Sekarang ini Smartphone semakin menarik digunakan, bukan hanya karena murah tapi karena ukurannya yang dibuat lebih besar dari sebelumnya, sehingga mau ngapain aja enak, termasuk jika mau Download Aplikasi Edit Foto di Android maupun Komputer PC untuk keperluan mengatur gambar dari hasil jepretan dan selainnya. Bagi banyak pengguna Instagram ini adalah peluang untuk membuat tampilan photo mereka menjadi lebih menarik dan keren karena bisa diedit sesuai keinginan dengan berbagai tambahan kreasi menarik, mulai dari bingkai foto yang unik, merubah kecerahan gambar, blur, menambah kontras dan lainnya yang tentunya sayang jika tidak dilakukan. Untuk saat ini HP Android adalah merupakan salah satu jenis ponsel dengan pemakai terbanyak di dunia yang menggantikan OS Symbian yang sebelumnya lebih dulu jaya, bukan hanya karena Android saat ini dimiliki penuh oleh Google tapi karena memang fitur di dalamnya menarik, termasuk layanan berbagai aplikasi pengeditan photo yang bisa diinstall di dalamnya.

Photo editing yang ada di berbagai pasar aplikasi saat ini bukan cuma puluhan bahkan sudah mencapai ratusan jenisnya dan setiap orang bebas memilihnya, mulai dari yang gratis hingga yang berbayar atau versi pro-nya yang terdapat pada software gratis tersebut. Salah satu tempat atau situs faforit yang banyak dijadikan sebagai tempat download aplikasi edit foto untuk Android adalah Google Play Store. Hampir kurang lebih 700ribu jenis Apk disediakan di sana dan anda bisa mengunduhnya dengan bebas. Hanya saja, sekalipun semua aplikasi tersebut menawarkan berbagai tools dan fitur yang menurut mereka terbaik, tapi pada kenyataannya banyak juga yang tidak bisa di andalkan, nah untuk itu Caraspot ingin merekomendasikan beberapa yang terkenal sekaligus banyak digunakan dan kualitas editingnya lebih bagus.

Pilihan Download Aplikasi Edit Foto yang Keren dan Terbaik

Dikarenakan pengguna software semacam ini ada banyak sekali dan juga masing-masing menggunakan perangkat yang berbeda untuk mengaplikasikannya, oleh sebab itu, Caraspot dalam pembahasan ini mengelompokkan dua jenis aplikasi ditinjau dari jenis perangkat yang dipakai, yakni untuk pengguna HP, dalam hal ini ponsel dengan OS android dan juga untuk yang memakai komputer PC / Desktop. Sebenarnya sama saja, hanya terkadang suatu program yang dibuat selalu disesuaikan dengan alat yang menggunakannya.

Sebelumnya : Aplikasi Android Terbaik untuk Semua Kategori

A.  Aplikasi Edit Foto Untuk HP Android dan Smartphone Lainnya

download aplikasi edit foto keren di android

Kami memilih aplikasi photo editing untuk pengguna Android, iPhone, windows Phone dan lainnya karena saat ini penggunanya banyak sekali, selain itu, memang di internet saat ini yang banyak dicari adalah dari jenis OS ini. Tapi bukan berarti bahwa semua apk. di bawah hanya bisa untuk ponsel android, OS jenis lain juga bisa, seperti Symbian, Windows Phone, iPhone, dan lainnya. Dan perlu anda ketahui bahwa semua yang disebut di atas masing-masing punya keunggulan sendiri sekalipun jenis aplikasinya sama, misalnya saja anda butuh untuk edit hasil jepretan dari foto selfie, ngasi bingkai, ganti latar, memberikan efek gambar unik dan lain sebagainya.

1.   Camera360 Ultimate

camera 360 untuk android

Dari semua aplikasi pengeditan foto gratis yang ada, Camera360 Ultimate adalah yang terbaik, tercanggih dan no. 1 di dunia, bahkan yang paling banyak dicari dan diunduh seantero penduduk Bumi ini. Mengapa demikian? Penasaran? Baca dan download Camera360 Ultimate di sini.

2.  PhotoMania – Photo Effects

aplikasi photomania untuk ponsel androidKalau cari aplikasi edit foto di android yang masuk dalam daftar paling populer ya PhotoMania jawabannya. Mengapa tidak, ada kurang lebih 40 juta pengguna di seluruh dunia yang telah mengunduh apps ini. Selain gratis ada banyak kelebihan yang ditawarkan di dalamnya yang pastinya bisa membuat hasil jepretanmu lebih artistik. Ada beberapa yang jadi fitur andalannya, seperti buat sketsa, bikin gambar seperti lukisan, fotografi vintage, dan banyak lagi yang bisa kamu bikin ketagihan menggunakan softwarenya. Dan yang menarik lainnya adalah karena sekarang bisa di download di Google Play jadi bisa lebih memudahkan untuk pengguna Android. Tapi itu saja belum cukup, ada beberapa yang harus anda tahu, yaitu:

  1. Digunakan tanpa registrasi sama sekali dan tentunya full gratis.
  2. Ada fitur Share ke berbagai sosial media seperti Twitter, Facebook, Flickr, Instagram dan lainnya.
  3. Berbagai jenis frame atau bingkai lucu disediakan buat kamu yang suka berbagai variasi.
  4. Bisa buat e-card untuk berbagai keperluan seperti ulang tahun, pernikahan dan yang bertema keluarga yang bisa dikirimkan kepada siapa pun.
  5. Fitur sikat untuk mencocokkan efek yang terlihat berbeda agar lebih rapi. Dan masih banyak lagi lainnya seperti efek lukisan dan sketsa yang tidak bisa kamu lewatkan.

Baca juga: Situs Edit Foto Online Gratis yang Paling Bagus

3.  PicsArt

Tahukah anda kalau ada kurang lebih 250 juta orang yang telah mengunduh program edit foto ini, itu artinya banyak yang menyukainya dan layak dijadikan alternatif pilihan anda. Selain itu PicsArt saat sebenarnya bukan hanya sebuah brand apk. tapi juga jejaring sosial layaknya Instagram yang bisa digunakan untuk berbagi foto, itulah sebabnya dalam fiturnya yang paling diandalkan adalah kemampuan sharingnya ke sosmed, terutama ke sosmed buatannya sendiri. Tapi bukan hanya itu, ada banyak fitur yang bisa jadi alasan kita memilihnya, seperti:

  • Disediakan beragam, bahkan ribuan, ClipArt yang berfungsi untuk membuat bingkai, kolase, stiker dan filter yang tujuannya tak lain untuk menambah kesan unik pada gambar.
  • Bisa mengedit foto jadi video time-lapse dengan cara menggabungkan beberapa gambar yang nantinya bisa diupload ke situs Youtube.
  • Tersedia tools kuas lukis yang artistik, overlay dan layer.
  • Beragam filter foto menarik, seperti bisa kloning dan memotong, blending foto dan lain sebagainya yang dibutuhkan untuk mempercantik foto.

Dan yang penting juga buat yang suka berkompetisi karena PicsArt juga menyediakan kontes untuk hasil kreasi fotomu lewat jejaring sosial yang mereka kelola sendiri.

4.  Cymera – Jagonya untuk edit foto Selfie

Kalau cari software edit foto yang spesifik untuk yang hobi berfoto selfie maka Cymera adalah salah satu yang terbaik. Yang diunggulkan dari aplikasi ini adalah karena tampa melakukan retouch atau memberikan efek tertentu pada gambar, kita dengan mudah bisa mendandani gambar kita. Ini karena Cymera sudah menyediakan live filter yang lengkap. Jadi kita tidak usah lagi mengenal istilih nge-blug, cut dan lainnya. Beberapa fitur yang wajib anda pertimbangkan dari layanannya di antaranya:

  1. Terdapat galeri foto otomatis yang akan mengurutkan semua koleksimu berdasarkan waktu.
  2. Berbagai mode potret tersedia, seperti mode diam, anti guncang, pengatur waktu dan yang lebih penting adalah item untuk maniak foto selfie.
  3. Ada 7 pilihan lensa yang keren dan menarik digunakan.
  4. Fungsi dasar dalam program Photoshop juga termasuk di dalamnya, seperti merubah kontras dan kecerahan, bikin mosaik unik, menggunting gambar, dan juga buat rotasi. Dan kalau mau melakukan filter seperti membuat buram, menambah efek lampu dan juga memberi batas juga ada.
  5. Rosolusi gambar yang cukup tinggi dengan hasil yang jernih.
  6. Buat kolase foto untuk menggabungkan beragam foto kenanganmu dalam satu bingkai.
  7. Fitur teks dengan beraneka jenis huruf, termasuk bentuk tulisan tangan layaknya sketsa.
  8. Bisa mendeteksi wajah secara otomatis untuk kemudian melakukan make-up, seperti merampingkan muka, memutihkan, menyamarkan flek hitam dan sebagainya.
  9. Disediakan juga hingga 70 macam model rambut untuk merubah tampilan gambarmu jadi lebih unik.
  10. Dan terakhir yang terpenting adalah item share ke berbagai jejaring sosial dan juga aplikasi chating sehingga bisa langsung dibagi pada teman-teman.

5.  PhotoGrid – Aplikasi Kolase No. 1 di Android

PhotoGrid masuk dalam daftar aplikasi edit foto untuk HP android terbaik dan gratis, selain memang karena sudah mendapat ranking/peringkat 1 untuk kategori fotografi pada lebih dari 11 negara dan ranking 5 dari 46 negara dengan kategori yang sama, software ini juga sudah didownload kurang lebih 51 juta kali di seluruh dunia. Dan yang jadi alasan banyak orang juga menyukai ini adalah karena bisa digunakan bersamaan dengan jejaring sosial spesialis sharing gambar, yakni Instagram. Dan di bawah ini yang juga jadi keunggulannya:

  • Diperuntukkan untuk membuat album foto dan wallpaper serta kolase yang memang jadi spesifikasinya.
  • Di sediakan berbagai layout susunan gambar untuk keperluan grid foto, foto dinding dan lainnya.
  • Mampu menambah teks dan juga clip art pada foto
  • Melakukan beberapa pengaturan seperti memutar, menukar, melakukan zoom gambar dan juga bikin sketsa dari foto yang sudah ada.

Setelah melakukan semua jenis pengeditan photo yang kamu sukai maka dalam apk. nya sudah disediakan berbagai media untuk sharing, termasuk di dalamnya Twitter, Facebook, Flickr, Blogger, Picasa, Tumblr, email serta Google Plus yang lagi naik daun saat ini.

6.  BeautyPlus – Magical Camera

Caraspot tidak asalan dalam memasukkan ini sebagai salah satu rekomendasi yang wajib dicoba performanya. Mengapa tidak? Di negara dengan ‘ras bermata sipit’, yakni di Jepang, Taiwan, dan Thailand, menjadikan ini sebagai aplikasi setting photo paling Top. Itu pula sebabnya mengapa hingga kini App ini sudah digunakan oleh kurang lebih 50 juta pengguna di seluruh dunia. Adapun di play.google.com ini telah mendapat bintang 4, kurang 1 bintang sudah sempurna votingnya. Dan kalau anda mencari yang sempurna dan lengkap untuk mengedit wajah menjadi lebih cantik dan ganteng maka inilah alternatifnya. Dalam deskripsinya juga sudah disebutkan demikian. Tapi untuk lebih jelasnya biar saya sebutkan satu per satu keunggulannya:

  • Dilengkapi hingga 10 filter canggih untuk membuat mukamu tampak lebih cantik, walau ketika mengambil gambar dengan kamera kamu belum dandan sebelumnya.
  • Optimasi kualitas kulit wajah dengan berbagai cara, mulai dari memutihkan kulit, menghaluskan, merubah kecerahan, menghapus keriput dan lainnya. Pokoknya kamu bisa membuat dirimu tampak lebih sempurna dari aslinya.
  • Menghilangkan berbagai noda di muka, seperti jerawat dan flek yang umumnya jadi masalah bagi banyak orang ketika berfoto.
  • Menyulap tampilan muka dan bahkan badan terlihat lebih ramping tanpa terlihat hanya menarik gambarnya ke bawah sebagaimana kesalahan banyak orang ketika merubah ukuran fotonya di komputer.
  • Membantu membuat tampilan mata lebih segar dengan menghilangkan kantong mata dan juga lingkar hitam di sekitarnya.
  • Sempurna juga untuk kebutuhan selfie lho…! Bahkan, katanya kualitas gambar bisa 22 x lebih jernih kalau menggunakan kamera belakang. Ditambah lagi ada 5 level pilihan penyesuaian tampilan wajah dan juga timer 3 detik sebelum menjepret.

7.  Perfect365: One-Tap Makeover

Saya tidak bisa melewatkan review ini kalau belum memasukkan Perfect365 sebagai salah satu pilihan yang disarankan. Tidak usah panjang lebar, anda pasti akan tertarik dengan mengetahui 3 hal ini, yaitu digunakan di 65 juta ponsel Android, diliput oleh The New York Times dan ABC News, serta jadi juara di CES Innovations. Mengenai spesifikasinya, hampir sama dengan no. 6 di atas, hanya saja bisa dibilang ini lebih detail pengeditan photonya karena bagian gigi, alis, mata, bulu mata dan rambut bisa disetting agar lebih menarik. Buat yang suka dandan bahkan bisa menggunakan eye shadow, eye liner, aneka bulu mata, dan blush.

Berbagai Jenis Aplikasi Edit Photo Android dengan Ragam Spesifikasi
  1. Cut gambar – Ini diperuntukkan buat yang mau mengedit wajah dengan mengganti wajah suatu foto dari muka orang lain, dan rekomendasinya adalah Photo Cut Paste.
  2. Bikin Kolase – Istilah kolase ini adalah untuk pengeditan gambar maupun foto dengan cara mengelompokkannya dalam bentuk kotak-kotak atau petak yang masing-masing ukurannya tidak sama besar, tapi hasil akhirnya tetap berbentu persegi. Alternatif aplikasi yang bisa dipilih seperti FotoRus, Photo Collage, dan Kolase Foto Cantik (buatan Cute Girl Apps).
  3. Sketsa - Ini ibarat merubah gambar layaknya sketsa yang ditulis menggunakan pensil. Jika mau bisa pilih Moment Sketch Cam.
  4. Selfie – Sekarang ini yang lagi booming, hampir semua media membahas soal foto selfie ini. Jadi ini konsepnya mengambil foto di tempat yang menarik lewat HP dan dijepret sendiri menggunakan tangan atau Tongsis (tongkat narsis). Yang baik untuk ini seperti B612, Candy Camera dan juga Cymera yang sudah disebut di atas.
  5. Ganti Background – Ini banyak dibutuhkan buat para maniak Android yang habis jalan-jalan dan punya gambar bagus tapi sayang latarnya jelek, nah untuk menyiasatinya bisa menggunakan aplikasi editing khusus untuk latar, dan di atara yang bagus adalah Foto Background Changer (dibuat oleh : ccloud apps)
  6. Unik dan menarik – Ada beragam jenisnya kalau yang ini, seperti Animal faces untuk menggabungkan muka binatang dengan manusia, Edit Muka Hantu yang dibuat oleh Edudev, dan lain sebagainya.
  7. Bingkai foto – Aplikasi edit foto untuk pengguna HP android yang paling banyak disukai cewek2 ya ini dia, selain untuk menambah kesan lebih keren dan cantik, juga untuk dibuat kenangan bersama teman dan sahabat yang dicetak lalu dipajang di kamar.  Mau yang lucu, unik dan apa saja ada, termasuk untuk koleksi foto bayi anda. Jika mencari yang seperti ini silahkan kunjungi Google Play Store dan search dengan kata kunci tersebut.

B.  Aplikasi Edit Foto di Komputer PC (silahkan kunjungi)

Kalau tidak puas ngedit photo menggunakan HP maka baiknya menggunakan komputer saja, selain lebih lengkap fiturnya, tampilannya juga lebih enak dan lebih bebas menggunakan berbagai item di dalamnya karena bisa memakai Mouse. Hanya saja, biasanya untuk versi PC butuh space yang lebih besar untuk mendownload dan menginstall aplikasinya.

Apapun jenis aplikasi edit foto di android yang akan anda gunakan maka ada baiknya baca dengan baik deskripsi atau penjelasan mengenai kekurangan dan kelebihannya agar tak menyesal setelah diinstall dalam handphone maupun komputer. Umumnya, dikatakan terbaik karena software tersebut sudah sangat familiar dan diakui banyak penggunanya, tapi walau begitu tiap orang punya kebutuhan dan standar tersendiri soal jenis aplikasi yang diinginkan. Tapi Caraspot sendiri menyarankan memakai yang ringan dan simple karena proses setting gambar anda bisa lebih cepat dan tidak ribet.

About The Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *