Batu merah delima bagi orang yang suka dengan hal-hal mistis sering kali dianggap sebagai batu bertuah. Dikatakan juga bahwa orang yang bisa menemukan mustika batu akik merah delima hanya orang tertentu saja yang mana ia harus memiliki kekuatan gaib dalam dirinya dan juga memiliki hati yang bersih. Tapi kembali lagi pada pemikiran rasional kita dan fakta yang terjadi di lapangan, yang mana bila kita menalar ungkapan-ungkapan seperti itu sudah pasti kita akan menemukan jawaban yang real bahwa yang demikian itu hanyalah tahayyul belaka. Karena faktanya, di luar negeri, orang-orang yang sikap dan keperibadiannya tidak demikian juga bisa menambang dan menemukan batu alam semacam itu, dan bahkan bisa dibilang batu cincin yang ditemukan lebih banyak dan juga besar-besar sehingga harganya juga sangat mahal. Nah, pada artikel kali ini ada banyak sekali yang akan kita jelaskan, mulai dari harga, jenis, khasiat, pandangan menurut Islam, hingga segala yang menyangkut dengan batu ruby (nama lainnya) ini.

Ada perbedaan mencolok antara batu akik lain dengan batu merah delima ini. Kalau batu cincin seperti bacan, panca warna, dan lainnya kan ketika ditemukan dari perut bumi bentuknya besar sekali dan bercampur dengan jenis mineral lainnya, dan ketika ingin dibentuk barulah ia dipotong-potong dan dipisahkan dengan unsur lain yang tidak bernilai. Berbeda dengan batu ruby merah ini, karena ketika ia ditemukan ia sudah dalam bentuk murninya, artinya tidak bercampur dengan unsur batu alam lainnya. Dan ketika ingin dijadikan perhiasan ia langsung dibentuk saja tanpa ada pemotongan lagi. Ini kurang lebih sama dengan berlian yang mana ketika ia ditemukan umumnya tidak lagi dipecah dan langsung dibentuk, karena semakin besar harganya akan semakin mahal pula. Dan kesamaan perbedaan yang mencolok lainnya sehingga ia bisa masuk dalam daftar batu akik termahal adalah karena skala Mohs (skala kekerasannya) yang cukup tinggi dibanding dengan lainnya seperti badar besi, pecah seribu, mata kucing dan sebagainya.

Harga Batu Merah Delima

Kalau Anda mau coba hunting di berbagai situs jualan online maka akan mendapati beragam harga mustika ruby merah ini, hanya saja penulis melihatnya aneh karena kebanyakan ditawarkan murah sekali, ya minimal 100ribu sudah bisa memiliki batu akik merah delima. Padahal kalau dibandingkan dengan yang dijual di luar negeri, baik itu yang berasal dari India atau pun Pakistan yang mana yang paling terkenal dan banyak diburu kolektor saat ini, kebanyakan di tawarkan dengan harga per karat (Carat).

Beberapa yang penulis temukan umumnya ditawarkan dengan harga minimal $ 1,5 – 2,5 per carat (dalam hitungan dollar). Itu artinya kalau anda beli yang seukuran batu cincin, kira-kira yang nilainya 50 karat, maka uang yang harus dikeluarkan untuk itu kurang lebih $75 hingga $125 atau kira-kira setara antara 900ribu sampai 1,5 juta. Dan itu pun sudah dilengkapi dengan sertifikat asli dari Gemological Laboratory of India. Dan beberapa yang ditawarkan dengan mata uang India rata-rata minimal Rs300.00 per carat (kalau mau cara penjual dari luar negeri bisa coba cari di Alibaba.com)

Jadi jenis apa yang banyak ditawarkan di Indonesia? Ya mungkin jenisnya sama hanya saja kualitasnya kurang bisa dipertanggungjawabkan. Karena yang asli, sebagaimana kita ketahui, kalau kekerasan batu cincin mereh delima ini bisa mencapai 9 skala Mohs, satu tingkat di bawah Berlian. Selain itu, kami ingin mengingatkan anda soal banyaknya ruby aspal (asli tapi palsu) yang beredar di pasaran. Karena bebera bulan lalu penulis sempat melihat langsung tayangan Reportase di TV yang menayangkan salah satu oknum yang membuat batu bacan dari adonan hijau tertentu yang kemudian dibentuk dan digosok hingga hasilnya menyerupai yang asli. Jadi bukan tidak mungkin pada akik jenis lainnya juga akan mengalami nasib yang sama..akik ruby batu merah delima

Batu Cincin Merah Delima Menurut Islam

Bagi Caraspot sebenarnya ini bagian penting yang harus dijelaskan dan jangan sampai terlewatkan karena banyak sekali masyarakat Indonesia mulai tidak rasional dan langsung percaya kalau menemukan artikel yang mengelu-elukan batu mulia merah delima ini, mulai dari yang mengatakan bisa mendatangkan wibawalah, menjadikan pemakainya jadi arif dan bijaksanalah dan mitos lainnya yang sama sekali tidak bisa dibuktikan dengan akal.

Penulis menemukan beberapa artikel soal ini, salah satunya ada yang mengatakan kalau Merah Delima ini sebenarrnya disinggung dalam salah satu surah dalam Al-Qur’an, tepatnya di surah Al-Ikhlas (sebagaimana disebutkan pemilik blog tersebut). Alasannya, karena ada 5 huruf ‘Dal’ di setiap akhir ayat dalam surah tersebut yang merupakan isyarat dari kata ‘delima’. Saya tegaskan, kalau ini adalah alasan yang tak berdasar sama sekali dan merupakan penafsiran lepas yang sama sekali tidak ada disiplin ilmunya. Nyari di kitab dan hadis mana pun Anda pasti tidak akan ketemua sumbernya. Apalagi, kata ‘delima’ kan menggunakan bahasa Indonesia, sedangkan Al-Qur’an sendiri menggunakan bahasa Arab, sama sekali gak nyambung kan?

Dan mengenai soal batu bertuah dan hal mistis lainnya yang dihubungkan dengan batu gemstone ini sudah tentu hukumnya haram karena yang namanya jimat dan benda lain yang dianggap keramat adalah terlarang untuk dipercayai, apalagi kalau kita menganggap bahwa ia bisa melindungi kita dan sebagainya.

Mitos Soal Batu Akik Merah Delima

Tahayyul soal batu akik ini sama sekali tidak terbendung. Kebanyakan digembor-gemborkan oleh paranormal yang ingin meraup untung berlipat dari orang-orang yang senang dengan hal mistis. terkadang dijual hingga jutaan walau sebenarnya aslinya tidak semahal ini. Ya, inilah dunia, siapa yang pintar maka dialah yang menang. Berikut beberapa ulasannya:

  1. Katanya ia hanya bisa digunakan oleh orang yang memiliki hati bersih. Tapi coba liat di luar negeri, siapa saja bisa pakai, yang penting banyak uang pasti bisa beli dan tidak ada halangan untuk mengenakannya. Bukan begitu?
  2. Cara mendapatkan batu merah delima katanya rumit dan tidak sembarangan orang, khusus yang memiliki kemampuan spiritual yang tinggi. Apa betul begitu? Saya kira ini hanya mitos yang digembor-gemborkan oleh paranormal yang ingin meraup untung banyak karena semakin dibuat langka maka akan semakin mahal juga harganya. Kalau tidak ada di Indonesia, coba saja hunting di luar negeri, pasti ketemu! Masuk akal kan?
  3. Ada yang bilang ‘bertuah’. Ya, memang jin atau makhluk halus lainnya (atau sebutan yang umum bagi pecinta akik adalah ‘berkhodam’) bisa saja menempati benda yang ia inginkan. Tapi ada banyak pertanyaan lain lagi soal ini, yakni apakah memang betul batu yang anda beli demikian? Lalu jika dikatakan ‘Ya’ terus bagaimana membuktikannya? Kan jin tidak bisa dilihat. Dan kalau pun betul ada penghuninya, apakah anda mau berbuat syirik? Tidak takut apa sama ancaman Allah bahwa sesungguhnya Ia menerima segala tobat manusia keculi syirik kepada-Nya.
  4. Sebagian mengklaim kalau batu alam ini bisa membuat pemakainya jadi berwibawa dan bijaksana. Coba anda pikir! saya kira sampai unta bertelur tidak ketemu hubungannya. Ya iyalah… apa hubungannya batu dengan sikap kita? Kalau bukan dari dalam diri kita sendiri yang berusaha untuk baik dan bijaksana maka pasti tidak akan ada perubahan, walau semua jarimu dan lehermu dipenuhi merah delima.
Ciri-Ciri dan Cara Membedakan Batu Alam Ruby Asli dan Palsu

Umumnya ruby merah asli memiliki struktur kristal yang mana ia bisa menimbulkan efek prisma. Sebagai contoh, jika ia diletakkan dalam gelas bening yang berisi air dan disampingnya diletakkan juga gelas yang sama maka gelas yang berada di sekitarnya tersebut akan ikut menjadi merah karena efeknya tersebut. Bahkan beberapa paranormal mengatakan kalau jenis batu akik tersebut dapat memancarkan warna merahnya hingga 40 gelas.

Jika Anda ingin membeli batu akik semacam ini dan agar supaya terhindar dari penipuan maka pastikan ia disertai dengan sertifikat asli. Kita mungkin bisa melakukan tes sendiri soal keasliannya, tapi jika ahlinya yang melakukannya maka bisa dibilang 99% kebenarannya, karena selain mereka punya alatnya, juga punya ilmu yang cukup untuk mengetahui apakah merah delima yang akan dibeli palsu atau tidak. Nah, jika seandainya yang akan dibeli memang asli dan belum dilengkapi sertifikat maka usahakan anda yang minta bantuan lembaga khsusus atau Pegadaian terdekat untuk membuatkannya. Mau lebih paham soal ini? Baca : Tempat dan Cara Membuat Sertifikat Batu Akik dan Biayanya

Inklusi atau serat juga bisa menjadi penilaian apakah ruby merah yang akan anda beli asli atau palsu. Jika ia asli umumnya akan terlihat serat alami di dalamnya yang juga terbentuk akibat proses kristalisasi alam. Sedang yang palsu umumnya hanya akan tampak merah dan tembus pandang saja.

Jenisnya:
  • Pigeon Blood - Ciri dari batu ini adalah merah pekat dan terkadang hampir kebiruan. Kalau dibahasa-Indonesiakan namanya ‘Merah Delima Merpati’
  • Burma – Kalau ada yang menyebut Ruby Burma atau Myanmar maka ada dua konotasi untuk itu, yaitu batu merah delima yang warnanya terang dan juga untuk menamakan jenis sintetis dari batu ini. Tapi yang terakhir disebut umumnya hanya dikaitkan untuk yang tidak asli bersumber dari Myanmar.
  • Bintang – Jenis ini mampu memancarkan cahaya merah terang.
  • Zoisit – Jika dibanding dengan ruby lainnya maka yang ini bisa dibilang yang paling rendah kualitasnya. Jenis ini banyak ditemukan di Tanzania.
Batu MD Soekarno dan Soeharto

Beberapa jenis yang muncul yang dikaitkan dengan tokoh terkenal / Presiden adalah batu merah delima Soekarno dan Soeharto. Penamaan kedua jenis akik ini sebenarnya lahir karena sebelumnya keduanya pernah terlihat mempergunakannya sehingga tenarlah hingga saat ini.

Pada dasarnya hampir semua kepala negara kita memiliki dan menggunakan batu akik, hanya saja baru belakangan ini diperbincangkan seiring dengan naik daunnya nama dari batu mulia di Indonesia. Sebagaimana diketahui bahwa mantan Presiden Habibie juga pernah terlihat menggunakan Blood Diamond, SBY dengan batu Bacan milikinya dan ini juga salah satu alasan yang membuat berbagai jenis bacan meningkat tajam harganya, ya apalagi kalau bukan karena ingin meniru mereka. Adapun Megawati ia lebih senang dengan Black Saphire. Dan yang terakhir dan juga merupakan presiden yang masih aktif saat ini adalah Jokowi yang diketahui menggunakan Badar Sulaiman yang juga lagi naik daun saat ini.

Penulis hanya ingin menegaskan soal ruby merah yang dihubungkan dengan dua mantan presiden di atas bahwa memang betul beliu keduanya menggunakan jenis yang sama, tapi kalau dikatakan bahwa yang mereka pakai ‘keramat’ atau apalah yang sifatnya menjurus ke arah sana, saya kira itu hanya usaha dari segelintir orang yang berusaha mengangkat pamor batu ini agar barang miliknya semakin mahal. Karena itu jangan pernah percaya soal khodam, penunggu dan apa saja soal itu karena ujung-ujungnya adalah ‘mahar’ (istilah untuk menamakan biaya untuk memiliki batu MD).

Pengetahuan lain soal ini

  • Bloodred adalah nama lain dari ruby merah yang juga sering dipakai orang luar negeri untuk menamakan batu cincin ini.
  • Myanmar adalah penghasil merah delima yang paling terkenal dan disebut-sebut sebagai tempat yang paling banyak menghasilkan jenis Gemstone ini.
  • Nama ruby sebenarnya berasal dari bahasa latin, yaitu ‘ruber’ yang artinya ‘merah’.

Jika anda punya info lain soal batu merah delima di atas silahkan komentar di bawah. Selama tidak berbau promosi dan tidak terlalu singkat pasti mudah di approve.

About The Author

Comments

  1. yangching

    saya menjadi agak ragu dgn berita yg saya baca ttg delima..saya memiliki sebiji batu yg mirip mustika MD..ukuran kecil sebesar biji delima,warna merah darah segar dan jk di sinar dr dekat nampak selaput orange melapisi atasnya..sinar laser yg sgt spektakuler akan keluar jk kita menyenter dari dekat…kilauan bak berlian hanya beda warna….

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *