Kalau kamu bertanya blog siapa yang paling tinggi trafiknya atau bloger Indonesia yang paling sukses dari segi penghasilan saya kira beberapa yang disebutkan di bawah bisa anda perhitungkan. Jujur, ini murni hasil pengecekan saya sendiri pada bulan September 2015 lalu, jadi bisa jadi ada perubahan pada trafiknya, kalau gak naik yang pasti turun. Dan perlu saya sampaikan bahwa peringkat versi Caraspot di bawah di dasarkan atas trafik dan bukan berdasarkan rumor, jadi saya kira lebih objektif dan dapat dibuktikan kebenarannya.

Penting diketahui bahwa ranking Alexa tidak bisa secara mutlak jadi ukuran kesuksesan sebuah blog karena bisa jadi ranking Alexanya tinggi tapi ternyata trafiknya minim. Ini kurang lebih sama kasusnya dengan 2 blog yang disebutkan paling bawah. Selain itu, trafik tinggi juga tidak bisa serta merta jadi ukuran kesuksesan dari seorang blogger karena jika misalnya trafiknya tinggi, taruhlah dengan 100ribu visitor perhari, tapi tidak ada iklan Adsense dan lainnya di dalamnya (termasuk digunakan jualan online dan jadi afiliator), maka besar kemungkinan ia tidak mendapat penghasilan rutin per hari atau per bulannya. Jadi kesimpulannya adalah bahwa blogger sukses dengan penghasilan tinggi punya banyak faktor yang mana semua harus ada padanya secara bersamaan, baik itu trafik dan juga kerjasama iklan dalam blognya.

Blogger Indonesia yang Paling Sukses

Cara mengetahui kunjungan blog per hari dari list di bawah adalah dengan membuat perbandingan antara trafik dari Histat dan jumlah yang disebutkan di bawah yang mana jika histat-nya 20.000 per hari maka trafiknya 100k (kurang lebih) menurut Similarweb.com.

Jadi sekali lagi, kalau penghitung trafik di bawah hanya hitungan kasaran saja dari Similarweb.com anda bisa pakai tool lain kalau tidak puas. Nah, berikut list blogger suskses yang dimaksud: 38. Ya Tuhan kami, sesungguhnya Engkau mengetahui apa yang kami sembunyikan dan apa yang kami lahirkan; dan tidak ada sesuatupun yang tersembunyi bagi Allah, baik yang ada di bumi maupun yang ada di langit.

A. Berdasarkan penghasilan yang pernah diperoleh

Profesi mereka bisa dibilang blogger tapi bisa juga disebut ‘Internet Marketing’. Ya karena selain melakukan sharing ilmu soal blogging dalam blognya mereka juga lebih banyak menghabiskan waktu dari berjualan digital product atau ebook. Bahkan penghasilan mereka yang bisa mencapai angka 6 digit dollar lebih banyak dihasilkan dari penjualan ebook mereka yang bisa mencapai ribuan copy dengan harga minimal $20 per copynya. Salah satu contoh yang paling wah… adalah dari Mas Tantan Hilyatana karena ia bahkan bisa menghasilkan hingga $500.000 atau setara dengan 5 Milyar rupiah jika per 1 dollarnya 10.000. Saya kira ini satu pencapaian yang luar biasa yang belum tentu bisa kita capai juga, apalagi katanya marketing ebooknya itu hanya dilakukan sendiri. Nah berikut yang lainnya:

1. Tantan Hilyatana

Beliau mengklaim sendiri penghasilannya mencapai $100.000 dari usaha affiliate sales dan product lunch / ebook di internet. Walau hasilnya bukan dari blog langsung karena ia menggunakan media promosi dari JV (Joint Venture), tapi tetap saja ada hubungannya dengan blog, terutama trafik yang dihasilkan untuk menggait pembeli dari produknya. Selain itu, ia juga masih membuka jasa kursus senilai 9 juta lebih untuk 2 hari pelatihan. Bagaimana gak sukses tuh?

2. Maulana Malik

Produk yang dijual juga kurang lebih sama tapi bisa dibilang banyak juga dari hasil List Building yang mana ia sendiri menyebut hasilnya antara 4 hingga 5 digit per bulan. Jika mau tau apa saja yang ilmu yang ia share bisa berkunjung ke situsnya dengan domain yang sama persis dengan namanya dengan ekstensi .com

3. Bramantya Farid Prakosa

Blogger ini bisa dibilang jagonya seo karena ia pernah menjuarai sebuah kontes yang diselenggarakan oleh salah satu perusahaan berlian, Shiree Odiz. Dan sejak itu ia mulai mendulang uang dari jasa seo dan pelatihan soal seo yang ia buka. Belum disebutkan secara pasti berapa rupiah yang telah ia kumpulkan, tapi dari jasa yang ia buka dan berbagai produk yang ia jual yang bisa laku hingga ribuan biji sudah pasti hasilnya tidak sedikit. Salah satu tempat ia menjual jaket dari ide desainnya yang konon laris manis adalah di jfleece.com.

B. Penghasilan Blogger Berdasarkan Trafik Blog

  1. Maxmanroe.com (trafiknya 440k = empat ratus empat puluh ribu visitor unik per bulan) – Penghasilan yang bisa ia dapat dalam sebulan mencapai 50 jutaan. Dan asal tau saja, saya juga banyak belajar dari blog ini. Dan bahkan ketika saya belum punya apa-apa sama sekali dalam hal pengetahuan soal blogging sering sekali bermimpi ingin punya blog seramai ini. Tapi syukur karena sekarang ini trafik web saya ini sudah seperempat (1/4) dari trafiknya, ya kurang lebih seratus ribulah. Tema utama dari blog dengan platform WordPress ini adalah soal bisnis online dan aneka peluang usaha lainnya, tapi untuk menambah dan mempertahankan trafiknya ia juga terkadang menulis tema lain yang banyk dicari para netizen. Dan bisa dibilang artikelnya umumnya selalu memberi ilmu dan inspirasi yang bermanfaat buat pembacanya.
  2. Simomot.com (420k) – Dalam sebulan pemilik blog ini bisa mendulang rupiah hingga 30 juta, dipotong biaya untuk penulisnya. Terakhir setelah saya cek trafiknya mulai turun jadi 300an, hanya saja kalau user online yang aktif untuk tiap waktunya bisa dibilang tak pernah turun, bisa mencapai 1000 online dalam tiap detiknya. Penghasilan dari blog ini bisa dibilang tinggi sekali, kalau pakai hitung-hitungan saya untuk setiap 20ribu pageview histat per hari penghasilan bisa 10-15 dollar per hari, jadi kalau 100ribu bisa dibilang kira-kira $50 lebih per hari, tapi ini belum pasti. Yang jelas adminnya sendiri mengungkapkan bahwa dalam sebulan ia bisa menghabiskan hingga 5 juta untuk gaji karyawan penulisnya saja, jadi bisa berapa tuh penghasilan tuk pemiliknya sendiri jika karyawannya saja ia bayar hingga segitu?
  3. Masyadi.com (270k) – Kalau yang ini saya belum tau penghasilannya, tapi yang jelas dengan trafik sebanyak itu dan adanya Adsense di dalam blognya bisa kita perkirakan hasilnya. isi blog ini juga campur-campur dan masih menggunakan blogger pada platformnya. Salah satu keunggulannya adalah karena template yang digunakan memang cukup ringan sehingga lebih mudah bersaing. Terakhir kali saat dicek trafik rata-rata dalam satu bulannya adalah 270k menurut similar web. Cukup jauh dibanding blog saya Caraspot ini, yang saat oktober baru sampai 120k.
  4. Berjibaku (260k) – Ini juga blog campur-campur tapi bisa dibilang artikenya banyak menduduki halaman pertama google sehingga tak heran kalau trafiknya bisa setinggi itu. Selain itu, artikel yang beragam juga menjadi salah satu keuntungan dan penyebab blognya bisa menghasilkan lebih banyak rupiah perharinya dari iklan Adsense yang dipasang.
  5. Carapedi.com (250k) – Kalau kamu mau tau alasan apa yang menginspirasi saya sehingga membuat Caraspot ini maka Carapedi inilah alasannya. Ketika melihat isi blognya yang banyak dipenuhi soal segala cara-cara akhirnya saya pun berpikir kenapa tidak melakukan hal yang sama padahal kata kunci tersebut kan yang paling banyak dicari di internet. Kembali ke soal blognya, walau bisa dibilang masih pendatang baru blog ini mampu mencapai trafik yang tinggi sekali, saya melihat bukan hanya karena penerapan teknik SEO nya tapi lebih karena keragaman jenis artikelnya soal cara membuat berbagai hal, dan bisa jadi tidak ditulis di blog lain tapi di blognya ada sehingga walau tanpa harus dioptimasi bisa dengan mudah juara di mesin pencari.
  6. strukturkode.blogspot.com (230k) – Pendapatannya hingga 8 juta per bulan. Kalau yang di atas menginspirasi saya soal tema blog yang saya pilih, maka Strukturkode ini mengajarkan saya bagaimana menulis dengan baik sehingga walau tanpa optimasi sama sekali rata-rata artikel blog saya mudah juara di Google. Hanya saja ketika saya mengecek trafiknya, terakhir pada awal bulan November ini, ternyata turun dan bahkan terus merosost dibanding bulan sebelunya, yakni cuma tersisi 85k saja. Saya sendiri sudah menemukan apa kelemahannya tapi tidak etis kalau harus dishare di sini karena menjaga privasi orang, yang jelas penurunan itu terjadi dengan sendirinya.
  7. Idjoel.com (210k) – Salah satu pesaing saya dalam berburu trafik dari kata kunci ‘batu akik termahal’ memang sih sekarang ini saya sudah berhasil ada di atasnya, tapi tidak tahu kalau ia melakukan optimasi yang lebih dahsyat lagi pasti akan menang juga. Trafik 210k bisa dibilang tidak mudah mendapatkannya, tapi karena kegigihan dari pengelolanya akhirnya bisa juga. Saya melihat blog ini sangat cekatan dalam mencari sumber-sumber yang bisa mendatangkan trafik tinggi, terutama pada jenis artikelnya. Jadi kalau mau belajar otodidak soal blogger ada baiknya berkunjung saja ke sana.
  8. Idzsn.com (170k) – Kurang lebih sama dengan Idjoel di atas, blog ini juga banyak fokus mengulas soal jenis batu cincin dan kebanyakan masuk hal 1 google. Dengan trafik hingga 170k saya kira belum banyak blogger yang mencapainya. Kalau mau belajar cara penulisan baiknya berkunjung dan baca artikel-artikel dari Idzsn ini.
  9. ketkpgan.com (140k) – Saya sempat terkagum-kagum dengan pemilik blog ini dan bahkan sampai heran kenapa artikelnya bisa selalu juara di google, walau sekarang ini banyak digantikan dari blog lain. Info dan artikelnya umumnya menarik tapi karena kebanyakan hanya untuk mengejar trafik jadinya kalah juga dengan blog dengan artikel yang beragam dan tidak hanya menulis artikel dengan pencarian yang banyak.
  10. Caraseobali.com (130k) – Blog ini bisa mengumpulkan rupiah hingga 25 juta setiap bulannya. Mau belajar SEO ya di sini saja. Beberapa ilmu seo yang saya terapkan dalam blog ini juga berasal dari Caraseobali. Trafiknya yang tinggi tapi juga tidak terlalu tinggi kalau dibandingkan dengan jago SEO lainnya besar kemungkinan karena ia banyak melakukan optimasi pada blog klien yang menggunakan jasa SEO-nya.

Lalu kira-kira siapa berikutnya yang akan jadi ‘the next richer blogger…?’ Dari pada bingung mending saya jawab langsung. Ya, siapa lagi kalau bukan Caraspot.com. Secara… sekarang ini trafik rata-rata per bulannya sudah 120k dan akan terus naik seiring dengan artikelnya yang terus diupdate. Mungkin ada yang mau tau apa sih rahasia dari semua blogger di atas dan termasuk blog ini kenapa trafiknya bisa begitu tinggi? Nah, kalau mau tau tunggu saja ebook rahasia SEO yang akan segera launching yang dibuat berdasarkan ilmu dari para Master, pengalaman dan juga teknik yang saya terapkan selama ini, tentunya yang sudah terbukti berhasil. Dan yang paling penting dalam ebook tersebut adalah Anda akan tau apa yang saya lakukan setiap hari agar bisa juara 1 di setiap kata kunci. Harganya murah, cuma 1 juta dan bagi yang pesan sekarang sebelum launching akan dapat diskon 20%. Ayo buruan kirim email ke caraspotcom@gmail.com untuk melakukan order harga diskon!

C. Yang sering diperbincangkan para blogger

Terus terang kalau membandingkan dengan semua yang ada di atas 3 blog di bawah ini bisa dibilang paling banyak dapat pujian dan pembahasan di berbagai postingan, tapi ternyata setelah Caraspot mengecek langsung trafiknya, wah kayaknya masih kalah bahkan dengan blog yang kurang diperhitungkan sama sekali. Mohon maaf ya mas Trikmudahseo, mbak JuraganCipir dan mbak Ririn karena ini hanya ulasan bebas saja yang tujuannya untuk memberi masukan saja buat teman-teman yang masih pemula, termasuk saya pribadi. Jadi bukan untuk tujuan memojokkan sama sekali.

trikmudahseo.blogspot.com – 100k

Blog ini berisi seputar teknik blogging dan segalah hal menyangkut SEO, mulai dari cara mengatur template blog, cara menulis artikel yang seo Friendly hingga tahapan dalam mencari backlink yang berkualitas yang selama ini banyak dicari blogger pemula. Belakangan pemiliknya juga mulai menawarkan jasa backlink dan belajar soal SEO secara online dengan bayarna kurang dari 200ribu per level materi. Dan jika kita lihat dari ranking blognya memang kebanyakan menduduki juara 10 besar dan beberapa ada yang ranking 1 tapi semenjak jarang terurus blog ini mulai tergusur oleh beberapa blog pendatang baru, tapi btw saat ini masih powerful mengalahkan banyak pesaingnya.

juragancipir.com – 80k

Bisa dibilang banyak sekali yang belajar dari blog ini dan bahkan saya juga dulu sering berkunjung ke blognya, tapi karena belakangan saya lihat trafiknya rendah sekali saya mulai berpikir bahwa system yang dijalankannya masih belum cukup, sekalipun banyak yang mengelu-ngelukannya, tapi standar saya tetap pada trafiknya dan bukan rumornya. Isinya campur-campur dan sekarang ini juga menyedikan forum bertanya bagi setiap membernya. Hanya saja sampai saat ini trafiknya juga malah turun drastic. Ya, apalagi kalau bukan karena teknik. Sekalipun diisi ribuan artikel kalau tidak bisa bersaing akhirnya akan kalah juga kan. Tapi saya senang dengan adminnya karena sangat loyal menjawab pertanyaan komentar pengunjungnya.

cara-ririn.com – 75k

Ini juga salah satu blogger tempat saya belajar dulu, hanya saja karena iklannya kurang enak dipandang akhirnya saya tinggalkan. Jujur, dulu saya kagum karena blog cara-ririn ini jago sekali rampingin ranking alexa, bahkan hanya 3 bulan sudah di bawah 100ribu. Tapi setelah saya tau kalau Alexa tidak ada hubungannya sama SEO, akhirnya saya beralih pada jagonya teknik SEO artikel, salah satunya di blog Strukturkode. Tapi saya juga merasa terbantu dengan adminnya karena pernah ngobrol dan Tanya-tanya soal seo dengannya.

Cukup sekian list blogger sukses yang bisa kami sebutkan, tapi menurut versi saya lho, bukan nyontek atau berdasarkan gosip di dumay, baik itu di forum atau di postingan blog. Kalau ada yang merasa mengungguli dari semua yang disebut di atas maka bisa klaim lewat komentar di bawah agar dimasukkan dalam list juga, tapi dengan syarat like dan share dulu artikel ini di akun facebook dan twittermu. Adil kan?Oke … kira-kira siapa lagi yang masuk dalam daftar Blogger Indonesia yang Paling Sukses dengan Penghasilan Tertinggi

About The Author

Comments

  1. Muhammad Adnan

    infonya kren gan, membuat saya termotifasi untuk selalu belajar dan selalu belajar. gan mohon sarannya untuk blog sy. terima kasih

  2. nits

    senang bisa menemukan web ini :)
    sy ingin pny web/blog yg bs utk mempromosikan link affiliate dan jg artikel2 yg mnrt saya menarik dan pengen juga pny penhhasilan sperti blogger2 dan caraspot.com
    baiknya bwt di wordpress atau gmn y
    msh awam bgt sm fungsi SEO dan sejenisnya

    ditunggu penjelasannya :)

  3. Android Maker

    Kalo boleh tau….untuk mencapai trafik 120k seperti caraspot.com….berapa banyak artikel yang dimiliki. Dan kalo memang berkenan atau ada waktu…apa kelemahan dari blog saya ?

    1. Caraspot Article Author

      Saat artikel ini diposting, artikel caraspot baru 150an artikel.

  4. OkeeZonee

    berarti para blogger Indonesia hebat ya traffic bisa mencapai segitu banyaknya

  5. Dzkry

    Wah, ampe merinding ane baca informasinya haha, lengkap banget gan, dari jumlah pendapatan sampai trafik pun di bahas, Ane kira para blogger master blognya stabil dan naik terus, ternyata banyak menurun juga ya.

  6. beken.id

    mantap infonya, 3 terakhir yg disebut malah yg sering nongol di google waktu seach..

    yg lain nanti coba deh di cek n mampir satu2..

  7. Surya Blog

    Terima kasih gan buat infonya, semoga bisa menjadi seperti mereka yang ada di list suatu saat nanti, hehe…

  8. unrang

    walah ngiler dengar jumlah uang yang mereka dapatkan menjadikan lebih giat lagi ngeblog

  9. Mata Lhoong

    Wahhh… sangat menyenangkan serta juga terinspirasi saat membaca informasi di atas. Semoga matalhoong juga bisa nyusul dan masuk ke daftar di atas.

  10. Irman fsp

    Wah… ngiler ya lihat sobat yang uda sukses gitu, tapi jangan patah semangat, dengan adanya info yang beginian, maka peluang kita akan datang dikemudian tahun hahahaa… yang terpenting semangat dan kerja keras bos yaaa

  11. riana

    Senang dan termotivasi membaca artikel ini.

    Saya ingin menanyakan kalimat ini, “isi blog ini juga campur-campur dan masih menggunakan blogger pada platformnya.” (saya kutip dari penjelasan mengenai blog masyadi dot com). Yang ingin saya tahu, apakah menggunakan blogger sebagai platform memiliki dampak/pengaruh kurang bagus, misal terhadap SEO?

    Saya perlu menanyakan hal itu, karena kebetulan saya juga menggunakan platform Blogger, dan trafiknya memang sangat rendah, meski blog sudah cukup lama dan sering update. Mohon pencerahannya, jika berkenan. Terima kasih.

  12. jajang anggia

    makasih inpinya sangat bermanfaat buat sya yang pemula v saya butuh artikel yang membuat motivasi saya membara-bara :)

  13. prasetya

    Mau tanya nih,dulu saya bikin blog trus saya isi artikel hanya sebagai iseng,dan tulisannya asal2lan krn hnya berbagi saja,soal pengunjung lumayan dikit dan soal umur udah lama.terus saya iseng daftar adsense pas pertama bisa yg kedua di tolak krn melanggar gtu.nah kira2 blog aku bisa diterima engga ya klo konten dihapusin gtu trus buat lg yg lebih rajin.

  14. Baju Kopral

    Mudah mudahan saya bisa menduduki dalam 20 besar blogger sukses hihi.. Semangat !

  15. Distributor Tas

    Mantap sungguh informasi yang menarik saya doakan caraspot juga terus meningkat, saya admin web saat ini masih belajar blog karena website utama kami hanya mengenai tas, berhubung kami adalah industri bidang tas dan awam soal blog

  16. Joko Yugiyanto

    wah kalau dulu punya saja bisa ku jga bisa jadi masuk dalam deretan mereka ni, pernah lho punya saya dalam 1 hari tembus 30K selama 5 hari dan dari situ dapat sekitar $259

  17. Ahmad

    Sangat menginspirasi untuk blogger pemula seperti saya.
    perlu kerja keras dan komitmen tinggi untuk mendapatkan pengunjung dan pendapatan sebanyak itu.

    Mantaaaabssss.

  18. smart home indonesia

    keren-keren semua, cukup menginspirasi.

    usahanya tentu harus maksimal jika ingin mencapai segitu

  19. Anaogi

    Tetap semangat gaes untuk terus berkarya. Tidak pernah sia-sia perjuangan kita sebab niat kita adalah menyebarkan informasi yang bermanfaat. Jika bukan sekarang hasilnya kita dapat, Suatu saat PASTI. Ini hanya masalah waktu. Semangat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *