Aplikasi Android terbaik yang sering dipakai di Indonesia menurut versi Caraspot ternyata ini…! Bahkan beberapa di antaranya gratis, terpopuler dan paling banyak digunakan. Di samping itu juga akan diulas aplikasi android berbayar yang banyak dibeli karena fungsinya yang sangat menawan baik untuk tahun 2015 ini ataupun pada tahun selanjutnya di 2016-2017. Sebenarnya pengklasifikasian ini lebih ditekankan pada banyaknya orang yang mendownload software tersebut dan juga karena seringnya diperbincangkan di berbagai sosial media maupun forum online, tapi tak menutup kemungkinan juga karena memang kualitasnya yang terbukti baik dan mengungguli yang lainnya walau mungkin dikategorikan sebagai aplikasi terbaru yang baru beberapa bulan lalu release.

Android pada dasarnya bukanlah OS lama, mulanya iOS, Symbian dan iPhone jauh lebih dulu hadir sebagai operating system atau sistem operasi yang banyak digunakan di berbagai handphone pintar / smartphone, tapi sejak kepemilikan Android diakuisisi oleh Google Inc. dan dengan berbagai promosi yang jitu yang dijalankan oleh perusahaan internet dan mesin pencari terbesar di dunia tersebut hingga akhirnya jadilah Android sebagai aplikasi terbaik yang hingga kini mendominasi di berbagai merek HP, dan bahkan pesaingnya belakangan ini menjadi redup ketenarannya. Dan sebagai info tambahan saja nih, sebenarnya sistem operasi ini dijalankan dengan basis Linux, dan walau awalnya hanya ditujukan untuk Tablet dan telepon pintar, tapi kini penggunaannya telah merambah ke berbagai media seperti kamera digital, televisi, konsol permainan dan lainnya.

Kembali ke pokok permasalahan, kalau ditanya mana yang terbaik maka sebenarnya jawabannya tidak bisa kita langsung sebut satu per satu namanya sebab jenisnya banyak sekali, untuk itu kami akan mengulasnya per kategori dan memilih mana yang the best dari semua yang ada. Dan sebenarnya juga, kalau mau, bisa langsung pilih-pilih dan download di Google Play sebagai toko aplikasi online utama penyedia android. Tapi bila di sana mungkin yang terpopuler hanya didasarkan dari banyaknya pengunduhan di situs tersebut, bedanya di sini berdasarkan semua situs dari total 1 Milyar perangkat android yang sudah digunakan, termasuk di HP Samsung yang merupakan ponsel pelopor pengguna aplikasi Android.

Sebelum lanjut, kalau belum punya HP Android, baiknya pakai Bluestacks untuk menggunakan aplikasi Android di komputer PC. Menarik bukan?

Daftar Aplikasi Android Terbaik Gratis Paling Banyak di-Download

Beberapa aplikasi ini mungkin sudah anda kenal tapi beberapa juga bisa jadi masing asing sekali dan bahkan fungsinya munkin belum anda ketahui karena jarang dengar namanya. Bicara soal gratis pasti yang paling disenangi para netizen, tapi di sini hanya disebutkan yang terbaik dan memang manfaatnya banyak sekali untuk kehidupan kita sebagai pengguna smartphone. Dari pada panjang lebar, Let’s check it out! :

1.  Aplikasi Editing Foto

Secara…aktifitas yang paling banyak dilakukan pengguna HP selain menelpon dan kirim SMS adalah berfoto ria dan otak-atik fotonya, termasuk mengedit foto hasil jepretannya. Nah, itulah sebabnya aplikasi android ini banyak sekali digunakan dan bahkan paling laris di download diberbagai situs penyedia software free. Nah, berikut beberapa yang bisa kami rekomendasikan:

aplikasi untuk HP android terbaik

a.  Camera360
Dua fungsi utama yang menyebabkan aplikasi ini banyak digunakan, yaitu fitur bingkai fotonya yang bisa membuat tampilan tepi gambar lebih kreatif dan enak dilihat, apalagi perempuan pasti paling suka ini, dan juga efek kamera yang varitif yang bisa membuat warna dan kreasi pada fotonya jauh lebih beragam dibanding menggunakan yang lainnya
b.  Instamag
Yang paling disukai dari fitur aplikasi android ini adalah pada tool Grid Maker-nya karena dengan ini kita bisa melakukan penggabungan beberapa gambar layaknya album dalam satu gambar penuh sehingga smua gambar penting sebuah moment bisa terlihat semua dalam satu file saja. Kalau Instagram mungkin anda sudah sering dengar, ya siapa tau ini dibuat untuk siapa saja yang punya akun sosmed tersebut.
c.  Adobe Photoshop Express
Tidak ada yang meragukan kehebatan software edit foto Photoshop. Karena semakin maraknya pengguna handphone pintar, manajemen pembuatnya juga kini menyediakan versi HP-nya, nah karena dari versi PC-nya sudah menjadi yang terbaik maka tak diragukan pula untuk pengguna ponsel juga demikian. Hanya saja untuk pemula tak disarankan menggunakan ini karena ada banyak sekali fitur yang ada di dalamnya yang membuatnya semakin kompleks dan mempersulit untuk pengguna baru.

Lanjutkan di sini : 7 Aplikasi Edit Foto di Android dan PC yang Paling Bagus dan Terkenal

2.  Aplikasi Chating

Ini merupakan aplikasi android terbanyak kedua yang digunakan para pemilik hp pintar, tentunya didasari oleh manfaat dari produknya, khususnys untuk layanan ngobrol bersama teman yang tidak membutuhkan biaya pulsa sama sekali, berbeda kalau kita mengirim sms biasa yang mana biayanya dikisaran Rp. 100-200. Di samping itu kita juga bisa berkirim gambar dan file lainnya melalui aplikasi ini jadi tak perlu pakai komputer segala untuk mengerjakan tugas ringan seperti ini. Berikut adalah beberapa aplikasi terbaik untuk kategori ini:

aplikasi bbm untuk android

  • BBM Android – Kalau dulu aplikasi untuk ngobrol gratis ini hanya ada pada pengguna Blackberry maka sekarang tidak lagi karena BBM-an sudah bisa dilakukan untuk semua pengguna smartphone, termasuk pengguna OS Android. Jika kamu tak mau keluar pulsa setiap kali sms maka baiknya pakai ini saja dan balas-balasan pesan sesukamu dengan siapa saja tanpa batas.
  • WhatsApp – Ini juga layanan chating terkenal dan gratis, kurang lebih sama fungsinya dengan BBM. Bukan cuma untuk kirim pesan saja, tapi file, video, gambar juga bisa dikirimkan lewat aplikasi ini tanpa dikenakan biaya sama sekali. Dulunya ini hanya dikenal oleh pengguna iPhone Apple, tapi seiring semakin berkembangnya dunia ponsel, kini WhatsApp juga bisa digunakan pada OS HP lain seperti Symbian, Windows Phone, Blackberry dan tentunya juga pada HP Android.
  • WeChat – Dari semua aplikasi chating yang ada ini mungkin yang bisa dikatakan masih baru dan paling sering diiklankan di TV, itulah sebabnya kehadirannya juga mulai menarik banyak pengguna ponsel pintar di Indonesia. Untuk mendapatkannya anda bisa mengunjungi Google Play Store. Untuk melakukan pendaftaran saat pertama kali memakainya bisa dengan koneksi Facebook maupun via sms. Banyak yang bisa dilakukan dengan aplikasi android terbaik ini selain obrolan, seperti ngobrol via group yang dibuat, pesan suara, dan juga pesan video. Selain itu, fitur emotion yang ada di dalamnya katanya jauh lebih lengkat dengan chat lainnya.
  • Line – Ada yang bilang kalau ini adalah aplikasi pengirim pesan instan terlaris di 42 negara. Selain untuk Android, ini juga sudah bisa digunakan pada semua jenis sistem operasi, termasuk pada MAc OS X dan Windows 8. Kelebihan lain dari ini adalah karena nomor HP bisa berfunfsi sebagai nomor PIN, berbeda kalau pakai BBM dimana pin-nya dibuat dengan kode rumit yang sulit dihafal. Yang lebih penting lagi yang tersedia dari fiturnya adalah dimana kita bisa nelpon gratis tanpa memakan pulsa sama sekali dengan sesama pengguna Line.
  • Viber –  Banyak yang mengenal ini sebagai alat untuk nelpon gratis tapi sebenarnya juga hampir mirip dengan yang disebutkan di atas dimana kita bisa berkirim pesan teks free dan juga gambar ke sesama pengguna. Hanya saja ini kurang banyak dikenal dan di gunakan orang Indonesia.

Selanjutnya akan dibahas soal Aplikasi untuk memberishkan Cache atau Cleaner dan juga untuk backup data yang juga terpopuler dikalanangan pengguna hp android.

3.  Untuk Perawatan dan Optimasi Smartphone

a.  Pembersih cache / Cleaner

Fungsi apk ini adalah untuk membersihkan memory yang sudah terlalu sesak karena banyaknya aktivitas yang dilakukan seperti browsing dan lainnya yang efeknya akan memperlambar kinerja handphone anda. Beberapa yang baik digunakan adalah Clean Master (Cleaner), AVG Cleaner yang mana ini dibuat sendiri oleh AVG yang merupakan salah satu developer antivirus ternama, dan juga DU Speed Boster yang sekaligus bisa membantu mempercepat kerja ponsel android-mu hingga 60% lebih baik.

b.  Backup dan Restore Data

Sebagaimana kita ketahui bahwa HP Android pada dasarnya sistemnya hampir mirip komputer, selain kompleks juga memiliki kapasitas yang besar, nah dari pada menyesal seumur hidup karena kehilangan data yang banyak di dalamnya lebih baik gunakan beberapa yang terbaik berikut, yaitu DropSpace yang baik sekali buat yang punya akun Dropbox karena bisa disambungkan di sana untuk mengantisipasi jika file di micro SD terhapus, dengan cukup memilih folder mana yang mau dikaitkan maka data anda bisa tersimpan dalam Dropbox, selain itu ada juga yang bernama ‘Backup to Gmail’ yang bisa mengamankan data Call Log, MMS maupun SMS dari HP jika sewaktu-waktu ponsel anda hilang dan ingin menampilkannya lagi dalam perangkat yang baru dibeli. Tapi sangat disarankan bagi yang belum punya email untuk belajar cara membuat email gmail agar fungsi aplikasi ini bisa dimanfaatkan.

c.  Untuk Menghemat baterai

Battery Doctor salah satu solusinya. Masalah yang paling sering dipertanyakan oleh pengguna hp Android adalah pada daya tahan penggunaan batterai-nya, umumnya hanya bisa bertahan sehari saja dan bahkan ada yang hanya 5 jam saja sudah harus di-charge lagi. Nah, dengan adanya Battery Doctor ini ia akan bekerja menganalisa dari sekian aplikasi yang digunakan mana yang bisa dihentikan sementara sehingga penggunaan battery-nya lebih irit. Tapi saya pribadi selain melakukan ini terkadang mematikan data seluler atau internetnya, biasanya bisa tahan 3 hari, apalagi rencana beberapa jam lagi mau nelpon saya sering melakukan ini, tapi ya itu, semua aplikasi chating seperti BBM juga tidak akan berfungsi. Di samping itu ada beberapa produk lainnya seperti DU Battery Saver, Battery Save Booster, dan Booster for Android yang bisa dijadikan alternatif pilihannya.

Aplikasi penting lainnya yang juga terbaik:

Untuk menemukan semua aplikasi android terbaik gratis di bawah ini bisa didownload langsung via https://play.google.com/store/apps – caranya cukup dengan mengetikkan kata kunci atau keyword di bagian pencarian situs tersebut. Umumnya disediakan gratis, yang penting saat membukanya menggunakan HP dan bukan dengan komputer PC.

  • Browser Opera – Untuk membuka situs atau blog di internet.
  • Youtube – Tonton dan download video di sini.
  • Instagram – Akun sosial media untuk berbagi foto dengan teman.
  • OLX – Guna melakukan jual beli online
  • Detikcom – Dapatkan berita terbaru dan ter-uptodate dengan aplikasi android ini.
  • Adobe Acrobat Reader – Baca-baca file PDF dengan bantuan pembaca file ini.
  • BCA Mobile – Mau transaksi online atau cek rekening bank BCA maka kamu wajib gunakan ini.
  • Google Play Games – Mainkan game kesukaanmu dengan bantuan Apk buatan Google sendiri.
  • Kamusku – Kamus Inggris-Indonesia, memudahkan untuk menerjemahkan kata bahasa Inggris sulit.
  • Go-Jek – Sama dengan Uber Taksi untuk yang butuh jasa antar dengan mobil, sedang kalau yang ini buat yang tinggal di Jakarta dan butuh ojek motor cepat. Jangan sampai belum menginstall ini di ponsel Androidmu.
  • Cookpad Resep – Buat para ibu jangan bilang hobi masak kalau belum punya aplikasi android simple dan lengkap dengan berbagai resep masakan ini.
  • Google Play Music – Terakhir, kalau kamu pecinta musik maka belum lengkap rasanya punya smartphone tapi belum memiliki apk buatan google untuk memutar dan menyimpan koleksi musik ini.
  • Nova Launcher – Mungkin ada yang belum tau apa itu Launhcer? Jadi ini adalah aplikasi yang khusus digunakan untuk merubah tampilan layar hp android menjadi lebih menarik di banding dengan tampilan bawaannya. Selain itu anda mungkin juga bisa mencoba ‘Google Now Launcher’ dan ‘Buzz Launcher’ sebagai alternatifnya.
Apk. Android Lainnya yang unik:

1.  Pocket

Ini juga salah satu aplikasi android terbaik yang bisa kamu coba, funsinya adalah untuk menyimpan segala hal menarik yang kamu temukan dari internet maupun sosial media, baik itu file, gambar, video ataupun yang lainnya. Yang bikin orang senang menggunakan ini adalah karena jika kita menginstall ini juga di komputer atau perangkat lain maka kita bisa menyingkronkannya dimana kita bisa melihat kembali file-file tersebut di komputer pc tanpa harus terkoneksi dengan jaringan internet.

2.  Dubsmash

Semua pasti tahu aplikasi apa ini karena dari namanya sudah ketahuan, terlebih karena demam Dubsmash sekarang lagi booming di Indonesia. Mudah sekali menggunakannnya, cukup rekam suaramu sesuai dengan gaya video tertentu, baiknya yang dikenal banyak orang, kemudian Record video pada suara tersebut, terakhir tinggal share ke berbagai sosial media biar kamu cepat terkenal.

3.  BMKG-Android

Ini bukan cuma perlu tapi juga penting ada di setiap HP orang untuk jaga-jaga agar sewaktu-waktu terjadi gempa atau bencana alam lainnya kita bisa mendapatkan info terbarunya. Menariknya karena apa yang disampaikan dalam perangkat anda sama persis dengan yang dipublish di website resmi BMKG sendiri.

4.  Babe

Singkatan dari ‘Baca Berita’. Dengan menggunakan aplikasi ini maka kita bisa menghemat waktu untuk mengetahui berita terbaru dari banyak media online tanpa harus mengunjungi satu per satu situsnya. Selain itu, kalau di Detik.com beritanya update tiap saat ini, ini malah lebih sangar karena update-nya dari semua media, jadi lebih banyak pilihan info yang bisa kita baca.

Sebenarnya ada banyak perbedaan dari masing-masing blogger dalam menulis postingan mengenai Aplikasi Android Terbaik yang Gratis dan Berbayar serta Terpopuler dan paling Banyak Digunakan sebab mereka mempunyai standar penilaian tersendiri, tapi itu tadi, cara terbaik untuk menentukannya adalah dengan jumlah pengunduhan terbanyak dan yang memiliki sistem paling baik, baik dari segi tampilan kelengkapan tools dan fitur di dalamnya. Selanjutnya, Caraspot masih akan memberikan informasi terkait ini, termasuk aplikasi terbaru yang baru saja release dari berbagai pengembang / Apps yang telah bekerja keras melahirkan permainan maupun alat untuk memudahkan aktifitas sehari-hari kita.

About The Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *