Fenomenal…! Batu cincin yang kita kenal dengan sebutan batu akik ini hampir tak ada habisnya diburu setiap hari, mulai dari Batu Akik Termahal di Indonesia dan di Dunia hingga yang termurah, sehingga banyak orang pun selalu menanyakan bagaimana cara memilih batu akik yang bagus dan asli agar terhindar dari penipuan? Berhubung penulis punya banyak referensi soal ini, jadi tak ada salahnya jika kita berbagi segala yang menyangkut batu mulia yang lagi naik daun ini. Dan asal tahu saja, di luar negeri, batu akik dikenal dengan nama Gemstone yang diambil dari kata Gemologi yang merupakan nama untuk jenis batu yang terbentuk akibat proses alam. Itu pula sebabnya mengapa Indonesia menjadi salah satu negara yang memiliki jenis terbanyak untuk batu cincin ini, selain karena daerahnya yang luas dan terbentuk dengan ribuan pulau, juga karena dikenal sebagai The Fire of Ring yang mana daerah kita berada di atas lingkaran api atau lava mulai dari Sabang sampai Merouke yang dengan proses alam tersebutlah membentuk berbagai jenis batu alam dengan berbagai keunikannya.

Batu akik dapat menjadi mahal bukan hanya karena keunikannya saja, tapi yang paling utama adalah karena kualitas dari batu itu sendiri. Sebut saja, Ruby jenis Mustika Merah Delima, ternyata setelah diteliti berdasarkan uji laboratorium diketahui bahwa tingkat kekerasan dari batu Merah Delima ini mencapai 9 jika dihitung berdasarkan skala Mohs. (skala untuk menghitung tingkat kekerasan batu alam), ternyata hanya satu tingkat di bawah Intan yang mencapai 10 Mohs. Jadi memang tidak salah kenapa harganya pun menjadi begitu mahal dan diburu banyak kolektor. Dan mungkin ada juga dari anda yang belum paham kalau presiden pertama dan kedua kita juga ternyata menjadi penyuka jenis batu mulia ini, yakni Sokarno dan Soeharto. Selain tingkat kekerasan yang disebutkan di atas, batu akik juga menjadi mahal karena warna dan pancarannya, semakin berkilau dan semakin menampakkan sinarnya maka tentu harganya juga akan melambung tinggi. Dan ada satu hal lagi yang belakangan ini membuat Gemstone asal Indonesia diburu, yakni karena motif atau gambar alami yang ada di dalamnya. Jika kamu punya batu akik bergambar atau bermotif maka ada baiknya jangan dijual murah, bisa jadi nanti ia akan jadi fenomenal dan ditawar dengan harga mahal oleh para pecintanya.

Batu Akik Termahal Di Indonesia dan Di Dunia

Jenis batu akik di bawah kami ranking berdasarkan harga tertinggi penjualannya dan juga dari banyaknya orang yang mengakui bahwa ia adalah batu cincin yang paling mahal jika dibandingkan dengan jenis mulia lainnya, dan berikut adalah penjelasannya:

1.  Batu Cincin Termahal jenis Bacan

batu bacan yang mahal

(Penjelasan lengkapnya bisa juga dibaca di artikel – Jenis dan Harga Batu Bacan Doko, Palamea, Obi dan lainnya) Berdasarkan penilaian dari google trend, saat ini batu akik Bacan menduduki peringkat tertinggi ketiga yang paling banyak dicari pengguna internet dan juga yang termahal dari semua jenis yang ada. Perlu diketahui bahwa batu Bacan ini berasal dari Maluku Utara yang merupakan sumber utama dan paling banyak ditemukan di sana. Nama bacan sendiri sebenarnya berasal dari nama tempat dimana ia pertama kali diperdagangkan di sana, tapi sejatinya Pulau Kasiruta adalah tempat dimana batu cincin ini banyak ditemukan dan bahkan sejak zaman penjajahan ketenarannya sudah lebih dulu melekat pada benak masayarakat setempat.

Dikarenakan banyaknya pemberitaan dari berbagai media, para artis pun diketahui sering memburu Bacan ini, dan bahkan hingga datang langsung ke sumber utamanya guna mendapatkan kualitas nomor satu yang mereka cari. Kementerian Pariwisata juga dalam situsnya memberikan pernyataan yang menambah pamor dari batu bacan ini, yang mana disebutkan bahwa batu bacan ini bisa digolongkan dengan batu hidup, yang mana ia mampu berproses secara alami dan tanpa bantuan manusia sama sekali menjadi lebih jernih dan bening hanya dengan dikenakan setiap harinya. Proses ini terjadi dengan semakin berkurangnya serat atau inklusi yang ada di dalamnya, dan dari hari ke hari bentuknya pun akan menjadi lebih bening dan bersih dengan proses alami tersebut.

Selain kelebihan di atas, batu akik termahal ini juga punya keunikan lain yang mana ia mampu menyerap senyawa lain yang dilekatkan padanya, misalnya saja jika ia dibuat menjadi batu cincin dengan pengikat dari emas maka lambat laun bagian permukaannya akan menimbulkan bintik emas, ini terjadi karena proses alami dari kemampuan batu tersebut dalam menyerap senyawa lain yang melekat.

Berdasarkan hasil uji lab, diketahui bahwa tingkat kekerasan dari batu bacan ini mencapai 7,5 skala Mohs. Bisa dibilang bahwa ia jauh lebih keras dari batu Giok yang juga terkenal mahal dan sama kerasnya dengan Zamrud, sekalipun masih kalah dengan Ruby Merah Delima yang disebutkan di atas.

Warna dominan yang sering kita temukan dari batu Bacan ini adalah hijau, walau sebenarnya bukan cuma itu warnanya, ada juga merah, coklat, keunguan, kuning muda, putih bening dan susu, dan lainnya. Adapun jenis batu bacan yang paling terkenal dan banyak diburu saat ini adalah jenis Bacan Doko yang kebanyakan berwarna hijau tua, dan Palamea yang warnanya hijau muda agak kebiruan. Jika anda ingin juga membelinya maka kami sarankan memilih salah satunya dan pastikan juga jangan membeli yang mati, dalam artian batunya tidak lagi akan berubah menjadi lebih bening, istilah ini banyak juga dikenal dalam dunia pecinta batu, untuk itu anda harus tau betul sebelum memutuskan untuk membelinya, apalagi harganya saat ini cukup tinggi dan sangat tidak wajar bagi orang awam karena bisa mencapai ratusan juta rupiah per bijinya.

2.  Batu Akik Ruby Merah Delima

mustika merah delima berhaga mahal

Jenis batu akik termahal kedua versi Caraspot adalah batu merah delima yang masuk dalam  jenis Ruby yang saat ini menjadi primadona dikalangan masayarakat Indonesia pecinta batu alam, walau sebenarnya di luar negeri jenis gemstone ini sudah sejak lama tersohor. Dan info yang beredar dan banyak dipercayai orang saat ini bahwa Merah Delima ini merupakan batu bertuah dan punya nilai mistis dan hanya bisa didapatkan oleh orang yang mempunyai hati bersih, itu pula mengapa ia jadi salah satu incaran banyak kolektor.

Salah satu kelebihan dari batu cincin Mustika Merah Delima ini adalah yang mana ia memiliki kemampuan memancarkan cahayanya. Jika diletakkan dalam gelas bening yang berair maka tunggu beberapa saat warna air dan gelasnya akan terlihat berwarna merah juga, dan bahkan ada yang mengatakan bahwa jika kita meletakkan gelas yang sama di sampingnya hingga 40 gelas maka ia juga akan terkena pancarannya dan ikut berwarna merah juga.

Asal anda tahu saja kalau Batu Akik Ruby Merah Delima ini disebut juga dengan ‘The King of Gemstone” tau rajanya batu akik atau cincin. Keistimewaan yang diberikan padanya bukan hanya karena memang ia terkenal dan menjadi salah satu batu akik termahal, tapi karena memang keindahan warnanya yang bisa tampak seakan bersinar, selain itu juga karena dari segi penilaian pada tingkat kekerasannya ia berada satu tingkat di bawah Intan, kalau Intan tingkat kekerasannya mencapai 10 Skala Mohs., maka si Mustika ini mencapai 9 skala Mohs. Itu pula sebabnya, untuk melakukan pengujian sederhana pada batu ini selalu dilakukan dengan memukulnya, jika ia mudah retak atau pecah maka pasti bukan asli.

Pastikan tahu Cara Membedakan Batu Akik Asli atau Palsu jika anda memang tertarik membeli jenis ini karena sekarang ini banyak yang terbuat dari kaca maupun plastik yang jelas terlihat bedanya jika diuji dengan dibakar.

3.  Batu Mulia Termahal Jenis Kecubung

batu akik kecubung berkualitas

Jenis batu akik termahal yang satu ini kebetulan lagi naik daun di tahun 2015 ini. Ciri utamanya, jika ia diberi cahaya berupa senter maka akan memancarkan warna keunguan, atau pun kebiruan, tergantung dari warna asalnya karena sebenarnya ada banyak warna yang bisa ditimbulkan kalau diberi cahaya. Banyak yang bilang kalau ini batu cincin yang bertuah, tapi sebenarnya itu tergantung pribadi anda sendri, mau percaya hal tahayyul atau tidak. Di pasar Internasional Kecubung juga punya nama, yakni Amethyst, jadi jangan kira hanya orang Indonesia saja yang menganggap ini mahal, karena di luar negeri orang-orang juga menjadikannya sebagai barang langka dan berharga.

Mitos yang beredar di tengah masyarakat banyak yang mengatakan bahwa batu Kecubung ini cocok digunakan oleh orang yang lahir di bulan Februari atau berzodiak Aquarius karena dihubungkan dengan warnanya yang keunguan yang pas dengan karakter orang tersebut. Dan daerah yang banyak ditemukan jenis batu mulia ini salah satunya adalah kalimantan.

Di pasar internasional, harga batu akik Kecubung yang termahal adalah yang memiliki warna ungu tua atau yang dikenal dengan Deep Rusian yang dalam beberapa media menyabutkan harganya hingga ribuan dollar. Itu pula sebabnya mengapa dalam sejarah disebutkan banyak raja atau pun pangeran yang menggunakan batu Kecubung ini, ya karena pamornya yang berkelas menunjukkan kharisma dari pemakainya. Adapun di Indonesia, jenis batu cincin Kecubung yang banyak dicari seperti jenis Asihan, Combong, Wulung, Air, Tanduk, dan Kalimantan.

Next: Pembuatan Sertifikat Batu Akik

4.  Akik Kalimaya, salah satu yang termahal!

batu cincin kalimaya asli

Batu akik termahal yang berikutnya adalah Kalimaya, di Indonesia sendiri banyak ditemukan di daerah Banten, itu pula sebabnya banyak yang mencari batu akik Kalimaya asal daerah tersebut. Di luar negeri nama lainnya adalah Black Opal, dan kebetulan negara pemasok terbanyak saat ini ada di Australia. Tapi walau demikian produk dari negara kita tak kalah dengan yang dari luar sana. dan kalau mau mencari langsugn dari sumber aslinya anda bisa berkunjung ke daerah banten tersebut, terpatnya di daerah Sajira, Cimarga, atau pun di Maja.

Dibanding dengan jenis Merah Delima di atas, skala kekerasan dari Kalimaya masih dibawah, yakni hanya pada 5,5 hingga 5,6 skala Mohs. Sekalipun demikian, dari segi warna batu akik termahal ini memiliki keindahan yang luar biasa dimana ia memiliki warna beragam yang berkilau layaknya pelangi sehingga pertama kali melihatnya kita akan terpesona dengannya. Dan jenisnya pun beragam, mulai dari yang Kristal, Air Kelapa, Opal, Susu, dan Lukut.

Ada beberapa karakteristik dari batu akik ini, di antaranya beratnya yang jauh lebih berat dari jenis lain jika dibandingkan dengan ukuran yang sama. Selain itu, ia juga anti terhadap noda, misalnya saja anda punya cat dan mencoba mengoleskannya sedikit maka ia akan mudah hilang walau hanya dengan usapan biasa. Banyak juga yang mengatakan bahwa batu termahal ini tahan akan api walau dipanaskan dalam suhu yang tinggi.

Harga yang penulis temukan untuk jenis ini beragam, untuk yang kualitas rendahan anda sudah bisa membelinya dengan harga 300.000 saja, dan untuk kualitas super bisa mencapai 50 juta rupiah.

5.  Safir harga selangit

safir batu akik mahal

Banyak yang bilang, warna biru dari batu akik Safir ini bisa menenangkan jiwa bagi pemakainya. Tapi gak lah, apa hubungannya batu sama perasaan kita. Tapi di sini Caraspot hanya ingin membahas keelokan dan harganya yang mahal.  Jangan salah dengan jenis batu ini karena ia juga dimasukkan dalam salah satu jenis Akik yang paling terkenal dan termahal, bukan saja di Indonesia tapi juga di Dunia.

Blue Shapire atau Shappire adalah salah satu jenis yang paling banyak digemari dan juga yang termahal dari jenis lainnya. Saat ini, diketahui bahwa Safir Rusia dihargai hingga Rp. 50 juta per bijinya, tergantung pada hasil uji labnya, mlai dari warna, tingkat kekerasannya, kejernihan, hingga cut atau potongannya, apakah simetris atau tidak.

Kalau anda tertartarik mengoleksi jenis ini maka carilah yang Blue Safir Badar Emas yang merupakan batu akik blue safir Birma dengan bentuknya yang shave oval cobochon, karena saat ini, di Indonesia menjadi salah satu yang banyak diburu. Batu akik termahal ini juga banyak ditemukan di dua daerah di Indonesia, yakni di Kalimantan dan Pacitan dengan warna yang beragam.

Sebenarnya dari segi warna ada banyak jenisnya, mulai dari Yellow, White, hingga Black Saphire, tapi dari berberapa jenis tersebut yang Blue Sphire lah yang termahal dan paling banyak dicari orang.

Dan satu hal lagi yang penting diperhatikan adalah tingkat kekerasannya yang mencapai 9 skala Mohs. Cukup keras jika dibandingkan dengan jenis panca warna, dan Kalimaya dan lainnya.

6.  Batu Akik Bermotif/Bergambar Unik

Khusus pembahasan ini sebenarnya Caraspot tidak mengkhususkan pada jenisnya, tapi pada keunikan dari batu akik itu sendiri. Gambar atau motif unik yang muncul dalam batu akik pada dasarnya haruslah alami dan bukan buatan manusia. Beberapa yang sudah pernah ditemukan seperti mirip Monalisa, Deddy Corbuzer, Nyi Roro Kidul, Kepala Banteng, Menara Masjid, Naga, Ikan, dan beberapa yang mungkin akan ditemukan di masa akan datang. Jika anda beruntung menemukannya maka bisa dipastikan anda akan mudah kaya raya dalam waktu singkat karena umumnya bisa dibandrol hingga minimal 1 Milyar rupiah. Selain itu, kadang juga semakin besar ukurannya maka akan semakin mahal karena untuk yang jenis langka sangat jarang ditemukan ukuran yang besar, dan biasanya itu digunakan sebagai gantungan kalung atau sebagai liontin.

Ada banyak sebenarnya jenis batu cincin termahal baik di Dunia maupun di Indonesia, tapi dari sekian yang ada batu akik termahal yang disebutkan di ataslah yang menduduki peringkat teratas, dilihat dari segi harga dan penawaran yang pernah terjadi yang diberitakan oleh beberapa media. Dan perlu juga diketahui, bahwa yang beredar saat ini banyak juga yang menjadikan batu akik bergambar atau bermotif unik sebagai salah satu yang berharga tinggi, dan mungkin anda pun sudah mendengarnya kalau jenis panca warna yang menunjukkan gambar menyerupai Nyi Roro Kidul ditawar hingga 5 Milyar. wow…mahal bingit. Oke, selanjutnya silahkan berbelanja, mana dari berberapa akik yang anda senangi.

About The Author

Comments

  1. Portal Berita

    Merah Delima masih menjadi favorit anee :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *