Dari semua bahan makanan yang ada, ayam adalah salah satu yang disenangi banyak orang. Makanya, panduan “Resep Ayam Bumbu Bali Pedas yang Enak serta Cara Membuatnya” dari Caraspot ini diperuntukkan buat anda semua yang cinta dengan kuliner enak tersebut. Sebagaimana kita ketahui bahwa Indonesia adalah salah satu surganya aneka kuliner enak dan bahkan hampir semua negara mengakuinya, ini karena negara kita menjadi salah satu penghasil rempah-rempah terbaik yang sudah sudah tersohor sejak zaman penjajahan, ini pula yang menyebabkan Indonesia dijajah oleh Belanda waktu itu. Resep masakan ayam sebenarnya banyak, seperti kari ayam, ayam rica-rica dan selainnya, tapi khusus resep ayam bumbu bali pedas ini adalah merupakan yang paling banyak disukai orang sehingga perlu kiranya kita berbagi cara membuat dan langkah apa saja yang harus dilakukan untuk menghasilkan makanan enak layaknya sajian restoran ternama. Dikatakan ‘bumbu bali’ karena bahan yang digunakan dalam pengolahannya menggunakan racikan khas yang biasa dibuat oleh warga ‘Pulau Seribu Candi’ tersebut.

Yang khas dari masakan ayam bumbu bali ini adalah rasanya yang pedas yang terkadang tampak jelas banyak orang menikmatinya ketika memakannya. Ini bisa dilihat dari keringat yang bercucuran beberapa saat setelah menikmatinya. Tapi bukan cuma pedas, rasa ayamnya yang enak dan empuk menambah juga kekhasan dari makanan berbahan ayam ini. Hanya saja kalau ada anggota keluarga yang tidak senang dengan rasa pedasnya bisa dikurangi dan diganti dengan memperbanyak campuran saus tomatnya saja. Ciri lain dari ayam bumbu bali ini adalah dimana ia tampak berkuah tapi dengan kuah yang sangat kental dan berwarna merah kecoklatan. Rasa dari kuanya saja bisa bikin kita ketagihan, apalagi jika dimakan dengan nasi putih yang masih panas dan pulen. Yang banyak dijajakan di daerah asalnya umumnya tampak potongan cabai hijau di bagian atasnya sebagai pemanis agar tampilannya semakin menggoda selera.

Perlu juga disampaikan kalau kemarin malam Caraspot baru saja membahas soal Vitamin dan Makanan Penyubur Kandungan, siapa tahu ada yang membutuhkan artikelnya bisa langsung dibaca.

Bahan dan Bumbu Resep Ayam Bumbu Bali Pedas

Berikut adalah beberapa bahan utama dan pelengkap sebagai persiapan untuk pengolahan ayam kampung atau pun broiler menjadi masakan ayam dengan aroma bumbu Bali. Kami membagi ke dalam dua jenis, yang pertama adalah bahan yang mana berisi bahan utama dan bumbunya yang digunakan dalam proses pengolahan pertama, adapun bumbu adalah yang menjadi campuran kuahnya yang akan dicampurlangsung dengan ayamnya setelah melalui proses pemasakan.

Bahan:

  • 1 ekor ayam segar yang masih utuh, agar ukurannya tidak terlalu kecil atau pun besar maka usahakan potong hingga 16 bagian. Mulai dari membelah dua bagian dari atas paha kiri dan kanan kemudian bagi lagi hingga cukup jumlah potongan yang diinginkan.
  • gunakan air bersih seukuran kurang lebih 700 ml air atau kalau tidak mau repot takar dengan timba saja.
  • 1 sdk teh dari gula pasir yang kasar
  • 3 lbr daun salam, bisa menggunakan yang basa maupun yang sudah kering.
  • 2 sdk teh garam dapur halus
  • 1/4 sdk teh dari merica yang telah dihaluskan dan telah menjadi bubuk
  • 3 sdm minyak goreng untuk menumis bumbu.

Tips:

Semua bahan yang digunakan usahakan yang masih fresh, terutama pada ayamnya, pilihlah yang belum berbau dan baru disembelih. Cara mengetahuinya adalah dengan memperhatikan warna dagingnya yang belum terlihat pucat dan masih mengeluarkan darah segar. Hati-hati juga terhadap ayam berformalin karena hampir tak ada bedanya dengan yang biasa. Tapi salah satu cirinya adalah ia tidak disukai lalat sehingga tak ada satu pun lalat yang mau mendekatinya.

Bumbu Halus:

  • 6 cabai merah  yang berukuran besar. Pilih yang segar dan tidak layu karena mempengaruhi aroma dan rasanya.
  • 8 cabai merah keriting. Lihat tangkainya, kalau belum keriput berarti masih layak digunakan.
  • 10 btr bawang merah yang telah dikupas
  • 4 siung bawang putih
  • 1 sdk teh terasi, jika tidak mau repot menakar maka gunakan yang sachetan yang banyak diiklankan di TV, untuk satu bungkus kecilnya bisa setara dengan menggunakan sendok tersebut. Usahakan dibakar dulu agar campuran udang rebon di dalamnya matang dan mengeluarkan aroma sedap.
  • 1 buah tomat sambel yang berukuran sedang.

Catatan:

Pemilihan cabai yang pas adalah kunci utama dari aroma dan rasa pedas ayam bumbu bali ini. Pastikan jangan memilih yang sudah mau rusak dan bonyok. Dan usahakan yang tidak terlalu besar dan juga tidak terlalu kering karena mempengaruhi kandungan kuah dari masakan ayamnya. Sama halnya ketika membuat sambal ijo nasi padang, dipilih yang ukuran sedang agar sambalnya tidak mengandung banyak air yang bisa mengurangi rasanya.

Proses Cara Membuat Masakan Ayam Bumbu Bali

Setelah semua bahan tersedia dan takarannya juga sudah diatur sedemikian rupa maka tinggal sediakan alat berupa kompor dan juga wajan yang digunakan untuk memasak.

Penjelasan simple:
  1. Mula-mula panaskan minyak di atas wajan. Kemudian masukkan bumbu yang telah dihaluskan dan juga daun salam, lalu tumis sampai harum.
  2. Selanjutnya masukkan ayam. Aduk bersama bumbu sampai berubah warnanya.
  3. Masukkan garam, bersama gula, dan juga merica. Lalu aduk rata lagi.
  4. Kemudian tambahkan air bersih sesuai takaran.
  5. Terakhir, tinggal dimasak lagi hingga matang dan bumbunya meresap serta menampilkan kuahnya yang kentalnya.

Pastikan dalam mempraktekkan masakan Resep Ayam Bumbu Bali Pedas yang Enak serta Cara Membuatnya ini menggunakan bahan yang betul-betul fresh. Terutama pada daging ayam yang dipakai, usahakan yang baru disembelih dan dalam keadaan sehat. Ini bisa dibuktikan dengan baunya yang belum menimbulkan bau agak busuk sebagaimana ayam potong yang kalau sudah lebih dari 1 hari setelah disembelih cenderung menimbulkan bau tidak enak. Selain itu, perhatikan dagingnya…kalau masih banyak mengelurkan darah itu artinya masih baru serta warna dari daging ayam bali yang akan dibuat tersebut tampak putih segar dan tidak kebiruan karena untuk menghindari jangan sampai ia ‘ayam tiren’ (mati kemaren). Adapun pada bumbunya masih bisa kita akali dengan menambah atau mengurangi kadarnya jika seandainya dirasa kurang kuat atau terlalu hambar.

About The Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *