Bisa mengetik dengan lancar, cepat dan benar banyak sekali fungsinya, baik itu saat mengerjakan tugas dari guru/dosen maupun dalam dunia kerja, karena akan mempercepat kerja kita dan bisa menyelesaikan banyak pekerjaan dalam waktu singkat. Aplikasi belajar mengetik 10 jari gratis dan berbayar ini mungkin bisa jadi rujukan buat anda semua yang mau latihan agar bisa menggunakan sepuluh jari yang dimiliki tanpa terlihat kaku dan terbatah-batah. Banyak yang bilang sulit kalau sudah terbiasa 2 jari, padahal penulis Caraspot juga pernah mengalami ini, dimana mulai SMP hingga bahkan selesai kuliah tidak terbiasa menggunakan semua jari, tapi karena memaksakan diri dan prakter terus secara rutin akhirnya bisa juga, dan saat tulisan ini anda baca pun saya sudah sangat lancar menggunakannya. Jadi intinnya yang penting mau disiplin menerapkan ilmu yang telah dimiliki.

Sepuluh jari artinya semua jari kita difungsikan saat mengetik menggunakan keyboard di komputer, tak terkecuali jari kelingking dan jempol kita. Awalnya memang terasa sulit dan merasa geram karena seakan ingin berlari tapi hanya bisa berjalan, tapi kalau mau sabar nantinya juga akan merasakan manfaatnya dimana anda bisa jauh lebih cepat dari biasanya dan bahkan teman kerja anda akan membuktikan bahwa kerja anda memang bisa diandalkan kalau hubungannya soal ketikan. Dan satu hal yang wajib ditekankan dalam mencoba berbagai software atau aplikasi ini adalah kedisiplinan, jangan samapai tugas jari tengah diambil alih oleh yang lain, karena jika tidak, Anda akan terbiasa dan lambat laun akan menjadi sulit untuk diubah.

Mengenai ini, hampir sama keadaannya ketika kita belajar cara mengetik Arab di MS. Word yang mana juga akan terasa sulit, terutama pada tangan yang terasa kaku dan sulit bergerak. Tapi sebenarnya ini hanya karena belum hafal betul susunan huruf hijaiyah di keyboard. Kalau sudah, tentu sangat entng rasanya. Sekali lagi, semua tergantung kebiasaan. Ala bisa karena biasa, semakin dicoba akan semakin hebat.

Unduh / Download Aplikasi Belajar Mengetik 10 Jari yang Terbaik

Untuk melengkapi pilihan aplikasinya kami sediakan beberapa alternatif, yakni yang gratis dan juga yang berbayar. Tentunya yang pakai biaya untuk mengunduhnya jauh lebih baik dan juga bisa mendapatkan bantuan dari adminnya jika seandainya ada yang tidak diketahui dalam penggunaannya.

A.  Aplikasi Gratis

Siapa yang tak suka dengan gratisan? Tentunay inilah yang paling banyak dicari. Dan bukan cuma itu, setiap kali ada versi terbarunya maka anda akan diberikan info agar bisa langsung mengunduh mengupgradenya, ya tanpa dipungut biaya sama sekali.

1.  RapidTyping

aplikasi rapidtyping untuk cara mengetik 10 jari terbaik

Dari namanya sudah bisa ditebak kalau aplikasi latihan mengetik 10 jari ini akan melatih anda untuk lebih cepat mengetik dengan semua jari tangan. Rapid artinya cepat. Bisa dilihat dari gambar yang ada, di sana anda akan menemui pengukur kecepatan ketikmu apakah semakin hari semakin berkembang atau malah tidak ada perubahan dari sebelumnya yang itu artinya harus lebih giat lagi. Beberapa kelebihan dari software ini adalah :

  1. Dilengkapi dengan berbagai tampilan bahasa, termasuk Arab dan Indonesia. Jadi kalau mau latihan untuk mengetik Arab maka bis amerubah bahasanya.
  2. Merubah tampilan warna dengan bebas, sesuai keinginan. Kan bisa jadi anda tidak senang dangan satu warna atau suka dengan warna tertentu, nah tinggal pilih mana yang disuka.
  3. Dan yang lebih penting lagi karena kita bisa membuat materi latihan sendiri yang lalu dipraktekkan menggunakan aplikasi tersebut, jadi lebih leluasa kan?

Oh..satu lagi, programnya juga akan memberi informasi soal Speed (kecepatan ketik), Accuracy (akurasi), dan juga rhitme anda saat mengetik apakah sudah sempurna layaknya profesional atau belum. Dan yang lebih penting dari semua yang disebut di atas adalah karena dari pihak developernya sendiri mengungkapkan bahwa aplikasi mereka buat untuk disediakan gratis / free dan selalu dibuat versi terbarunya.

2.  Klavaro Touch Typing Tutor

(Download di: http://download.cnet.com/Klavaro-Touch-Typing-Tutor/3000-2051_4-10794529.html  )

Sekalipun dari namanya tidak menggembor-gemborkan soal latihan kecepatan mengetik, tapi dari fitur yang terdapat dalam apkikasi berlajar mengetik sepuluh jari ini sangat baik untuk latihan mempercepat gerakan jari dalam menekan tombol demi tombol dalam keyboard. Mengapa demikian? karena saat praktek langsung menggunakan software ini kita bisa mengatur kecepatan kata yang tampil di layar yang mana harus kita ikuti dan selesaikan. Jadi kalau baru pemula kan tentunya pilih yang agak lambat dulu dan kalau sudah mahir percepat sedikit agar setiap hari ada peningkatan.

Satu hal yang menjadi alasan bagi pengguna Laptop atau komputer PC untuk mendownload aplikasi ini adalah karena prigramnya cukup ringan, kurang dari 5 MB, jadi tidak terlalu banyak mengambil space. Tapi kalau saya sendiri sih lebih senang karena ditampilkan langsung papan ketiknya dan juga huruf-huruf di dalamnya.

3.  Kiran’s Typing Tutor

(Unduh di : http://www.kiranreddys.com/download/download.php  )

Seperti halnya kalau mau mulai olahraga harus ada pemanasan dulu, nah di aplikasi mengetik 10 jari ini juga disedikan, ya gunanya untuk melenturkan jari tangan agar tak kaku atau siapa tau nanti ‘keseleo’ he he. Dan tidak hanya sampai disitu, software ini juga memeberikan penjelasan soal bagaimana posisi tubuh saat mengetik dan kebiasaan apa yang harus dilakukan agar bisa berhasil memiliki kemampuan ketik yang bagus. Jika kamu telah melakukan latihan dan belajar bersungguh-sungguh maka akan ada report soal seberapa pesat perkembangan kemampuanmu hingga saat ini. Jika masih kurang maka baiknya teruslah belajar. Hanya saja ini masih punya kekurangan dimana terkadang terjadi error dan juga tampilannya yang sederhana sekali.

Pastikan baca juga: Teknik Cara Mengetik 10 Jari dengan Benar dan Cepat

B.  Berbayar

Kalau kamu punya dui yang gak kepake’ nah baiknya beli aja karena sudah pasti “ada harga, ada kualitas” bukan begitu? Di samping itu, kita kan kadang tidak paham atau apalah…tentunya butuh support langsung dari pembuat aplikasinya yang mana hal tersebut tidak mungkin ada pada layanan gratis. Adapun mengenai harga, masing-masing pembuat software punya standar tersendiri, sebut saja yang ke-3 yang kami sebut di bawah yang harganya tidak smapai 500ribu.

1.  UltimateTyping.com

ultimate typing - software latikan mengetik 10 jari

Yang namanya berbayar tentunya jauh lebih baik. Dalam software belajar mengetik 10 jari ini ada banyak sekali panduan dan latihan yang disediakan di dalamnya sehingga anda akan merasakan layanan prima dalam produknya. Kalau yang lainkan biasanya langsung praktek saja, terkadang kalau masih pemula banget, apalagi yang baru kenal dengan namanya komputer akan kewalahan soal penggunaannya, jadi untuk mengatasi ini si Ultimate membuat banyak terrobosan, di antaranya:

  • Video Tutotirial – Dengan bantuan contoh langsung dari video tentu akan lebih mudah memahami penggunaan dan cara prakteknya, apalagi dijelaskan tahap demi tahap dalam menekan tombol di keyboard yang tentunya semua harus tepat.
  • 377 Materi Latihan – Bagimana mungkin anda bilang tidak bisa mahir kalau latihannya disediakan sebanyak itu. Jika anda bisa menamatkan semua tentu bisa dipastikan bahwa kecepatan dan keakuratan anda dalam mengetik tidak diragukan lagi.

2.  TypingMaster Pro

(Lihat di : www.typingmaster.com/ )

Sesuai dengan namanya, kamu akan dijadikan master dalam mengetik cepat dari software ini. Kalau menurut Caraspot pribadi ini layak disediakan secara berbayar karena ada beberapa fitur yang memang baik sekali untuk membantu kita semakin lancar menggunakan semua jari dalam mengetik. Tujuan utamanya adalah agar pengguna bisa lebih bersemangat dalam mencapai tujuannya, yakni mengetik dengan lincah layaknya para master. Beberapa yang diunggulkan dalam program ini adalah:

  • Menampilkan total julah kesalahan error saat mengetik. Ini saya rasa penting sekali karena bisa jadi kita berusaha lancar tapi ketikannya tidak pas karena terburu-buru.
  • Disediakan tampilan akurasi ketikan dalam bentuk persentase sehingga kita bisa mengukur sejauh mana keberhasilan dari latikan yang kita lakukan.
  • Ada juga progres resport atau laporan mengenai perkembangan dari hasil latihanmu, apakah semakin cepat atau malah biasa saja.
  • Terdapat laporan berupa Chart atau grafik mengenai praktek yang telah kamu lakukan. Ini mungkin sama dengan di atas, tapi variasi tampilannya yang lebih menarik bikin kita semakin semangat latihan mengetik 10 jari.

3.  Ultrakey

Aplikasi ini tidak lagi hanya menawarkan janji saja, melainkan bukti dari penghargaan Global Winner dan berbagai pembahasan dan pujian dari berbagai media sebagaimana anda lihat dari tayangan video di atas. Jadi kalau saya bisa menyarankan, misalnya memang anda sangat butuh untuk sukses dari aplikasi belajar mengetik sepuluh jari ini, maka sebaiknya beli ini saja. Harganya tidak sampai 500ribu. Untuk yang berkantong tebal saya kira biaya segini tak seberapa dibanding manfaatnya yang begitu besar yang bisa kita nikmati hingga pensiun dari pekerjaan. Di samping itu, tampilan layar panduannya ketika kita mulai praktek tampak sangat real sekali dimana terdapat bentuk tangan yang menampilkan posisi dari masing-masing tangan dan juga hasil ketikannya.

Bagaimana? Apakah sudah anda putuskan yang mana dari 6 pilihan download aplikasi belajar mengetik 10 jari yang kami ulas di atas yang anda pilih? Bisa juga sebenarnya coba menggunakan dulu yang gratisan, kalau misalnya softwarenya kurang menarik maka bisa mulai membeli yang berbayar siapa tau bisa lebih puas dan lebih cepat lancar. Kalau mau mencoba ada baiknya pakai dulu yang pertama karena jauh lebih sering diperbincangkan di internet yang bisa jadi indikasi kalau layanannya bagus.

About The Author

Comments

  1. nonanim

    terima kasih nfonya, semoga saya bisa cepat belajar dan menjadi mahir mengetik dengan sepuluh jari :D

  2. Hamka

    Infotmatif sekali artikelnya, saya memerlukan aplikasi ini agar dapat mengetik dengan 10 jari. Dari beberapa aplikasi ini mana ya yang paling bagus dan mudah untuk dipelajari, sehingga saya dapat segera mahir mengetik dengan 10 jari?

    1. Caraspot Article Author

      Hamka : Mengenai mana yang paling mudah dan bagus kami tidak bisa menentukan karena masing-masing aplikasi punya kekurangan dan keunggulan masing-masing. silahkan dicoba saja semua nanti akan tau juga. Thanks

  3. suyAtno

    mAkAsih dapAt terotoriAl AplikAsi yAng mAntAb

  4. Caraspot Article Author

    Silahkan kunjungi dulu salah satu webnya, misalnya yang pertama, setelah itu pilih yang Portable biar bisa dijalankan lewat flashdisk tanpa harus menginstall dulu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *