Sering kali kalau orang bicara Aplikasi Edit Foto di Komputer PC atau yang lebih dikenal dengan sebutan software desain grafis, maka ujung-ujungnya selalu menyebut Photoshop sebagai software yang paling direkomendasikan, tapi sebenanya jika ingin edit gambar dan sebagainya agar menjadi unik, lucu, keren dan bahakn bila mau dibuat seperti foto kartun tidak melulu harus menggunakan Photoshop, masih banyak aplikasi lainnya yang walau tidak terkenal tapi fitur dan fungsinya sangat lengkap sekali. Tapi bagi Caraspot, memilih yang bagus sebenarnya tak masalah asalkan tetap ringan seperti Android dan Instagram, karena dengan begitu barulah kita bisa melakukan penyuntingan photo dengan cepat dan tidak memakan waktu yang lama.

Aplikasi edit foto pada dasarnya banyak sekali jenisnya yang terkadang dibedakan berdasarkan fungsinya, seperti kebutuhan untuk membuat efek wajah yang beragam, tapi ini biasanya lebih banyak yang versi onlinenya atau menampilkan gambar dalam bentuk Gif. Atau animasi ringan tanpa butuh pengaturan yang rumit, dalam hal ini kami rekomendasikan Photoscape karena lebih gampang penggunaannya dan hanya butuh klik sana-klik sini untuk melihat hasil akhirnya. Intinya, banyak sekali pilihan aplikasi edit foto PC yang bisa kita pakai, tergantung tujuannya untuk apa, apakah untuk buat gambar seperti kartun, sketsa, frame atau foto dalam tampilan bingkai di sisinya, dan lain sebagainya yang semuanya penting digunakan untuk kebutuhan sehari-hari kita, khususnya dalam mengelola jejearing sosial seperti Facebook dan Twitter.

Download Aplikasi Edit Foto di Komputer PC Pilihanmu

Di bawah ini bisa kamu pilih apakah aplikasi yang berbayar atau yang gratisan dan ringan digunakan untuk yang pemula dan baru belajar. Tapi jika mau yang fiturnya lengkap dan tampilannya bagus maka harus merogoh kocek lebih dalam lagi agar bisa memilikinya secara legal. Tak melulu harus memilih Photoshop karena nama lain juga mulai nauk daun bisa anda coba siapa tau jauh lebih menarik dan enak dipakai.

A.  Fitur Lengkap dan Terbaik

Kalau barang bagus umumnya harus beli dan terkadang harganya juga tidak murah, demikian pula dalam dunia software, karena dibuat dengan sangat kompleks dan memakan waktu banyak makanya setiap satu nomor seri aplikasinya terkadang dihargai minimal $50. Tapi itu pun kadang banyak orang yang tidak bertanggungjawab yang men-sharenya tanpa izin pembuatnya.

1.  Photoshop

Kalau kamu sudah terbiasa edit foto lewat PC maka Photoshop adalah pilihan yang terbaik untuk itu. Ini karena fitur dan fungsi tombol di dalamnya disediakan khusus untuk para profesional yang sudah mahir. Jadi di sini kita tidak langsung klik dan lihat hasilnya seketika, tapi ada langkah-langkah yang harus ditempuh untuk menghasilkan tampilan gambar yang keren dan menarik serta artistik. Jika ingin memiliki ini secara legal maka tentu harus membelinya karena ini adalah aplikasi berbayar, apakah itu lewat online di internet atau pun ke penjual CD software yang disertai pajak sebagai tanda bahwa ia bukan ‘bajaqan’ (sori disamarkan). Tapi kalau baru mau coba-coba maka bisalah mengunduh dulu trial-nya.

Beberapa kelebihan yang menjadikan phtoshop sebagai aplikasi edit foto terbaik di seluruh dunia adalah:
  • Paling cocok untuk mengedit foto wajah karena ada banyak sekali teknik pengeditan di dalamnya, mulai dari memutihkan, menghilangkan jerawat dan flek hitam, memudarkan keriput di muka, memberi eyeshadow dan lipstick, dan lain sebagainya yang ibaratnya kalau mau berphoto maka dandannya setelah foto aja, tidak usah sebelumnya karena fitur Photoshop sudah dipersenjatai untuk keperluan tersebut.
  • Selain mengedit foto, software PC ini juga bisa untuk membuat dan mengolah gambar menjadi lebih bagus.
  • Cocok sekali untuk kebutuhan membuat berbagai bentuk tulisan dengan efek tertentu, misalnya tulisan yang seperti kulit jeruk yang terkelupas dan lainnya.
  • Menciptakan tekstur unik seperti daun, percikan air, dan model lainnya yang lebih inovatif sesuai dengan keinginan designer.
  • Melakukan pengeditan gambar maupun foto untuk tujuan penggunaan di website atau blog, seperti melakukan slice agar terjadi ptotongan-potongan gambar kecil yang tujuannya agar mudah dibuka walau dengan jaringan internet yagn lemot, membuat gambar animasi gif, kompresi foto agar lebih kecil ukurannya dan lain sebagainya.

2.  Adobe Lightroom

Kalau kamu ketemu software atau aplikasi apa saja buatan Adobe maka pasti umumnya bagus dan enak digunakan. Nah, termasuk dengan Adobe Lightroom ini. Sedikit saya mau infokan juga kenapa ini masuk dalam daftar aplikasi edit foto terbaik di Caraspot. Jadi begini, memang sebelumnya sudah sering dengar namanya tapi belakangan baru ‘ngeh ketika teman kerja saya yang jago banget desain dan layout memberitahukan bahwa Lightroom ini katanya jauh lebih bagus dari Photoshop dan lebih canggih, dan katanya juga, kualitas gambarnya bahkan jauh mengalahkan pendahulunya tersebut.. Beliau (cieh….sopan bingit) menambahkan bahwa salah satu yang ia senangi adalah ketika ingin mengganti background suatu foto atau gambar tak perlu melakukan cut dan sebagainya untuk menyeleksi gambar tapi hanya dengan menggunakan fitur sekali klik latar fotonya bisa langsung berubah. Canggih banget kan?

Di blog lain juga ada yang menyebutkan soal kelebihannya tersebut, di antaranya ketika mengganti latar belakang jadi hitam putih bisa langsung dilakukan tanpa repot harus seleksi bagian segala. Soal mengatur kualitas tampilan photo juga tidak diragukan lagi, misalnya mau mengatur kelembutan atau soft warnanya agar lebih enak dilihat, menata contrast-nya jadi lebih tajam atau pudar dan banyak lagi. Dan buat kamu yang tidak punya space cukup maka bisa menggunakan versi portable, yaitu versi yang tidak butuh penginstalan di komputer, melainkah langsung digunakan via flashdisk dan penyimpanan file eksternal lainnya.

3.  Corel PaintShop Pro X6

Ini bisa dibilang rival paling berat dari Adobe Photoshop jika dilihat dari fitur dan hasil editingnya. Secara umum Corel melengkapi perangkat lunak pengedit foto ini dengan 3 menu utama, yaitu adjust atau menyesuaikan, manage dan juga editing yang mana inilah yang paling banyak dimanfaatkan pemakainya.

  1. Friendly user interface – Maksudnya, tampilan pengelolaan fotonya dibuat sebaik mungkin agar mudah dioperasikan, baik untuk pengguna pemula maupun profesional.
  2. Komlit fitur standarnya – Semua yang dibutuhkan untuk pengeditan standa sudah dimasukkan di dalamnya, misal noise reduction, smart sellection brush, balancing color, crop, remover object atau menghilangkan objek dalam gambar, red eye removal, tool teks untuk menambahkan tulisan di atas foto dan sebagainya.
  3. Auto selection – Digunakan untuk memilah bagian tertentu dalam gambar, tentunya ini akan sangat sulit dilakukan bila perbedaan warnanya sangat tipis, nah dengan Corel PaintShop ini kamu cukup buat kotak panjang di atas bagian yang ingin dipilih dan secara otomatis alat akan bekerja mendeteksi dengan tepat bagian tepinya.
  4. Smart selection brush – Jika seandainya terjadi kesalahan saat merapikan tepi dari potongan foto maka tak perlu mengulang dari awal lagi.
  5. Script built-in – Ini adalah fitur yang dapat merekam cara kerja kita mengedit foto sebelumnya yang kemudian bisa diaplikasi lagi pada kerja selanjutnya dengan hanya sekali klik. Tentu saja dengan melakukan ini maka kita bisa menghemat banyak waktu.
  6. Sharing – Setelah proses edit foto di PC selesai maka kita bisa langsung mengupload dan membaginya ke teman-teman kita secara online di jejaring sosial khusu untuk berbagi gambar seperti Instagram, Flickr dan lainnya. Selain itu, disediakan juga sistem aplikasi yang bisa mendeteksi wajah untuk mencari orang yang kita kenali dengan cepat.

4.  ACDSee Photo Editor

Kurang tahu kenapa jarang yang merekomendasikan ini di blog, padahal kalau dari segi kualitas sudah bisa dibilang baik sekali. ACDSee Photo Editor banyak digunakan untuk keperluan memperbaiki kualitas Photo agar menjadi tampak lebih mirip hasil jepretan fotografer profesional. Dan yang bikin blogger senang dengannya adalah karena disediakan fitur untuk menyimpan secara online sehingga setelah setting berhasil dilakukan tinggal upload dan baru diambil ketika dibutuhkan, mislanya mau posting atau update status Facebook dan lainnya. Tapi sayang seribu sayang karena aplikasi edit foto PC ini dijual dengan harga 59 dollar lebih. Tapi siapa tau ada yang mau ngasi cuma-cuma mungkin bisa dicoba di cari di Google.

5.  GIMP

Aplikasi GIMP pertama kali dibuat untuk ditujukan pada pengguna komputer Linux, tapi belakagnan ini juga bisa diterapkan pada Windows. Sebenarnya namanya di ambil diri singkatan “GNU Image Manipulation Program” atau App untuk manipulasi gambar. Yang membedakan ini dengan Photoshop adalah karena aplikasi edit foto ini disediakan gratis dan bisa didownload sesukamu tanpa dikenakan biaya sama sekali. Dari pada harus menghabiskan uang hingga Rp. 7 juta untuk satu penggunaan, lebih baik memilih ini, toh hasil penyuntingan gambarnya juga masih bisa diandalkan. Yang bikin orang banyak tertarik adalah karena fitur dan settingannya dibuat mirip dengan Photoshop, jadi kita lebih familiar dengan tampilannya.

Secara sekilas GIMP hampir tidak jauh beda dengan bosnya, yakni Photoshop, tapi karena perangkat ini sifatnya open source yang mana dibuat dan didevelop oleh banyak programmer secara gotong-royong, jadinya tampak tidak terlalu rapi. Tapi yang dipenting dalam mengedit foto adalah hasilnya, jadi saya kira hal tersebut tidak terlalu menjadi persoalan. Dan dii antara fitur yang bisa terlihat di sisi kiri layarnya dan bisa anda pakai seperti, Channels, Layer, Brushs, Colors, Gradient, Font, Buffers, Palettes dan masih banyak lagi yang kamu temukan dalam Photoshop juga ada di sana.

Dari semua yang disebut di atas, kalau mau versi legalnya tapi gratis ya GIMP yang terakhir tersebut, dan selain itu kamu harus beli langsung ke developernya atau via distributor resminya.

B.  Aplikasi Edit Foto PC Yang Ringan dan Gratis

Gampang digunakan, modah dioperasikan dan ringan alias ukuran filenya kecil, nah ini dia yang banyak dicari orang, apalagi disediakan gratis langsung oleh developer-nya pasti akan laris manis dan jadi pembicaraan netizen di berbagai media online. Nah beberapa yang menurut kami terbaik dan layak dijadikan pilihan aplikasi editing gambar adalah sebagai berikut:

1.  Photoscape – yang paling gampang

Mungkin pernah dengar software – aplikasi Edit Foto di Komputer PC ini kan? Biasanya kalau baru Install ulang Windows aplikasi ini sudah nongol juga di layar dekstop.Yang paling disenangi banyak orang dari aplikasi foto untuk komputer dekstop ini adalah karena kemampuannya dalam menciptakan gambar animasi Gif. Bahkan jika kamu sudah jago dalam menggunakan Photoshop maka software ini bisa dijadikan sebagai padanannya. Jadi awalnya kamu edit dulu fotomu di photoshop, kemudian untuk membuatnya jadi animasi maka gunakan Photoscape ini maka hasilnya akan sangat bagus dan sempurna. Tapi konsep awal diciptakannya perangkat lunak editor ini adalah mudah dan juga menyenangkan sebagaimana diungkapkan oleh MOOI Tech yang merupakan developer dari software ini sendiri. Adapun fitur lain yang include di dalamnya adalah:

  • Viewer – Gunanya untuk menampilkan koleksi gambar dalam folder dan juga menciptakan slideshow yang menarik.
  • Photo Editor – Mengerjakan beberapa tugas pengeditan gambar sederhana, seperti menata kecerahan dan melakukan penyesuaian dari warna image, mengubah ukuran, white balance, koreksi pada latar, menambah frame atau bingkai, mosaik, memberi teks atau tulisan pada foto, crop, filter, dan juga untuk menghapus red eye atau efek mata merah dari kamera.
  • Photo-Batch Editor – Melakukan perubahan massal pada banyak foto sekaligus misalnya menrubah nama filenya tanpa harus melakukan satu per satu.
  • Screen capture – Menangkap gambar dari tampilan layar
  • Combine – Menggabungkan beberapa gambar dalam satu file.
  • Raw converter – Bisa untuk melakukan konversi gambar dari format RAW ke dalam format JPEG yang cocok untuk semua kebutuhan, dan lain sebagainya

2.  Paint

Kalau dalam program Windows aplikasi edit foto untuk komputer PC ini hanya digolongkan sebagai aksesoris saja, artinya hanya sebagai aplikasi tambahan saja. Selain karena programnya yang sangat ringan, juga karena fitur yang disediakan di dalamnya sangat simple dan mudah digunakan. Dan untuk menggunakannya tinggal klik icon Jendela di pojok kiri bawah lalu masuk ke folder aksesoris atau bisa juga search dengan kata ‘paint’ pasti langsung ketemu. Banyak blogger senang dengan ini, terutama untuk melakukan pengeditan foto dasar seperti memutar gambar, memotong / cropping, resize atau merubah ukuran gambar dalam bentuk persentase, memberi tulisan di atas foto, atau yang paling sering digunakan adalah membuat gambar tutorial atau tips yang mana kita bisa membuat seperti tanda panah melengkung untuk menunjuk suatu bagian dalam gambar, penulis juga paling senang dengan fungsi ini.

3.  PiXBuilder

Butuh software edit foto for PC yang paling ringan? PixBuilder adalah jawabannya, ya hanya 3 MB saja, kecil banget kan? Tapi sekalipun demikian jangan ditanya soal fungsinya karena aplikasi ini handal sekali untuk tugas pengaturan warna pada foto. Beberapa fungsi penting yang bisa dilakukan dari apk ini adalah seperti mengatur keseimbangan warna, kontras dan kecerahannya, fungsi kurva dan sebagainya. Di samping itu, ada tools yang ada dalam Photoshop juga terdapada dalam PixBuilder, seperti Gradien, masker gambar untuk menampilkan kesan warna yang agak gelap tanpa merubah jenis warnanya, dan belum lagi soal editing teks yang beragam yang bisa anda pakai dengan memadukan teknik lainnya. Jadi kesimpulannya bisa dibilang kalau fungsi standar pengeditan gambar sudah terdapat dalam aplikasi ini yang tentunya sangat cocok untuk pemula yang mau simple dan ringan. Dan biar lebih jelas saya akan sebutkan satu per satu lagi kelebihannya:

  1. Mampu melakukan semua pengaturan efek untuk kualitas foto yang lebih baik, seperti dithering, sharpen, blur dan lainnya.
  2. Menyediakan berbagai tools untuk seleksi seperti lasso, gradient, transparency, color range, magic wand dan sebagainya.
  3. Bisa gambar bentuk dasar apa saja seperti kotak, lingkaran dll
  4. Anda juga bisa menggunakan tools untuk keperluan pengeditan langsung yang terdapat di Paint, misalnya resize, crop, rotate, drop shadow, flif dan juga menambah teks.
  5. Disediakan fasilitas Undo atau mengembalikan kesalahan ketik dan pengeditan menjadi seperti semula dan masih banyak lagi yang tidak bisa kami sebutkan semua di sini.

Cukup sekian rekomendasi software / aplikasi edit foto untuk PC yang bisa Caraspot kasi, kalau ada waktu kita akan tambah koleksinya. Tapi kalau teman-teman punya saran sendiri maka baiknya tanggapi dengan komentar berbobot, siapa tau ada ahli soal fotografi dan desain grafis yang berkunjung ke blog ini dan mau memberi masukannya. Kedepan kita juga akan share apa saja yang terbaik untuk OS lainnya seperti untuk Mac, Linux dan lainnya, karena ini baru untuk komputer PC Windows saja.

About The Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *