Simak penjelasan singkat Cara Membuka Pesan Email Yahoo – Ymail dan Google Gmail Termudah berikut ini. Bagi pemula dan baru menggunakan layanan pesan elektronik, baik itu Yahoo mail maupun gmail dari google, mungkin akan kebingungan saat pertama kali login ke akunnya, apalagi kalau belum disetting tampilan bahasanya yang mana biasanya default menggunakan bahasa Inggris, sehingga kalau yang dicari tulisan ‘Pesan Masuk‘ maka sudah pasti tidak akan terlihat sama sekali, melainkan dengan tombol bertuliskan “Inbox” yang memiliki arti yang sama dalam bahasa kita. Ini juga penulis Caraspot alami ketika pertama kali mengenal yang namanya internet, kata teman melalui sms yang ia kirim katanya emailnya sudah masuk, tapi begitu saya cek ternyata saya tidak tahu mana yang dimaksud, ya namanya juga baru jadi sedikit perubahan tampilannya saja langsung bingung.

Selain langkah dalam membuka pesan email yahoo dan google yang masuk, penulis juga akan menjelaskan beberapa masalah atau trouble yang mungkin terjadi ketika kita ingin login di akun kita, dan kebetulan salah satu tutorialnya sudah dipaparkan panjang lebar pada artikel sebelumnya di sini: Cara Mengatasi Email Yahoo Bermasalah. Dan untuk melengkapinya mungkin akan ditambahkan sedikit di halaman ini. Dan perlu diketahui bahwa ketikan kita mencek pesan yang masuk maka bisa banyak kemungkinan yang terjadi kenapa ia tidak terlihat di halaman depan dashboard, bisa jadi karena memang ada kesalahan saat mengirimnya karena si pengirim ternyata salah alamat atau hal lainnya yang mungkin terjadi yang butuh penjelasan soal itu.

Cara Membuka Pesan Email Yahoo

Berikut ini adalah proses yang harus dilakukan untuk login dan membuka pesan masuk di account email kita. Yang pasti simple saja dan tak butuh banyak ilmu untuk itu jadi tidak usah khawatir, karena kalaupun anda bingung kami siap membantu untuk memberikan tambahan uraian dalam materi kita kali ini.

Masuk dulu ke web resmi dari Yahoo.com untuk selanjutnya mengikuti arahan di bawah.

Selanjutnya perhatikan di bagian pojok kanan atas atau bisa juga di bagian samping kiri, klik tulisan “Mail” yang tertera, hanya saja bedanya kalau yang kiri setelah login maka akan kembali tampilannya seperti semula dan yang berubah adalah statusnya yang di kanan atas yang menunjukkan kamu telah logi, jadi sebaiknya langsung klik “Mail” yang kanan atas aja. Perhatikan gambar di bawah:

pembuatan mailatau

langkah cara membuat email yahoo

Setelah berhasil menemukan tulisan tersebut dan meng-kliknya maka selanjutnya akan tampak halaman baru yang lebih kecil ukurannya sebagaimana yang terlihat di bawah, silahkan isi kolom pertama dengan Username atau alamat email kamu, selanjutnya tinggal klik ‘Sign in‘ atau ‘Masuk‘ untuk mulai melihat halaman Dashboard-nya.

create account yahoo

Catatan:
Perhatikan dua tanda panah di atas, jika ingin login maka yang diklik adalah yang nomor 1, sedang kalau kamu baru mau membuat akun maka yang diklik adalah yang nomor 2.

Jika berhasil, maka halaman Dashboard akan tampak langsung saat pertama kali anda login dalam akun email, dan yang dilakukan selanjutnya untuk membukan email atau pesan masuk di Yahoo anda adalah cukup dengan mengklik Judul dari pesan tersebut yang ada di samping kanan yang dalam gambar di bawah ditandai dengan panah nomor 2.

cara cek email yahoo

Perhatikan:

  1. Untuk membukan email masuk maka yang diklik adalah pada salah satu judul yang ada di dalam kotak merah di atas. Biasanya juga, untuk pesan atau inbox yang baru maka tulisannya akan bercetak tebal atau dibold yang artinya email belum dibaca sama sekali.
  2. Adapun pada tanda panah 1 adalah sebagai pemberitahuan mengenai jumlah pesan yang baru masuk hingga saat ini, terutama yang belum dibaca maka ia akan menunjukkan angka.

Tips Lain Saat Membuka Email di Yahoo

Selain belajar melihat isi pesan, Caraspot juga ingin menjelaskan beberapa ilmu soal Yahoo mail ini yang mungkin saja sepele tapi juga perlu diketahui oleh yang masih pemula karena bisa jadi ini tidak anda temukan di blog manapun.

Setelah melihat isi pesan baru yang sedang anda buka, maka biasanya anda ingin kembali ke halaman sebelumnya atau halaman Dashboard, nah ini bisa dilakukan dengan jalan mengklik tulisan “Email Masuk” yang ada di samping kiri sebagaimana ditunjuk dengan tanda panah nomor 1 di atas.

Pada email yang telah dibaca, kita bisa melakukan beberapa pengaturan padanya yang mana menunya terdapat pada bagian atas deretan judul yang ditandai tanda panah dan kotak di atas, di antaranya adalah :

  1. Delete atau Hapus – Menu ini digunakan kalau misalanya pesan yang sudah kita baca dianggap tidak perlu dan sebaiknya dibuang saja. Adapun cara melakukannya adalah dengan jalan buka atau baca dulu email baru tersebut kemudian klik menu Hapus atau Delete yang ada di atasnya. Jika telah melakukan ini maka secara otomatis email ymail tersebut akan masuk ke menu “Sampah”, dan pada tahap ini ia masih bisa kita lihat atau kembalikan ke menu Inbox lagi, hanya saja kalau dari ‘Sampah’ tersebut kita hapus lagi maka selamanya ia akan hilang.
  2. Pindahkan – Ini adalah menu yang baik sekali digunakan untuk mengelompokkan pesan yang anda terima dari orang lain, misalnya saja punya teman yang biasa mengirimi email lewat akun Yahoo anda maka agar nantinya semua pesannya bisa dengan mudah kita lihat tanpa harus mencarinya satu per satu ia bisa kita kelompokkan dalam satu folder. Caranya, cukup klik menu tersebut lalu pilih “Folder Baru” bila sama sekali belum pernah bikin folder atau tinggal pilih dari pilihan yang ada jika seandainya sebelumnya telah membuatnya. Nantinya, jika ingin membuka kumpulan email dalam folder tersebut maka caranya cukup cari di menu bagian sampinya saja dan tinggal klik untuk membukanya.
  3. Spam – Ini digunakan kalau ada email masuk yang telah kita buka atau mungkin sebelum membukanya tapi melihat dari judulnya ia adalah pesan promosi yang tidak anda inginkan, maka cara memasukkannya dalam kelompok email spam bila belum dibuka maka cukup centang dulu pesan tersebut baru klik menu spam yang tertera di atas, atau jika sudah terlanjur dibuka dan dilihat pesannya maka langsung saja klik menu spam tersebut.
  4. Lebih Lanjut – Ini digunakan jika kita ingin menandai email tersebut, apakah sudah dibaca atau belum atau pun untuk melakukan Print pada pesan tersebut. Tapi penulis sendiri jarang sekali menggunakan menu ini karena mungkin kebanyakan email yang kita terima bentuknya Lampiran dan isi pesannya sendiri hanya memberitahukan kalau ada file Attachment yang sedang dikirim.

Cara Membalas Langsung Pesan Masuk

Jika seandainya telah membaca pesan dan ingin mengirimi pesan juga dari pengirim yang sama maka bisa dilakukan dengan mengklik dua tombol tulisan yang ada persis di bawah isi email yang sedang dibaca, yaitu:

  • Balas – Ini dipilih jika pesan ingin kita kirimkan langsung tanpa harus mengklik Compose yang ada dikiri atas dan tanpa perlu mengetik alamat email dari penerimanya. Jadi sekali klik maka akan lansung menunjukkan halaman penulisan isi pesannya.
  • Teruskan – Ini kita gunakan kalau misalnya mau mengirim email dengan isi pesan yang sama persis dengan yang sedang anda baca tapi dengan penerima yang berbeda. Ini tujuannya jika seandainya anda ingin memberitahukan juga tulisan dalam pesan yang telah anda baca pada orang lain tapi tidak mau capek2 melakukan copy paste. Jadi kalau menggunakan ini itu artinya setelah diklik harus mengetikkan alamat email penerimanya.
  • Jika mau dengan cara lain, yakni mengirim email di Yahoo mulai dari langkah awal tanpa masuk ke isi pesan in, maka silahkan baca artikelnya dari link merah yang anda lihat sekarang. Di dalamnya dijelaskan secara lengkap proses atau langkah-langkah jika ingin mengirim pesan setelah login pertama kali.

Sampai di sini kita sudah belajar banyak soal pengelolaan akum email kita, selanjutnya, jika ada yang kurang dipahami silahkan saja berikan komentarmu di bawah, semoga jika waktu cukup kami akan beri penjelasan tambahan di bawahnya.

Cara Membuaka Email Masuk di Gmail Google

Sebelum baca penjelasannya, jika seandainya belum punya akun Gmail sama sekali, maka kami sarankan belajar juga Cara Membuat Email Baru Gmail di Google. Penjelasannya panjang sekali karena kami ingin semua jelas dan anda bisa dengan mudah mengetahui segala seluk beluk dan problem dalam penggunakan account tersebut.

Kalau yang di atas adalah tutorial untuk pengguna Yahoo, sekarang ini akan dijelaskan juga bagi yang memakai akun Gmail dari Google. Sekilas tampak berbeda karena sudah pasti desain tampilannya akan beda, hanya saja untuk langkahnya ada beberapa yang harus kita kitahui agar tak salah, karena jangan sampai tidak membuka emailnya mala menghapusnya, padahal itu adalah pesan penting yang dikirim teman atau rekan bisnis anda.

Pada dasarnya bisa dibilang bahwa membuka email di Gmail dan Ymail hampir tak ada bedanya yang mana semua harus dimulai dengan login ke Account kita terlebih dahulu dan baru setelah itu mengklik judul dari pesan yang diterima yang ada di bagian kanan dan barulah setelah itu isi pesannya akan terlihat, tapi berhubung penulis juga ingin memberikan penjelasan lebih lanjut soal ini makanya akan diterangkan di halaman berikutnya Disini.

Sedikit saya mau memberikan perkenalan soal Gmail ini. Jadi, perlu anda ketahui juga bahwa dalam aturan Google, dengan memiliki hanya satu akun saja kita sudah bisa memanfaatkannya untuk banyak penggunaan akun pada layanan yang berbeda tapi masih dengan pemilik situs yang sama, yakni Google Inc. Di antara yang bisa kita gunakan untuk login dari satu akun email google tersebut adalah Youtube, Blogger, Google Play atau Play Store, dan lain sebagainya, pokoknya apa saja yang merupakan kelompok usaha dari si Mbah tersbut kita bisa gunakan untuk memiliki keanggotaan di sana tanpa perlu daftar lagi.

Kami berharap semoga artikel “Cara Membuka Pesan Email Yahoo – Ymail dan Google Gmail Termudah” ini bisa menjadi rujukan terbaik anda dalam melakukan pengelolaan akun surat elektronik yang anda miliki, semoga kedepannya ini bisa terus diperbaiki tulisannya jika seandainya ada penjelasan yang belum lengkap atau jelas atau mungkin ada dari pembaca yang mau menambahkan maka bisa dengan jalan berkomentar sesuai dengan tema pembahasan kita kali ini. Dan pastikan berkunjung secara rutin jika ingin mendapatkan berbagai cara, turtorial, tips dan apa saja yang dalam bentuk panduan gratis yang bisa anda baca di sini. Happy nice blogging!

About The Author

Comments

  1. Jose Bonifacio Pinto

    Saya mau buka email saya karena sudah lama tidak bisa akses

    1. PT AJP

      saya tidak bisa buka email karena sudah lama tidak di buka
      dan yaho tidak mengenali email kami, bantu kami ya

      1. Mitha

        Min, mau nanya.Apakah ada email yang hanya ditulis ‘@’ doang, karena setau saya biasanya ditulis’ here@gmail.com atu here@yahoo.com. ne kok ad email yang seperti ne ‘ here@.com’ gtu ajh. Nah pada saat aq kirim message ku tdi trus masuk ke spam. Kra mna it ya Min, tolong pencerahannya dong . terimaksih ☺a

      2. Caraspot Article Author

        yang namanya email itu harus lengkap termasuk domainnya kalau gmail.com maka di akhirnya juga harus begitu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *