Bermimpi menikah bisa jadi karena terbawa oleh keadaan disebabkan kurang dari beberapa bulan lagi Anda akan menikah atau waktunya sudah ditentukan. Tapi bagaimana jika itu terjadi padahal anda sama sekali belum merencanakan atau belum membayangkan sebelumnya? Lalu apa arti mimpi menikah tersebut pada Anda?. Nah Caraspot punya banyak referensi soal ini, termasuk dari Vemale dan situs luar negeri. Perkawinan pada dasarnya salah satu fitrah manusia yang akan dijalani oleh semua orang, kecuali bagi yang tidak menginginkannya dan lebih memilih hidup sendiri, tapi bagi manusia normal baik itu pria maupun wanita itu adalah hal yang sifatnya manusiawi. Namun bicara soal tafsir mimpi dalam primbon jawa maupun ajaran agama Islam ternyata ketika seorang mengalami hal demikian, apakah itu kawin atau melangsungkan pernikahan dalam tidurnya, ternyata hal tersebut jika ditafsikan, terkadang, tidak ada hubungannya dengan hal percintaan.

Orang yang bermimpi menikah bisa saja dalam berbagai keadaan, terkadang terjadi pada orang yang memang sudah berkeluarga, tapi terkadang juga pada orang yang belum menikah sama sekali. Nah, keadaan ini juga punya arti tersendiri. Tapi sebelum itu ada baiknya kita bahas sedikit fakta soal mimpi ini, yaitu di antaranya dikatakan bahwa wanita lebih banyak yang mengalami mimpi tidak baik atau buruk dibandingkan dengan pria, dan fakta unik juga menyebutkan ternyata pria lebih banyak memimpikan pria sendiri dibanding wanita yang masih seimbang jumlahnya antara memimpikan laki-laki dan perempuan yang mana ini pula yang menyebabkan pria merasa senang sekali jika berhasil bermimpi dengan wanita, apalagi jika yang dimimpikan itu adalah wanita pujaannya. Selain itu, terkadang mimpi yang dialami seseorang akan terhapus dari ingatannya begitu setelah 5 menit ia terbangun dari tidurnya dan bahkan dikatakan bahwa sekitar 90% akan dilupakan setelah terjaga 10 menit setelah tidur. Tapi mungkin ini untuk jenis yang terjadi dalam bentuk bunga tidur yang disebabkan oleh obsesi terhadap sesuatu, dan bukan pemberian dari Allah yang sifatnya isyarat untuk kehidupan seseorang.

Tafsir / Arti Mimpi Menikah Dalam Berbagai Kondisi

  1. Mimpi menikah lagi – Ini dialami oleh orang yang sudah berkeluarga dan artinya adalah bahwa kesibukan anda akan bertambah dan akan berbeda dari sebelumnya, bisa jadi karena ada pekerjaan atau bisnis yang akan dijalankan nantinya atau mungkin yang hubungannya dengan orang lain.
  2. Dalam tidur menyaksikan anak kecil yang sudah menikah – Ini artinya besar kemungkinan anda akan mengalami masalah dalam beberapa hari, bulan atau tahun yang akan datang, entah itu dimana, tapi yang jelas maknanya akan ada kesulitan yang akan menimpamu nanti jadi berhati-hatilah dan jangan ceritakan hal tersebut pada orang lain agar tak ada yang memberi tafsir buruk.
  3. Mimpi sedang menikah dengan perempuan/istri orang lain – Dalam primbon ditafsirkan bahwa akan ada seorang pemimpin, entah itu dalam lingkup daerah atau yang lebih luas, yang akan berlaku sesukanya atau sewenang-wenang
  4. Melihat sebuah kerudung pengantin dalam tidur – Hal yang masih ada hubungannya dengan arti mimpi menikah ini dimaknai bahwa seseorang akan mengalami kesedihan karena ulah dari pasangannya, dan ini artinya hal buruk yang akan terjadi pada diri kita.arti mimpi menikah dengan pacara dan melihat teman
  5. Bermimpi sedang memberikan perhiasan intan kepada kekasih – Sekalipun ini belum masuk dalam suasana pernikahan tapi paling tidak masih ada kaitannya dan ini diartikan sebagai isyarat agar seseorang berhati-hati ketika memilih pasangan hidupnya agar tidak terjadi penyesalan dikemudian hari.
  6. Bertemu dengan pujaan hati dalam tidur – Dalam tafsirnya diartikan bahwa seseorang akan mendapat kedudukan yang mulia dalam pekerjaan atau mungkin bisa diartikan jabatan atau posisi yang baik dalam pekerjaannya.
  7. Apabila bermimpi seakan menikahkan seseorang atau ibaratnya jadi penghulu – maka itu berarti Anda akan mendapatkan suatu kemuliaan, kekayaan, atau pun harga diri. Ini merupakan pertanda baik karena ada derajat lebih tinggi yang akan didapat, entah itu dalam hal harta maupun jabatan yang artinya sebuah keberuntungan hidup.
  8. Apabila bermimpi sedang dinikahkan oleh orang tua sendiri -  maka itu menandakan hal yang buruk akan terjadi yang bisa jadi Anda akan mendapatkan musibah nantinya.
  9. Menghadiri acara pernikahan – Jika waktu tidur hal seperti ini anda mimpikan, terutama buat istri atau wanita yang telah minkah, maka itu artinya suami anda akan mendapatkan keberuntungan berupa kemuliaan dan juga kekayaan.
  10. Menikah dengan pacar – Tafsir dari mimpi ini malah sebaliknya yang mana dikatakan bahwa seseorang mungkin akan mengalami masalah dalam hal percintaan, bisa jadi hubungan dengan pacar bermasalah atau mungkin saja putus (Ingat, dalam Islam tidak dikenal istilah pacaran karena ini adalah salah satu pelanggaran, yakni pelanggaran dari larangan “Janganlah kamu mendekati zina…”. Sudah terbukti kan sekarang banyak orang yang hamil diluar nikah karena menghalalkan pacaran?. Sampai keluar tema pembahasan segala!
  11. Merasakan sedang merayakan pesta pernikahan – Ini ditafsirkan bahwa akan ada acara keluarga yang meriah dan menyenangkan yang akan terjadi beberapa hari kemudian.
  12. Menikah dengan wanita atau pria yang tidak dikenal – Ini berarti akan ada hal buruk yang mungkin akan terjadi pada diri Anda.
  13. Simak juga : Arti Mimpi Hamil (Lengkap) dan juga bagaimana Tafsir Mimpi Bersalin dalam berbagai pandangan.
Perlu dicamkan! Tak ada tafsir soal mimpi yang betul-betul bisa dipegang kebenarannya karena yang namanya tafsir punya beragam bentuk, tergatung siapa yang menafsirkannya. Tapi terkadang memang ada orang tertentu yang bisa dan ahli soal ini, seperti halnya nabi Yusuf yang dalam al-Qur’an jelas sekali bahwa ia memiliki kemampuan tersebut berkat karunia dari Allah, terutama soal kisah ketika beliau dipenjara dan ada yang meminta agar mimpinya ditafsirkan oleh beliau.

Selanjutnya, tinggal bagaimana anda menyikapi makna mimpi di atas karena sekalipun situsnya khusus membahas soal ini tapi bisa jadi pemiliknya yang menulis hal tersebut bukanlah orang yang memang punya keahlian seperti itu. Tapi walau demikian tetap saja ada yang memang sudah lazim terjadi, dengan mimpi yang sama yang kejadiannya dalam kehidupan nyata juga selalu seperti itu, jadi kalau mau dipercaya sebagian tak masalah tapi hal-hal seperti ini jangan terlalu dipusingkan karena setiap orang pasti mengalaminya.

Hukum Menafsirkan Mimpi

Pada dasarnya menafsirkan mimpi, termasuk dalam mencari arti mimpi menikah apakah itu anda sendiri atau melihat teman menikah, hukumnya Mubah atau ‘boleh’, karena pada masa Nabi Muhammad saw. beliu juga pernah melakukannya dan bahkan jelas-jelas dalam Al-Qur’an, soal kisah Nabi Yusuf, disebutkan secara jelas soal kelebihan yang diberikan oleh Allah pada beliau. Dan dalam sebuah hadis sahih (hadis yang dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya dari ucapan, pebuatan dan taqrir Nabi) juga disebutkan yang intinya mengatakan bahwa sebenarnya mimpi itu ada 3 bentuknya, yakni yang lahir dari angan-angan atau pun obesei, dari Syaitan dan yang dari Allah yang merupakan bentuk mimpi yang baik. Mengenai mimpi yang pertama dianjurkan untuk diabaikan saja karena itu hanya bunga tidur saja sedangkan yang kedua sangat disarankan, dan ini juga disebutkan dalam salah satu riwayat bahwa sebisa mungkin jangan diceritakan pada orang yang tidak senang dengan kita karena jika ia menafirkannya maka bisa jadi akan jadi kenyataan, dan mengenai yang ketigalah sebenarnya yang dibolehkan untuk diketahui tafsirnya, tapi sekali lagi… yang namanya tafsir (kecuali tafsir Al-Qur’an yang dilakukan oleh ulama besar yang mempunya ilmu yang luas) umumnya tidak bisa kita jadikan sebagai ilmu pasti, walau demikian, tidak juga bisa kita tolak mentah-mentah karena bisa jadi ada benarnya.

Jika anda ingin tahu bagaimana itu mimpi yang benar maka salah satu tandanya adalah ia akan membawa kegembiraan atau pun kebaikan pada orang yang mengalaminya dan yang lebih penting lagi adalah ia tidak melanggar aturan-aturan yang telah digariskan dalam agama Islam,karena jika melanggar maka bisa jadi itu mimpi yang ditimbulkan oleh syaitan.

Simak dulu: Arti Mimpi Basah lengkap

Kepada siapa harus menafsirkan mimpi?

Ini penting sekali diketahui karena bahkan artikel yang anda baca saat ini tidak bisa sama sekali dijadikan sebagai pegangan pasti karena penulis sendiri bukan ahli soal ini, melainkan hanya mengutip dari beberapa situs yang dianggap layak dijadikan referensi. Lalu dimana seharusnya kita mencari orang yang bisa menafsirkan mimpi atau istilahnya Mu’abir (orang yang ahli dalam menafsirkan mimpi). Orang seperti ini jarang sekali ditemukan dan bahkan bisa jadi tidak ada di kota atau daerah anda. Tapi jika memang ingin benar-benar mendapatkan tafsir yang valid, termasuk dari arti mimpi menikah ini, maka jawabnya ada pada ulama yang memang betul-betul paham arti dan makna Al-Qur’an secara keseluruhan serta banyak menghafal hadis. Tapi terkadang itu pun belum cukup karena keahlian seperti ini langka dan bahkan bisa jadi ia hafal 30 Juz Al-Qur’an tapi kalau memang tidak diberikan kelebihan oleh Allah tentu juga ia tidak bisa. Jadi orangnya sebenarnya betul-betul bukan hanya punya ilmu agama yang tinggi tapi juga memang karena sengaja diberikan kelebihan oleh Allah swt. khusus untuknya.

Apakah buku-buku soal tafsir mimpi bisa dipercaya?

Bisa ya, bisa juga tidak!. Mengapa? Karena yang namanya buku bisa jadi ditulis oleh orang yang tidak tepat dan mungkin juga hanya menggunakan berbagai referensi kemudian ia menulis rangkumannya dalam satu naskah. Dan Caraspot bisa juga mengatakan kalau buku primbon mimpi bisa dijadikan rujukan asal orang yang menulisnya memang punya keahlian sebagaimana disebut di atas dan lebih penting lagi ia punya dasar dari dalil-dalil dalam ajaran agama Islam, baik itu hadis atau pun Al-Qur’an. Tapi jika seandainya saat ini anda punya buku primbon soal tafsir arti mimpi menikah dan sebagainya yang sama sekali tidak ada dasarnya, maka sebaiknya dihindari karena bisa jadi akan membawa kepada kemusyrikan, apalagi kalau tafsir mimpi di dalamnya ngaur dan bertentangan dengan ajaran agama kita.

Bagaimana seharusnya menyikapi mimpi yang kita alami?

Ada banyak sekali yang jadi pertimbangan ketika kita mengalami mimpi yang kita rasa itu aneh dan seakan memberi pesan yang kuat pada diri kita untuk melakukan sesuatu. Beberapa yang harus digarisbawahi adalah:

  • Sandarkanlah segalanya pada Allah swt. Yang Maha Kuasa, termasuk dengan mimpi menikah, hamil atau pun melahirkan yang kamu alami, dan jangan sama sekali menyandarkan pikiran dan hati kita hanya pada mimpi tersebut karena bisa jadi membawa kita pada perbuatan musyrik.
  • Anda bisa percaya dan bisa juga tidak pada tafsir yang disebutkan di atas, tapi jangan sekali-kali terpaku padanya karena usaha dan doa bisa merubah takdir seseorang.
  • Kembalikan segala sesuatu pada Al-Qur’an dan Hadis karena 2 hal inilah yang bisa menghidarkan orang dari perbuatan yang zalim.
  • Jika mimpimu buruk maka jangan ceritakan pada siapa pun karena yang namanya tafsir mimpi (dalam salah satu riwayat disebutkan) kejadiannya dalam kehidupan nyata ibarat orang mengangkat satu kakinya untuk melangkah yangmana sampainya di tanah ibarat tafsir mimpi tersebut, begitu suatu mimpi ditafsirkan maka kejadiannya besar kemungkinan akan terjadi. Jadi, harus hati-hati betul.
  • Ceritakanlah mimpi baikmu hanya pada orang yang baik menurutmu dan jangan pada orang yang tidak senang padamu agar ia tidak menafsirkan sembarangan yang bisa jadi akan jadi kenyataan.
  • Terakhir, jadikanlah mimpimu sebagai sarana untuk menasehati dirimu sendiri dan juga untuk mendekatkan dirimu pada Allah swt., jangan sampai sebaliknya.
  • Simak juga : Tanda-tanda wanita yang hamil

Lalu apa dan bagaimana tanggapan anda soal Arti Mimpi Menikah di atas? Apakah ada yang memang sesuai dalam kehidupan nyata anda atau mungkin ada yang anda alami tapi belum diungkapkan di atas, nah solusinya tinggal ‘share’ atau ‘like’ artikel ini ke akun facebook atau pun Twitter kamu agar ada yang melihat dan bisa memberi kamu saran soal mimpimu. Dan jika ingin memberi komentar maka sebaiknya yang ada hubungannya agar kami bisa lebih gampang meng-approve-nya. Dan jika seandainya mimpi and aadalah buruk maknanya maka jangan berputus asa karena yang namanya doa bisa saja merubah takdir seseorang selama itu dilakukan dengan sabar dan penuh penghayatan karena Tuhan Maha Mendengar segala permintaan kita.

About The Author

Comments

  1. andre

    Artikelnya mantap :), Mimpi adalah bunga tidur, bisa menjadi motivasi dan semangat. Misal, arti menghadiri pernikahan, maka suaminya akan mendapat keberuntungan, bisa jadi doa :)

  2. fiaty

    jika mimpi dinikahkan dengan keturunan dri walisongo apaartinya