Sebenarnya cara beli hosting di masing-masing situs yang menyediakan hosting berbayar umumnya berbeda langkahnya, tapi karena berhubung niagahoster.co.id adalah salah satu tempat beli hosting murah sehingga jadilah provider ini yang kita jadikan contoh cara pesan hosting murah mulai dari awal hingga websitemu bisa online dan kunjungi banyak orang. Dalam melakukan order hosting sebenarnya bisa dibilang mudah sekali karena hanya mengikuti langkah yang tertera dan kita pun sudah bisa melakukan pemesanan, tentunya untuk bisa aktif kita harus melakukan pembayaran sesuai dengan cara yang dipilih, apakah melalui bank atau pun dengan menggunakan rekening online seperti paypal. Dan tak ketinggalan langkah terakhirnya, yaitu melakukan konfirmasi agar akun dan hostingmu bisa segera diaktifkan, ini sebenarnya yang banyak tidak diketahui oleh yang masih pemula, terkadang sudah bayar tapi karena tidak segera melakukan konfirmasi, apakah itu dengan email atau sms, sehingga akhirnya layanannya masih ter-suspend.

Sebelum lanjut sedikit saya mau mengulang kembali soal pengertian hosting, siapa tau Anda masih sangat baru dalam dunia pembuatan website sehingga terkadang masih sulit membedakan antara domain dan hosting. Jadi hosting adalah server (perangkat penyimpanan file) yang terkoneksi dengan internet yang mana disitulah segala isi atau file dari websitemu tersimpan, mulai dari artikel, kode-kodenya, gambar dan segala yang menyangkut dengan sistem yang membangun blogmu. Bedanya dengan komputer PC biasa adalah ia juga bisa digunakan untuk penyimpanan file tapi tidak terkoneksi dengan internet sehingga isinya tidak bisa diakses orang lain dari tempat yang jauh. Adapun domain, adalah alamat atau nama dari sebuah web yang mana dari alamat tersebutlah orang bisa tau dan membuka websitemu, misalnya caraspot.com, nah ini adalah domain dari blog saya, sehingga bila ada yang bertanya apa domain blogmu maka saya jawab caraspot.com, bisa pakai www dan bisa juga tidak. Jadi, keduanya memiliki fungsi masing-masing yang saling terkait.

Ada baiknya sebelum kita mulai melakukan order hosting sesuai dengan proses yang dijelaskan di bawah maka Caraspot ingin memberikan sedikit pemahaman soal layanan hosting yang baik dan berkualitas itu seperti apa:

  1. Hostingnya murah – Saya menjadikan ini salah satu ciri-ciri hosting yang baik karena jika ia sanggup memberikan harga murah maka ada satu indikasi yang bisa kita tangkap, yakni layanannya bukan ‘tangan kedua’ atau bisa dibilang hoting tersebut ditangani langsung olehnya dan bukan dengan jalan jadi reseller dari perusahaan lain. Biasanya perusahaan hosting yang berani kasi murah sudah punya rack sendiri untuk mengatur, menata, dan membangun manajemen perawatan servernya sendiri. Jadi itu alasannya kenapa kita juga perlu mencari yang murah, tapi bukan murahan ya.
  2. Layanannya 24 jam dan 7 hari dalam seminggu – Jika kamu melihat situs penyedia hosting yang layanan chatingnya selalu offline atau kadang-kadang saja online maka itu menandakan bahwa ia bukan perusahaan besar dan hanya reseller, umumnya yang seperti ini kurang karyawan dan jika kamu beli hosting di sana maka besar kemungkinan akan sulit mendapat tangapan jika terjadi masalah pada hosting yang kamu gunakan. Jadi, sebaiknya kamu pastikan dulu dengan ngobrol dengan adminnya apakah betul layanannya 24/7 dan nonstop sepanjang tahun, sekalipun pada waktu hari libur.
  3. Uptime 99% – Uptime maksudnya bahwa waktu server hidup (ON). Jadi kalau ada penyedia hosting yang uptimenya kurang, katakanlah hanya 80% maka itu artinya terkadang servernya mengalami OFF yang cukup lama, dan jika terjadi seperti itu maka website yang dihosting di server tersebut tidak bisa dibuka untuk beberapa saat hingga server On lagi. Merepotkankan jika seperti ini?
  4. Disediakan Cpanel – Jadi Cpanel adalah akun tempat kita mengelola hosting, seperti mengatur content, melakukan penginstalan CMS, membuat sub domain dan lain sebagainya. Hati-hati kalau kamu beli hosting dan tidak ada Cpanel-nya, maka besar kemungkinan kamu belinya di tangan ketiga yang mana Cpanel dia yang kuasai sendiri dan hanya dia yang punya akunnya, sedang kamu hanya bisa mengakses admin blogmu saja. Jadi usahakan pastikan ini ada kalau mau pesan hosting, walau sebenarnya ini jarang terjadi.
  5. Bandwidth unlimited – Ini yang paling penting dari semua saya kira, apalagi kalau website yang kelola nantinya bisa ramai dengan kunjungan ribuan per hari. Jadi bandwidth adalah lalu lintas kunjungan pada websitemu. Biasanya situs yang menggunakan bandwidth terbatas akan otomatis muncul pesan bahwa situs tersebut disuspend apabila jumlah kunjungannya dalam sehari sudah mencapai batas, tentu saja keadaan seperti ini membatasi kita untuk mengembangkan web yang kita kelola menjadi lebih profesional. Jadi usahakan cari penyedia hosting yang menyediakan bandwidth unlimited jika mau leluasa mengembangkan trafik blogmu, dan akan semakin bagus lagi kalau space atau data penyimpanannya juga unlimited.

Jadi itu saja dulu tips sebelum beli hosting yang bisa kami bagi, sebenarnya banyak sekali tapi dari semua itu hanya beberapa yang paling penting dan tidak boleh tidak ada dalam layanannya. Di antara yang juga seharusnya tersedia dalam peketnya seperti email, batasan domain yang lebih dari satu, MySQL, akun FTP, backup otomatis dan lain sebagainya. Intinya, harus jeli melihat berbagai info yang tertera dalam situsnya sebelum mulai melakukan order. Memang sih bisa ganti hosting dengan mudah, tapi kan butuh waktu lagi untuk melakukan perubahan DNS, backup dan restore hingga bisa online lagi dengan hosting yang berbeda.

Langkah Cara Beli Hosting Website di Niagahoster

Untuk cara pesan hosting di bawah ini sengaja kami buat lengkap penjelasannya agar anda tak kesulitan melakukan order. Jadi sekali lagi saya katakan kalau sebenarnya ada banyak sekali tempat beli hosting, seperti hostgator, rumahweb, ipage, idhostinger dan lainnya, tapi karena berhubung Niagahoster adalah salah satu yang termurah maka inilah yang kita jadikan sebagai contoh cara melakukan pembelian.

1.  Paling awal yang dilakukan adalah dengan mengunjungi situs resminya, yaitu https://www.niagahoster.co.id/

2.  Selanjutnya tarik ke bawah halamannya dan pilih paket yang kamu inginkan, apakah Bayi, Pelajar, Personal, atau Bisnis. Sebagai contoh kita memilih yang paling murah, yakni paket Bayi. Kemudian tinggal klik tombol oranye yang bertuliskan “Pilih Sekarang

langkah cara beli hosting website murah

3.  Nah, pada halaman berikutnya akan ada tampilan 2 kolom, silahkan klik tanda panah kecil yang ada disampingnya, kebetulan kami tandai dengan linkaran merah seperti pada gambar di bawah. Pada kolom 1 untuk memilih jenis paketnya, sedang yang ke 2 untuk jangka waktu kontrak atau pembelian hostingnya, paling rendah adalah 1 tahun. Terakhir tinggal klik “Selanjutnya

cara melakukan order hosting web

4.  Di halaman berikut (seperti pada gambar di bawah) kamu akan diminta mengecek domain yang akan kamu gunakan. Tapi ini hanya untuk yang belum punya atau beli domain, tapi bila sudah punya maka cukup klik saja tulisan berwarna hitam dengan tulisan “Saya tidak ingin memberli domain karena sudah memiliknya” yang kami tandai dengan lingkaran merah. Tapi sebagai contoh anggap saja belum punya. Nah karena belum punya jadi ketik dulu nama domain yang mau kamu beli (jangan pakai www dan ekstensi karena ekstensi .com atau selainnya dipilih di bagian sampingnya). Klik saja tanda panah kecil lalu pilih, misalnya .com, setelah itu tinggl klik tulisan “Cari Domain” di sampingnya. Kami sarankan jangan sampai tidak membaca tips penting ini: Tips Jitu Membeli Domain SEO Friendly dan Toolsnya

cara cari nama domain bagus

5.  Cara beli hosting website selanjutnya adalah setelah mengklik nama domain yang mau kamu beli maka akan muncul tampilan seperti gambar di bawah. Jika masih belum digunakan orang lain maka akan ada tulisan “Tersedia” di bawahnya yang ditandai dengan angka 1 pada gambar di bawah, dan keterangan angka 2 adalah jangka waktu pembayarannya, 3 adalah jumlahnya, dan 5 untuk masuk ke langkah selanjutnya. Dan kalau kamu merasa harganya agak mahal sebaiknya belajar Cara Membeli Domain .com di Rumahweb karena harganya cuma 115.000 saja dan renewal-nya juga lebih murah di banding di Niagahoster. Setelah beli di rumahweb nanti tinggal setting DNS-nya saja agar bisa terkoneksi antara domain dan hostingnya.

cara belanja hosting blog6.  Berikutnya akan ditampilkan halaman login (bila sudah punya akun sebelumnya), tapi karena masih pemula maka klik saja “lanjutkan” untuk mulai buat akun hosting baru di Niagahoster.

langkah beli hosting web

7.  Nah, tinggal pilih dan isi semua kolom yang diminta, mulai dari email hingga nomor teleponmu. Tanda bintang di samping nama kolomnya adalah sebagai tanda bahwa ia wajib diisi jadi pastikan kamu lengkapi. Sebenarnya ada 3 menu, yaitu Informasi Anda untuk mengisi kolom data akunmu, Pilihan Pembayaran untuk memilih mau bayar pakai apa, paling bagus kalau tidak punya rekening lewat Alfamart saja, dan paling bawah adalah Rincian Order yang di bawahnya harus kamu centang tulisan “saya setuju dengan syarat dan ketentuan

8.  Terakhir, tinggal klik “Proses Checkout” dan langkah pembeliannya pun sudah selesai. Tapi ingat! Setelah melakukan pembayaran pastikan kamu lakukan Konfirmasi kepada Admin-nya, biasanya di halaman terakhir dari peroses order hosting yang menampilkan tanda “Terima kasih atas order Anda…” umumnya disediakan juga link untuk mengetahui cara konformasinya atau jika tidak bisa cek emailmu karena biasanya akan dikirimkan mengenai data ordermu.

Prosesnya tidak lama kan, sebenarnya tanpa panduan seperti ini bisa dilakukan sendiri karena tinggal mengikuti langkahnya saja, hanya saja bagi yang masih pemula kadang bingung mau klik yang mana untuk masuk ke tahap selanjutnya. Dan misalnya puas dengan tips ini kami minta bantuan dari pembaca juga agar menyempatkan waktu sebentar untuk share artikel ini ke jejaring sosial seperti facebook atau twiiter, bisa dengan cara klik tombol share di samping atau di bawah dan bisa juga dengan cara copy dulu linknya baru kamu paste di akun fb mu saat melakukan update status.

Demikian cara beli hosting website di Niagahoster.co.id semoga ini bisa bermanfaat untuk pemula yang sama sekali belum paham cara pesan hosting murah dan baru belajar membuat website sendiri sebagaimana sudah dibahas di blog ini. Pastikan sebelum melakukan order agar sudah memiliki alamat email, baik itu Yahoo atau pun Gmail. Dan usahakan setelah melakukan order atau pun setelah melakukan konfirmasi untuk mengecek email yang masuk di akun emailmu karena bisa sudah aktif akan diberikan link login ke Cpanel-nya dan juga passwordnya jika kamu belum buat sebelumnya. Dan bila mana lupa kata sandinya kamu bisa request dengan mengklik tautan yang ada di bagina bawah halaman loginnya.

Artikel penting lainnya soal hosting:

1.  Tempat Beli Hosting Murah – Sebelum beranjak ke blog lain maka ada baiknya kamu tahu juga apa saja situs penyedia hosting murah yang bisa dijadikan referensi untuk melakukan order. Ini penting karena harga bisa mempengaruhi kinerja dari blogmu nantinya. Pada tautan yang akan kamu kunjungi tersebut kami jelaskan beberapa layanan dari Indonesia dan juga yang dari luar negeri agar kamu leluasa memilih. Kebetulan beberapa di antaranya sudah kami coba layanan hostingnya sehingga lebih bisa dipercaya untuk dijadikan rekanmu dalam menjadi blogger sejati.

2.  Penyedia hosting gratis dengan Cpanel dan tanpa Cpanel – Jika misalnya kamu tidak punya dana untuk membiayai websitemu karena masih pemula maka bisa gunakan yang gratisan. Jangan khawatir karena walau gratis tetap saja bisa diandalkan untuk blogging ria. Di antaranya juga ada yang menyediakan layanan konsultasi jika ada error, jadi hampir menyamai service-nya yang berbayar kan. Tapi itu dia, umumnya bandwidth dan spacenya sangat terbatas, tapi saya kira untuk yang belum jago ngurus blog masih cocok.

3.  Cara membuat blog menarik dan keren – Ini juga tutorial penting setelah kamu punya domain dan hosting karena tampilan web sangat mempengaruhi performa dan kepercayaan pada visitor blogmu. Jadi pastikan tau bagaimana cara mengelolahnya sehingga tampilannya lebih menarik dan ‘eye catching’ atau enak dipandang mata. Tapi bukan cuma itu yang diajarkan dalam artikelnya karena kamu juga akan tahu bagaimana cara agar blog masuk halaman pertama google yang merupakan impian banyak blogger agar trafiknya dan penghasilannya juga bisa naik.

About The Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *