Penasaran dengan resep Ice Cream? Nah, kenapa tidak belajar cara membuat es krim sendiri yang sederhana dan tanpa mesin ini . Kalau tidak punya mesinnya jangan khawatir, bahkan kalau tak punya kulkas pun tetap kita bisa membuatnya dengan bantuan es batu karena memang resep kami bisa tanpa mesin juga. Menarik bukan? Dan yang perlu diperhatikan di sini bahwa panduan yang kami berikan sedapat mungkin dari hasil praktek sehingga hasilnya pun bisa dibuktikan. Dengan adanya tutorial ini, maka bikin es krim lembut, tradisional dan enak seperti Walls, Campina rasa coklat,durian, vanila, atau mau yang goreng dan lainnya pun akan semakin mudah dan simpel.

Pengertian resep es cream sendiri menurut Wikipedia adalah salah satu jenis makanan beku yang dibuat dari bahan susu yang mana untuk mendapatkan tekstur ice cream yang lembut kemudian ditambahkan sejumal bahan lain di dalamnya seperti emulsifier atau pengemulasi, pemanis berupa gula, dan juga perasa dari berbagai buah seperti durian, vanila, coklat, strawbery dan sebagainya.

Selain itu, hingga kini, penggunaan garam sebagai bahan pembantu dalam membuat adonan menjadi lebih mudah menggumpal masih terus diterapkan oleh beberapa perusahaan pembuat ice cream. Dan mengenai kategorinya, walau banyak orang memasukkan jenis makanan ini sebagai dessert atau makanan ringan, tapi di banyak tempat istilah tersebut dibatasi karena alasan bahannya yang menggunakan susu dan lemak yang mengandung kalori tinggi.

Cara Membuat Es Krim Sendiri yang Sederhana Tanpa Mesin dan Lembut

Dalam sejarahnya, bahkan hingga di zaman modern ini, ada bahan-bahan yang selalu menjadi bahan utama dalam resep ice cream, seperti lemak susu yang kompisisinya bisa hingga 15%, pemanis berupa gula antara 12-16%, stabilizer, emulsifier, carrageenan dari rumput laut, dan juga air susu maksimal 64%. Tapi bisa jadi jika kita mau meniru kelengkapan bahan tersebut tidak semua orang bisa bikin es krim, karenanya di bawah ini disajikan pula resep sederhananya.

a. Alat

  • Sediakan wadah berupa panci stainless atau yang terbuat dari almunium ukuran 5 Lt.
  • Mixer semua jenis boleh. Jadi di sini kita tidak pakai mesin khusus pembuat es krim, tapi dari alat yang biasa dibuat untuk resep kue kering.
  • Scoop atau alat untuk mengambil hasil buatan yang akan diletakkan di cone atau wadah piring, tapi bila tidak ada pakai sendok saja.
  • Cone dari wafer atau bisa juga cup untuk es jus. Cara buatnya liat di bawah.

Alat di atas hanya saran saja dan tidak mesti harus dipenuhi karena resep kita kali ini adalah membuat yang sederhana dan bisa dipraktekkan siapa saja.

b. Bahan untuk membuat:

Terus terang, ada banyak sekali versi untuk ini, tapi kami pilihkan yang dari hasil praktek saja, tepatnya dari hasil uji coba SajianSedap.com. Alasan memilih resepnya karena selain webnya khusus untuk itu, juga karena ia bagian dari Gramedia yang notabene bisa dipercaya untuk panduan semacam ini. Dan berikut bahannya:

  • 250 ml santan kelapa dari setengah buah kelapa tua
  • 250 gr talas yang telah dikukus dan dihaluskan (bisa memilih bahan lain seperti ubi jalar ungu atau biasa)
  • 100 gr gula pasir kasar
  • 1/2 sdt garamcara membuat es krim sendiri yang lembut dan sederhana
  • 25 gr tepung maizena yang biasa dibuat kue kering
  • 3 lembar gelatin yang direndam, lalu diperas dan ditim hingga larut (beli di toko bahan kue)
  • 300 ml air es
  • 150 gram cream bubuk
  • 5 tetes pewarna sesuai rasa, seperti merah muda atau coklat
  • 1/4 sdt esens pasta

Catatan : Banyak resep yang tidak memasukkan garam sebagai bahannya, tapi hanya pendukung untuk membekukan adonan, padahal rasa enak dilidah sangat tergantung dari bahan garam tersebut.

Dan ada juga cara membuat es krim sederhana sendiri yang dishare di blog lain yang menyarankan menggunakan kanji, padahal bahan tersebut jika lama di tempat terbuka akan menjadi encer dan tampak seperti lendir, untuk itu hindari penggunaannya dan gunakan gelatin saja sebagai solusinya, atau tidak sama sekali jika mau buat yang sederhana saja.

Adapun soal ‘gelatin’ bisa juga beli yang bentuknya bubuk, tapi pastikan yang terbuat dari lemak halal dan bukan yang haram.

Sebelum ini, baca : Cara Membuat Bolu Kukus Mekar

c. Resep Langkah Cara Membuat Ice Cream

  1. Bahan pertama : mulai dengan kocok krim bubuk yang telah disediakan bersama bahan seperti air es, esens pasta, dan juga pewarna merah muda hingga terlihat setengah mengembang. Selanjutnya, masukkan dalam lemari es untuk didinginkan.
  2. Bahan kedua: Mixer talas bersama santan hingga lembut. Berikutnya, tambahkan gula pasir dan juga garam serta tepung maizena. Masak sambil terus diaduk hingga mendidih sempurna dan cairannya menjadi kental.
  3. Dan sebagai pengental, masukkan larutan gelatin. Aduk hingga rata lalu biarkan hangat.
  4. Hasil dari bahan kedua di atas dimasukkan sedikit demi sedikit ke dalam kocokan krim yang pertama sambil dikocok perlahan. Jika sudah, terakhir tinggal masukkan dalam freezer untuk dibekukan.

Tips: Untuk hasil yang lebih maksimal maka caranya bisa dengan 2 kali proses pengocokan, yakni setelah selesai dokocok untuk pertama kali dan dimasukkan dalam freezer, selanjutnya (sebelum beku sempurna) keluarkan lagi untuk dikocok sekali lagi menggunakan mixer. Ini tujuannya agar adonan bisa lebih lembut sekaligus bekunya pas dan tidak mengkristal seperti es.

Es Krim Goreng

cara membuat es krim goreng

Tak lengkap rasanya bila gak sharing soal pembuatan es krim goreng. Untuk itu, sedikit saya kasi gambarannya di halaman ini untuk seterusnya Anda baca di halaman berikutnya lewat tautan di bawah paragraf ini. Sebenarnya, ice cream goreng itu gak serta merta es krimnya yang digoreng, tapi sebelumnya dibungkus dulu dengan roti tawar yang kemudian dibalut dengan tepung panir atau roti yang sebelumnya dicelup dulu di cairan putih telur biar gampang menempel. Tapi terlalu panjang kalau dijelaskan di sini, mending langsung baca saja di sini  : Cara Membuat Es Krim Goreng

Resep Es Krim Walls rasa Vanilla

Kali ini resep es krim kita adalah yang rasa vanilla, dan yang lebih menarik lagi adalah karena yang akan kita buat adalah yang mirip dan bahkan persis dengan es krim Walls maupun Campina yang terkenal itu, mulai dari tekstur hingga rasanya bisa dibilang ala si Walls banget. Dan kebetulan resep ini kami peroleh dari ahlinya yang memang khusus sharing soal makanan berbahan susu ini, ya tepatnya dari infoeskrim.com. Semoga bisa jadi rujukan ya bunda!

Bahan
  • 150 gram Energen, tapi pilih yang rasa vanilla
  • 150 gram Premix Es Krim ‘Manda’ rasa Vanilla
  • 50 gram kreamer
  • 400 ml air matang atau galon yang dingin
  • 200 ml Susu Ultra (pilih yang sudah dingin)
  • 3 sdm cream bisa merek Whipped Cream Biobianca atau pun yang lainnya
  • Sedikit garam. Usahakan pilih yang kasar karena pengaruh sama hasilnya.
Cara bikin:
  1. Awalnya, masukkan dulu Premix yang dimaksud dalam wadah yang terbuat dari stainless
  2. Kemudian tambahkan susu Ultra yang telah didinginkan di lemari es, air es, biobianca, energen, dan juga sedikit garam.
  3. Berikutnya kocok menggunakan Mixer dengan kecepatan rendah (pilih tombol paling kecil) yang waktunya kira-kira semenit saja. Dan setelah mengembang dan tercampur rata, lalu tambah kecepatan Mixer-nya ke angka yang paling tinggi.
  4. Jika menggunakan Mixer lepas yang tidak tetap maka usahakan tangan harus aktif dengan digerakan memutar agar tercampur dengan baik dan semua adonan jadi lembut.
  5. Setelah dikocok antara 5 – 10 menit adonan akan mengembang dan waktunya untuk menghentikan pengadukan, lalu simpan dalam wadah dan masukkan dalam freezer hingga beku.

Baca juga : Cara Membuat Donat Kentang yang Empuk

Tips agar es krim mengembang sempurna:
  1. Pastikan pakai wadah yang terbuat dari logam, baik itu aluminium atau pun stainless, sebagai tempat mengaduk adonan es krimnya. Ini karena menggunakan wadah dari bahan lain mempengaruhi kualitas pengembangan adonannya. Kecuali kalau blender yang digunakan memang sudah dari sononya menggunakan bahan plastik, apa boleh buat!
  2. Buat pengaduknya dalam 2 tahap kecepatan, yakni pertama gunakan kecepatan kecil dulu untuk mencampur dan selanjutnya gunakan kecepatan tinggi hingga pengocokan selesai.
  3. Sesuaikan mesin pengaduk es krim yang digunakan dengan volume bahan karena jika bahan yang diaduk terlalu banyak sedang hanya pakai mixer kecil biasa maka hasil kembangnya juga tidak akan maksimal.
  4. Agar adonan mengembang homogen maka jangan pernah lupa pakai stabilizer. Jika tidak tahu, tanya di toko bahan roti dan kue, pasti tau.
  5. Pakai air dingin yang suhunya maksimal karena ini juga sangat mempengaruhi.
  6. Pastikan tidak berhenti mengocok sebelum selesai, karena jika misalnya mati lampu lama lalu dilanjut lagi maka pasti hasilnya tidak akan mengembang sempurna.

Selain itu, jika diperhatikan dari semua tips di atas maka secara keseluruhan bisa disimpulkan bahwa untuk menghasilkan ice cream yang enak dan bisa persis sama dengan Walls atau Campina, maka proses pengadukan sebaiknya dilakukan dua  kali, yakni sebelum dimasukkan freezer dan setelahnya, sebelum dimasukkan ke freezer yang kedua kalinya.

Mesin Pembuat Es Krim:

Jika kamu tidak mau repot menggunakan mixer pengaduk adonan kue kering dan berpikir akan menggunakan mesing pembuat es krim, maka Caraspot punya banyak referensi soal ini, di antaranya:

1. SAT Mesin Pembuat Soft Es Krim 3 Kran AECO 1 (lihat disini)

SATMESIN mempersembahkan sebuah mesin untuk membuat es krim jenis Soft Ice Cream dengan keunggulannya karena disertai dengan 3 kran  yang mana dua rasa berbeda dan satu kombinasi. Adapun kapasitas mesinnya adalah untuk 2 x 6kg / jam, dengan kapasitas produksi kira-kira bisa hingga 180 – 250 cups  per jam. Dan satu lagi, mesin ini dilengkapi dengan kompressor Panasonic yang sudah masyhur kualitas mutunya.

2. Fomac Mesin Soft Es Krim 3Kran+Bubuk Es krim+Kanebo + Gratis Training (lihat produknya disni) harga mesin pembuat ice cream murah

Dengan keunggulan 18 Bulan Garansi resmi untuk pembelian produknya, menjadikan mesin ini jadi idola. Adapun Sparepart bisa hingga 3 bulan. Bagi yang mau mulai usaha kecil-kecilan ini sangat cocok untuk usaha di Mall dan sekolahan. Adapun compressor menggunakan Aspera dengan kapasitas 2 x 7 liter.

3. Fomac Paket (2) Mesin Soft Es Krim 3Kran + Mixer + Lubricant + Kanebo (kunjungi tokonya)

Garansi mesinnya hingga 1 tahun dan sparepart 3 bulan. Cmpressor dan kapasitas sama dengan yang kedua di atas. Dengan bahan stainless steel, mesin ini bisa dibilagn serbaguna karena bisa juga untuk adonan yang padat seperti untuk kue kering dan roti. Jadi kalau misalnya ganti usaha tak masalah karena mesin ini bisa tetap difungsikan. Adapun tombolnya, Spiral = untuk adonan seperti mie, kue dan roti, Beater = untuk pastry, tepung, dan mentega, dan Whip = untuk bahan makanan seperti soft ice cream dan susu segar.

Cara bikin Cone (tempat es krim berbentuk kerucut):

Asal tau saja, sebenarnya pembuatan cone (wadah berbentuk kerucut untuk menyajikan es krim) muncul secara tidak sengaja. Waktu itu, di acara World’s Fair 1904, sebuah counter es krim sedang kehabisan piring yang biasa digunakan sebagai wadahnya, akhirnya ia berinisiatif membeli semacam wafer yang bentuknya tipis yang berasal dari Persia yang dijual di counter sebelahnya. Dan dari sinilah akhirnya cone berbentuk kerucut yang dibentuk dari wafer tersebut terus digunakan hingga kini.

Bahan (untuk pembuatan dalam jumlah besar):

  • Tepung Tapioka dan terigu masing-masing 4 Kg
  • Gula Merah Asli yang terbuat dari aren sebanyak 2 Kg
  • Gula Pasir kasar 2 Kg
  • Minyak Sayur 1 Liter
  • Margarin 200 gram

Jika ingin mengurangi volumenya, misalnya setengah atau seperempat kilogram saja, maka cukup buat perbandingannya saja, yakni 4 kg : 16 = ¼ kg, dan demikian juga yang lainnya dibagi 16 biar setara dengan ¼ kg tepungnya.

Cara Pembuatan :

  1. Pertama, awali dengan mencairkan gula pasir kasar bersama gula merah dengan ditambah 10 liter air bersih
  2. Aduk tepung terigu dan tepung tapioca bersama dengan minyak sayur, dan juga margarin dengan menambahkan cairan gula merah secara sedikit demi sedikit sambil terus diaduk
  3. Setelah adonan cone es krim rata, maka diamkan dulu selama 30 menit sebelum mulai dicetak.
  4. Selanjutnya, panaskan dulu panggangan cone-nya, lalu tuang sebanyak 1 sendok sayur ke dalam cetakan.
  5. Membentuk kerucut : Setelah lempengan cone tipis matang, selagi masih panas, segera angkat dan langsung gulung hingga membentuk seperti kerucut.
  6. Lakukan cara di atas hingga adonan cair dari cone ice cream habis semua. Dan pastikan tidak menaruh dalam wadah tertutup sampai cone berbentuk kerucut tersebut betul-betul dingin.

Jika kamu tak mau repot buat conenya sendiri maka bisa pesan lewat orang lain. Dan salah satu pembuat cone yang terbesar adalah Cone Alexa yang terletak di Muntilan, Jawa Tengah. Tepatnya, di Jagalan 347 Muntilan. Jika mau, bisa menghubungi di nomor ini : (0293) 32520908 / 087839924380.

Baca dulu : Resep Pancake Durian

Prospek bisnisnya:

Buat kamu yang sudah punya niat ingin berhasil dalam cara membuat es krim sendiri yang sederhana, kenapa tidak berpikir untuk menjadikan ini sebagai peluang usaha sampingan rumahan yang menguntungkan, terlebih jenis makanan ini sangat cocok untuk daerah di Indonesia yang beriklim tropis dan memang banyak dicari setiap harinya oleh semua umur.

Nah, di bawah ini beberapa pertimbangan sebelum memutuskan berbisnis ice cream:

1. Disukai semua umur

Sudah disinggung di atas bahwa es krim adalah salah satu jenis makanan basah yang banyak peminatnya, bukan cuma anak-anak, tapi orang dewasa juga suka. Inilah salah satu rahasia bisnis orang Cina, yakni menjual barang yang dibutuhkan banyak orang agar bisa menghasilkan keuntungan yang berlipat.

2. Sesuai untuk iklim Indonesia

Kalau di atas, soal target pasarnya yang memadai, sedang kali ini soal lapangan pemasarannya yang mana memadai untuk jenis makanan dingin. Berbeda kalau jualan es krim di kutub utara, tentu gak bakalan ada yang mau beli. Sedang di Indonesia kondisnya pas banget, dimana orang yang kepanasan pasti akan cari makanan yang dingin.

3. Buatnya cepat dan tidak ribet

Apalagi sekarang, yang bekerja hanya mesin sedang kita tinggal menjual saja. Setelah tau takaran dan jenis bahannya, tinggal nyalakan mesinnya dan tunggu hingga proses pengadukan selesai dan siap dimasukkan dalam freezer. Itupun kita masih bisa memperkerjakan penjaga counter yang siap standby minimal 8 jam sehari. Bahkan hanya 1 karyawan saja bisnis pembuatan es krim ini sudah bisa beroperasi.

4. Pasar penjualannya mudah

Mau jualan di Mall, pinggir jalan, kampus dan lainnya semua bisa. Apalagi di jam istirahat sekolah, akan lebih mudah lagi menghasilkan penjualan jika kita buat counter di depan sekolah atau kampus.

5. Tidak dibutuhkan keterampilan khusus

Yang dilakukan dalam cara membuat ice cream ini adalah hanya mesin, itu saja. Dan soal bahan juga mudah sekali di dapatkan karena cukup beli di toko bahan kue sudah bisa jalan. Dan setelah jadi, karyawan yang dipekerjakan juga hanya butuh belajar cara menggunakan sendok scopnya, tak ada lagi keterampilan lain.

Pertanyaan lain yang sering ditanyakan soal es krim:

Apa itu ice cream cake?

Ice cream cake atau yang biasa juga disebut dengan ice cake adalah produk turunan dari es krim sendiri. Dan di antara perusahaan yang memproduksinya adalah Campina, Bentuknya terdiri dari lapisan-lapisan es krim dengan beraneka rasa, yang mana juga diberi dari lapisan selai serta cake yang tipis rasa cokelat atau pun vanilla yang tentunya dihias dengan menarik agar mengundang selera.

Umumnya, teksturnya padat dan keras karena telah disimpan di freezer. Adapun cara menikmatinya, tak perlu harus menunggu hingga lunak. Cara memotongnya adalah dengan cara menggunakan pisau yang terlebih dahulu direndam dengan air panas yang cukup panas. Dengan demikian ice cake tersebut akan mudah terpotong.

Es krim Campina terbuat dari apa?

Pertanyaan di atas kami ambil langsung dari situs resmi Campina, di sini http://www.campina.co.id/faq/. Yang mana diterangkan bahwa es krim Campina sendiri terbuat dari susu skim (susu sapi yang telah dibuang sebagian besar lemaknya), dengan bahan tambahan seperti minyak nabati, gula, pengemulsi, dan bahan-bahan alami  asli seperti durian, cokelat, kopyor, dan sebagainya). Adapun perisa atau rasa buah dari produk kimia dan juga pewarna makanan yang telah mendapat ijin Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) adalah hanya untuk memperkuat aroma dan rasanya.

Ini dulu Resep Cara Membuat Es Krim sendiri yang Sederhana dan Tanpa Mesin. Semoga praktek resep ice cream yang anda lakukan berhasil, lebih-lebih jika bisa dijadikan sebagai salah satu peluang usaha bisnis sampingan rumahan yang menguntungkan sebagaimana tinjauan prospeknya di atas. Dan yang lebih penting diperhatikan di sini bahwa kuncinya ada pada proses pengadukan dan bahan pengental yang digunakan, jika itu tepat maka hasilnya pun akan bisa menyerupai es krim Walls, Campina, dan yang bermerek lainnya.

About The Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *