Masalah dengan ketiak hitam dan juga selangkangan? Baiknya belajar cara memutihkan ketiak secara alami. Selain untuk menambah PD juga untuk kebersihan kulit tubuh sehingga tampak berseri.  Perlu diketahui bahwa bagian tubuh ini, yang dalam bahasa latin dinamakan axilla merupakan bagian lipatan tubuh yang menghubungkan antara bahu dan lengan atas. Bagian ini juga sensitif terhadap goresan dan akan terasa sakit sekali jika luka disebabkan bagian ini selalu dalam kondisi basah, apalagi jika seseorang mudah berkeringat.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketiak merupakan salah satu bagian tubuh yang menjadi tempat pavorit bersarangnya bakteri, terutama buat orang yang selalu berkeringat tentu akan mudah mengalami masalah ini. Tapi pembahasan kita hari ini bukan soal itu, melainkan pada kulit permukaannya yang hitam, bagaimana caranya agar bisa putih dan dan tampak cerah dan bersih. Untuk itu, akan disajikan cara pengobatan secara herbal dan juga dengan obat pemutih yang manjur dan banyak digunakan wanita.

ZAP Brightening Treatment

Cara memutihkan ketiak dan selangkangan memang tidak dapat diperoleh dengan mudah. Melakukan lulur scrub secara berlebihan dengan tujuan mengangkat sel kulit mati, justru dapat menyebabkan iritasi dan peradangan pada kulit.

Sebagai antisipasi, Anda dapat melakukan perawatan pengangkatan sel kulit mati atau Brightening Treatment yang tersedia di klinik kecantikan ZAP Clinic. Pasalnya, ZAP Brightening treatment berfungsi dapat mengangkat sel kulit mati yang menumpuk di kulit ketiak dan pangkal paha, dimana sel kulit mati ini menyebabkan warna kulit ketiak menjadi hitam. Sehingga muncul lapisan kulit baru yang lebih bersih dan halus.

zap cara memutihkan muka dan ketiak

Brightening Treatment di ZAP Clinic dilakukan langsung oleh dokter sehingga jauh dari resiko iritasi. Hasilnya akan mulai terlihat dalam 7 hari setelah treatment, sel kulit mati akan mengelupas sendiri hingga kulit menjadi lebih cerah dan halus. Informasi lengkap mengenai perawatan ini dapat dilihat di http://zapclinic.com/cara-memutihkan-kulit-tubuh-modern-terbaik

Tips Kumpulan Cara Memutihkan Ketiak secara Alami, termasuk Selangkangan / Paha dan Leher

Ada banyak sekali faktor yang menyebabkan ketiak jadi hitam, sebagian mengatakan bahwa hal tersebut karena sering mencabut bulunya, tapi sebenarnya itu hanya salah satu sebabnya saja. Proses menghitamnya kulit pada lipatan lengan tersebut sebenarnya umumnya disebabkan karena adanya suatu mikroorganiseme yang berhasil masuk dan bersarang dalam pori-pori kulit ketiak yang mana hal tersebut disebabkan oleh iritasi atau terbukanya pori-pori secara tidak wajar.cara memutihkan ketiak secara alami

Beberapa alasan medis mengenai penyebab menghitamnya ketiak disebutkan bahwa di antaranya karena sering menggaruk ketiak terlalu kasar, karena adanya penyakit pada kulit yang kebetulan terjadi di ketiak, penggunaan penghilang bau badan atau deodoran yang terlalu berlebih, serta karena mencabuti bulunya sebagaimana sudah disebut di atas.

Baca dulu : Cara Menggunakan Siwak dan Manfaatnya

1. Whitening / Pemutih dari bahan cair alami

Ini kami peroleh dari referensi situs terprecaya di luar negeri kalau ternyata banyak yang belum tau kalau di dapur para ibu ada beberapa bahan cair yang bisa dijadikan sebagai obat pemutih ketiak dan selangkangan serta leher, bahkan bahan-bahan tersebut sering digunakan setiap hari. Selain fungsinya mengangkat warna gelap pada permukaan kulit juga untuk melembutkan dan menyegarkannya, di antaranya adalah:

a. Cuka makan

Bahan yang mengandung asam ini juga sudah sering digunakan untuk masalah ketiak hitam. Caranya:

  1. Buat seperti pasta dengan mencampurkan satu sendok makan tepung beras dengan cuka secukupnya hingga membentuk pasta kental.
  2. Oleskan secara merata pada ketiak dan sekitarnya yang tampak gelap. Atau bisa juga pada leher dan selangkangan paha.
  3. Diamkan selama kurang lebih 10 menit
  4. Terakhir, bilas dengan air hangat, dan akan lebih baik lagi kalau setelahnya berendam di air hangat.

Terapi alami seperti ini selain untuk membuat warna kulit ketiak lebih cerah juga untuk menghilangkan bau karena kuman.

b. Susu

Jika ada yang menjual susu murni dari sapi perah akan lebih baik lagi, tapi bila tidak maka yang dalam bentuk bubuk juga tak masalah. Manfaat dari bahan ini tidak bekerja secara langsung tapi bertahap yang mana bahan aktif berupa asam lemak dan vitamin yang dikandungnya akan mencerahkan warna kulit yang gelap pada ketiak. Caranya:

  • Sediakan susu 2 sdm, lalu 1 sdm tepung dan juga 1 sdt dadih atau lemak.
  • Aduk hinga membentuk seperti lulur lalu oleskan merata pada ketiak.
  • Diamkan kurang lebih 15 menit saja.
  • Terakhir tinggal bersihkan dengan air dingin untuk mendapatkan rasa segar.

Selain sebagai cara memutihkan ketiak secara alami sebagaimana yang disebutkan di atas, penggunaan susu juga baik untuk tujuan melembutkan kulit dan mengangkat sel kulit mati sehingga warnanya akan lebih cerah dari hari ke hari. Disarankan juga, untuk hasil lebih baik maka gunakan susu lemak dengan full cream.

c. Minyak kelapa

Jika masalahnya karena warnanya tidak terlalu putih maka yang diperlukan dalam cara memutihkan ketiak secara alami adalah vitamin E. Ya, karena dengan jenis vitamin tersebut akan membantu mencerahkan kulit gelap secara bertahap, walau tak instant tapi hasilnya jauh lebih baik dari obat. Adapun tipsnya:

  1. Sediakan minyak kelapa (jangan menggunakan minyak dari kelapa sawit, tapi yang dari nyiur)
  2. Langsung terapkan pada ketiak atau bagian tubuh lainnya dengan cara dipijatkan langsung pada kulitnya selama 15 menit saja.
  3. Bersihkan dengan sabun dan bilas dengan air hangat.
  4. Untuk hasil yang lebih baik maka lakukan ini minimal sekali dalam 2 hari. Dan selain untuk tujuan mencerahkan, minyak kelapa juga diyakini baik sebagai deodoran alami tanpa bahan kimia.

Perlu diketahui bahwa tips dengan bahan cair tradisional di atas kami tempatkan sebagai solusi menghilangkan warna hitam pada ketiak yang pertama, karena selain alami juga aman digunakan secara terus menerus dan tanpa afek samping seperti iritasi dan sebagainya.

2. Cara Menghilangkan Ketiak Hitam dan Selangkangan serta Leher dengan Buah dan Sayur

Sub bahasan kali ini lebih spesifik pada buah dan sayur yang memang dalam daging buahnya mengandung unsur pemutih yang baik dan telah direkomendasikan oleh beberapa ahli kulit dan kecantikan. Dan mengenai leher hitam, walau tak disebut, semua yang direkomendasikan dalam artikel ini juga cocok untuknya.

a. Mentimun

Berdasarkan yang dilansir oleh Vemale.com, dikatakan bahwa kandungan dalam mentimun selain menyegarkan kulit juga untuk mengankat noda-noda yang ada pada permukaan kulit. Cara kerjanya tergolong lambat tapi efeknya sangat baik sebagaimana selama ini banyak yang menjadikannya sebagai masker wajah untuk memutihkan. Adapun langkah buatnya:

  1. Pertama haluskan mentimun yang masih segar bersama dengan kulitnya. Bisa menggunakan parut biasa. Tapi pastikan pilih timun hijau yang masih muda.
  2. Tambahkan perasan air lemon secukupnya dan juga sedikit (sekali) kunyit bubuk biar tidak terlalu kuning.
  3. Oleskan pada kedua ketiak dengan tangan atau kuas.
  4. Tunggu sekitar setengah jam
  5. Bilas dengan air hingga bersih. Dan lakukan ini minimal 2 kali seminggu atau kalau tidak sempat pas hari libur saja.

b. Kentang

Nama ilmiah dari tanaman umbi ini adalah Solanum tuberosum L. Manfaat kentang ini didapatkan dari khasiatnya dalam menghilangkan flek hitam dan segala noda pada permukaan kulit ketiak maupun selangkangan. Hal ini dimungkinkan karena di dalamnya banyak sekali mengandung bahan aktif seperti vitamin A, B kompleks, mineral sumber pati, anti-oksidan, serat serta ragam zat mineral penting lainnya.

Berbeda dengan mentimun tadi, untuk kentang sendiri cukup diambil airnya setelah diparut, kemudian tinggal oleskan pada ketiak yang hitam lalu tunggu sekitar 10 menit saja dan bilas dengan air bersih.

c. Minyak telur

Terus terang penulis sendiri baru tau dari Wikihow kalau minyak telur atau yang dalam bahasa Inggris disebut Egg Oil ini bisa sebagai cara memutihkan ketiak secara alami. Ya, mungkin juga karena belum pernah liat dan jarang dijual di Indonesia.

Cara kerja dari bahan herbal ini adalah yang mana kandungan Omega 3 di dalamnya akan bekerja memberikan rangsangan pada sel kulit sehingga kulit mampu memproduksi sel atau lapisan kulit baru, tentunya ini akan berdampak pada pembentukan kulit yang baru dan lebih cerah.

Adapun cara menerapkannya adalah dengan memijatkan langsung minyaknya pada ketiak yang menghitam lalu diamkan hingga semalam. Di pagi hari, langsung bilas menggunakan sabun yang mengandung pH seimbang.

d. Lemon

Walau dalam banyak blog dan situs menjadikan bahan herbal ini sebagai tips utama, tapi kami tidak. Ini karena jika digunakan secara terus menerus akan menimbulkan efek samping berupa kulit kering.

Tips pemakaiannya adalah dengan cara oleskan langsung pada ketiak perasan jeruk lemon yang telah dicampur dengan madu atau pun yoghurt tawar. Terakhir, tinggal diamkan saja selama 10 menit lalu bersihkan dengan air.

3. Mengangkat warna hitam ketiak dengan cara Eksfoliasi

Mungkin ini jarang anda dengar, tapi di dunia Barat cara ini sudah sering dilakukan. Kalau yang sebelumnya hanya pencerahan dan sebagainya, sekarang ini cenderung lebih ‘tegas’ karena lapisan hitam di atas kulit dan sel kulit mati yang berlapis akan diangkat dengan bantuan herbal tradisional.

a. Baking soda untuk ketiak

Nama lain untuk orang Indonesia untuk bahan ini adalah soda kue atau dalam bahasa Inggris ‘baking powder’. Bahan ini juga umum digunakan untuk cara memutihkan gigi dan bahkan dijadikan sebagai alternatif utama. Adapun dalam cara memutihkan ketiak dan selangkangan secara alami dengan baking soda adalah dengan membuatnya seperti pasta dengan campuran air biasa atau ada juga yang menggunakan air mawar. Kemudian, oleskan pada ketiak (sebagian menyarankan menggosok dengan lembut) lalu bersihkan dengan air hangat dan keringkan. Lakukan tips ini hingga terlihat hasilnya dimana warna ketiak dan selangkangan serta leher semakin cerah.

b. Kulit jeruk

Jika kamu biasa makan jeruk manis atau anggaplah Jeruk Bali atau Jeruk Selayar, maka jangan buang kulitnya karena ia bisa menjadi salah satu cara memutihkan ketiak secara alami. Adapun langkahnya:

  1. Kumpulkan kulit jeruk yang masih bersih lalu jemur di bawah terik panas matahari hingga kering betul dan rapuh.
  2. Haluskan dengan cara ditumbuk hingga betul-betul terbentuk seperti tepung. Bisa juga digunakan tapisan agar hasilnya lebih halus.
  3. Racik ramuannya dengan membentuk seperti pasta dengan ditambahkan air mawar dan susu.
  4. Gosok atau lebih amannya pijatkan dengan lembut pada ketiak hitam selama kira-kira 15 menit agar sel kulit matinya terangkat dengan baik.
  5. Bersihkan dengan air dingin.

c. Gula

Yang digunakan adalah gula aren asli. Buat dengan ditambahkan olive oil atau minyak zaitun sebanyak 1 sdm. Adapun gula arennya 3 sdm.

Bahan di atas digunakan pada saat mandi dimana badan masih dalam keadaan basah. Adapun waktunya cukup 2 kali seminggu saja.

d. Batu apung

Terus terang ini kami tempatkan sebagai tips terakhir karena tidak semua bisa menggunakannya, terutama yang memiliki kulit tipis dan sensitif. Mungkin ini terdengar aneh. Mana mungkin batu digunakan sebagai whitening atau obat pemutih ketiak?. Walau ini dikutip dari tips situs luar, tapi faktanya di Indonesia nenek moyang kita juga sering menggunakan batu saat mandi untuk menggosok dan menghilangkan daki di badan mereka.

Fakta lain, batu ini juga dijual di toko kecantikan dan apotik. Tapi bila tidak ketemu bisa beli di pasar tradisional. Dan pastikan pilih yang jenis pori dan permukaan batunya yang halus, jangan yang kasar.

Cara penggunaannya adalah dengan mula-mula membasahi batu lalu menggosok (Awas! Jangan ditekan keras, tapi lembut saja agar tak terjadi iritasi).

Baca dulu : Cara Mencuci Wajah yang Benar

4. Dengan obat pemutih ketiak yang aman dan juga dengan tindakan medis

Prelu diketahui juga bahwa pengobatan atau terapi yang disebukan dari awal di atas tidak selamanya akan berhasil, terutama pada orang yang mengalami penyakit yang disebut acanthosis nigricans, yaitu suatu kelainan pada kulit yang mengakibatkan munculnya tanda-tanda hitam hingga coklat yang mirip dengan beludru pada beberapa bagian di kulit tubuh, termasuk ketiak yang merupakan bagian lipatan pada persendian.

Pilihan obat yang banyak digunakan, termasuk di Amerika, adalah yang mengandung Hidrokuinon. Penggunaan yang aman yang menggunakan resep dokter adalah hingga 4% saja untuk tiap kemasan produknya. Sedangkan untuk yang bisa dibeli bebas hanya maksimal 2% hidrokuinon saja.

Adapun mengenai obatnya yang bisa langsung dibeli dan dipakai adalah berikut ini:

Herbal Cream Whitening C (silahkan kunjungi)

Produk ini bisa digunakan sebagai obat penutih ketiak dan selangkangan paha dan leher yang hitam. Ada alasan kuat mengapa Anda harus memilih ini, ya karena ascorbid acid (whitening C) merupakan bahan yang sudah lama dan sering digunakan para dokter untuk melakukan upaya pengelupasan kulit mati dan juga bayangan hitam di sekitar area lipatan pada tubuh, termasuk di dalamnya ketiak, selangkangan atau paha dalam dan leher atau pun pada produk-produk cara memutihkan wajah secara alami yang banyak beredar di pasaran.

Yang lebih menarik lagi karena obat buatan YOSHIHIRO CLINIC, LTD. dari Jepang  tersebut merupakan cream lembut yang mengandung bahan alami yang baik sebagai pelembab, anti-oksidan, serta pemutih yang membuat kulit semakin bercahaya, halus, lembut dan sehat. Dan khusus buat yang sering gatal area selangkangannya dan meninggalkan bekas hitam, nah Whitening C ini juga cocok digunakan.

Hal yang harus dihindari dalam merawat ketiak

Langkah berikut ini bisa dibilang lebih ampur dari cara memutihkan ketiak dan selangkangan secara alami yang dianjurkan di atas, bahkan dengan obat atau perawatan klinik sekaligus. Ini karena yang dilakukan adalah upaya pencegahan langsung, baik dari dalam maupun dari luar, di antaranya adalah:

1. Jangan mencukur, tapi gunakan Waxing

Waxing sendiri adalah semacam gel yang digunakan untuk menghilangkan rambut pada ketiak sebagai pengganti dari mencukur atau mencabut yang selama ini jadi penyebab kulit ketiak tidak terlihat putih dan bersih.

Di indonesia sendiri sudah banyak mrek yang beredar dan bahkan sudah sering diiklankan di TV secara berkala, dan di antara yang terkenal adalah Veet. Ini adalah solusi terbaik untuk menghentikan masalah warna gelap pada ketiak setelah beberapa perawatan yang dilakukan di atas. Jika ini tidak dilakukan maka bisa jadi warnanya akan kembali seperti semula.

2. Pilih Deodoran Alami

Saya dapat satu bocoran dari teman saya yang katanya orang Sulawesi. Katanya, di sana kebanyakan orang menggunakan batu tawas sebagai deodoran alaminya, jadi tidak dengan produk bermerek yang banyak diiklankan. Walau tak ada bau parfumnya, tapi cairan kapur yang meleleh pada batu tawas (yang telah dihaluskan) saat dioleskan bisa membuat bakteri tidak berkembang dalam sehari beraktifitas. Ya, bagi mereka, penggunaannya pas setelah mandi saat ketiak masih basah karena air, agar batu tawas tersebut dapat meleleh dengan rata di permukaan kulit.

Mengapa deodoran tidak direkomendasikan? Ya, karena bahan kimia berupa anti-perspiran yang terdapat pada deodoran sering kali membuat kulit ketiak tampak jadi gelap akibat respon inflamasi. Dan jangan berpikir bahwa kalau tidak pakai deodoran maka badan akan bau karena faktanya orang timur kebanyakan hanya pakai batu tawas tadi dan tidak ada yang terasa bau.

3. Lembabkan

Seperti kata pepatah, “mencegah jauh lebih baik daripada mengobati.”, nah dalam hal ini kami juga menyarankan Anda untuk mencegah ketiak hitam, baik setelah terapi maupun sebelumnya. Caranya adalah dengan melembabkannya menggunakan bahan herbal seperti lidah buaya, lesitin dan lainnya.

4. Tidak menggunakan pil KB

Obat ini juga diketahui punya andil dalam membuat kulit menjadi hitam atau istilahnya hiperpigmentasi atau penggelapan kulit. Bisa dibuktikan, setelah berhenti menggunakannya maka paling tidak kulit pada ketiak tidak akan terlalu hitam lagi.

Lanjut baca : Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami

Himbauan!!

Apa yang Caraspot sampaikan di atas soal cara menghilangkan ketiak hitam hanyalah saran, selanjutnya bagian anda lah untuk mempertimbangkannya karena segala resiko ditanggung oleh penggunanya sendiri.

Mengapa kami katakan demikian? Karena dalam kondisi tertentu bila upaya memutihkan dan pengelupasan dilakukan terlalu sering dan berlebihan bisa mengakibatkan kerusakan pada permukaan kulit, termasuk timbulnya bekas luka yang malah akan membuatnya semakin hitam. Dan selain itu, bagian seperti pori-pori kulit, folikel rambut dan juga kelenjar keringat bisa saja terinfeksi oleh tindakan yang salah. Untuk itu, selalu perhatikan dulu jenis kulitmu sebelum memilih salah satu tips obat pemutih alami di atas.

Kesimpulan

Wajib juga disadari bahwa ketiak putih bukanlah segala-galanya. Warna hitam atau putih juga kadang memang karena takdir Allah, sehingga tak semua orang harus menerapkan tips soal ketiak yang kami sampaikan. Dan solusi terbaik untuk ini adalah belajar tutorial hijab segi empat karena dengan begitu anda tak perlu lagi buka-bukaan bagian ketiak yang masih termasuk aurat dalam ajaran Islam.

Apa pun jenis bahan herbal yang digunakan dalam cara memutihkan ketiak secara alami di atas, baik itu yang mengandung antibakteri, asam, antiseptik dan lainnya, tentunya semua butuh proses yang tidak instant untuk betul-betul berhasil menghilangkan warna hitam pada ketiak. Tapi, walau waktunya lama, hasilnya jauh lebih baik dari yang menggunakan obat pemutih karena hasilnya pun bisa bertahan lama.

About The Author

Comments

  1. Tiwi

    Aku sih lebih percaya perawatan memutihkan area Ketiak di ZAP Clinic, aman dan harganya terjangkau, hasilnya memuaskan!

  2. putri

    Aku lebih percaya perawatan memutihkan area miss v di ZAP Clinic, aman dan harganya terjangkau, hasilnya memuaskan!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *