Shalat duha merupakan amalan sunnah yang sangat dianjurkan rutin dilakukan setiap pagi hari. Nah, dalam bacaan doa sholat Dhuha Arab serta Latin dan terjemahnya yang shahih ini (baik sesudah / setelah dan saat menunaikannya) akan melengkapi ibadah yang dilaksanakan sehingga semakin bermakna dan penuh berkah. Caraspot juga akan mengulas niat dan tata cara pelaksanannya dan bacaan surat apa saja yang dianjurkan oleh Nabi untuk dibaca.

Banyak sekali fadilah yang terdapat dalam ibadah sholat dhuha ini, di antaranya yang disebutkan dalam salah satu hadis yang diriwayatkan oleh Imam At-Turmudzi dari Abu Hurairah ra. bahwa “Siapa saja yang mampu menunaikan shalat dhuha dengan langgeng (terus menerus atau istiqamah), maka akan diampuni dosanya oleh Allah, sekalipun dosa (yang telah ia perbuat) itu sebanyak busa di lautan.” (HR. Turmudzi)

Sebenarnya banyak sekali keutamaannya dan akan disebutkan Caraspot di bawah, namun yang jelas segala bentuk penyembahan pada Allah swt. akan selalu mendapat ganjaran di sisi-Nya. Selama dhuha itu dilakukan dengan ikhlas dan tanpa ada unsur riya’ maka akan dilipatgandakan 10 x lipat pahalanya dan dicatat sebagai orang yang bertobat.

Bila perlu baca juga Doa Sesudah Sholat Fardhu yang telah kami share untuk melengkapi permohonan Anda kepada Allah swt.

Bacaan Doa Sholat Dhuha dalam Bahasa Arab dan Latin

Teks di bawah kami sadur dari buku Risalah Tuntunan Shalat Lengkap, Drs. Moh Rifa’i. Dan penulis sendiri telah melakukan penelitian ringan bahwa referensi yang digunakan oleh beliau banyak diambil dari kitab kuning, seperti Nihayatuz Zain, Bidayatul Hidayah dan lainnya, sehingga lebih dapat dipegang kebenarannya.

اَللّهُمَّ اِنَّ الضُّحَاءَ ضُحَاءُكَ وَالْبَهَاءَ بَهَائُكَ وَالْجَمَالَ جَمَالُكَ وَالْقُوَّةَ قُوَّتُكَ وَالْقُدْرَةَ قُدْرَتُكَ وَالْعِصْمَةَ عِصْمَتُكَ . اَللّهُمَّ اِنْ كَانَ رِزْقِى فِى السَّمَاءِ فَاَنْزِلْهُ وَاِنْ كَانَ فِى اْلاَرْضِ فَاَخْرِجْهُ وَاِنْ كَانَ مُعَسِّرًا فَيَسِّرْهُ وَاِنْ كَانَ حَرَامًا فَطَهِّرْهُ وَاِنْ كَانَ بَعِيْدًا فَقَرِّبْهُ بِحَقِّ ضُحَائِكَ وَبَهَائِكَ وَجَمَالِكَ وَقُوَّتِكَ وَقُدْرَتِكَ اَتِنِى مَااَتَيْتَ عِبَادَكَ الصَّالِحِيْنَ

Allaahumma innadh-dhuhaa’a dhuhaa’uka wal-bahaa’a bahaa’uka wal-jamaala jamaaluka wal-quwwata quwwatuka wal-qudrata qudratuka wal-‘ishmata ‘ishmatuk. Allaahumma in kaana rizqii fis-samaa’i fa anzilhu wa in kaana fil-ardhi fa akhrijhu wa in kaana mu‘siran fa yassirhu wa in kaana haraaman fa thahhirhu wa in kaana ba‘iidan fa qarribhu bi-haqqi dhuhaa’ika wa bahaa’ika wa jamaalika wa quwwatika wa qudratika aatinii maa aataita ‘ibaadakas-shaalihiin.

Terjemahnya:

“Ya Allah, bahwasanya waktu dhuha itu waktu dhuha-Mu, keindahan itu keindahan-Mu, kecantikan ialah kecantikan-Mu, kekuatan itu kekuatan-Mu, kekuasaan itu kekuasaan-Mu, dan perlindungan itu perlindungan-Mu. Ya Allah, jika rezekiku masih di atas langit, turunkanlah dan jika ada di dalam bumi, keluar-kanlah, jika sukar mudahkanlah, jika haram sucikanlah, jika masih jauh dekatkanlah, berkat waktu dhuha, keindahan, ke-cantikan, kekuatan dan kekuasaan-Mu, limpahkanlah kepadaku segala yang telah Engkau limpahkan kepada hamba-hamba-Mu yang shaleh.”

Penting juga, langsung simak bacaan Doa Sholat Tahajud dalam bahasa Arab dan latin, karena bisa dibilang antara Tahajud dan Dhuha masing-masing waktunya istimewa bila kita rutin menjalankannya karena di dua waktu tersebut banyak orang yang lupa pada Tuhannya dan sibuk untuk urusan dunianya.

Buat yang butuh dalam bentuk gambar bisa juga meng-copy gambar berikut ini:

doa sholat dhuha dalam bahasa arab

Bacaan niat sholat dhuha

اُصَلِّيْ سُنَّةَ الضُّحَى رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ اْلقِبْلَةِ اَدَاءً لِلَّهِ تَعَالَى

Usholli sunnatad dhuhaa rok’ataini mustaqbilal qiblati adaa-an lillaahi ta’aala.

“Aku niat melakukan shalat sunat dhuha 2 rakaat, sambil menghadap qiblat, saat ini, karena Allah ta’ala.”

Perlu saya jelaskan lagi bahwa melafalkan niat atau tidak tak menjadi persoalan karena yang jadi rukunnya hanyalah niatnya, minimal dalam hati, sama halnya dengan niat sholat tahajud. Dan mengenai lafadznya juga bisa dengan bahasa Indonesia bila tak bisa menghafalnya. Dan oleh sebagian ulama memang ada yang menganjurkan untuk melafalkannya agar membantu kemantapan hati saat berniat.

Keutamaan sholatnya:

Setelah kita tau apa bacaan doa sesudah sholat dhuha maka tak lengkap bila kita tidak memahami fadilah dari ibadah sunnah yang mulia ini, di antaranya:

1. Untuk kelancara rezeki, sebagaimana sebuah hadis Nabi saw. menyebutkan:

“Wahai anak Adam, janganlah engkau merasa lemah (malas melaksanakan) dari empat rakaat (shalat dhuha) dalam mengawali harimu, niscaya Aku (Allah) akan menyukupimu di akhir harimu.” (HR. Abu Darda`).

2. Digolongkan sebagai orang yang bertaubat

“Tidaklah seseorang selalu mengerjakan sholat Dhuha, kecuali orang tersebut telah tergolong sebagai orang yang bertaubat.” (HR. Hakim).

Sejatinya, berdasarkan beberapa riwayat yang menyinggung soal Duha ini, ada kurang lebih 6 keutamaannya, untuk itu simak artikelnya: (dalam proses ditulis)

Video Youtube Doa Setelah Sholat Dhuha MP3

Berikut inni video yang kami pinjam dari akun Youtube Sang Perindu yang luar biasa sekali karena sudah ditonton oleh kurang lebih 410ribu pengguna internet, semoga menginspirasi dengan suaranya yang merdu:

Bagaimana tata cara pelaksanaan sholat dhuha?

Hampir tak ada bedanya dengan sholat sunnah lainnya, yakni dimulai dengan wudhu kemudian niat lalu takbiratul ihram. Setelah membaca Al-Fatihah dilanjutkan dengan membaca surah pendek pilihan seperti yang dijelaskan di bawah dan seterusnya hingga tahiyat dan salam. Sebaiknya bila ingin melakukan lebih dari 2 rakaat maka tetap lakukan salam di tiap 2 rakaat tersebut.

Apa bacaan surat yang disunnahkan dibaca?

Sebagaimana diungkapkan oleh Imam Jalaluddin As-Suyuthi dalam kitabnya Hawsyil Khothiib bahwa setelah membaca surah Al-Fatihah disunnahkan membaca surat Asy Syams pada rakaat pertama, sedang pada rakaat kedua surat Ad Dhuha. Dalam riwayat lain disebutkan membaca surat Al Kafirun di rakaat pertama dan surat al Ikhlash di rakaat kedua (pendapat ini bersumber dari Ibnu Hajar dan Imam Ramli). Sedang jika ingin mengamalkan keduanya maka boleh pada 2 rakaat pertama membaca As-Syams dan Ad-Dhuha, dan rangkaian 2 rakaat selanjutnya dengan sudah yang disebutkan terakhir di atas.

Berapa jumlah rakaatnya?

Amalah duha termasuk amalan ringan tapi besar pahalanya di sisi Allah swt. Mengapa demikian? karena kita bisa melaksanakannya minimal 2 rakaat saja dan maksimal 8 rakaat. Dalam literatur lain disebutkan bisa hingga 12 rakaat, tapi tetap kembali pada kemampuan masing-masing. Dan ganjaran ibadah ini besar untuk urusan dunia maupun akhirat karena pada waktu itu orang-orang sudah mulai sibuk dengan urusan dunianya dan cenderung lupa dengan Tuhan, sehingga bila kita bisa menyampatkan waktu sejenak untuk sujud dan berdoa maka Allah swt. pun akan mencatat amal kebaikan kita dan memudahkan jalan rezeki kita.

Kapan waktu pelaksanaan shalat duha?

Sunnah dhuha dilakukan setelah matahari terbit dan sebelum tergelincir, yakni antara jam 7 pagi sebelum berangkat kerja hingga jam 11 siang. Atau dalam buku “Risalah Tuntunan Shalat Lengkap” yang disusun oleh Drs. Moh. Rifa’i dikatakan “kira-kira matahari sedang naik setinggi kurang lebih 7 hasta”.

Sedang dalam buku yang disusun oleh Labib MZ disebutkan waktunya “ketika matahari sedang berada atau naik setinggi tombak atau dengan kata lain naik sepenggelahan yang mana waktu itu diperkirakan antara pukul tujuh, delapan, sembilan sampai sebelum waktu dhuhur tiba.

Bagi orang kantoran akan lebih baik salat duha ini dilakukan sebelum berangkat kerja, jika misalnya masuk jam 8 pagi, maka pada jam 7 lebih sudah bisa melaksanakannya, tapi bagi yang tempat kerjanya jauh dan harus berangkat pagi sekali sebelum matahari terbit maka bisa dilaksanakan di setelah sampai di tujuan, beberapa saat sebelum mengerjakan tugas dari pimpinan atau bisa juga sekitar pukul 10 bila ada waktu renggang.

Bertanyalah mengenai bacaan doa sholat dhuha Arab dan latinnya di atas atau mungkin ada terjemahnya yang kurang dipahami! feel free (jangan sungkan) ajukan pendapatmu bila ada yang tidak sesuai dengan harapanmu karena kami hanya berusaha memberikan yang terbaik untuk menghidupkan sunnah Nabi Muhammad saw.

Lanjut simak, Bacaan Doa Qunut lengkap dalam bahasa arab dan latin.

About The Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *