Apakah anda semalam bermimpi sedang mengadung dan ingin tahu apa arti mimpi hamil tersebut? Bersabarlah sebentar karena Caraspot ingin memberikan prolog terlebih dahulu sebelum masuk ke pembahasan intinya. Bagi orang Indonesia, mimpi sering dikatakan sebagai bunga tidur, tapi jika kita menelisik pada literatur keagamaan ternyata memang betul bahwa mimpi ini menjadi bagian penting dalam awal pewahyuan dimana Nabi Muhammad saw. sendiri mengalaminya, yang dalam Al-Qur’an surah Yunus ayat 46 dibahasakan sebagai ‘berita gembira’ bagi umat muslim, dan ternyata hadis mengenai ayat ini juga sudah jelas ada dalam salah satu riwayat ketika Nabi ditanya mengenai makna ayatnya dan dijawab bahwa yang dimaksud adalah ‘mimpi yang indah’. Mengenai pandangan dari dalil yang valid akan kita lanjutkan di paragraf akhir, tapi sekarang saya hanya ingin menegaskan bahwa mimpi bukan hanya pelengkap tidur semata, tapi ia bisa menjadi petunjuk untuk orang-orang tertentu, dan bahkan dikatakan bahwa ia adalah adalah salah satu bagian dari empat puluh enam bagian kenabian.

Ada hal menarik dalam pembahasan soal tafsir mimpi hamil ini, dimana ternyata yang mengalaminya bukan hanya orang yang sedang terobsesi ingin cepat hamil atau mempunyai anak, tapi juga banyak perempuan yang sama sekali belum terpikir dalam benaknya untuk mengandung ternyata juga mengalaminya. Tapi sayangnya banyak orang yang terkadang menafsirkan seadanya dan sesukanya tanpa punya dasar sama sekali, baik itu pengalaman atau pun keahlian dalam membaca maknanya.

Sebelum ini, baca Tafsir Mimpi Basah

Berbagai macam mimpi dan arti mimpi hamil itu sendiri

Ternyata ada banyak sekali keadaan yang dialami seorang wanita ketika bermimpi sedang mengandung, bukan hanya sekedar perutnya membesar tapi juga mengalami kontak dengan makhluk lain seperti harimau dan selainnya. Hal inilah yang butuh pemaknaan yang bukan didasari hanya dari menerka saja. Dan berikut adalah jenisnya:

Sebelum ini, keluar dari tema, dari pada hanya berhayal punya anak, lebih baik bantu suami cara meningkatkan jumlah sperma agar tidak hanyadalam bentuk angan-angan saja yang hanya berbuah pada mimpi tanpa arti.

  1. Istri sedang mengandung – Ini ditafsirkan buruk. Dikatakan bahwa bagi pria yang mengalaminya sebaiknya waspada dalam tindakannya karena ini pertanda yang tidak baik untuk hari-hari selanjutnya.
  2. Bermimpi sedang hamil – Buat perempuan yang mengalaminya sendiri maka arti mimpi hamil ini berarti ia sedang dalam memiliki keinginan dan nantinya akan terwujud. Ini bisa dalam banyak hal dalam kehidupannya, bukan hanya soal kehamilan saja.
  3. Mimpi sedang duduk di sebuah dipan sedang istri dalam keadaan hamil waktu itu – Ini artinya anda akan dikarunia seorang anak yang memiliki wajah yang rupawan. Berbahagialah dan berdoalah agar terwujud.
  4. Bertemu banyak orang hamil yang berkumpul – Kalau anda mengalami mimpi semacam ini, dimana terlihat ada banyak sekali perempuan yang sedang bunting terlihat berada di tempat yang sama dalam satu waktu, berarti kedepannya akan mendapatkan rezeki tambahan yang tak diduga-duga.
  5. Memberi pedang retak yang ada dalam sarungnya – Ini adalah pertanda bahwa istri anda yang sedang hamil akan mendapat musibah dimana anaknya meningga sebelum lahir. Tapi bila sebaliknya, dimana pedangnya dalam keadaan utuh sedang sarungnya yang malah retak, maka kemungkinan istri anda akan berhasil melahirkan anaknya dengan selamat tapi sayangnya ia yang akan meninggal setelah melahirkan.
  6. Bermimpi menyirami tanaman yang sedang berbuah lebat – Pertanda bahwa, jika anda suami, anda sebentar lagi akan mendapat kabar baik dimana istri sedang hamil, tapi bila anda perempuan, maka sebentar lagi akan merasakan menjadi wanita yang sempurna dimana akan merasakan bagaimana rasanya mengalami kehamilan yang sebentar lagi akan melahirkan.
  7. Bercermin muka – Bila yang bermimpi adalah anak perempuan maka itu artinya sebentar lagi ia akan jadi kakak dari anak perempuan yang akan dilahirkan ibunya, tapi bila seorang istri yang mengalaminya sedang ia tidak dalam keadaan bunting, itu artinya suaminya akan menikah lagi, sedangkan jika yang bermimpi adalah suami sedang istirnya hamil maka kemungkinan ia akan menjadi ayah dari anak laki-laki yang menyerupai wajahnya sendiri.
  8. Menikah lagi – Jika ada di antara anda yang bermimpi demikian maka itu bisa ditafsirkan bahwa ia nantinya akan lebih sibuk dari sebelumnya.
  9. Mimpi melihat harimau masuk rumah namun keluar lagi – Ini berarti anda akan mengalami percintaan yang berlangsung tidak lama. Ini digolongkan buruk. Bagi yang masih bujangan bisa jadi pertanda tidak baik untuk hubungannya dengan calon suami atau istri yang akan dinikahinya.
  10. Pastikan baca ini juga : Arti Mimpi Melahirkan Bayi Perempuan / Laki-Laki

Terkadang juga ada mimpi yang lahir karena terlalu mengidamkan sesuatu, misalnya karena ingin cepat memiliki anak atau keturunan sehingga terbawa saat tidur dan lain sebagainya.

Catatan:

Jika suami yang memimpikan istri yang sedang hamil maka itu pertanda yang tidak bagus, tapi bila istri sendiri yang bermimpi dimana ia dalam keadaan bunting waktu itu maka itu artinya pertanda yang baik dimana keinginannya akan segera terwujud.

Tafsir Mimpi Menurut Al-Qur’an dan Hadis Nabi

arti bermimpi hamil bagi wanitaTernyata mimpi dalam ajaran Islam merupakan bagian dari wahyu pada masa kenabian dan juga sebagai bagian yang penting dalam kehidupan seorang wali di zaman sekarang, itulah mengapa dikatakan bahwa ia adalah bagian dari 46 bagian kenabian. Dan berikut adalah beberapa landasannya:

1. Al-Qur’an:

“Bagi mereka (ada) berita gembira di dalam kehidupan di dunia dan (dalam kehidupan} di akhirat”.(QS. Yunus : 46)

Megnenai ayat di atas, ada sautu riwayat atau hadis yang berkaitan dengannya, yakni yang diriwayatkan oleh At-Tirmidzi, yang maknanya, bahwa suatu ketika ada penduduk Mesir yang bertanya pada Abu Darda mengenai makna ayat di atas, lantas beliu menjawab bahwa nabi pernah berkata padanya ketika ia menanyakah soal ini juga dan dikatakan bahwa semenjak ayat ini diturunkan tak ada seorang pun yang menanyakan hal ini selain dirinya, demikian pula, Abu Darda juga berkata kepada penduduk Mesir tersebut bahwa tak ada seorang pun yang menanyakan soal ayat di atas kepada dirinya sejak ia terakhir kali menanyakannya pada nabi kecuali dirinya (penduduk mesir tersebut), dan beliau lantas mengatakan bahwa maknanya adalah ‘mimpi yang indah yang dialami oleh seorang yang muslim.’

Jelas sekali ada makna tersirat dari ayat di atas bahwa arti mimpi itu ada pada setiap mimpi yang dijalani, apakah ia pertanda buruk atau baik.

Selain itu, ada juga beberapa ayat yang menyebutkan salah satu keutamaan yang diberikan kepada Nabi Yusuf dimana beliau mempunyai kemampuan menafsirkan mimpi yang mana kemampuan tersebut tidak diberikan pada nabi sebelumnya. Dan kisahnya dalam Al-Qur’an disebutkan bahwa karena kehebatan beliau dalam menafsirkan suatu mimpi yang pada akhirnya ia dihadiahi jabatan yang tinggi pada suatu kerajaan yang akhirnya mempertemukan dengan saudara-saudaranya yang dulu membuangnya.

Simak dulu: Arti Mimpi Menikah (dalam berbagai kondisi)

2.  Hadis Nabi

Mimpi yang baik merupakan salah satu bagian dari 46 bagian kenabian.” (HR. Bukhari)

Caraspot menjelaskan kembali makna dari hadis di atas yang mana ini memberikan kita pengertian bahwa mimpi merupakan hal penting yang terjadi pada diri seseorang yang bisa jadi ia adalah petunjuk untuk mengambil keputusan pada masalah penting yang dialaminya, walau demikian ada juga mimpi yang diartikan hanya sebagai bunga tidur atau adhghats. Hadis di atas lebih tepat ditujukan pada wali Allah atau pada orang yang memiliki tingkat kepercayaan pada Tuhan yang tinggi yang bisa bisa kita lihat tandanya pada prilakunya yang baik. Semua orang bisa mengalami mimpi seperti ini asalkan mau berusaha untuk menjadi lebih beriman dan banyak beribadah.

Jenis Mimpi Secara Umum

Walau sebenarnya mimpi dan artinya itu banyak, tapi secara umum hanya ada 3 golongan dari mimpi itu, yaitu :

  • Angan-angan – Mimpi juga banyak terjadi hanya karena angan-angan seseorang yang berliebih yang kemudian terbawa ketika ia tidur, misalnya bingung penyebab susah punya anak hingga akhirnya ia terus membayangkan saat-saat menimang bayi dan sebagainya.
  • Permainan setan – Bagi anda yang malas berdoa sebelum tidur dan kurang percaya pada tuhan sering kali mengalami mimpi seperti ini, termasuk juga dalam arti mimpi hamil yang dibahas di atas.
  • Kabar gembira dari Allah - Ini adalah tingkatan mimpi yang paling baik dimana memiliki makna yang lebih dari mimpi biasa dan umumnya sebagai kabar gembira yang sifatnya baik dan membahagiakan, dan terkadang pula sebagai bentuk petunjuk atas keputusan yang akan diambil nantinya yang umumnya dialami oelh orang yang memiliki tingkat keimanan yang tinggi.

Jadi, arti mimpi hamil yang diulas di paragraf awal di atas punya banyak makna, tergantung bentuk mimpinya sendiri. Tapi perlu juga diketahui bahwa tak selamanya punya arti, terkadang hanya karena angan-angan atau sugesti yang berlebih sehingga terbawa pada waktu tidur. Selebihnya silahkan cari di kolom search di atas. Let’s make a nice dream!

About The Author

Comments

  1. fha

    Aku mimpi hamil selama 3mlm berturut2
    Pertama mimpi hamil besar
    Kedua mimpi hamil trs di usg trnyata anak nya perempuan
    Ketiga hamil kecil dan kontraksi
    Itu artinya apa ya ?

  2. haryono

    aku mimpi dikejar 2 singah dan 1 harimau dan aku berada di atas susunan batu merah ,dan aku melemparnya pake batu merah tp singa itu tetap naik ke batu merah dan menggigit tangan kiri aku…maknanya apa…tolong diberi tau apa artinya

    1. Caraspot Article Author

      Khusus mimpi anda kami belum menemukan jawabannya. Semoga pengunjung lain ada yang tau tafsirnya dan bisa berbagi di sini juga.

  3. haryono

    terus aku mimpi duduk dipelaminan bersama pacar aku apa artinya

  4. janty prasetya

    saya mimpi hamil kemudian saya melihat perubahan badan saya di cermin.
    makna dan artinya apa ya

    1. Caraspot Article Author

      Untuk kasus anda kami tidak bisa menebak, semoga ada pembaca lain yang bisa memberikan jawabannya.

  5. jamil

    Saya mimpi mengumandangkan adzan dengan suara yang sangat merdu. Kok bisa….padahal suara saya biasa2 saja. Apa artinya ya?

  6. ncha

    saya bermimpi hamil diluar nikah tpi saya tidak ingat pernh melakukan perbuatan zinah dgn siapa pun.. itu artinya apa y ??

  7. weast

    mimpi membunuh orang jahat trus ganti baju baru

  8. Dian

    Dalam mimpi saya itu saya lagi hamil,tapi sambil berbaring2an di kasur!itu makna nya apa ya?

  9. ojie

    apa artinya jika seorang wanita hamil bermimpi berkelahi dgn kuntilanak ingin merebut janin dlm kandungannya

  10. evi

    sebuah mimpi bisa di tafsir atau di beri arti apabila kita tidur dengan syariat.seperti berdzikir dan berdoa sblm tidur dan menghadap ke sebelah kanan, dan tentunya tidak ada hayalan atau angan2 sblmnya yang mana biasanya terbawa mimpi..

  11. fahreza

    Ibu saya saat sedang mengadung saya di datangi seorang pemimpin

  12. fitri

    saya,bermimpi menikah,lalu saya menyusui bayi perempuan,apa arti nya ?

    1. Caraspot Article Author

      Terima kasih komentarnya, kami hanya bisa menjawab yang kami ketahui, tidak lebih dari itu. Jika ada pertanyaan soal mimpi lagi, kami hanya berharap semoga ada yang bisa memberikan jawabannya lewat komentar di blog ini juga.

  13. rudy

    Saya brusan mimpi kerasukan makhluk halus/kuntilanak artix apa ya?

    Saya Pngen tw arti dri mimpi i2?

    1. Caraspot Article Author

      Kami menerbitkan komentar anda semoga ada pengnjung lain yang bisa menafsirkannya karena kami tidak bisa menjawab sembarang.

  14. Christy.

    Saya bermimpi melahirkan tapi premature. Dan saya belum menikah dan jenis kelamin si baby tsb tidak tahu laki” / perempuan. Itu artinya apa ya?? Trimaksih.

    1. Caraspot Article Author

      Semoga pengunjung yang ahli mimpi bisa menjawabnya.

  15. tasya anggraeni

    Aku mimpi di bilng hamil sma seorng wanita yg aku gk kenal dan aku kaget ko hamil ?? masalah nya aku kan blum menikah masih sendiri, jngn kn menikah pacaran ajj blum pernah
    Itu apa ya maksud mimpi nya ???

  16. kardiyono

    Mimpi melihat bulan purnama sinarnya melebihi terangnya sinar matahari. Apa artinya:

  17. wida

    Katanya mimpi hamil berarti keinginan akan terwujud.gimana mau terwujud kalau masalah yg saya alami aja menumpuk hampir hilang akal mencari jalan keluar dan sangat sangat berat. Kayaknya jauh dari kata keinginan yg terwujud

    1. Caraspot Article Author

      antara masalah dan keinginan adalah dua hal yang berbeda.

  18. Shasha

    As salam.saye mimpi tengah sarat mengandung,tp ada orang mahu sepak kandungan ku ni,,ape maksudnya ye..

  19. yuli

    ass, saya mimpi hamil perut saya membesar terus sblm mimpi ini . saya ditegur orang blg perut saya ada isi , lalu saya menjawab dgn bcnda iya tnggu aja nanti . sblm mimpi yg kali ini saya sering mimpi hamil ?? itu arti nya apa ya mbak ?

  20. erwati

    Mimpi rumah dimasuki maling,,dan mengambil barang-barang,,

  21. Eka agustina

    Aku mimpi hamil,dan rasanya kepala sibayi terasa jelas di perutku.
    Padahal aku;msih gadis!!

  22. megha imran

    Mengapa ya, setiap aku mimpi pasti aku hamil atau sedang menimang anak bayi terus besoknya atau seminggu kemudian aku datang bulan. Bukan cuman aku yg mimpi hamil, suami dengan tanteku juga kayak mimpi seperti gitu. Mengapa selalu mimpi begitu dan apa artinya?

  23. Rdenox

    Ass,
    Aku ingin tau arti dari mimpiKu.
    Aku tiba” hamil besar dan langsung melahirkan normal tanpa bantuan siapa pun tanpa rasa sakit lalu bayi yg aku lahirkan laki laki dia sudah langsung bisa berjalan dan kemaluannya sudah berbulu pdhal dia masih baby ?? Itu artinya apa ya???

  24. Novia

    Saya sering bermimpi punya bayi kembar Laki-laki dan Perempuan yg cantik, ganteng, putih, belo, halis tebal dan lucu, dan semalam saya mimpi ngidam artinya apa ??

  25. Uais Al Karani Gibran

    Saya seorang pria, tapi pada suatu malam saya perna mengalaimi mimpi bahawa saya hamil, saya penasaran apa arti dari mimpi tsb, mohon penjelasan ?

  26. Risa amelinda

    Saya bermimpi saya hamil lalu setelah itu saya gak begitu jelas ingat mimpinya seperti apa yg jelas saya setelah hamil itu saya mempunyai 2 anak