Apakah kamu baru di dunia investasi, nah kamu perlu belajar analisa fundamental saham syariah dari ahlinya. Tepatnya di blog Analis.co.id. Disana kamu bisa mulai belajar cara membeli saham bagi pemula tahap demi tahap.

Salah satu kelebihan utama dari Analis Coid adalah karena selain dikelola oleh analis yang sudah berpengalaman dan terpercaya, juga artikelnya mudah dipahami dan lengkap penjelasannya.

Setelah berbincang-bincang dengan founder sekaligus yang menjadi analis di blog tersebut, saya dapat bocoran kalau mas Zulbiadi Latief ini sedang mempersiapkan penulisan buku tentang cara mudah investasi yang ditujukan untuk pemula katanya.

Selain menyediakan analisa fundamental berbagai saham di blognya, dia juga menyediakan berbagai artikel panduan dalam cara bermain saham yang benar.

Pengalaman Melakukan Analisa Fundamental Saham Syariah

Mungkin ada yang bertanyak kenapa beliau memilih fokus pada saham syariah?

Jawabannya gampang sekali, ya karena memang basic-nya dari fakultas syariah. Selain itu, ia juga sudah pernah aktif di lembaga pembiayaan syariah yang anggotanya dari berbagai lembaga. Sehingga, kalau bicara soal analisa laporan keuangan sudah makanan sehari-harinya.

analisa fundamental saham

Waktu itu di salah satu pusat koperasi syariah Jawa Tengah yang fungsinya sebagai lembaga likuiditas, kalau di Indonesia yang skalanya nasional ibarat Bank Indonesia (BI), hanya saja ini koperasi dan yang dibawahi koperasi se Jawa Tengah.

Nah, dari pengalaman tersebutlah akhirnya ia banyak menimba pengalaman bagaimana menganalisa laporan keuangan lembaga.

Dan untungnya, karena menjadi analis kerjanya juga kurang lebih sama, jadilah pekerjaannya klop dan bisa diterapkan dalam trading saham, terutama dalam hal analisa fundamental.

Dikatakan ada bedanya, iya juga kerena koperasi dan saham berbeda. Tapi kalau ditambah belajar yang tekun dan praktek secara rutin maka ilmu tersebut akan terus bertambah seiring dengan berjalannya waktu.

Kalau dalam analisa saham sebenarnya kita tidak bisa hanya fokus pada laporan keuangan emiten saja, tapi jug aharus tau kondisi ekonomi makro dan global.

Terkadang, kita juga tidak bisa gegabah membeli saham tanpa mempertimbangkan kondisi IHSG saat ini. Jika lagi turun sebaiknya jangan beli dulu. Tapi kalau grafiknya tampak uptrend maka itulah waktunya untuk mulai belanja saham.

Bedanya Saham Syariah dengan Konvensional

Bedanya sebenarnya terletak pada 3 poin penting, yaitu jenis usaha perusahaannya, cara sahamnya ditawarkan, dan cara transaksi sahamnya.

Jenis usahanya sudah jelas bukan dari bisnis yang haram atau melakukan praktek riba, seperti bank konvensional atau pun perusahaan yang menjual barang terlarang seperti arak dan sebagainya.

Kalau cara sahamnya ditawarkan bisa berarti saat melakukan penawaran apakah sudah sesuai prinsip syariah atau tidak. Jangan sampai anda membeli saham preferen yang mana kamu akan dapat dividen yang sudah ditentukan di awal padahal usahanya belum jalan. Ini jelas terlarang dalam Islam.

Dan terakhir adalah cara transaksinya. Usahakan trading saham jangan menggunakan sistem terlarang seperti Option, Margin dan lainnya.

Margin artinya beli saham dengan utang yang dihitung dengan bunga. Ini juga selain haram, juga sangat berbahaya jika terjadi penurunan harga saham yang cukup dalam karena kamu harus membayar utangmu dengan cara menjual paksa berapa pun harga sahammu saat itu. Jelas ini tidak baik dan merugikan.

Dan karena beliau adalah ahli soal hukum Islam juga, di blognya Analis.co.id juga banyak diulas soal hukum-hukum yang berkaitan dengan ekonomi Islam, khususnya hukum trading saham di bursa efek Indonesia atau yang kita kenal juga dengan IDX.

Ini dulu penjelasan singkat soal analisa fundamental saham syariah. Jika berkenan silahkan kunjungi Analis.co.id untuk menemukan banyak artikel menarik di sana.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *