kalau webmu sudah tidak bisa menampung shared hosting maka bisa beralih ke VPS dan tentunya nyarinya di WebHostingTerbaik.ID juga.
  • Website Builder – Ini untuk yang tidak paham cara bikin web sendiri maka bisa pilih hosting yang layanan website buildernya paling bagus lewat situs ini juga.
  • Server Dedicated – Kurang lebih sama dengan VPS hanya saja ini lebih tinggi lagi speknya dan pastinya biayanya lebih mahal. Nah, kamu bisa bandingkan juga mana yang paling bagus dan murah.
  • Nama Domain – Kalau kamu mau cari alamat web maka baiknya cari dulu di WebHostingTerbaik.ID mana yang paling murah dan bagus. Ya, istilahnya ‘domain’.
  • Email – Nah, mau buat email yang sesuai dengan alamat webmu? Baiknya cari referensi dulu di sini mana yang fiturnya paling oke.

Kesimpulan saya soal Cara Mengetahui Hosting yang Terbaik di webhostingterbaik.id ini adalah cukup dan layak dijadikan referensi untuk menemukan dan membandingkan berbagai layanan hosting yang akan Anda pilih.

About The Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *