Salah satu jenis batu Akik yang paling terkenal dan hinga kini paling dicari infonya adalah Batu Bacan. Ada banyak sekali jenisnya, mulai dari batu Bacan Doko yang menduduki peringkat pertama terlaris di pasaran, hingga jenis lainnya seperti Palamea, Garut, Obi, Pancawarna, Blue Elektrik, Cincau, Merah, Hijau, Hitam, Putih dan lainnya. Tapi yang salah satu yang juga banyak diburu adalah yang kandungan kristalnya tampak jelas dan mendominasi. Yang terpenting dari semua ini adalah memilih yang berkualitas super, mau jenis apa saja pokoknya yang memenuhi syarat, tentunya ini butuh ilmu cara mengetahui batu akik yang asli dan palsu agar terhindar dari kerugian karena salah membeli. Dan dari sekian warna yang sering kita temui, batu cincin Bacan hijau adalah yang paling banyak ditemukan dan juga umumnya selalu didapati yang kualitas nomor 1. Penting juga diketahui oleh pembaca setia Caraspot bahwa Gemstone asal Maluku Utara ini sebenarnya dinamai dari sebuah nama tempat atau pulau yang mana disanalah ia pertama kali mulai diperdagangkan, tapi faktanya, Pulau Kasiruta lah yang merupakan penghasil utama dari akik Bacan ini, dan bahkan sejak masih zaman penjajahan tempat tersebut sudah diakui sebagai penghasil batu mulia nomor wahid.

Banyak beredar kabar bahwa batu bacan ini memiliki kemampuan dalam membuat hidup seseorang lebih makmur, istilahnya berkhasiatlah, tapi Caraspot sendiri tidak percaya dan lebih melihat ia sebagai bentuk seni yang memiliki keindahan. Jelas saja orang dikatakan makmur kalau ia mampu membeli Bacan Doko seharga 100 juta karena dari daya belinya tersebut kita sudah tahu bahwa ia memang kaya, belum lagi kalau anda menjadi penjual batu akik yang sukses dan punya banyak pelanggan sudah barang tentu bukan saja makmur tapi akan kaya raya dalam waktu singkat.

Jenis Batu Bacan

Caraspot sangat berharap penjelasan ini dibuat seakurat mungkin dengan artikel yang berkualitas yang mengulas tuntas segala macam batu bacan termahal yang berkulitas tinggi hingga yang termurah dengan harga kurang dari 1 juta rupiah. Gunanya sudah barang tentu agar anda yang berminat membeli bisa tahu secara pasti segala seluk beluknya tanpa harus bingung lagi mencari referensi karena di sini sudah terpercaya dan bisa diandalkan. Semua poin penting soal BACAN akan dikupas tuntas di sini, bahkan hingga sisi unik yang ada dalam jenisnya, mulai dari Obi, Palamea hingga Doko yang fenomenal tersebut.

1.  Batu Bacan Doko

batu akik bacan doko kualitas super no. 1Batu bacan Doko adalah salah satu dari sekian banyak jenis yang memiliki nilai jual tinggi dan masuk dalam jenis batu akik termahal yang sudah kami bahas tuntas sebelumnya. Tempat asal penambangannya adalah, sesuai dengan namanya, berada di desa Doko Maluku Utara, lebih tepat lagi berada di Halmahera, kecamatan Bacan Barat yang masih dalam pulau Kasiruta. Warna dominan dari dari Doko ini adalah hijau, ada yang warnanya hijau tua agak kehitaman dan ada pula yang hijau bening. Banyak yang menyebut bahwa ini adalah ‘batu hidup’. Ini karena kemampuan batu permata ini untuk melakukan metamorfosis layaknya tumbuhan, atau kalau para maniak Akik menyebutnya melakukan pengkristalan yang mana dari awalnya memiliki seat atau guratan di dalamnya, lambat laun akan berubah menjadi bening dan bersih. Di samping itu, keunikan lain yang didapati dari batu bacan ini adalah karena ia mampu menyerap unsur logam yang melekat padanya, misalnya saja dibuat dalam bentuk batu cincin kemudian pengikat atau gagangnya dari emas, maka lama kelamaan akan terlihat seperti bintik emas di permukaannya karena kemampuan yang kita sebutkan tadi, yaitu bisa menyerap unsur yang ada didekatnya. Luar biasakan? itulah sebabnya hingga kini, kualitas super dari batu mulia ini diburu dan berada di peringkat no. 1 dari semua jenis akik yang ada. Anda bisa cek di Google Trend yang mana ia masuk dalam 3 besar pencarian di mesin pencari.

Keunikannya…

Ternyata sejak beratus tahun yang lalu masyarakat Tidore, Ternate, dan Jailolo sudah mengenal ini sebagai batu mulai berharga dan sering dijadikan sebagai perhiasan untuk keperluan pesta dan selainnya. Di samping itu harga dari bacan doko ini bisa dibilang mengalahkan emas, karena untuk yang Super Kristal dibandrol hingga Rp. 18 juta dengan spesifikasi: 40,58 Ct (karat).

Ada juga yang telah membuktikan kalau ternyata batu mulia ini bisa berfungsi layaknya ujung jari seseorang dalam menggunakan hanphone layar sentuh atau touchscreen. Ini karena unsur metalik khusus yang terdapat di dalamnya.

Di Korea yang merupakan salah satu negara yang menjadi konsumen batu bacan asal Indonesia mengenalnya dengan sebutan Green Jade atau batu jade hijau. Selain itu, India juga menjadi salah satu negara yang senang produk asal negara kita dan banyak melakukan impor untuk barang ini.

2.  Batu Akik Palamea

Sama halnya dengan jenis Doko, batu bacan Palamea juga diambil dari nama desa dimana ia banyak ditemukan, yakni di desa Palamea yang juga masih masuk dalam area Halmahera, Bacan Barat. Warna dominan dari jenis gemstone ini adalah hijau yang agak kebiruan. Adapun dari segi guratan atau serat yang ada di dalamnya, ia jauh lebih bening dari Doko setelah mengalami proses kristalisasi. Tapi kalau dari segi harga tentu Palamea ini kalah jauh dari saudaranya yang pertama di atas, bahakan bisa setengahnya. Dan satu hal lagi yang perlu diketahui para pecinta batu permata Palamea bahwa kandungan kapur di dalamnya jauh lebih banyak dari yang berasal dari Doko, itu pula mungkin sebabnya kualitas dan harganya kalah. Sekalipun sebenarnya kalau dalam ilmu perbatuan warna biru cenderung lebih berkelas, seperti halnya pada batu Safir jenis Blue Saffire menjadi yang terbaik dikelasnya.

Hal lain yang belum di bahas mengenai batu bacan doko maupun palamea dan jenis lainnya adalah tingkat kekerasannya yang bisa mencapai 7,5 skalah Mohs. Tapi itu untuk yang sudah mengalami proses pengkristalan yang lebih lama selama beratus tahun, dan adapun yang masih tergolong muda, dalam artian pengkristalannya masih baru terjadi, umumnya kekerasannya hanya berkisar 3-4 Mohs. Itu pula sebabnya mengapa anda harus jeli ketika membeli batu cincin ini, karena tidak semua bisa digolongkan dalam kualitas super, ada juga yang biasa saja dan harganya seharusnya juga lebih murah. Nah, agar tidak mudah tertipu ketahui juga cara membedakannya:

  • Buktikan dengan digosok menggunakan kaca, jika ia memang bacan asli yang berkualitas maka tidak akan ada goresan yang timbul, malah ujung kacanya yang akan terlihat hancur.
  • Perhatikan seratnya karena umumnya yang asli dan ‘masih hidup’ memiliki guratan yang jelas di dalamnya. Ini bisa dilakukan dengan menggunakan senter sorot khusus. Hati-hati pula dengan barang mirip asli yang biasa dikenal dengan istilah ‘Bacin’ atau Bacan Palamea Cina yang bentuknya tak memiliki serat sama sekali dan kelihatan bening dan mulus.
  • Tanyakan ada sertifikat nya atau tidak, dan bila ada, pastikan apakah resmi dibuat dari Laboratorium Gemologi terpercaya yang telah kita bahas sebelumnya yang juga bisa anda temukan di dalamnya alamat mana saja tempat pembuatan sertifikat batu akik tersebut.
  • Baca info lebih lengkapnya mengenai : Cara Membedakan Batu Akik Asli atau Palsu yang telah kami bahas pada artikel sebelumnya. Di sana anda akan bisa tahu apa saja cara mengetes sehingga kita bisa tau pasti kualitas batunya, termasuk untuk yang Bacan.

3.  Batu Cincin Bacan Obi

bacan obi putih

Batu akik Obi ini bisa dibilang pamornya di bawah dari dua yang disebut diatas, hanya saja kalau mau mencari varian warna yang lebih cerah atau pun lembut maka jenis bacan inilah yang cocok karena ada beragam variasi warnanya, ada Obi putih, merah, kuning dan lainnya. Buat kamu yang suka pakai cincin tapi tidak ingin terlalu mencolok warnanya maka bisa memilih yang putih, lebih bersih dan lembut. Dipasaran harganya dibandrol di kisaran Rp. 2 juta rupiah. Cukup murah untuk kamu yang juga ingin bergaya dengan batu bacan yang sekarang ini no. 1 keterkenalannya di Indonesia.

Permata asal maluku ini tidaklah terlalu sulit ditemukan. Sekalipun masih dari tanah Maluku juga tapi karakternya berbeda yang mana ia tidak bisa mengalami perubahan walau telah digunakan dalam waktu lama. Sedangkan untuk dua jenis di atas bisa mengalami penjernihan secara alami dari waktu ke waktu. Banyak gemolog, istilah untuk pakar batu mulia, menilai kalau bacan Obi masih digolongkan sebagai kulit dari batu akik dan belum termasuk sebagai intinya, itu pula sebabnya harganya jauh beda dengan Doko dan lainnya, tapi walau begitu, harga 2 juta bukanlah uang sedikit, apalagi kalau hanya batu yang berukuran tidak lebih dari butiran kelereng kaca.

Harga Batu Bacan

Wajib anda ketahui bahwa harga dari batu akik bacan sendiri sangat beragam tergantung dari jenis dan kualitasnya serta juga ukurannya. Bila anda menginginkan yang Super tentu perlu merogoh kocek dalam-dalam, tapi jika yang hanya kualitas standar saja, maka uang Rp. 2 juta saja sudah cukup untuk membelinya. Tapi Caraspot menyarankan untuk tidak begitu saja mempercayai omongan pembeli, pastikan anda bisa mencek sendiri kualitasnya atau bawa teman yang sudah berpengalaman soal perbatuan.

1.  Dalam bentuk batu cincin

Untuk batu akik yang sudah jadi, baik itu dalam bentuk cincin yang sudah menggunakan pengikat atau yang masih dalam butiran yang tinggal di pasang, maka harganya juga beragam, yakni antara Rp. 5.000.000 (lima juta rupiah) hingga Rp. 20 jutaan. Tapi kembali lagi ke kualitas dan jenisnya, untuk yang jenis bacan Doko tentu jauh lebih mahal dari jenis lainnya, seperti Palamea dan Obi. Nah beberapa di bawah ini contoh real dari harga batu mulia bacan:

 Batu Baca jenis Doko Super Kristal dengan karat 40,38 Ct.gambar batu bacan doko

Perhatikan dengan seksama serat di dalamnya yang menandakan batu bacan ini asli dan juga masih digolongkan hidup karena nantinya serat tersebut akan hilang sedikit demi sedikit seiring dengan semakin lamanya digunakan. Sangat wajar kalau pesona batu itu tak pernah lekang dimakan waktu dan juga menjadi salah satu bahkan batu akik termahal no.1 di Indonesia. Untuk mendapatkannya maka baiknya beli langsung di daerah asalnya atau di toko yang sudah menyediakan sertifikat aslinya.

Gambar Palamea 15 Ct

akik doko super kristal

 Terlihat jelas perbedaan dari kedua contoh di atas yang mana pada Palamea tampak terlihat kebiruan dan agak gelap. Harganya pun berbeda jauh, kalau ini cuma Rp. 7.500.00, jadi kurang lebih hanya setengah harga dari Bacan Doko. Jika memang hanya ingin dijadikan sebagai batu cincin baiknya beli ini, tapi kalau untuk investasi maka pilihlah yang pertama karena nanti bisa dijual kemali.

2.  Bongkahan Batu

Sekarang ini, bukan saja cuma batu akik dalam bentuk cincin atua pun liontin, tapi juga yang masih dalam bentuk bongkahan. Banyak alasan yang mendasari ini, selain karena banyak produsen yang ingin memperoleh penghasilan dari jalur lain, bukan cuma dari barang jadi yang telah mengalami proses penggosokan. Di samping itu, bentuk bongkahan lebih mudah menjualnya karena tak perlu dilakukan usaha apa pun untuk mendapatkan untung. Dan ada juga faktor lain, ya apalagi kalau bukan karena tingginya permintaan yang disebabkan banyak juga orang yang sudah ikut pelatihan dalam memproses batu akik menjadi barang yang sudah jadi sempurna dan ingin terjun dalam bisnis batu permata khas Indonesia ini.

Berdasarkan pengamatan Caraspot, ternyata ada beragam harga untuk bongkahan batu bacan ini, salah satu yang bisa kami sampaikan adalah dari penjualan secara online dengan spesifikasi berat 2 Kg dengan jenis super yang dihargai Rp. 45 juta. Jika kita membandingkan antara harga per biji cincinnya yang disebutkan di atas (dikisaran 5 jt) bisa dibilang masuk akallah, hanya saja dari satu bongkahan bacan tersebut bisa saja ada bagian yang merupakan batu biasa dan tidak bisa dibentuk jadi permata. Itulah sebabnya harus jeli dan hati-hati juga jika ingin membeli dalam bentuk seperti ini.

Jika mau yang lebih murah bisa juga mengunjungi situs yang menyediakan khusus batu bacan bongkahan, tepatnya di batu-bacan.com – Di dalam situsnya, selain disediakan yang sudah dalam bentuk sempurna, juga banyak bongkahan yang belum mengalami pengolahan sama sekali, mulai dari jenis blue elactrik seberat 200 gram, serat kura-kura, doko super 85 gram sseharga 12 juta dan banyak lagi lainnya. Hanya saja umumnya yang disediakan tergantung pasokan yang mereka miliki dan kadang juga untuk satu akuran hanya ada 1 stoknya sehingga harus cepat-cepat order jika tidak mau didahului pembuat mata cincin lainnya.

Siapakah yang lebih dulu mempopulerkan batu bacan?

Ternyata, walau Akik Bacan ini sudah sejak zaman klonial di kenal sebagai barang berharga, ketenarannya baru betul-betul melambung ketika Presiden RI ke-6, SBY – Susilo Bambang Yudhoyono menjadikannya sebagai cendra mata untuk Presiden Amerika, Barack Obama. Sejak itulah Green Jade ini kemdian menjadi begitu terkenal dan harganya pun jadi yang termahal dari jenis lainnya. Dan bukan cuma di Indonesia, sejak itulah media luar negeri pun ramai memberitakannya yang juga jadi faktor penunjang naiknya nilai jual dari batu bacan ini.

Silahkan pertimbangkan apakah ingin membeli batu baca doko atau batu akik Palamea yang harganya relatif murah, atau mungkin mecari jenis lainnya, misalnya bacan Garut, Pancawarna dan lain sebagainya, semua tergantung selera dan kemampuan finansial seseorang. Hanya saja, yang namanya kualitas merupakan harga mati dan wajib anda pastikan sebelum memutuskan untuk membeli. Di atas dan di artikel sebelumnya sudah dijelaskan bagaimana cara mengetahuinya, silahkan baca lagi. Tapi yang paling baik sebenarnya kalau punya teman yang pengalaman soal batu cincin tersebut karena tentunya ia lebih paham dalam membedakannya.

About The Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *